9 Item Pasif Mobile Legends untuk Tingkatkan Defense Roamer

1433
Item Pasif Mobile Legends
Sumber: Mobile Legends: Bang-Bang

Di artikel yang membahas mengenai item pasif Mobile Legends ini, kita akan menjelaskan berbagai kegunaan dari berbagai item yang memiliki skill pasif, di mana skill ini akan secara otomatis aktif jika kondisi dari item tersebut terpenuhi.

Salah satu kategori item pasif ialah item defense yang sudah jelas penting dalam bermain Mobile Legends untuk memperkuat hero kamu.

Item pasif Mobile Legends untuk defense secara garis besarnya memiliki kegunaan untuk bertahan hidup atau menahan serangan dari hero lawan. Item ini sebagai upaya counter dari hero-hero damage yang dimiliki musuh.

Itulah sebabnya mengapa item defense lebih dominan digunakan untuk para roamer yang memiliki fungsi sebagai Initiator.

Untuk kamu yang mengisi role roamer tentu harus menyimak dan memahami item pasif Mobile Legends terutama untuk kebutuhan defense. Berikut adalah ulasannya!

Menjelaskan Item Defense dan Efek Pasifnya untuk Para Roamer

Selain membahas mengenai item pasif Mobile Legends, kita juga akan membahas mengenai skill pasif dari item defense. Item defense sendiri berjumlah 13 item yang memiliki fungsi dan kegunaan sebagai counter hero yang dipilih oleh lawan.

Namun ada 9 item defense yang tergolong menjadi item favorit untuk digunakan. Kamu akan lebih sering melihat item ini saat para pro player bertanding di turnamen-turnamen sekelas MPL.

Penasaran mengenai penjelasan dari item pasif Mobile Legends untuk item defense tersebut? Berikut ulasannya!

Item Pasif Mobile Legends #1: Radiant Armor

Item Pasif Mobile Legends. Radiant Armor
Sumber: Mobile Legends: Bang-Bang

Radiant Armor merupakan sebuah item pasif Mobile Legends yang terdapat pada kategori item defense. Item ini berfungsi untuk menahan damage yang bersifat Magical. Item ini memiliki efek penambahan berupa:

    • +950 HP
    • +52 Magic Defense
    • +12 HP Regen

Pasif unik yang terdapat dari item Radiant Armor ialah: Menerima Magic Damage dapat memberikan 5-8 Magic Damage Reduction (berskala dengan level) selama 3 detik, maksimal hingga 6 Stack.

Secara sederhananya pasif dari Radiant Armor ini berfungsi untuk meng-counter hero-hero Magical yang dapat memberikan damage magic secara terus-menerus.

Item ini dapat meng-counter hero Mage seperti Harley, Alice, Chang’e, Esmeralda, Lylia dan Yve. Walaupun begitu hero Assassin yang memiliki damage magic seperti Aamon juga dapat di-counter menggunakan Radiant Armor.

Item ini secara sedehana digunakan untuk hero magic Poke atau hero yang memiliki damage magic yang dapat menyicil darah kamu secara terus-menerus. Jadi item Radiant Armor ini sangat cocok digunakan untuk menahan dari serangan tersebut.

Item Pasif Mobile Legends #2: Immortality

Item Pasif Mobile Legends. Immortality
Sumber: Mobile Legends: Bang Bang

Immortality merupakan sebuah item defense yang berfungsi untuk menahan damage yang bersifat Physical. Item ini memiliki efek penambahan berupa:

    • +800 HP
    • +20 Physical Defense

Pasif unik yang terdapat dari item Immortality ialah: Hidup kembali dalam 2.5 detik setelah tereliminasi. Memperoleh 16% Max HP dan 220 – 1200 Shield yang berskala dengan level. Berlangsung selama 3 detik (Cooldown 210 detik).

Mungkin sebagian dari kamu sudah tidak asing lagi dengan item satu ini. Item ini dapat membuat kamu hidup kembali di tempat setelah berhasil dieliminasi oleh musuh. Item Immortality memiliki cooldown selama 210 detik.

Item Immortality sangat berguna apabila durasi dari game sudah cukup lama. Item ini sudah pasti menjadi pilihan para pemain untuk selalu mengamankan 1 slot item yang dimana akan digunakan untuk membeli Immortality.

Item Pasif Mobile Legends #3: Dominance Ice

Item Pasif Mobile Legends. Dominance Ice
Sumber: Mobile Legends: Bang-Bang

Dominance Ice merupakan item pasif Mobile Legends untuk defense yang berfungsi untuk menahan damage Physical. Item ini memiliki efek penambahan berupa:

    • +500 Mana
    • +70 Physical Defense
    • +5 Movement Speed

Pasif unik yang terdapat dari Item Dominance Ice ialah: +10% Cooldown Reduction. Mengurangi efek Shield dan HP Regen hero lawan di sekitar sebesar 50% (tidak termasuk yang terkena efek Life Drain) dan mengurangi Attack Speed lawan sebesar 30%.

