Review Jomblo Rise Up, Game Visual Novel yang Kental dengan Nuansa Anak SMA Indonesia

1099
Jomblo Rise Up

Jomblo Rise Up adalah sebuah game visual novel buatan Nexvel Entertainment yang merupakan salah satu studio pengembang game indie asal Indonesia. Mereka sudah membuat dua buah gim yang tersedia hanya di Google Play Store.

Dua buah gim tersebut adalah Merah Putih – Belajar Sejarah dan gim yang akan saya ulas yaitu: Jomblo Rise Up. Jomblo Rise Up, seperti sudah disebutkan sebelumnya, merupakan gim bergenre visual novel atau simulasi percintaan.

Saat ulasan ini ditulis, Jomblo Rise Up mendapatkan penilaian 4,7 bintang. Gim ini sudah diunduh lebih dari 1.000 kali. Usia yang seharusnya diperbolehkan memainkan gim ini adalah 12 tahun ke atas atau dengan kata lain Jomblo Rise Up memiliki rating usia 12+.

Permainan ini di Google Play ditandai sebagai permainan terkait simulasi. Ukuran untuk meng-install gim ini terbilang cukup kecil yakni, kurang dari 100 MB tepatnya 65 MB. Minimal Android Versi 4.4 diperlukan untuk memainkan gim ini.


Selain di Play Store, kamu juga bisa menemukannya di Candela Imagine, sebagai salah satu platform yang mewadahi kebutuhan game lokal agar eksistensi game Indonesia tetap terjaga.


Penasaran sebenarnya Jomblo Rise Up ini adalah gim seperti apa? Berikut ini adalah review singkat untuk game Jomblo Rise Up.

Kesan Pertama Bermain Jomblo Rise Up

Saat membuka gim ini pertama kali, saya langsung menemukan kesan nostalgia ketika kita SMA. Sebabnya adalah penggambaran karakter-karakter yang memakai baju khas seragam SMA Negeri dengan lambang OSIS di dada.

Sesuatu yang biasanya tidak ada di sinetron atau film karena biasanya memakai seragam SMA internasional, tetapi gim ini melakukan hal yang dirindukan mereka yang kangen masa SMA ala Indonesia.

Tampilan yang muncul setelah popup pengumuman adalah gambar dari karakter-karakter yang ada di gim ini yaitu: tokoh utama dan ketiga cewek yang nantinya akan dipilih sebagai pasangan, yakni: Dinda, Siska dan Carla.

Setelahnya, saat masuk untuk memulai permainan, kita akan dihadapkan pada pilihan untuk memilih chapter yang akan kita mainkan. Total ada empat chapter untuk menyelesaikan permainan ini.

Chapter yang bisa langsung dimainkan secara gratis tentu saja adalah chapter pertama yang memiliki judul “Awal dari Semuanya“. Pada chapter pertama ada 5 level yang harus diselesaikan dan dilihat agar mengerti jalannya cerita.

Review Game Jomblo Rise Up

Aspek Tampilan Antarmuka (Interface)

Tampilan antarmuka yang diperlihatkan sangat sederhana dengan permainan harus dimainkan dengan mode layar vertikal. Pilihan menu serta apa yang harus dilakukan juga tidak akan membuat pemain kebingungan.

Menu utama dalam permainan ini ada 5 yaitu:

  • Mulai Permainan untuk menjalankan game,
  • Buka Galeri untuk melihat gambar-gambar karakter dengan berbagai macam outfit yang sudah pernah dilihat,
  • Join Komunitas Discord dilambangkan dengan icon discord untuk bergabung dengan komunitas discord Nexvel Entertainment,
  • Toko dilambangkan dengan icon troli belanja untuk membeli energi, membuka chapter, menghilangkan iklan dan menjadi VIP yang akan membuka langsung semua gambar di galeri.
  • Setting dilambangkan dengan icon vector orang untuk mengganti nama pemain, memilih bahasa, mengatur musik dan suara serta me-reset data.

Interface dalam permainan juga sangat simple tetapi menarik karena menampilkan karakter dengan kotak balon dialog. Untuk melanjutkan dialog kita hanya perlu mengetuk (tap) layar smartphone kita.

Aspek Kendali Permainan (Control)

Selanjutnya kita masuk ke aspek review tentang control untuk memainkan game ini. Seperti yang sebelumnya. Untuk kendali dalam menyelesaikan permainan dilakukan secara sederhana yakni hanya dengan mengetuk layar.

Pada beberapa dialog akan ada pilihan untuk pemain memilih aksi apa yang hendak dilakukan selanjutnya atau percakapan apa yang akan dikatakan. Sekali lagi, cukup men-tap pilihan yang disediakan.

Sehingga secara keseluruhan kendali permainan terbilang sangat sederhana dan sangat mudah.

