Commander Magic Chess Saki: Semua Skill Murni untuk Ganggu Lawan

121
Commander Saki Magic Chess

Dalam mode arcade Mobile Legends, terdapat sebuah permainan bergenre strategi bernama Magic Chess. Dalam gim ini, para players dituntut untuk menyusun strategi permainan layaknya permainan catur sungguhan. Salah satu elemen strateginya terletak pada kehadiran sosok “hero” cilik atau yang dikenal dengan little commander. Pada tulisan kali ini, kita akan membahas salah satu karakternya, yaitu commander Saki Magic Chess.

Sebelumnya, little commander adalah semacam karakter mini yang terletak di luar chess board dan memiliki skill tertentu yang akan menentukan jalannya pertandingan yang kamu lakukan. 

Masing-masing commander ini memiliki skill yang berbeda pula. Kamu dapat memilih little commander tergantung dengan berbagai macam pertimbangan yang kamu gunakan.

Nah, jika kamu menginginkan little commander yang bisa memberimu efek blessing lengkap mulai dari blessing berupa regenerasi HP, perlindungan terhadap damage dengan menggunakan shield, hingga memberikan stun atau efek paralyze kepada musuh, maka kamu jelas harus memilih little commander Magic Chess Saki sebagai bagian dari strategimu. 

Karakter little commander Saki Magic Chess ini punya keunikan untuk menghadirkan efek bunga di chess board-mu di mana masing-masing bunga memiliki efek khususnya sendiri.

Saki akan membuat line up strategimu bisa sangat kuat, dan Saki sangat cocok untuk melawan synergy Mage. Pada artikel kali ini kami akan mengulas little commander Saki serta tips untuk auto win yang bisa kamu gunakan.

Jadi kalian bisa simak artikelnya berikut ini ya!

Profil Commander Magic Chess Saki

Saki adalah salah satu little commander yang dihadirkan di game Magic Chess sejak 16 Maret 2021 lalu. Dengan rekap sejarah tersebut, Saki merupakan little commander yang menempati urutan keempat belas di permainan Magic Chess. 

Saki memiliki penampilan yang mirip dengan Kagura, apalagi jika Kagura menggunakan skin Water Lily yang dimilikinya. Julukan dari little commander Saki ini adalah Flora Butterfly, atau dalam Bahasa Indonesianya bisa diartikan sebagai kupu-kupu tanaman berbunga.

Memang, secara penampilan Saki digambarkan memiliki sayap kupu-kupu dan memegang tangkai bunga besar sebagai payungnya, persis seperti skin Water Lily yang dimiliki oleh Kagura.

Saki-Profile
Source: Facebook (Mobile Legends Indonesia)

Oh ya, sama seperti little commander lainnya, saat ini secara default karakter little commander Magic Chess Saki ini dapat kamu beli dengan membayar harga sebesar 24.000 battle points atau bisa juga dibeli dengan harga 499 diamonds.

Kagura-Water0Lily
Source: Youtube (Mobile Legends Bang Bang Official)

Skill Commander Saki Magic Chess

Sebagai little commander yang digambarkan menjadi semacam peri bunga atau kupu-kupu yang menyukai tanaman berbunga, Saki memiliki tiga skill yang erat kaitannya dengan tanaman berbunga. Tiga skill dari Saki memunculkan bunga dengan efek yang berbeda-beda pula. 

 Dari ketiga skill yang dimilikinya, little commander Saki termasuk salah satu commander yang cukup unik. Hal ini dikarenakan Saki tidak memiliki skill aktif. Alias, ketiga skill yang dimiliki oleh Saki merupakan skill pasif. Ini artinya, ketiga skill dari Saki tidak memiliki waktu cooldown sehingga bisa digunakan di seluruh ronde

Ketiga skill dari commander Magic Chess Saki yang dapat kamu gunakan di sini adalah:

  • Stagnation Flower (pasif),
  • Retribution Flower (pasif), dan
  • Blessing Flower (pasif).

Simak ulasan kami atas ketiga skill tersebut di bawah ini, ya guys!

 Skill 1 Commander Saki Magic ChessStagnation Flower

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketiga skill dari Saki merupakan skill pasif yang akan mengeluarkan bunga dengan efek berbeda-beda. Nah, pada skill pertama yang dimiliki oleh Saki ini, bunga yang akan dikeluarkan adalah stagnation flower.

Bunga ini akan bertahan di chess board selama beberapa saat. Bunga ini tidak dapat melakukan serangan, tapi memiliki imunitas terhadap damage skill.