Secara sederhana item ini berfungsi untuk meng-counter hero-hero yang memiliki HP Regen yang tinggi dan memiliki HP yang cukup banyak. Selain itu juga kamu dapat menggunakannya untuk mengurangi Attack Speed dari hero lawan.

Mengurangi Attack Speed lawan sebesar 30% tergolong besar. Itulah mengapa item ini menjadi salah satu item wajib yang digunakan oleh para roamer.

Hal itu dikarenakan item ini memiliki pasif unik seperti NOD (Necklace of Durance) yang terdapat di kategori item Magic dan Sea Halberd pada item Attack.

Kamu dapat menggunakan item Dominance Ice untuk meng-counter hero-hero seperti Esmeralda, Alice, Ruby, Uranus dan hero yang memiliki efek heal atau Regen yang tinggi lainnya.

Item Pasif Mobile Legends #4: Athena’s Shield

Item Pasif Mobile Legends. Athena's Shield
Sumber: Mobile Legends: Bang-Bang

Athena’s Shield merupakan sebuah item defense yang berfungsi untuk menahan damage yang bersifat Magical. Item ini memiliki efek penambahan berupa:

    • +900 HP
    • +62 Magic Defense
    • +2 HP Regen

Pasif unik yang terdapat dari item Athena’s Shield ialah:

Saat menerima Magic Damage memperoleh 25% Magic Damage Reduction selama 3 detik (aktif sebelum menerima Damage). Memperoleh efek ini kembali dalam 5 detik setelah meninggalkan pertarungan.

Athena’s Shield sangat berguna untuk kamu melawan hero yang memiliki burst damage magic yang tergolong tinggi. Athena’s Shield menjadi item yang sangat cocok untuk meng-counter hero burst damage magic tersebut.

Athena’s Shield biasanya digunakan untuk mengcounter hero seperti Eudora, Kagura, Aurora, Pharsa, Vale, Kadita, Cecilion, Xavier dan hero-hero burst damage magical lainnya.

Item Pasif Mobile Legends #5: Oracle

Item Pasif Mobile Legends. Oracle
Sumber: Mobile Legends: Bang-Bang

Oracle merupakan sebuah item defense yang berfungsi untuk menahan damage yang bersifat Magical. Item ini memiliki efek penambahan berupa:

    • +850 HP
    • +42 Magic Defense
    • +10 Cooldown Reduction

Pasif unik yang terdapat dari item Oracle ialah: Meningkatkan efek Shield dan HP Regen yang diterima sebesar 30%.

Oracle menjadi salah satu item yang OP (overpowered) bagi para user support. Skill pasif yang ada pada Oracle yang membuatnya menjadi salah satu item yang banyak digunakan.

Hero-hero seperti Rafaela, Estes, Angela, Mathilda dan Floryn menjadi hero yang seringkali menggunakan item tersebut. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan HP Regen yang diterima setelah menahan cukup banyak damage.

Terlebih untuk hero Mathilda yang dimana item Oracle ini menjadi item wajib untuk digunakan. User Mathilda biasanya membeli item ini di urutan kedua setelah membeli sepatu.

Itu bertujuan untuk menambah Regen dari item roam yang dikombinasikan dengan pasif dari item Oracle ini. Untuk kamu user Mathilda pasti menggunakan item regen satu ini bukan?

Item Pasif Mobile Legends #6: Antique Cuirass

Item Pasif Mobile Legends. Antique Cuirass
Sumber: Mobile Legends: Bang-Bang

Antique Cuirass merupakan sebuah item pasif Mobile Legends yang terdapat dalam kategori item defense. Item ini sendiri berfungsi untuk menahan damage yang bersifat Physical. Item ini memiliki efek penambahan berupa:

    • +920 HP
    • +54 Physical Defense
    • +4 HP Regen

Pasif unik yang terdapat dalam item Antique Cuirass ialah: Ketika diserang oleh Skill, mengurangi Physical Attack lawan sebesar 8% selama 2 detik dan maksimal hingga 3 Stack.

Antique Cuirass juga menjadi salah satu item wajib para roamer. Item ini menjadi item favorit karena pasif uniknya. Para user roamer biasanya selalu menggunakan item ini sebagai pelindung dan penahan damage Physical yang diberikan oleh lawannya.

Di turnamen juga para pro player cenderung menggunakan item defense physical satu ini untuk menahan damage physical dari lawannya. Hal itu bertujuan untuk membuat para roamer semakin tebal dan kuat dalam menerima damage.

