#AntiBajakan Review: Escape from Naraka (Demo Version)

0
5
Escape from Naraka

Setelah sekian lama tidak me-review game, kali ini saya hadir untuk mengulas salah satu game buatan studio lokal Xelo Games. Gim yang bergenre 3D action puzzle platformer bertema horor khas Bali ini diberi judul Escape from Naraka. Mendengar judulnya saja, kita sudah bisa merasakan nuansa horor yang pekat.

Untuk kamu yang takut dengan hal-hal beginian, siapin jimat favorit dulu ya sebelum bermain.

First Impression Escape from Naraka

Gim ini mengisahkan seorang karakter utama yang berusaha keluar dari tempat yang mengekangnya. Gim ini kira–kira bisa disebut mirip dengan gim bergenre runner yang banyak terdapat di gim mobile.

Pada gim ini, kita dituntut untuk memiliki kecepatan berpikir dan bereaksi karena akan ada banyak kejutan yang memaksa kita untuk segera bergerak cepat demi menuju tahap selanjutnya. Perangkap dan platform yang harus kita lewati serta musuh–musuh yang berusaha untuk menghentikan langkah kita akan terasa menantang pada gim ini.

Baik, cukup untuk prefacenya, ayo kita masuk ke dalam dunia game ini!


Gamer’s Trivia #1

Escape From Naraka TriviaDid you know? Founder Xelo Games merupakan seorang ex-AAA Game Artist yang pernah turut dalam mengerjakan game GRID lho.


Game akan dimulai dengan perkenalan control dan environtment-nya. Mungkin tahap ini sudah bisa kita temui dengan model control standar yang biasa kita temui di setiap game first person. Hal yang membedakannya dari gim lain akan terletak pada desain tempat–tempat yang melatih respon kita terhadap kondisi yang tiba–tiba muncul. Apakah itu?

Inside the game

Pada stage pertama ini selain tutorial perkenalan kontrol, kita akan dipertemukan dengan mahkluk yang akan menjadi musuh kita (yang akan menjadi menyebalkan nantinya) dimana jikalau kita tidak berusaha untuk berpikir cepat, maka kita akan dihajar hingga mati dan respawn kembali ke checkpoint sebelumnya. Pada saat kita dipertemukan dengan event ini kita ternyata bisa berlari ke bawah kolong yang terdapat di belakang kita untuk melanjutkan petualangan horor ini.

Escape from Naraka (Demo Version)

Keputusan split second seperti ini akan memenuhi game ini dan menjadi bumbu terbesar dalam memainkannya. Akan tetapi selain platforming seperti ini, pemain akan diberikan kekuatan untuk menembakkan kristal es yang dapat digunakan untuk memperlambat musuh kita (karena mereka sangat cepat dan dapat mengejar kita dengan mudah).

Stage pertama ini masih sangat mudah karena masih berisikan perkenalan dengan tantangan yang lumayan ringan untuk pemanasan. Akan tetapi semua berubah ketika kita mulai masuk ke stage berikutnya. Siapkan diri kalian!

Escape from Naraka (Demo Version)
Tutorial is easy breezy

Pada stage ini, kita diperkenalkan dengan floating platform (musuh terberat pada stage ini yang membuatku mengulang checkpoint berulang kali) dan diberitahukan jikalau kita bisa menembakkan kristal es ke platform kecil ini untuk menghambat platform ini dari jatuh ketika kita menginjaknya.

Escape from Naraka (Demo Version)

Di stage ini kita akan dimaksa untuk melatih kemampuan refleks dan pengambilan keputusan yang cepat kita serta observasi sekitar agar bisa melanjutkan ke stage selanjutnya. Oh ya, jikalau kamu mempunyai kemampuan observasi yang cukup baik, kamu akan menemukan secret area pada gim ini dengan mudah yang biasanya tersembunyi di balik tembok rapuh dan sebagainya.

