Omori: Game Horror yang Penuh dengan Nuansa Depresi

1227
Game Horror Omori yang Penuh dengan Depresi

Pada artikel sebelumnya, kita telah me-review alur cerita game Visage, pembahasan ini juga akan mengulas salah satu game psychological horror RPG yang berhasil membuat pemainnya jantungan akibat ketakutan yakni game horror Omori.

Game Omori adalah adalah permainan Role Playing bergenre psychological horror yang dikembangkan oleh Omocat, LLC dan dirilis pada 25 Desember 2020 untuk platform PS4, PC, Xbox One, Nintendo 3DS, dan Nintendo Switch. Kamu bisa mendapatkan game ini di Steam.

Fakta menariknya, Omocat telah menggarap game ini selama 6 tahun lho!

Bicara tentang horror, permainan ini tidak dapat dimainkan oleh semua kalangan terutama untuk penderita photosensitive epilepsy.

Omori mengandung cerita dengan penggambaran yang penuh dengan depresi, anxiety, suasana berkedap kedip terang gelap dan kecemasan.

Dalam permainan kamu akan memainkan 2 role dalam 1 karakter. Kamu akan mengontrol seorang anak laki-laki “hikikomori” bernama Sunny di dunia nyata dan Omori di dunia mimpinya.

Lalu, bagaimana keseruan permainan Omori ini? Ulasan lengkap alur cerita dan review game horror Omori dapat kamu scroll sampai bawah!

Minimum dan Rekomendasi Spesifikasi Perangkat Game Horror Omori

Minimum Spesifikasi Windows

  • OS: Microsoft Windows 8.1 (32bit/64bit)
  • Processor: Intel N4100 (atau setara) atau di atasnya lebih baik
  • Memory: 4 GB RAM
  • Graphics: DirectX 9/OpenGL 4.1 capable GPU
  • DirectX: Version 9.0c
  • Storage: 2 GB space yang kosong

Minimum Spesifikasi Mac OS

  • OS: MacOS 10.12 (Sierra)
  • Processor: Intel N4100 (atau setara) atau di atasnya lebih baik
  • Memory: 4 GB RAM
  • Graphics: DirectX 9/OpenGL 4.1 capable GPU
  • Storage: 2 GB space yang kosong

Rekomendasi Spesifikasi Windows

  • OS: Microsoft Windows 10 (32bit/64bit)
  • Processor: Intel Core i3-6100 atau di atasnya lebih baik
  • Memory: 8 GB RAM
  • Graphics: OpenGL ES 2.0 hardware driver support required for WebGL acceleration
  • DirectX: Version 9.0
  • Storage: 2 GB space yang kosong

Rekomendasi Spesifikasi Mac OS

  • OS: MacOS 10.15 (Catalina)
  • Processor: Intel Core i3-6100 atau di atasnya lebih baik
  • Memory: 8 GB RAM
  • Graphics: OpenGL ES 2.0 hardware driver support required for WebGL acceleration
  • Storage: 2 GB space kosong

Review Game Horror Omori

Sebelum masuk ke alur cerita game horror Omori, kami akan mengulas mengenai permainan ini.

Aspek Gameplay Omori

Seperti game RPG pada umumnya, mekanisme gameplay ini cukup sederhana yang menggunakan rumus segitiga. Alih-alih menggunakan elemen, pemain akan menggunakan emosi marah, sedih, dan senang sebagai poin kelemahannya.

Untuk menyimpan progress cerita, Omori menggunakan kotak makanan seperti piknik dengan karakter Mari yang ada di beberapa lokasi game.

Meskipun Mari, tidak pernah ikut ke perjalanan karakter utama, tetapi karakter Mari sangat penting dalam permainan ini.

Terdapat satu hal yang penting, game ini dapat membuat pemainnya bisa merasakan depresi atau anxiety sesuai dengan deskripsi pada Omori.

Banyak yang bilang game ini adalah salah satu game Masterpiece karena bisa membuat pemainnya menangis, stres, senang, bahkan dead inside menjadi satu.

So, Jangan lupa sediakan tisu sebelum kamu memainkan game ini

Jadi, kalau kamu tidak menyukai genre seperti ini, lebih baik bermain PUBG atau kalau penasaran, langsung coba dan cek sendiri.

Aspek Grafik dan Suara Omori

Jika game horror lainnya menggunakan grafik 3D yang memiliki ruang, Omori sendiri menggunakan gaya handrawingSehingga grafik yang ditampilkan terlihat unik dari game horror pada umumnya.

