10 Hal Menarik dari Gim Horor Resident Evil Village

455
resident evil village

Beberapa waktu lalu, Capcom mengadakan showcase untuk Resident Evil yang merupakan salah satu franchise unggulannya. Dalam acara tersebut, Capcom mengenalkan berbagai hal menarik, di antaranya mengenai Resident Evil Village yang menjadi main headline.

Resident Evil Village sendiri merupakan judul game yang diunggulkan oleh Capcom pada tahun ini, yang merupakan lanjutan dari Resident Evil 7: Biohazard yang sangat booming pada 2017 lalu. Apa sajakah hal menarik yang ditawarkan di dalamnya?

Tampil Sebagai First-Person Shooter

resident evil village first person shooter

Seperti halnya Resident Evil 7: Biohazard yang rilis 2017 lalu, Resident Evil Village ini membawa beberapa elemen dari pendahulunya tersebut. Salah satu di antaranya adalah penggunaan first-person shooter dalam survival horror yang diusung.

Dengan begitu, seri terbaru yang ditampilkan dalam Resident Evil Showcase tersebut akan membuatmu dapat melihat secara langsung kengerian yang ada di depan mata. Oleh karena itu, bakalan ada berbagai momen menakutkan yang lebih terasa dibanding ketika bermain dua seri remake sebelumnya.

Resident Evil Village Berlatar di Pedesaan dan Kastil

resident evil village desa dan kastil

Jauh sebelum Resident Evil Showcase, judul kedelapan dari seri Resident Evil tersebut sudah mengeluarkan berbagai trailer yang menampilkan latar pedesaan. Dalam showcase tersebut, Capcom kembali mempertegas hal ini.

Resident Evil Village dipastikan akan dihabiskan untuk menjelajahi pedesaan dan kastil. Walau tidak dijelaskan waktu pastinya, akan tetapi trailer menampilkan bahwa game ini bakal menempatkan player pada musim dingin.

Di samping itu, membawa latar pedesaan dan kastil ini juga membawa kembali memori pemain terhadap Resident Evil 4. Sama seperti kisah Leon yang juga menjelajahi desa dan kastil, meski tujuan kali ini bukanlah untuk menjemput anak presiden.

Dengan hadirnya teknologi RE Engine yang pertama kali diperkenalkan pada Resident Evil 7: Biohazard,

Resident Evil Village Kembali Membawa Ethan Winters sebagai Tokoh Utama

resident evil village ethan

Porsi utama dari showcase Capcom adalah dengan menampilkan RE Village yang memang ditunggu-tunggu para player di seluruh dunia. Dalam bahasan tersebut, Capcom kembali menegaskan bahwa pemain akan menjadi Ethan Winters.

Ethan Winters pertama kali muncul di Resident Evil 7: Biohazard. Pada saat itu, Ethan terjebak dalam perseteruan dengan keluarga Baker ketika ingin mencari istrinya bernama Mia Winters dan bisa bebas di akhir game.

Beberapa tahun setelahnya, Ethan dan Mia hidup dalam kedamaian di suatu tempat. Namun naas, Ethan harus kembali berhadapan dengan masalah ketika Chris membunuh istrinya dan menculik anak semata wayangnya.

Inilah yang akan membawa pemain dalam Resident Evil Village, di mana ia akan berpetualang ke satu wilayah Timur Eropa yang terisolasi. Tujuannya hanya satu, mencari anaknya yang sepertinya ada di sana dan harus menghadapi berbagai halangan di depan mata.

Ethan Lebih Kuat dalam Resident Evil Village

resident evil village ethan lebih kuat

Resident Evil Showcase rupanya masih menyimpan banyak kejutan terkait game Village. Selain Ethan yang tampil kembali dalam seri terbaru ini, ia mendapatkan beberapa upgrade dari game sebelumnya.

Alih-alih tampil defenseless, Ethan dalam Village ini akan memiliki combat mechanics yang lebih advanced. Di sini, ia dapat melakukan ragam hal selain berlarian mengelabui musuh yang menghalangi.

Hal pertama yang noticeable adalah dirinya yang kali ini mampu memegang pistol dengan lebih baik. Pistol tersebut ia bawa sebagai senjata untuk melindungi diri dari berbagai macam musuh di depan mata.

Di samping itu, Resident Evil Village juga menyematkan beberapa aspek melee combat lainnya. Dua mekanisme yang diperlihatkan dengan jelas adalah guard dan counter.

Guard sendiri akan membuat Ethan dapat mengurangi damage yang ia terima, dan counter bisa dijalankan bila Ethan berhasil melakukan guard tepat waktu. Setidaknya tidak se-useless di seri sebelumnya.

Item Management dan Crafting System yang Lebih Menarik

resident evil village item dan crafting

Banyak sekali segi gameplay dari Village yang ditampilkan dalam game ini. Dua poin yang tidak kalah penting adalah aspek item management dan crafting system yang kembali hadir.

Tampilan keduanya memang menyerupai Resident Evil 7 dan dua seri remake tahun-tahun sebelumnya. Namun, perbedaan yang kentara adalah pemain dapat dengan bebas mengatur peletakan dari berbagai in-game item yang dimiliki.

Selain itu, crafting system juga kembali muncul dalam Resident Evil Village ini. Tampil dalam tab terpisah, kamu bisa menciptakan berbagai ramuan maupun peluru yang menuntutmu untuk tetap kreatif dalam permainan.