Nah efek utama dari bunga ini adalah ketika bunga ini mati, kelopak bunganya akan jatuh dan mengenai hero lawan, setiap hero yang terkena kelopak dari stagnation flower ini akan terkena efek paralyze selama 5 detik. Tidak tanggung-tanggung loh! Efek paralyze nya langsung 5 detik, auto win sih ini!

Skill 2 Commander Saki Magic ChessRetribution Flower

Untuk skill kedua dari Saki ini, ia akan memanggil retribution flower, yakni bunga yang memberikan efek berupa serangan balasan terhadap musuh. Jika hero lawan menyerang menggunakan skill damage, maka 12% dari HP yang dimiliki akan dikembalikan dalam bentuk magic damage.

Sama seperti stagnation flower, pada dasarnya retribution flower ini tidak dapat menyerang, tapi akan memberikan serangan balasan. Bunga retribution flower ini akan bertahan hingga mendapatkan 5 kali serangan, dan kemudian akan mati.

Skill 3 Commander Saki Magic ChessBlessing Flower

Nah, pada skill ketiga dari Saki ini, ia akan melakukan summoning bunga bernama blessing flower di chess board. Bunga ini akan memberikan efek pertahanan berupa shield yang setara dengan 25% HP maksimal dari masing-masing hero.

Efek ini akan muncul setelah 12 detik pertandingan berjalan. Sama seperti retribution flower maupun stagnation flower, blessing flower ini juga immune terhadap skill damage, tapi akan mati setelah mendapatkan 5 kali serangan.

Pro Tips Menggunakan Commander Saki

Pro Tips #1 Menggunakan Saki Magic Chess

Saki merupakan little commander yang sangat berguna khususnya untuk meningkatkan shield dan HP dari line up hero yang kamu miliki. Kamu harus mempertimbangkan skill mana yang akan kamu gunakan.

Jika kamu memperkirakan akan melawan musuh dengan line up berupa hero dengan attack speed tinggi, maka kamu dapat memilih skill 1. Sedangkan jika kamu memperkirakan akan melawan musuh dengan line up Mage, maka kamu dapat memilih retribution flower.

Terakhir, jika kamu ingin menggunakan line up yang dapat melakukan counter terhadap hero dengan damage besar, maka kamu dapat memilih skill 3. 

Pro Tips #2 Menggunakan Saki Magic Chess

Stagnation Flower paling cocok diletakkan di baris depan chess board. Hal ini akan menghambat attack speed dari hero lawan.

Jelas ketika stagnation flower kamu letakkan di barisan terdepan, stagnation flower akan menjadi target dari hero lawan, dan jika mati ia akan memberikan efek paralyze. Tapi kamu juga bisa meletakkan stagnation flower di barisan belakang untuk melawan serangan diam-diam dari baris belakang yang dilancarkan oleh hero assassin.

Skill 1 berupa stagnation flower ini sangat cocok untuk kamu kombinasikan dengan Archer atau Gunner yang akan mengeksploitasi attack speed lawan yang jauh berkurang.

Pro Tips #3 Menggunakan Saki Magic Chess

Nah untuk retribution flower sendiri sangat cocok untuk digunakan untuk sinergi Cadia Riverlands dan Swordsman. Upayakan kamu meletakkan retribution flower ini pada lokasi yang paling tersembunyi dan tidak mudah terjangkau dengan serangan lawan.

Hal ini dikarenakan semakin lama retribution flower bertahan hidup, maka kamu akan semakin diuntungkan. Jadi benar-benar harus perhatikan penempatan retribution flower. 

Pro Tips #4 Menggunakan Saki Magic Chess

Untuk blessing flower ini, manfaatkan efeknya dengan menggunakan hero yang memiliki max HP cukup besar. Jadi blessing flower ini sangat cocok digunakan dengan synergy Guardian, maupun Nature Spirit.

Jika kamu menggunakan Guardian, jelas kamu akan mendapatkan shield yang sangat besar. Namun jika kamu menggunakan Nature Spirit, maka efek blessing dari Saki akan membuatmu terus menerus meregenerasi HP dan memberikan damage secara merata. 

Pro Tips #5 Menggunakan Saki Magic Chess

Fokuslah untuk meningkatkan bintang hero milikmu terlebih dahulu. Jangan terlalu fokus membentuk synergy terlebih dahulu. Hal ini karena efek dari Saki tidak terlalu bergantung pada synergy. Sebaliknya efek dari Saki akan sangat bergantung pada bintang dari hero yang kamu miliki. Untuk itu, fokuslah meningkatkan bintang terlebih dahulu.


Itu dia sedikit ulasan mengenai cara menggunakan commander Magic Chess Saki. Pastikan kamu sudah mengetahui potensi yang dimilikinya sebelum memutuskan untuk membeli commander kupu-kupu mirip Kagura ini ya!