Apa Itu Call of Duty: Mobile?

0
68

Pernah ga sih kamu merindukan untuk bisa main game genre FPS di mobile? Saat ini sih kita memang sudah ada kedatangan judul-judul populer turunan dari genre FPS, namun tetap saja ada banyak hal yang masih belum bisa kita temukan dari PUBG Mobile, Free Fire, maupun Rules of Survival. Contohnya ya seperti mode Bomb Mission!

Nah, kerinduan kamu untuk bisa kembali bernostalgia memainkan mode klasik ala Counter Strike (CS) akhirnya bisa kamu temukan di Call of Duty: Mobile (COD Mobile).

Tapi, tunggu dulu. COD Mobile tentu saja berbeda dengan game legenda FPS Counter Strike. Meskipun bergenre sama, namun permainannya tentu saja berbeda. Yuk, berkenalan dulu dengan  apa itu Call of Duty: Mobile?

Mengenai Call of Duty: Mobile

Call of Duty: Mobile adalah sebuah game free-to-play yang dikembangkan oleh TiMi Studios dan dipublikasikan untuk perangkat Android dan iOS. Game ini secara resmi dirilis pada 1 Oktober 2019 dan telah diumumkan sebelumnya pada Maret 2019, sembari dilakukannya serangkaian beta test secara tertutup di India, Australia dan Kanada.

Game ini memperoleh lebih dari 35 juta unduhan dalam 3 hari setelah perilisannya, dan berhasil meraup pendapatan lebih dari 2 juta dolar Amerika. Bahkan setelah 1 minggu game ini dirilis, COD Mobile memberikan kejutan dengan berhasil meraih 100 juta unduhan dan memperoleh pendapatan lebih dari 18 juta dolar. Pencapaian ini membuat COD Mobile sebagai game mobile dengan peluncuran terbesar sepanjang sejarah.

Secara umum, game ini cukup kaya dengan menghadirkan semua mode varian Player vs. Player (PVP), termasuk Battle Royale. Di sisi lain, tim pengembang juga sempat mengungkapkan bahwa COD Mobile tidak akan menjadi game yang sepenuhnya bersifat multiplayer. Ke depannya, akan ada beberapa mode kejutan yang ditambahkan.

Di dalam permainan ini baik peta, karakter, dan senjata yang muncul merupakan gabungan dari semua seri Call of Duty dalam beberapa tahun terakhir, termasuk di dalamnya seri Modern Warfare dan Black Ops.

Gameplay Call of Duty: Mobile

Gameplay Call of Duty: Mobile

Ketika memasuki permainan ini, kamu akan langsung disuguhi pilihan untuk bermain mode Multiplayer, Zombie, dan Battle Royale.

Sebelum bermain Multiplayer, kamu juga masih diberi pilihan untuk memilih 3 jenis permainan: Normal, Ranked, atau Private. Tentunya ranked match akan memberi kamu nuansa bermain secara kompetitif, mengingat performa kamu akan diukur dan diberikan lawan yang sepadan dengan kemampuan kamu.

COD Mobile sejauh ini telah menyediakan beragam mode untuk menghapus rasa rindu bermain game FPS ala PC di mobile. Mode-mode tersebut adalah: Free For All, Frontline, Bomb Mission, Domination, dan Team Deathmatch.

Hampir semuanya merupakan mode permainan berbasis tim, dengan 2 tim yang saling berhadapan dan masing-masing terdiri dari 5 pemain. Mode untuk pertempuran individu adalah Free For All.

Di luar dari multiplayer, pihak pengembang COD Mobile juga lihai memperhatikan tren yang sedang berkembang di pasar mobile esports dewasa ini; oleh sebab itu COD Mobile juga turut menghadirkan mode Battle Royale untuk bisa menyaingi PUBG Mobile dan Fortnite: Battle Royale.

Tentunya bagi kamu yang sudah pernah mencicipi Call of Duty: Black Ops 4, mode Battle Royale ini sudah tidak asing lagi.

Call of Duty Mobile Zombie Mode

Nah, selain bertempur melawan sesama Special Ops, COD Mobile ini membawa inovasi horor ke dalam smartphone kamu. Bagaimana tidak? Ada Zombie!

Di Zombie Mode, kamu bersama dengan pemain lainnya akan bersatu untuk bertahan menghadapi serangan zombie. Di mode ini kamu akan bisa merasakan fitur revive, buffs, serta memperbaiki bangunan rusak sambil kejar-kejaran ala Left 4 Dead.

Mode Zombie ini juga terbagi menjadi beberapa tingkatan, mulai dari Normal Raid, Hardcore Raid, dan Survival. Tiap mode ini akan memberi hadiah Shard, yang bila sudah kamu kumpulkan tiap pecahannya, bisa digabung membentuk sebuah item.

Battle Royale Ala Call of Duty: Mobile

Seperti pada umumnya genre Battle Royale, Call of Duty: Mobile kembali menghadirkan nuansa bermain seperti Call of Duty versi PC-nya.

Untuk bisa menikmati mode ini, kamu harus terlebih dahulu mencapai level 7.

Mode permainan ini mempertemukan 100 pemain dalam sebuah peta yang sama. Mode ini juga bisa dimainkan secara sendirian, maupun tim dengan variasi: 2 atau 4 orang.