Merchant yang Dimunculkan Kembali

resident evil village the merchant

Salah satu hal yang membuat Resident Evil 4 sangat ikonik adalah kemunculan karakter bernama The Merchant. Karakter tersebutlah yang akan membuat pemain dapat membeli dan menjual ragam item, serta melakukan upgrade untuk senjata yang dimiliki.

Untuk membuat Resident Evil Village lebih menarik, dihadirkan kembali The Merchant tersebut. Namun, tampilannya tidak lagi berjubah, melainkan memiliki postur yang gigantic bernama The Duke dengan tingkah laku yang unik dalam setiap pertemuannya.

The Duke ini akan muncul untuk memberikan support pada Ethan, di mana ia akan menyediakan berbagai item yang dapat pemain gunakan. Tidak hanya itu, ia juga menjual recipe yang berguna untuk craft item dan melakukan upgrade senjata nantinya.

Resident Evil Village Tampil dengan Musuh yang Variatif

resident evil village musuh

Walau menuai banyak pujian, rupanya masih ada kritik yang diberikan oleh para pemain terkait Resident Evil 7: Biohazard. Salah satunya adalah tipe musuhnya yang sangat minim jika dibandingkan beberapa judul sebelumnya.

Rupanya inilah yang kemudian diperbaiki Capcom dalam seri terbaru Resident Evil ini. Dalam Resident Evil Showcase, ada bermacam-macam tipe musuh yang ditampilkan dalam salah satu trailer.

Beberapa trailer sebelum showcase sendiri menunjukkan bahwa player akan menghadapi makhluk sejenis werewolf. Dalam promotional material terbarunya, Capcom pun menampilkan bahwa ada jenis musuh lain yang akan dilawan oleh player pada Resident Evil Village nanti.

Selain musuh berjenis manusia setengah serigala (yang dalam official website-nya dinamakan Lycan) dengan ragam ukuran, ada pula makhluk yang menyerupai zombie. Makhluk tersebut tampil layaknya seri remake, namun kali ini mereka membawa senjata yang akan digunakan untuk menghalangi jalan Ethan.

Tidak hanya itu, kamu juga akan menghadapi beberapa boss yang terdiri dari tiga vampir, manusia mutasi, dan sang pemilik kastil itu sendiri. Jauh lebih variatif dibanding Resident Evil 7: Biohazard lah pokoknya.

Resident Evil Village Juga Akan Hadir di Konsol Current-gen

resident evil village current-gen

Ketika pertama kali di-announceResident Evil Village sendiri dikabarkan hanya akan tersedia untuk PC dan konsol next-gen, yakni PlayStation 5 dan Xbox Series X/S. Namun, Capcom kali ini memberikan kabar gembira bagi para player di seluruh dunia.

Capcom memberikan informasi tambahan dalam Resident Evil Showcase bahwa game terbaru dari seri survival horror tersebut juga akan hadir untuk konsol current-gen. Jadi, apabila kamu masih memiliki PlayStation 4 dan Xbox One, kalian bisa memainkan game satu ini.

Resident Evil Village Sudah Memiliki Tanggal Rilis dan Pre-order

resident evil village release date

Selain memberitahukan bahwa Resident Evil Village juga akan tersedia untuk konsol current-gen, berita bahagia mengenai game ini tidak berakhir sampai situ. Untuk membuat player makin tertarik, Capcom juga memberikan tanggal rilis dari game tersebut.

Dalam Resident Evil ShowcaseVillage sendiri akan tersedia pada 7 Mei 2021 mendatang. Tanggal tersebut berlaku untuk semua platform, sehingga setiap player bisa memainkannya di tanggal yang sama.

Supaya player bisa langsung memilikinya, Capcom juga sudah membuka pre-order untuk Resident Evil Village ini. Apabila tidak ingin ketinggalan, langsung saja pesan dari sekarang untuk menikmati game-nya ketika rilis nanti.

Capcom Menyediakan Beberapa Edition untuk Resident Evil Village

resident evil village edition

Layaknya beberapa game yang sudah hadir di pasaran, Capcom pun juga memberikan beberapa special edition dan bundle yang bisa dipilih oleh pemain. Di antaranya adalah Deluxe EditionCollector’s Edition, dan Resident Evil Village & Resident Evil 7 Complete Bundle.

Deluxe Edition sendiri akan memberikan ragam konten tambahan yang akan meng-enhance pengalaman bermain Resident Evil Village. Apabila ingin yang lebih mewah, ada Collector’s Edition yang akan memberikan Deluxe Edition beserta beberapa merchandise, di antaranya peta desa dan action figure dari Chris Redfield yang akan muncul dalam game tersebut.

Namun, apabila kamu ingin menelusuri kembali cerita Ethan Winters, bisa juga dengan beli paket RE Village dan Resident Evil 7 yang tersedia untuk semua platform. Cocok banget untuk yang pengen mendalami kisah sang protagonis secara penuh.

Itulah deretan hal menarik dari Village yang ditampilkan dalam Resident Evil Showcase beberapa hari lalu. Bila kamu tertarik, kamu bisa langsung pesan game nya melalui digital storefront dari platform yang kamu miliki untuk bisa segera menikmatinya kala dirilis nanti.