Semua karakter dan aset diciptakan dengan sketsa dengan gaya yang sama seperti stop motion. Tidak hanya itu, kamu juga bisa bercermin di permainan ini.

Untuk suara dan musik di Omori, sangat fun dan enak didengar, sesuai dengan pergerakan dalam permainan, bisa dibilang perfect match music and sound.

Aspek Adiktif Omori

Jika kamu terbiasa dengan permainan yang menantang seperti misi atau peperangan, mungkin akan membosankan dengan ritme jalan cerita untuk bermain sekitar 2-3 jam.

Namun, jika kamu menyukai genre seperti ini, kamu akan merasa penasaran dengan plot twist cerita ketika sudah berada di tengah permainan.

Meskipun begitu, cerita yang dibawakan unik dan dapat membuat pemain untuk memainkan peran emosinya. Jika kamu penasaran dengan jalan cerita Omori, kamu bisa menyimak berikut ini.

Alur Cerita Game Horror Omori

Storyline

Game Horror Omori
White Space, Source Image Channel Droomp

Seperti game horror pada umumnya, diperlihatkan seorang anak laki-laki yang bernama Omori sedang berada di ruangan putih atau White Space. 

Ia juga tidak mengingat apapun mengapa bisa berada di tempat itu. Ia pun bangun dan membuka pintu yang disebut sebagai White Door, pintu ini menuju ke Headspace. 

Berbeda dengan ruangan sebelumnya, Headspace merupakan dunia yang penuh dengan warna dan imaji.

Welcome to Headspace…

Pada saat masuk, Omori disambut oleh 3 sahabatnya yang bernama Hero, Kel, dan Aubrey. Hero merupakan saudara kakak kandung dari Kel, sehingga ia menjadi anak tertua dalam grup tersebut. Sedangkan Kel dan Aubrey merupakan teman Omori yang paling sering bertengkar.

Bersama-sama keempat kelompok tersebut menemui 2 orang lagi yang merupakan kelompok persahabatan mereka bernama Mari dan Basil. Mari sendiri adalah kakak kandung dari Omori yang memiliki karakter penyayang dan dewasa.

Ia sepantaran dengan Hero, siapa sangka mereka juga menyukai satu sama lain. Sedangkan Basil merupakan sahabat terdekat dengan omori. Basil memiliki kegemaran fotografi dan menyukai tanaman.

Perjalanan Omori, Basil, Hero, Kel dan Aubrey memulai perjalanan ketika Basil mengajaknya ke rumah untuk melihat tanaman. Sedangkan Mari menolak untuk ikut bersama mereka.

Memang, di sepanjang  game, Mari tidak pernah ikut dalam perjalanan   kelompok itu. Ia berperan sebagai save point yang  akan berada di beberapa titik map.

Sesampainya di rumah Basil, ternyata di sana juga sudah ada Mari yang ada di setiap permainan. Sebelum masuk rumah, Basil mengabadikan foto kebersamaan mereka.

Mereka pun berebut album, dan album terjatuh. Ketika membereskannya, tiba-tiba terdapat satu foto yang terjatuh lagi, membuatnya ketakutan menyebut nama Mari.

Basil Melihat Foto dan Ketakutan di Headspace, Source image: Channel Droomp

Tak lama kemudian tempat pun berganti ke Whitespace, seisi ruangan dipenuhi dengan suara detak jantung, dan Omori memutuskan untuk menikam dirinya sendiri. Kemudian terlihat seorang anak yang mirip dengan Omori bernama Sunny (karakter di dunia nyata) terbangun dari mimpinya.

Dapat disimpulkan bahwa Whitespace merupakan perantara menuju ke Headspace oleh Omori.

By the way, Sunny mendapat email dari ibunya, bahwa ia akan segera pindah rumah. Tak lama kemudian, Sunny kelaparan dan keluar kamar untuk mencari daging. Ia melihat sosok menyeramkan yang mengganggunya bernama Something.

Ia pun berusaha menenangkan dirinya. Nahas, setelah makan daging, perut Sunny pun kesakitan. Saat akan kembali ke kamar, terdapat Mari yang sedang mengetuk pintu, karena ketakutan ia pun kembali ke kamar.

Welcome to Whitespace…

Sunny berada di Whitespace lagi, dan membuka pintu untuk menuju ke Headspace. Sesampainya di sana, ternyata Basil sedang menghilang. Pada perjalanan kali ini, Omori dan teman-teman fokus untuk pencarian Basil.