Item Pasif Mobile Legends #7: Guardian Helmet

Item Pasif Mobile Legends. Guardian Helmet
Sumber: Mobile Legends: Bang-Bang

Guardian Helmet menjadi salah satu item defense sebagai penambah HP yang tergolong besar. Item ini biasanya digunakan sebagai item recovery (pemulihan) dari HP yang telah hilang. Item ini memiliki efek penambahan berupa:

    • +1550 HP
    • +20 HP Regen

Pasif unik yang terdapat dari item Guardian Helmet ialah: Memulihkan 2.5% Max HP setiap detik (berkurang menjadi 0.5% Max HP setiap detik selama 5 detik setelah menerima Damage).

Item ini sangat berguna untuk pemain roamer yang selalu ingin aktif berada di team fight. Fungsi item ini yaitu setiap pemain yang membeli item Guardian Helmet akan memulihkan HP setelah sekarat atau kehilangan banyak darah.

Artinya pemain tidak perlu kembali ke base untuk memulihkan HP karena setiap HP yang hilang akan dipulihkan kembali setelah pemain tidak terkena serangan oleh lawan.

Item ini sangat cocok digunakan untuk roamer yang memiliki durability tinggi seperti Hylos, Tigreal, Khufra, Grock, Baxia, Minotaur, Akai dan hero-hero yang memiliki durability tinggi lainnya.

Item Pasif Mobile Legends #8: Cursed Helmet

Item Pasif Mobile Legends. Cursed Helmet
Sumber: Mobile Legends: Bang-Bang

Cursed Helmet merupakan sebuah item defense yang berfungsi untuk menahan damage yang bersifat Magical dan sebagai salah satu item penambah jumlah HP yang bisa mencapai +1000 HP seperti Guardian Helmet.

Item ini memiliki efek penambahan berupa:

    • +1200 HP
    • +25 Magic Defense

Pasif unik yang terdapat dari item Cursed Helmet ialah:

Memberikan Magic Damage yang setara dengan 1.2% dari Max HP hero setiap detik kepada lawan di sekitar. Damage ini meningkat sebesar 210% hingga 350% terhadap Creep dan Minion (berskala dengan level).

Item ini sebenarnya sangat berfungsi untuk para Roamer yang menggunakan hero-hero yang tergolong sulit atau lambat dalam clear lane. Dengan membeli item Cursed Helmet ini akan mempermudah dan mempercepat dalam hal tersebut.

Pemanfaatnya selain untuk lebih cepat dalam clear lane, item ini juga sangat berguna dalam team fight. Pasif unik yang didalamnya membuat kamu dapat memberikan damage kepada lawan tanpa harus menggunakan skill atau basic attack.

Kamu hanya perlu berada di sekitar lawan atau berada di team fight dan itu sudah memberikan kontribusi damage yang dapat mempermulus atau memenangkan team fight.

Ada beberapa hero roamer yang cocok menggunakan item defense dari Cursed Helmet ini. Hero tersebut ialah Tigreal, Akai, Minotour, Johnson, Gatotkaca, Hylos, Uranus, Kufra, Baxia dan hero-hero yang menurut kamu cukup sulit dalam clear lane.

Item Pasif Mobile Legends #9: Blade Armor

Item Pasif Mobile Legends. Blade Armor
Sumber: Mobile Legends: Bang-Bang

Blade Armor merupakan sebuah item defense yang berfungsi untuk menahan damage yang bersifat physical. Item ini menjadi salah satu item yang dikhususkan untuk menahan damage dari physical dan juga dapat menahan redaman damage dari critical.

Item ini memiliki efek penambahan berupa:

    • +950 Physical Defense

Atribut unik yang terdapat pada Blade Armor ialah memiliki +20% crytical damage reduction yang berarti item ini sangat berguna untuk menahan hero-hero yang memiliki damage critical cukup tinggi.

Pasif unik yang terdapat dari item Blade Armor ialah: Ketika diserang oleh basic attack dapat memberikan physical damage setera dengan 20% dari damage yang diterima (dihitung sebelum damage reduction).

Item ini juga memberikan +20% dari physical defense hero kepada lawan dan menyebabkan efek slow kepada mereka sebesar 15% selama 1 detik.

Item ini sebenarnya mirip seperti Battle Spell Vengeance yang dapat memantulkan damage atau membalikkan damage kepada lawan. Item ini sangat cocok untuk melawan atau meng-counter hero-hero Marksman yang memiliki damage physical dan critical.


Itulah penjelasan mengenai item pasif Mobile Legends beserta 9 item defense yang cukup populer digunakan oleh para roamer saat bermain Mobile Legends.

Item tersebut bisa menjadi acuan para roamer untuk mengkombinasikannya dalam melawan atau menahan serangan yang diberikan oleh lawan.

Sebenarnya item defense digunakan atau menjadi lebih maksimal saat kamu dapat mengkalkulasi atau memperkirakan damage yang akan diberikan oleh musuh.