Review Game Valkyrie Impact, Game Shoot-‘Em-Up Buatan Surakarta

201

Valkyrie Impact adalah salah satu game mobile karya anak bangsa. Gim ini tepatnya buatan pengembang asal Surakarta, Jawa Tengah yang menamakan diri sebagai OTI Dev.

Valkyrie Impact adalah game perdana dari studio game developer tersebut. Pertama kali rilis pada tanggal 9 Oktober, latar waktu cerita dari Valkyrie Impact ini berada di masa depan.

Tepatnya di tahun 2169 di mana planet Bumi diserang oleh sekelompok makhluk yang tidak dikenal. Penyerang ini kemudian dinamakan oleh para penduduk bumi sebagai “The Invader“.

Valkyrie Impact 1
Sumber Gambar: Screenshot Pribadi Penulis

Umat manusia kehilangan kebebasannya untuk hidup di dunia. Namun, beberapa orang tidak tinggal diam dan berusaha melawan The Invader agar planet bumi bisa dihuni kembali dengan nyaman.

Ilmuwan terbaik dikumpulkan dan membentuk apa yang disebut sebagai “The World’s Scientist“. Mereka memulai proyek yang diberi nama “Heavenly Weapon” dengan tujuan menemukan senjata terbaik untuk melawan serangan serta mencari orang yang tepat untuk memegang senjata tersebut.

Sebuah senjata yang memberikan masyarakat harapan dan kekuatan. Senjata sekaligus orang yang terpilih itu kemudian diberi nama sebagai “Valkyrie“.

Lalu bagaimana dengan game-nya sendiri? Berikut ini review-nya:

First Impression Game Valkyrie Impact

Apa yang ada di kepala Anda ketika mendengar kata “Valkyrie”? Mungkin bagi Anda yang merupakan Marvel fans akan mengatakan Valkyrie adalah sahabat Thor. Kemudian, di kepala Anda-Anda yang pemain Destiny 2 bisa jadi akan mengatakan bahwa Valkyrie adalah senjata kuat.

Lalu, bagi Anda yang jadi pemain setia Honkai Impact 3rd maka, yang ada di kepala Anda adalah para ksatria wanita yang memperjuangkan kebebasan bangsanya. Atau buat Anda yang jadi penggemar franchise game Valkyrie Profile, ya Valkyrie adalah game tersebut.

Begitu kira-kira sebenarnya yang ada di pikiran saya, saat melihat judul Valkyrie Impact di Google Play Store.


Selain di Play Store, kamu juga bisa menemukannya di Candela Imagine, sebagai salah satu platform yang mewadahi kebutuhan game lokal agar eksistensi game Indonesia tetap terjaga.


Namun ternyata saat masuk ke game-nya, saya malah jadi teringat gim klasik bin retro berjudul The Super Dimension Fortress Macross yang dulu saya mainkan di platform NES. Sehingga Valkyrie Impact menjadi semacam nostalgia bagi para gamers yang juga pernah memainkannya.

First Impression Valkyrie Impact
Sumber Gambar: Screenshot Pribadi Penulis

Tapi, sebelum meng-install dan memainkan game-nya pastikan dulu bahwa sistem operasi Android Anda sudah minimal versi 4.4 sehingga bisa compatible dengan perangkat Anda. Pastikan juga bahwa memori yang tersedia pada smartphone Anda ada minimal 84 MB.

Kemudian, setelah menangkap kesan bahwa game ini seperti Macross. Kesan pertama lainnya yang saya dapatkan adalah game ini cukup sulit tapi menantang sehingga bisa menimbulkan adiksi alias kecanduan alias ketagihan.

Saya tidak sendiri dengan kesan susah tapi bikin nagih. Karena ada satu komentar di ulasannya pada laman Google Play Store game ini juga mengatakan demikian. Begini katanya, “Sumpah susah banget tapi bikin nagih…”

Lalu bagaimana review-nya menurut saya sendiri? Mari kita bedah dari lima aspek yakni interface, control, gameplay, graphics dan sound.

Review Game Valkyrie Impact

Aspek Interface Game Valkyrie Impact

Aspek tampilan antar muka (interfacegame ini sederhana. Game haruslah dimainkan dengan mode layar horizontal.

Sehingga jika pada awal sebelum kita masuk ke dalam permainan kita memegang HP pada posisi vertikal, maka, otomatis layar kita akan berubah menjadi horizontal ketika masuk ke dalam game.

Menu utama pada game ini ada lima plus satu menu premium. Lima menu utama adalah Start, Attribute Up, Skill Up, Option dan Quit. Sedangkan, satu menu premium yakni untuk membeli Premium Pass.

Gambar Valkyrie Impact
Sumber Gambar: Screenshot Pribadi Penulis

Start dan Quit cukup jelas untuk memulai permainan serta keluar dari permainan. Option digunakan untuk mengatur volume, music dan sound effect.

Lalu, ada menu Attribute Up yang digunakan untuk menambah kekuatan seperti menambah maksimum health point, meningkatkan serangan dan pertahanan. Terakhir, ada menu Skill Up yang digunakan untuk meng-upgrade kemampuan serta menambah variasi kemampuan.

Kita berlanjut masuk ke dalam permainannya ya. Kita klik menu Start lalu mainkan game-nya.