Call of Duty mobile battle royale

Dengan opening scene legendaris yang mengawali permainan, seperti biasa para pemain akan melakukan aksi terjun bebas dari sebuah pesawat udara. Bila kamu bermain dalam tim, kamu bisa memilih untuk terjun bebas bersama dengan ketua tim kamu.

Permainan berakhir ketika menyisakan seorang last man standing yang berhasil bertahan hidup melewati kekejaman perang di sebuah lokasi yang terus menyempit.

Bila kamu bermain dengan tim, ketika kamu diserang dan kalah, kamu masih memiliki kesempatan untuk diselamatkan oleh teman sejawat kamu; berbeda bila kamu bermain sendiri dan tewas mengenaskan tanpa ada orang yang bisa menghidupkanmu kembali.

Hal menarik dari Battle Royale ala COD Mobile ini terletak pada jenis karakter kelas yang dipilih sebelum game dimulai, yakni: Defender, Mechanic, Scout, Clown, Medic, Trickster, dan Ninja.

Masing-masing class ini memiliki kemampuan unik yang menunjang keberlangsungan hidup pemainnya. Class Ninja misalnya, memiliki sebuah skill untuk bisa berpindah antar lokasi dengan melempar hook; dan Class Medic bisa melakukan heal tanpa perlu menggunakan item.

Call of Duty Mobile Battle Royale Class

Dalam mode ini, para pemain bisa menggunakan kendaraan yang disediakan, mulai dari mobil, kapal, hingga helikopter!

Tidak lupa, kamu juga bisa mengubah perspektif permainan dengan view TPP (Third Person Perspective) atau FPP (First Person Perspective).

Maps Call of Duty: Mobile

Bagi para penggemar seri Call of Duty platform konsol maupun PC, pasti akan tertarik dengan peta permainan yang tersedia di versi mobile. Mengapa tidak? Sebab COD Mobile telah menghadirkan peta-peta terbaik dan yang paling disukai oleh pemain mode Multiplayer pada COD Series.

Peta yang dihadirkan termasuk Nuketown dari Black Ops, Crash dari Modern Warfare, dan Hijacked dari Black Ops 2.

Begitu juga untuk kalian yang memainkan Modern Warfare, kalian akan merasa familiar bermain di map Crossfire dan Killhouse. Tidak hanya itu, map Firing Range dari Black Ops 4 pun turut tersedia.

Scorestreaks

Mengikuti pola ikonik dari seri pendahulu Call of Duty, versi mobile ini juga hadir dengan fitur scorestreaks dan loadouts-nya.

Kalau kamu adalah fans sejati Call of Duty, maka kamu tentu sudah tahu apa 2 hal tersebut. Namun, bila kamu masih baru di semesta Call of Duty ini, simak dulu ya apa yang dimaksud dengan scorestreaks dan loadouts.

Scorestreaks Call of Duty Mobile

Scorestreaks adalah sebuah hadiah dari sistem untuk kamu yang berperforma baik dalam mengumpulkan nilai kill. Dalam scorestreaks, terdapat berbagai perkakas yang bisa membuat kamu membalikkan keadaan permainan, mulai dari menunjukkan dimana posisi musuh, hingga meluncurkan rudal untuk menghancurkan suatu area.

Ingat ya! Scorestreaks adalah sebuah hadiah untuk kamu yang bermain dengan apik, bukan pemberian untuk semua pemain. Seorang pemain bisa dilengkapi dengan 3 tingkatan scorestreaks.

Jenis-jenis scorestreaks:

  • UAV: menunjukkan posisi musuh dalam map,
  • Hunter Killer Drone: melayangkan sebuah drone untuk mengejar musuh dan, dor!
  • Counter-UAV: menonaktifkan minimap tim musuh untuk sementara waktu,
  • Predator Missile: menghujankan sebuah rudal penghancur area, dan masih banyak lagi jenis scorestreaks yang lain.

Untuk bisa mengaktifkan scorestreaks, kamu harus terlebih dahulu mengumpulkan poin dari kill. Tiap Scorestreaks memiliki kebutuhan poin yang berbeda untuk diaktifkan.

Loadout

Loadout Call of Duty Mobile

Ibarat ruangan loker sebelum permainan dimulai, di menu ini pemain bisa mengganti dan menaikkan level senjata yang digunakan di Multiplayer Mode, ataupun mengganti skin atau cosmetics dari tiap perkakas yang hendak dipakai di Battle Royale.

Di loadout multiplayer ini kamu bisa menentukan mana senjata yang kamu jadikan utama dan mana yang menjadi senjata kedua. Pada dasarnya kamu akan memiliki senjata utama beserta 4 attachment-nya, senjata kedua (seperti pisau, atau handgun), operator skill, lethal, tactical, dan 3 perks dengan kelebihan masing-masing pada stats pemain.


Sekian pengenalan dari penulis untuk judul esports populer Call of Duty: Mobile.

Berbeda dengan judul Battle Royale lainnya, COD Mobile menghadirkan mekanisme permainan yang lebih kompleks dengan adanya atribut class, dan juga kehadiran monster boss di tengah peta.

(Disunting oleh Satya Kevino)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here