Apa Itu Wild Rift?

1
3
Apa Itu Wild Rift?

Bersamaan dengan berkembangnya tren mobile esports di Asia; kini salah satu pengembang PC MOBA dari Los Angeles, Riot Games, juga tidak mau ketinggalan tren. Ya, Riot Games menghadirkan gim populer League of Legends ke platform mobile dengan titel League of Legends: Wild Rift! Penasaran apa itu Wild Rift?

Mengenal Apa Itu Wild Rift

Wild Rift Pick

Wild Rift adalah sebuah aplikasi gim smartphone dari Riot Games. Sejarah tercetusnya gim ini adalah untuk menepati janji Riot Games kepada komunitas League of Legends (LoL). Pada momen ulang tahun LoL yang ke-10 di bulan Oktober 2019, Riot menjanjikan akan diluncurkannya LoL versi mobile. LoL versi mobile itupun bernama Wild Rift.

Sama seperti pendahulunya, Wild Rift adalah permainan bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang menggunakan sistem Real Time, sehingga seluruh pemain dipertemukan dalam waktu yang sama di sepanjang permainan tersebut. Lebih sederhananya, di permainan ini kamu akan bermain online dengan sesama pemain manusia. Meskipun akan tersedia juga mode melawan bot (komputer).

Dalam permainan ini, para pemain akan dikelompokkan ke dalam 2 tim beranggotakan 5 pemain yang akan saling bertarung untuk menghancurkan base pihak lawan. Tim yang berhasil menghancurkan Nexus lawan adalah tim yang berhasil memenangkan permainan.

Kehadiran Wild Rift ini juga turut memperkenalkan sebuah mekansime baru dalam dunia MOBA mobile, yaitu last hit. Last hit adalah sebuah finishing blow atau serangan yang langsung membuat HP musuh menjadi 0. Bila kamu berhasil melakukan last hit, kamu akan mendapatkan gold dan EXP.

Mode Permainan Wild Rift

Mode Permainan Wild Rift

Adapun mode sementara yang bisa diakses dari versi access beta adalah: Normal Blind Pick, Ranked Solo Duo, Versus AI, dan Custom.

Blind Pick, sesuai dengan namanya, adalah mode dimana champion atau hero yang dipilih musuh sama sekali tidak diketahui selama fase pemilihan champion. Champion musuh hanya akan terlihat di detik-detik terakhir atau pada masa persiapan.

Fase masa persiapan adalah masa dimana player melengkapi champion-nya dengan pemilihan spell dan rune.

Mode Ranked Solo Duo adalah mode kompetitif untuk meraih tier tertinggi, atau peringkat teratas.

Versus AI adalah mode untuk kamu yang ingin mengasah kemampuan dasar bermain Wild Rift. Sangat cocok untuk kamu ingin mengenali jurus-jurus champion, penggunaan combo, serta memahami mekanisme dasar permainan.

Untuk membantu kamu, mode Versus AI ini memiliki 3 tingkatan sesuai dengan perkembangan kamu, yaitu Easy, Medium, dan Hard.

Mode Custom adalah mode yang membuat lobi atau akses tertutup untuk tujuan tertentu, misalnya mabar atau turnamen 5vs5. Lobi atau room ini hanya bisa diakses oleh kamu yang memiliki password.

Untuk membuat custom room cukuplah mudah, tidak ada bayaran apapun dan tidak ada batasan sama sekali. Di custom room ini juga kamu dapat mengatur mode permainan, seperti blind pick, atau mode turnamen.

Sistem Kompetitif Ranked

Sistem Kompetitif Ranked Wild Rift

Bagi kamu yang menyukai bermain secara kompetitif layaknya MOBA esports lain, Wild Rift juga menyediakan sistem ranked match bagi seluruh pemainnya. Mulai dari tier Iron, Bronze, Silver, Gold, Emerald, Platinum, Diamond, Master, Grandmaster, hingga Challenger.

Untuk memulai pendakian ranking (climbing), kamu harus mengumpulan LP atau dengan League Points. Untuk memotivasi kamu, di 10 ranked game pertama, kamu akan mendapat bonus LP dari Riot Games! Usahakan untuk menang terus di 10 gim pertama ini agar bisa segera naik kasta menuju tier Silver ataupun Gold!

Layaknya sistem MMR, tier yang kamu miliki ini juga akan mempengaruhi lawan kamu. Kamu akan terus dihadapkan dengan lawan yang seimbang dengan LP-mu.

Map Wild Rift

Map Wild Rift

Di dalam Wild Rift, hanya ada satu map pertempuran, yaitu Summoner’s Rift. Map ini menggunakan sistem fog atau awan kabut, dimana hanya ada sebagian wilayah dari peta yang bisa terlihat. Bila tidak ada ward atau unit yang memberi vision, maka peta akan terlihat gelap.

Meskipun gim ini merupakan cerminan dari League of Legends, ada sebuah fitur unik yang hanya dimiliki Wild Rift. Di peta permainan Wild Rift, ada mekanisme rotasi yang berbeda.

Wild Rift menggunakan sistem rotasi dimana, Blue Team adalah jalur Dragon atau jalur naga, dan Red Team adalah jalur Baron.