Aspek Control Game Valkyrie Impact

Control game ini seperti game-game MOBA yang menempatkan kendali gerakan di pojok kiri bawah dan melancarkan serangan di pojok kanan bawah. Di atas kendali serangan, ada tiga icon skill.

Posisi control ini tidak bisa diubah. Sehingga agak menyulitkan bagi orang yang ingin memposisikan tombol kendali agak di tengah atau bahkan atas.

Control Valkyrie Impact
Sumber Gambar: Screenshot Pribadi Penulis

Saya juga mencoba untuk memakai bluetooth gamepad controller tapi ternyata tidak bisa. Entah tidak compatible atau memang game-nya belum men-support untuk pemakaian gamepad controller. Padahal ketika saya mencoba gamepad yang saya miliki ini di game lain lancar jaya saja.

Terus terang saja dengan tidak adanya pemakaian controller, game ini sulit sekali karena layar jadi terhalang tangan. Sehingga jika karakter yang kita mainkan sedang di pojok kiri bawah atau ada musuh muncul dari sana, maka tidak akan kelihatan.

Kita lanjutkan tingkat kesulitan game ini di aspek gameplay.

Aspek Gameplay Game Valkyrie Impact

Valkyrie Impact tidak menyediakan pengaturan tingkat kesulitan. Seperti yang sudah saya bilang di bagian First Impression dan Aspek Control, game ini sangat susah tapi karena susahnya itu menjadikan Valkyrie Impact merupakan game yang penuh tantangan.

Health Point yang diberikan di awal adalah 200 HP. Kita bisa menambahkan ini di menu Attribute Up.

Gameplay Valkyrie Impact
Sumber Gambar: Screenshot Pribadi Penulis

Begitu juga dengan atribut lainnya. Seperti menambahkan daya serangan, mempercepat waktu charging tembakan, mempercepat serangan, meningkatkan kecepatan gerakan, menambah tebal pertahanan, hingga menambah kesempatan mendapatkan booster pada saat permainan.

Hal-hal tersebut bisa ditingkatkan dengan menggunakan nanofibers. Nanofibers didapatkan dari musuh yang dikalahkan. Sehingga bisa disebut game ini juga menggunakan sistem grinding untuk menambah kekuatan.

Grinding ini yang sebenarnya memerlukan waktu lama. Saya sendiri memerlukan waktu seminggu untuk bisa mendapatkan nanofibers yang saya butuhkan untuk meng-upgrade semuanya.

Baru ketika saya sudah fully upgraded, saya berhasil menamatkan game ini. Butuh 30 waves untuk menyelesaikan game ini dengan bos setiap 5 waves.

Ada sedikit kejutan di bos terakhir. Penasaran? Silakan Anda memainkannya sendiri. Karena saya mau berlanjut mengulas aspek graphics kemudian sound-nya.

Aspek Graphics Game Valkyrie Impact

Valkyrie Impact menggunakan animasi 2D. Namun demikian, grafik game ini patut diacungi jempol karena mampu menghadirkan gambar-gambar serta animasi unik setiap senjatanya.

Setiap senjata atau serangan yang diluncurkan baik musuh maupun pemain menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sehingga pemain tidak kesulitan membedakan mana serangan musuh dan juga mana serangan sendiri.

Graphic Valkyrie Impact
Sumber Gambar: Screenshot Pribadi Penulis

Aspek Sound Game Valkyrie Impact

Ketika saya masuk ke dalam game-nya, nuansa masa depan langsung terasa karena hentakan musik latarnya. Musik yang disajikan oleh pengembang terdengar sangat futuristik.

Efek suara ketika pemain terkena serangan musuh juga terdengar jelas. Juga ketika musuh meledak, terdengar seolah ledakannya sangat asli terjadi di dunia ini.

Akhir Kata untuk Valkyrie Impact

Game Valkyrie Impact ini bisa mengobati kerinduan para pemain yang ingin bernostalgia dengan game-game sejenis di era NES. Valkyrie Impact juga cocok untuk para pemain yang ingin bersantai barang lima menit hingga lima belas menit. Setelah itu bisa memainkannya lagi keesokan harinya.

Namun bagi yang terlanjur penasaran dan mempunyai jiwa menerima tantangan, game ini mungkin akan bisa dihabiskan seharian atau dua harian di akhir pekan.

Karena seperti yang saya bilang di aspek gameplay, bahwa sebenarnya waktu untuk meningkatkan kekuatan cukup memakan waktu (time consuming).

Sukses Valkyrie Impact
Sumber Gambar: Screenshot Pribadi

Akhir kata, game ini sangat rekomendasi dan berpotensi memiliki penggemar setia (cult fans). Ini adalah rekomendasi jujur. Baca juga ulasan, rekomendasi, dan pendapat lainnya tentang game-game lain di esportsnesia.com.


banner gamekarta

Tentang Gamekarta

Gamekarta adalah sebuah inisiatif kolaboratif yang digagaskan oleh Esportsnesia dan Candela Imagine untuk memberikan dukungan eksposur kepada para pengembang gim tanah air. Dukungan yang diberikan tidak hanya terbatas pada ulasan media, tetapi juga menunjang keberadaan digital dari suatu karya video game dalam ekosistem Esportsnesia.

Tentang Candela Imagine

Candela Imagine adalah sebuah start up fasilitator game developer Indonesia untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang dibutuhkan oleh pengembang gim untuk menelurkan karyanya.