Aspek Gameplay

Permainan ini tidak mempunyai pengaturan untuk mengubah tingkat kesulitan mengingat ini adalah genre visual novel, di mana para pemain lebih fokus mengikuti perkembangan cerita.

Tingkat kesulitan yang ada pada game Jomblo Rise Up terbilang sangat rendah dan sangat cocok untuk dimainkan pada saat bersantai melepaskan ketegangan serta stres.

Pemain hanya perlu logika dan rasa saja untuk memilih pilihan tindakan yang dilakukan. Karena jika pemain salah dalam memilih maka, harus mengulang permainan lagi yang tentu saja menghabiskan energy.

Energy bisa terisi sendiri dalam jangka waktu satu menit. Jika pemain tidak sabar dan ingin segera bermain tetapi sudah habis energy-nya maka, pemain bisa membeli energy langsung.

Pemain perlu mengingat beberapa dialog agar tidak terjadi kesalahan sehingga membuang-buang energy yang sebenarnya tidak perlu.

Aspek Grafik

Permainan karya anak bangsa Jomblo Rise Up ini menyuguhkan gambar-gambar yang menyegarkan untuk dipandang. Karakter-karakternya dibuat dengan apik sehingga bisa menampilkan ketampanan karakter utama dan kecantikan karakter-karakter wanitanya.

Sesuai dengan genre gim ini yang termasuk visual novel maka, gambar latar belakang juga dibuat berbeda sesuai dengan keadaan karakter berada. Latar belakang kelas, latar belakang kantin sekolah hingga latar belakang jalanan ditampilkan dengan sederhana namun tetap sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Aspek Audio

Suara latar yang diperdengarkan pada permainan ini memberi kesan yang romantis. Theme song pada tiap keadaan juga berbeda namun tetap menenangkan dan membuat kita sekali lagi romantically involved cinta monyet ala anak SMA.

Efek suara yang disajikan juga terbilang cocok dengan permainan ini. Tiap kali ada dialog yang berjalan maka, akan ada suara seperti mesin ketik.

Musik berbeda akan diputar pada chapter dan level yang berbeda.

Cerita Game Jomblo Rise Up

Setelah membahas review game Jomblo Rise Up maka, selanjutnya saya akan sedikit menceritakan tentang Jomblo Rise Up ini. Seperti sudah dibilang di pendahuluan, ada total empat chapter cerita dalam game Jomblo Rise Up.

Chapter pertama Jomblo Rise Up menceritakan latar belakang karakter utama yakni, seorang cowok yang baru saja pindah kota.

Cowok tersebut tidak sempat mengikuti tur sekolah sebelum waktu belajar dimulai. Sehingga dia terburu-buru untuk mencari kelas dia ditempatkan. Pada saat itulah dia bertemu cewek pertama dari ketiga pilihan cewek yang tersedia yakni, Dinda.

Kemudian chapter kedua menceritakan cowok tersebut akan bertemu dengan cewek kedua yaitu Carla.

Kalau Dinda digambarkan sebagai cewek biasa seperti kebanyakan cewek pada umumnya yang suka taman dan bunga, maka Carla digambarkan sebagai cewek tomboi yang suka olahraga.

Lalu chapter ketiga ceritanya tentang hubungan karakter utama dengan cewek ketiga bernama Siska. Siska awalnya bertemu dengan karakter utama pada saat piket sepulang sekolah dan mendengarkan musik bersama.

Masuk ke chapter terakhir atau chapter keempat. Pada chapter inilah karakter utama akan memilih salah satu dari ketiga pilihan cewek.

Ending akan berbeda tergantung pilihan cewek yang akan dipilih pemain. Dengan kata lain, game ini mempunyai multiple ending. Sehingga bisa dimainkan berulang kali untuk mengetahui semua ending yang ada.

Akhir Kata

Begitulah review game Jomblo Rise Up. Secara keseluruhan game ini cukup menarik untuk dimainkan saat santai dan memiliki latar belakang cerita yang dapat mengusir kebosanan dan melepas stress sejenak saat kita memainkannya.


banner gamekarta

Tentang Gamekarta

Gamekarta adalah sebuah inisiatif kolaboratif yang digagaskan oleh Esportsnesia dan Candela Imagine untuk memberikan dukungan eksposur kepada para pengembang gim tanah air. Dukungan yang diberikan tidak hanya terbatas pada ulasan media, tetapi juga menunjang keberadaan digital dari suatu karya video game dalam ekosistem Esportsnesia.

Tentang Candela Imagine

Candela Imagine adalah sebuah start up fasilitator game developer Indonesia untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang dibutuhkan oleh pengembang gim untuk menelurkan karyanya.

banner iklan esportsnesia