Escape from Naraka (Demo Version)

Pada stage ini, ada collectible yang bisa kamu kumpulkan demi menjadi seorang completionist. Apabila kamu tidak mengumpulkannya pada percobaan pertama dan melewatinya, besar kemungkinan kamu tidak akan bisa kembali lagi ke area tersebut karena kondisi stage yang tidak memungkinkan. Oleh karena itu bersiaplah untuk mengambil resiko melawan para monster batu ini.

Setelah melalui stage ini, demo dari gim ini akan berakhir dan kita akan dibawa kembali ke title screen.

Nah dengan selesainya demo Escape from Naraka, selanjutnya mari kita bahas seluk-beluk dari gim ini lebih jauh.

Escape from Naraka (Demo Version)
This stage is hard

The Review

Mengusung genre 3D action puzzle platformer, game ini akan menyuguhkan tantangan yang sudah cukup lama tidak muncul ke permukaan. Meskipun experience kali ini lagi–lagi hanya sebatas demo, akan tetapi Escape from Naraka tetap dapat berhasil menunjukkan jikalau gim ini sudah dipoles dengan baik.

Bila kita bercerita soal judul gim ini, judul gim ini saja sudah memiliki arti tersendiri lho. Sebelumnya, gim ini memiliki judul lengkap Leyak : Escape from Naraka dimana Leyak (atau yang kita lebih kenal dengan Leak) merupakan legenda dari Bali mengenai roh pemakan jiwa yang hanya memiliki kepala dan organ tubuh melayang seperti jantung. Sedangkan Naraka merupakan sebuah neraka menurut kepercayaan Hindu.

Dengan trivia tersebut, tidak heran jikalau setting dari gim ini memiliki nuansa yang kental dengan suasana relik yang bisa ditemui di area Bali. Mulai dari dinding, patung dan musuh yang kita temui seolah–olah merupakan sosok yang kental dengan suasana Hinduism.

Gim ini memiliki pacing yang cukup cepat seperti sedang bermain gim first person view jadul buatan Valve yang kadang bisa membuat pemainnya merasa kurang nyaman atau bahkan pusing dan mual dengan pace yang dimiliki oleh gim ini.

Akan tetapi, hal ini sebenarnya justru baik untuk game dengan genre ini, dikarenakan gim ini mengutamakan kelincahan pemainnya dalam melewati setiap tantangannya. Gim ini juga bisa digolongkan dalam game speedrun. Meskipun tampaknya belum ada hal seperti speedrun mode di dalam game-nya (atau mungkin karena saya hanya bermain demo version? Haha).


Gamer’s Trivia #2

Escape from Naraka Trivia

Jikalau kamu memperhatikan nama stage pertama dan kedua, keduanya merupakan nama dari Naraka (Tamisra & Avici/Avicimat) berdasarkan kepercayaan Hindu lho.


Secara overall, gim ini akan cukup menantang bagi setiap pemain puzzle platformer di luar sana. Jikalau harus memberikan ide atau saran, maka sebaiknya gim ini memberikan alasan yang baik bagi para pemainnya tentang mengapa mereka harus dihadapkan pada situasi tersebut dan menerangkan siapa sebenarnya para musuh tersebut?

Gagasan ini muncul tidak lain agar para pemainnya bisa memiliki purpose yang lebih baik dan bisa ikut merasakan game-nya secara lebih lagi.

Nuansa Bali atau Hinduism dalam gim Escape from Naraka

Berikut ini merupakan beberapa screenshot dari penampakan in-game yang terlihat kental dengan suasana Bali/Hinduism.

Escape from Naraka (Demo Version)

Escape from Naraka (Demo Version)

Escape from Naraka (Demo Version)

Escape from Naraka (Demo Version)

If you’re into speedrunning platformer game, this game is for you. Mungkin ini adalah kalimat penutup yang cocok untuk gim kece satu ini. Jikalau kamu menikmati versi demo ini, kamu mungkin ingin mencoba gim ini secara penuh untuk merasakan sensasi maksimalnya.

Sekian untuk review kali ini, gxg signing out!