Dalam perjalanan ini Omori akan menemukan karakter Something, dan menuju ke Otherworld yang akan bertemu dengan bajak laut luar angkasa bernama Space Boyfriend yang sedang sedih, karena putus hubungan dengan kekasihnya, Sweetheart. Omori diharuskan misteri untuk menenangkan Space World.

Melihat sosok seperti Basil, Omori pun keluar dari Space World menuju hutan belantara dan menusuk dirinya sendiri untuk bangun menjadi Sunny.

Seperti kejadian sebelumnya, ketika di dunia nyata, sebelum Sunny pindah rumah, ia dihadapkan 2 pilihan.

Dimana ketika ia tidak membuka pintu maka peran game akan menuju ke Omori Route (Hikikomori) dan apabila membuka pintu, maka ia akan menjadi peran utama dan menjalani Sunny Route. Sehingga alur cerita tergantung dari pilihan pemain.

Sunny Route Story

Game Horror Omori
Sunny Route, dunia nyata, Source Image: Channel Droomp

Di dunia nyata, kelompok persahabatan Sunny, Kel, Hero, Aubrey, Basil, dan Mari telah  bubar sejak 4 tahun yang lalu.

Mereka tidak lagi akur seperti dahulu. Hero sendiri sedang berkuliah di luar kota dan akan pulang di keesokan hari.

Saat Sunny dan Kel melewati sebuah taman, mereka  melihat Basil yang sedang dibuli oleh sebuah gang anak – anak yang secara mengejutkan dipimpin oleh Aubrey.

Memang, semenjak grup mereka bubar, Aubrey berubah menjadi anak yang buruk. Tiba-tiba, Sunny menyerang Aubrey menggunakan sebuah pisau yang dibawanya dari rumah, seketika melukai Aubrey dan membuat siapapun yang ada disana terkejut.

Dibalik karakter Aubrey yang buruk, ternyata ia pergi ke gereja untuk mendoakan Mari, kakak kandungnya yang telah meninggal.

Namun, ia merasa kecewa karena hanya ia saja yang larut dalam kesedihan sedangkan temannya cepat move on. Namun, anggapan Aubrey itu salah, nyatanya teman-teman mereka juga bersedih akan kematian dari Mari.

2 hari sebelum Sunny pindah, ia sekali lagi menghabiskan waktu bersama Kel dengan berjalan-jalan di Faraway town dan mengunjungi rumah Kel.

Namun di tengah keasyikan mereka di rumah Kel, Polly, pengurus keluarga Basil datang untuk menanyakan keberadaan Basil yang tidak kunjung pulang. Mendengar ini, Kel pun berinisiatif untuk mencari Basil.

Di sebuah taman, terlihat Aubrey mengekspresikan seluruh kekecewaannya pada mereka semua dan menyebut Basil sebagai teman yang paling buruk saat Mari meninggal, sampai–sampai tanpa sengaja, Aubrey  mendorong Basil, seketika menenggelamkannya. Hero yang berkuliah pun menolong Basil dan Sunny yang berusaha menolong Basil pertama kali.

Selamat datang di White space….!

Sosok Omori di tubuh Sunny bertumbuh semakin kuat, ia masuk ke dalam Head Space. Omori melanjutkan perjalanan untuk mencari Basil. Di tengah pencarian ini Omori dan teman-temannya bertemu dengan Sweet Heart yang baru saja bercerai dengan Captain Space Boy, khawatir akan melakukan hal yang tidak-tidak. Mereka pun mengikuti perjalanan dari Sweet Heart hingga masuk ke dalam mulut ikan Paus Humphrey.

Di dalam tubuh Humphrey terdapat 3 jenis ilmuwan di mana Sweet Heart meminta untuk membuat dirinya yang lain.

Merasa kurang puas dengan karyanya, Sweet Heart meninggalkan tempat itu tanpa membayar upah ke ilmuwan tersebut dan merasa bahwa Omori lah yang harus membayarnya.

Karena tidak ada yang mau membayar akhirnya Omori dan teman-teman harus melawan mereka.

Ilmuwan tersebut pun kalah dan dimakan oleh Humphrey. Karena merasa belum kenyang, ia pun berusaha memakan Omori tetapi tidak berhasil. Omori dan temannya pun keluar dari perut Humphrey.