Ward dan Vision

Ward dan Vision Wild Rift

Ward adalah item yang berfungsi untuk memberi penglihatan atau vision di tempat yang diinginkan. Ward adalah item gratis di Wild Rift, dan setiap player hanya bisa memasang 2 ward sekaligus. Jika kamu melampaui batas, maka ward lainnya akan otomatis hilang dan digantikan dengan ward yang baru.

Ward di Wild Rift sendiri berjumlah 2 tipe: Warding Totem dan Oracle Lens. Warding Totem memiliki fungsi memberikan penglihatan kepada tim sendiri dan keberadaannya tidak dapat diketahui oleh pihak lawan, sedangkan Oracle Lens memiliki fungsi kebalikannya yaitu menonaktifkan fungsi dari Warding Totem serta menghancurkannya.

Role Champion

Champion Wild Rift

Dalam semesta Wild Rift, terdapat 5 peranan utama, yaitu: Baron Lane, Midlane, Jungler, ADC, dan Support.

Baron Lane umumnya diisi oleh jenis champion toplane seperti Tank, ataupun Fighter.

Midlane umumnya diisi oleh jenis champion bertipe Mage dan juga Assassin. Sesuai namanya, champion ini akan berperang di jalur tengah Summoner’s Rift.

Jungler ialah champion yang akan berburu monster hutan. Role jungler ini tidak mengandalkan EXP dan gold dari minion, tetapi dari monster hutan. Role ini diisi oleh champion bertipe Fighter, atau Assassin.

ADC dan Support/Dragon Lane adalah dua role yang saling bersinergi. ADC atau yang juga dikenal dengan Attack Damage Carry merupakan role pemberi damage tertinggi pada musuh. Sedangkan Support bertindak melindungi ADC agar selalu sehat walafiat dan selamat dari ancaman bahaya yang berasal dari tim lawan.

Singkatan dalam Wild Rift

Singkatan dalam Wild Rift

Nah setelah mengetahui dasar-dasar apa itu Wild Rift, masih ada lagi hal-hal minor di luar permainan yang perlu kamu ketahui. Ada banyak istilah-istilah di dalam Wild Rift yang memudahkan sesama player untuk berkomunikasi. Namun secara singkat kamu akan sering menjumpai istilah-istilah berikut. Pastikan untuk kamu mengetahuinya agar tidak salah paham dengan teman anggota setim.

  • ADC : Attack Damage Carry (biasanya diisi oleh champion tipe Marksman)
  • AP: Ability Point
  • CC: Crowd Control
  • MS: Istilah ini bisa memiliki 2 makna yaitu sebagai ping (MiSSing), dan Movement Speed
  • MR: Magic Resist
  • FF: Forfeit atau tindakan untuk menyerah kepada lawan
  • SP: Support
  • JG: Jungler
  • GGWP : Good Game Well Played
  • EZ: Istilah ini memiliki 2 makna, yaitu Easy dan merujuk kepada salah satu champion Marksman yaitu Ezreal
  • Gank: Sebutan untuk meminta bantuan untuk mengeliminasi lawan

Masih ada banyak istilah lain yang terus berkembang seiring berjalannya waktu. Namun jangan khawatir, kamu juga bisa membaca daftar istilah yang biasa ditemukan dalam gim League of Legends dari A-Z.

Rune

Rune Wild Rift

Rune adalah suatu entitas yang memperkuat kemampuan champion dalam permainan. Rune ini diberikan secara gratis, dan terdapat dua pilihan.

Pilihan pertama adalah mengikuti rune yang diberikan oleh sistem. Biasanya rune ini sangat sederhana. Pilihan lainnya adalah rune hasil kreasi kamu sendiri dimana tipe ini tentunya bersifat fleksibel sesuai keinginan atau kebutuhan kamu sendiri.

Spell

Spell Wild Rift

Spell adalah suatu alat yang digunakan untuk membantu champion kamu sepanjang permainan. Ada terdapat banyak pilihan spell, seperti Heal untuk memberikan penambahan HP sekian persen, Ignite untuk membakar musuh seperkian detik, Exshaust untuk memperlambat pergerakan musuh, Flash untuk teleportasi singkat dengan jangkauan pendek, dan lain sebagainya.

Item

item Wild Rift

Item di Wild Rift terbagi menjadi 2 kategori, yaitu Active dan Passive. Item aktif adalah item yang akan aktif ketika kamu menekan tombol item tersebut. Sedangkan item pasif adalah item yang efeknya sudah aktif tanpa harus kamu klik tombol item tersebut.

Untuk gim MOBA satu ini, Wild Rift membatasi pembelian item hanya dari dalam base. Dengan kata lain, para player harus recall terlebih dahulu agar dapat membeli item yang diinginkan.

Dengan begitu, kamu juga harus mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk kamu kembali ke base.


Itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu Wild Rift. Kehadiran Wild Rift ini jelas menghadirkan nuansa bermain MOBA yang berbeda dari kompetitornya: Lokapala, dan Mobile Legends.

Untuk kamu yang belum terbiasa bermain MOBA ala PC, kamu wajib mencicipi gim Wild Rift ini. Semoga tulisan ini bisa memberi kamu sedikit banyaknya perkenalan mengenai Wild Rift ya!

1 COMMENT

Comments are closed.