Cerita The Last of Us, Game Horor Survival yang Sangat Populer di 2023

638
Cerita The Last of Us
sumber: playstation.com

Buat kamu yang suka memainkan game horor, kamu wajib baca artikel cerita The Last of Us ini!

Hai gamers! Apakah kamu pernah mendengar atau bermain game The Last of Us? Wah game ini sedang naik daun lho di tahun 2023 ini.

Alasannya adalah game bertemakan zombie yang pertama kali dirilis pada 2013 lalu khusus untuk PlayStation ini telah diadaptasi menjadi sebuah serial dengan judul yang sama, yaitu The Last of Us. Serial ini tayang di kanal HBO secara ekslusif pada 23 Januari 2023 lalu.

Salah satu mengapa banyak orang dan bahkan para gamers langsung membeli konsol PS3 adalah game The Last of Us ini.

Karena penjualan game ini merupakan salah satu yang terlaris. Akhirnya Naughty Dog selaku developer dan juga Sony Computer Entertainment selaku publisher kembali merilis ulang lagi dalam versi remastered pada 4 Juli 2014.

Sekilas Mengenai The Last of Us

Game yang berkonsep survival horror ini pertama kali dirilis untuk PS3 di bulan Juni 2013 lalu.

Dalam game ini kamu akan memainkan seorang penyelundup bernama Joel yang ditugaskan untuk menemani seorang gadis remaja bernama Ellie dalam mengarungi dunia pasca apokalips di Amerika Serikat.

Dalam game ini juga, kamu akan dihadapkan dengan manusia dan makhluk kanibal yang terserang oleh jamur Cordysep yang telah bermutasi.

Naughty Dog selaku selaku developer sangat sukses dalam mengeksekusi game yang satu ini.

Wajar saja, The Last of Us ternyata masuk ke dalam kategori game terbaik di tahun perilisannya. Era PS3 bisa jadi adalah tahun-tahun terbaik Naughty Dog.

Alur Cerita The Last of Us

Cerita game survival horror ini bermula pada September 2013 di mana seluruh kota di Amerika Serikat terjangkit oleh jamur bernama Cordyceps yang membuat manusia menjadi makhluk yang agresif ketika terinfeksi.

Setelah 20 tahun kemudian di mana hampir semua penduduk terinfeksi, para penyintas hidup di daerah-daerah yang dikarantina, dan hidup nomaden.

Joel melarikan diri dari kekacauan ini bersama dengan adiknya Tommy dan anak perempuannya Sarah. Sarah tertembak oleh seorang tentara dan mati di hadapan Joel.

Setelah kejadian tersebut, Joel bekerja sebagai penyelundup bersama partnernya Tess. Joel dan Tess memburu Robert yang mana seorang pedagang pasar gelap untuk mengembalikan senjata yang dicuri olehnya.

Robert mengungkapkan bahwa barang yang dicari mereka berdua berada di tangan kelompok pemberontak bernama Fireflies.

Akan tetapi, ketika bertemu bertemu dengan pemimpin Fireflies yang bernama Marlene, Joel dijanjikan akan diberikan cache tambahan bila ia menyelundupkan seorang gadis remaja bernama Ellie.

Selama perjalanan mereka menemukan bahwa Ellie sudah terinfeksi oleh jamur tersebut.

Namun, Ellie mengaku bahwa ia telah terinfeksi tiga minggu sebelumnya padahal pada umumnya infeksi tersebut berjalan hanya 2 hari.

Mekanisme Gameplay dan Grafis The Last of Us

Game ini mengambil perspektif orang ketiga. Ketika bermain game ini kamu akan mengelilingi lingkungan pasca apokaliptik dimana kota, bangunan, dan gorong-gorong terlihat hancur.

Dalam game ini kamu akan mengontrol Joel sepenuhnya, dan Ellie dikontrol oleh AI. Akan tetapi kamu bisa mengontrol Ellie dikala segmen musim dingin.

Dalam menumpas segala makhluk kanibal dan manusia yang terjangkit oleh jamur tersebut, kamu akan dibekali dengan senjata laras panjang seperti rifle, shotgun, dan juga panah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan senjata seperti pistol dan shotgun pendek.

Tidak hanya menggunakan senapan dan juga tembakan, kamu juga bisa menggunakan senjata melee seperti pipa, tongkat baseball, dan juga bisa melempar botol atau pun batu bata. Ini yang membuat lingkungan di game ini terkesan lebih realistis.