Ketika melanjutkan kebenaran, Omori melihat berbagai kebenaran yang ia temukan. Sesampai di perjalanan kamu perlu untuk menemukan huruf untuk melanjutkan perjalanan untuk membentuk kalimat.

Game Horror Omori
Black Space Game, Source Image: Channel Droomp

Sebuah pintu bernama Black Door menjembatani ke Black Space. Sebuah ruang hitam yang dipenuhi pintu-pintu berisi kebenaran yang disembunyikan selama ini.

Kira-kira apa kebenaran yang disembunyikan?

Game Horror Omori
Omori Naik ke Atas dan Menyusuri Kebenaran, Source Image Droomp

Omori terbangun dari kamarnya. Hari belum terdengar tetapi ia mendengar ada sebuah lagu yang sering di dengar di ruang musik. Terlihat Mari sedang memainkan musik.

Dahulu Sunny ingin memainkan musik bersama kakaknya Mari. Mereka pun belajar bersama untuk pertunjukan. Mari seorang yang perfectionist sehingga ketika Sunny melakukan kesalahan maka harus mengulang belajar dari awal lagi.

1 Hari sebelum pindah rumah….

Sunny, Hero, dan Kel pergi ke rumah Aubrey, mengingat dia tiba-tiba tidak keluar rumah. Kondisi rumahnya yang berantakan, sampah dimana-mana, ibunya hanya menonton TV. Mereka memasuki kamar Aubrey yang meminta maaf karena telah mendorong Basil. Aubrey memandangi foto-foto bersama Mari.

Hero, Kel, Aubrey, dan Sunny saling meminta maaf atas kesalahannya. Mereka pun pergi ke rumah Basil, namun ternyata Basil mengurung diri di kamar. Aubrey merasa bersalah karena telah mendorongnya, ia pun meminta maaf.

Sunny dan teman-temannya meminta ijin untuk menginap di rumah Basil. Malam itu, Hero, Kel, dan Aubrey tertidur pulas tetapi Sunny justru kebalikannya.

Sunny pergi ke rumahnya sendiri, ia mengumpulkan sebuah foto yang akan mengungkap semua kebenaran.

Game Horror Omori

Game Horror Omori

Jika dilihat dari urutan foto dan keterangan pada permainan ternyata pembunuh Mari adalah adiknya Sunny.

Mau tahu penjelasan lengkap dari setiap foto? yuk mainkan gamenya

Sunny Route Ending

Setelah mengetahui kejelasan dan terbangun, Terdapat 3 ending berbeda tergantung bagaimana kamu memainkannya, seperti apakah kamu menemui Basil atau tidak.

Jika tidak menemui Basil di kamarnya, maka hanya ada 1 ending yaitu Neutral Ending yang dibagi menjadi 2 yakni Abandon (berakhir dengan merasa bersalah) atau Knife (berakhir meninggal di atas kasur), tetapi jika berhasil maka terdapat 2 ending yaitu Bad Ending dan True Ending.

Bad Ending ini terjadi apabila kamu memilih untuk tidak melanjutkan permainan dan berakhir menyerah. Ia menjatuhkan violinnya dan menghilang begitu saja. Ia membiarkan Omori menguasai dirinya.

Sebaliknya True Ending terjadi apabila kamu memilih untuk melanjutkan permainan. Sunny akan berusaha sekuat tenaganya untuk bangkit kembali. Ia juga memainkan dengan violinnya sebuah lagu yang sering dimainkan dengan Mari.

Omori pun menjatuhkan sebuah pisau dan menghilang.

Kamu bisa mengeksplorasi permainan ini sesuai pilihan kamu.

Penasaran dengan rincian ending? yuk mainkan game-nya

Hikikomori Route

Apabila 3 hari sebelum Sunny pindah memilih untuk tidak membuka pintu maka akan menjalani Hikikomori Route dimana kondisi Sunny akan semakin terpuruk dan tidak mau keluar kemana pun. Ketika Sunny tidur juga akan masuk ke Head Space dan akan mengalami perubahan alur, cerita, tempat, dan karakter yang dilawan.

Satu-satunya ending yang akan kamu dapatkan di Route ini adalah Neutral Ending.


Akhir Kata

Permainan ini terbilang unik dan spesifik untuk audiens tertentu. Bermain game ini juga bisa melelahkan, namun rasa penasaranmu akan terpuaskan setelah kamu berhasil mengakhiri permainan ini dan mendapatkan semua jawabannya.