Tips Upgrade Equipment Instance Ragnarok X: Next Generation

324
Tips Upgrade Equipment Instance Ragnarok X

Ragnarok X: Next Generation adalah salah satu adaptasi gim MMORPG legendaris Ragnarok Online yang dibuat cukup mirip dengan versi originalnya.

Ada banyak mekanisme permainan dari Ragnarok Online yang kembali diperkenalkan di Ragnarok X. Salah satunya adalah sistem upgrade atau tempa equipment.

Sistem upgrade equipment Ragnarok X dikembangkan lebih jauh lagi hingga menghadirkan fungsi Refine, Upgrade, Enchant, dan Card. Keempat tipe peningkatan ini memiliki efek yang berbeda-beda pada equipment dan memiliki tingkat keberhasilan yang berbeda juga.

Sebagai contoh, Upgrade di Ragnarok Online akan meningkatkan status dasar dari sebuah equipment. Sementara Refine akan meningkatkan status Upgrading yang dimiliki oleh equipment tersebut.

Walaupun peningkatan status tersebut bisa dilakukan terus menerus, namun sebenarnya Ragnarok X memberikan target spesifik yang disebut sebagai Awakening. Setiap kategori memiliki targetnya sendiri-sendiri yang bisa disimak secara langsung di bagian opsi Awakening yang bisa diakses di bagian menu karakter yang ada di tanda panah kanan.

Di tips kali ini cakupan pembahasannya hanya untuk bagian Upgrade equipment putih (Instance) saja dengan target mencapai Upgrade Awakening Tier kedua (20% Upgrade Effect).

Tips Upgrade Equipment Instance

Strategi Tiga Hari

Untuk melakukan upgrade equipment Instance dengan optimal, kamu bisa mengikuti jadwal tiga hari yang biasa dilakukan orang-orang yang ingin melakukan upgrade untuk equipment Instance mereka. Cara ini bisa dimulai dari level 1, tapi biasanya orang-orang akan mulai mengejar equipment mereka di level 40.

Jadwal ini disusun sedemikian rupa sehingga kamu tidak menghabiskan banyak resource dan waktu.

Hari Pertama

Hari pertama kamu bisa mengerjakan quest harian “Xavier’s Mysterious Item” untuk mendapatkan 10 Fish Print Commemorative Coins. Bila kamu cukup niat, kamu bisa mengerjakan kompetisi memancing ini untuk mendapatkan Fish Coin lebih banyak. Koin ini harus kamu tabung untuk membeli pancingan di hari kedua.

Setelah selesai mengerjakan quest Xavier kamu bisa menghabiskan Odin Blessing yang kamu dapatkan dari Daily Quest di Mission Board. Jika Odin Blessing sudah habis, kamu bakal memiliki Stamina yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan Life Skill.

Kerjakan Life Skill Mining di hari pertama hingga Stamina milikmu habis. Kamu bisa membeli Advance Pickaxe di Sundries atau di Vending pemain lain.

Setelah menyelesaikan Mining. Kamu bisa menutup hari dengan hunting, mengerjakan quest story, atau CoC.

Hari Kedua

Di hari kedua, kamu bisa mulai dengan menyelesaikan questXavier’s Mysterious Item” untuk mendapatkan 10 Fish Print Commemorative Coins. Setelah memiliki 20 koin, kamu bisa membelanjakan koin tersebut ke Xavier untuk membeli Automatic Fishing Rod (20 koin).

Setelah mendapatkan Automatic Fishing Rod, kamu diwajibkan membeli umpan yang kamu butuhkan untuk mendapatkan Shell, Turquoise, dan Cobblestone. Setelah mendapatkan umpan yang kamu butuhkan, kamu bisa lanjut mengerjakan Daily Quest dan menghabiskan Odin Blessing untuk Stamina.

Setelah Stamina terkumpul, kamu bisa memancing di Prontera dengan menggunakan umpan yang kamu miliki. Gunakan Automatic Fishing Rod terlebih dahulu hingga habis, baru kemudian memancing secara manual.

Satu Automatic Fishing Rod bisa digunakan untuk 50 bait, jadi perhitungkan berapa banyak bait yang kamu miliki untuk digunakan memancing secara manual maupun otomatis.

Fish Print Commemorative Coins juga bisa dibeli di Exchange Center. Itu artinya kamu bisa membelinya dengan menggunakan Crystal. Kamu bisa memanfaatkan event Top-Up Giveaway Slime Surprise untuk membeli Diamonds yang kamu butuhkan.

Hari Ketiga

Di hari ketiga ini kamu bisa mengulangi semua “Daily Mission” dan “Xavier’s Mysterious Item” yang kemudian dilanjutkan dengan menghabiskan Odin Blessing untuk memperoleh Stamina.

Setelah kamu mendapatkan semua Stamina, kamu bisa mulai upgrade equipment sambil melakukan Smelting untuk membuat Phracon I, Carnium I, Bascyx I dengan memanfaatkan barang-barang yang kamu dapatkan dari Mining dan Fishing.

Setelah selesai Smelting dan upgrade, kamu bisa mengulangi lagi ritual tiga hari dari hari pertama dan seterusnya hingga akhirnya kamu berhasil mencapai Awakening Tier pertama dan kedua.

Ritme tiga hari ini bisa dipakai terus hingga akhirnya kamu membutuhkan ikan yang berbeda untuk Phracon II, Carnium II, Bascyx II. Kamu bisa melihat daftar kebutuhan untuk item-item tersebut di bagian Life Skill.

Tips Tambahan

Jika kamu merasa strategi tiga hari itu terlalu lama, kamu masih bisa memangkas satu hari dengan cara mengorbankan satu Life Skill.

Kamu bisa hanya berfokus pada Fishing dan Smelting lalu membeli Upgrade Metal di Exchange Center. Atau lakukan Mining dan Smelting lalu membeli Ikan di Exchange Center.

Kedua cara di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jika kamu fokus ke Fishing dan Smelting maka kamu bisa melakukan upgrade equipment Ragnarok X dengan sangat cepat, tapi membutuhkan biaya yang tidak sedikit ketika melakukan Refine.

Sedangkan jika kamu memilih Mining dan Smelting, proses Upgrade akan menjadi lambat karena Mining tidak memiliki hasil batu yang pasti. Tapi untuk ke depannya, proses Refine dan Enchantment akan menjadi lebih mudah.

Bila kamu mengalami kekurangan bahan ketika stamina sudah habis, kamu bisa membeli bahan tersebut ke pemain lain melalui Exchange Center.

Jika kamu kekurangan Stamina, kamu juga bisa menjalankan mini game “Arm-Wrestling” di Tavern kota Prontera, Morroc, atau Alberta.

Ingat ya, dalam sehari kamu hanya abisa mendapatkan 2 Stamina Potion (60 Stamina). Kalau kamu merupakan pengguna Member VIP, kamu bisa mengambil opsi Minigame+1 sehingga mendapatkan tambahan satu Stamina Pot. Kamu bisa membeli Member VIP melalui Razer Gold.