Untuk urusan grafis, penulis memberi 5 jempol langsung untuk Naughty Dogs!. Mereka berhasil memaksimalkan potensi yang ada pada PS3.

Dengan hardware yang disediakan Sony untuk PS3, Naughty Dogs sangat berhasil menampilkan grafis dengan detil terbaik dengan lingkungan yang hidup.

Dipadu dengan voice acting yang keren yang diisi oleh voice actor kawakan, game ini terkesan semakin sempurna.

Platform Konsol Game The Last of Us

Game The Last of Us pertama kali rilis pada 14 Juni 2013 untuk konsol PlayStation 3 (PS3). Pada tahun 2014, game ini dirilis ulang sebagai The Last of Us Remastered untuk PlayStation 4 (PS4)

Untuk game The Last of Us Remastered versi PS4 hadir dengan grafis yang lebih tinggi dan fitur-fitur tambahan.

Kemudian pada 2020, Naughty Dog meluncurkan kisah lanjutannya berjudul The Last of Us Part II di PlayStation 5 (PS5).

The Last of Us Part II dirilis pada 19 Juni 2020 dan memperkenalkan mekanisme gameplay baru dan cerita baru yang mengikuti kisah Ellie dan Joel.

Sukses di PS3, PS4 dan PS5, Naughty Dog membawa game The Last of Us ke platform PC. Dengan judul The Last of Us Part I, game PC ini akan meluncur pada 4 Maret 2023 di Steam dan Epic Games Store.

Itulah sederet informasi dan kisah cerita game The Last of Us. Kisah cerita yang akhirnya diadaptasi jadi serial HBO.

Fakta Unik Serial The Last of Us (2023)

Tahukah kamu ternyata adaptasi game The Last of Us ini memiliki berbagai fakta menarik yang bisa bikin kamu makin penasaran.

Berikut ada beberapa fakta menarik film The Last of Us yang wajib kamu tahu!

The Last of Us Mengambil Lokasi Shooting di Jakarta, Indonesia

Pada episode ke-2 serial The Last of Us, dikisahkan bahwa terdapat penemuan jamur Cordyceps di Jakarta, Indonesia. Jamur Cordyceps ini diduga menjadi cikal bakal terjadinya serangan Zombie yang menyebar ke seluruh dunia.

Kisah versi serial ini sedikit berbeda dengan kisah versi asli game The Last of Us.

Pada game The Last of Us, wabah yang menjadi awal mula zombie bermula di daerah Amerika Selatan, bukan di Jakarta. Namun, sumber wabahnya masih sama, yaitu olahan tanaman.

Kemunculan Aktor Senior Indonesia: Christine Hakim!

Selain lokasi shooting yang bertempat di Indonesia, pada serial The Last of Us, muncul juga aktor senior yang berasal dari Indonesia yaitu Christine Hakim.

Aktor senior Christine Hakim berperan sebagai Ibu Ratna, profesor Mikologi di Universitas Indonesia yang menemukan jamur Cordyceps dalam mulut jenazah seorang wanita.

Jenazah wanita ini sebelumnya dilaporkan menunjukkan perilaku tidak biasa, yaitu mengamuk dan menyerang orang lain.

Jamur Cordyceps pada jenazah wanita ini diduga berasal dari salah satu pabrik tepung di Indonesia.

Jamur Cordyceps Benar-Benar Ada di Kehidupan Nyata

Ternyata, jamur Cordyceps memang benar-benar ada di kehidupan nyata. Jamur ini banyak ditemukan di daerah Asia dan bersifat parasit, mirip dengan jalan cerita serial The Last of Us.

Tapi, berdasarkan penelitian sejauh ini, jamur Cordyceps diketahui hanya dapat menyerang serangga, tidak pernah menyerang manusia ya.

Beberapa jenis jamur Cordyceps dapat menginfeksi tubuh dan otak serangga, mengeluarkan zat halusinasi, serta menjadikan serangga lebih lapar dan lebih aktif mencari pasangan, kemudian serangga tersebut akan mati. Hal inilah yang kemudian menjadi dasar imajinasi dalam kisah The Last of Us ini.


Fakta menarik dan alur cerita The Last of Us ini tentunya akan lebih mengesankan lagi jika kamu sendiri yang secara langsung merasakannya.

banner iklan esportsnesia