4 Tim Esports Indonesia Terbaik

0
137
ESL One Hamburg
Credit: ESL (@Bart Oerbekke)

Perkembangan game online khususnya mobile esports yang begitu pesat membuat gairah dunia industri esports di Indonesia kembali meningkat, khususnya dengan kemunculan tim-tim esports yang saling bertanding demi meraih predikat tim terbaik.

Sekilas, tim esports bisa dikategorikan menjadi dua tipe, yakni profesional dan amatir. Berbagai kejuaraan-kejuaraan baik nasional maupun internasional telah banyak diikuti oleh tim esports asal Indonesia.

Hasilnya? Tak sedikit tim yang mendapatkan peringkat terbaik menjadi juara. Game-game yang populer di Indonesia seperti Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, PUBG, AOV serta beberapa judul esports lainnya, justru telah diakui menjadi cabang perlombaan itu sendiri. Sebut saja Mobile Legends yang dihadirkan pada gelaran SEA Games tahun lalu.

Tim esports terbaik di Indonesia biasanya menerapkan sistem yang ketat dalam menyeleksi pemainnya. Tujuannya agar para pemain memang memiliki skill yang mumpuni untuk menghadapi lawan-lawan dari luar negeri.

Berikut ini adalah 4 tim esports terbaik di Indonesia yang memiliki pemain hebat, lengkap dengan segudang prestasinya.

1

EVOS Esports

Nama EVOS Esports jelas sudah sangat dikenal khususnya bagi para penggemar esports di Indonesia. Tim ini memiliki beberapa divisi yang dibagi berdasarkan judul game-nya, seperti Mobile Legends, Free Fire, PUBG, AOV, Call Of Duty Mobile hingga Point Blank.

EVOS Esports juga memiliki beberapa tim di negara Thailand, ini membuktikan bahwa tim ini adalah salah satu yang terbesar di Asia Tenggara.

Mengenai sejarah EVOS sendiri, tim ini dibentuk pada Juli 2016 dan berlokasi di Jakarta. Mereka sempat memiliki atlet populer Jess No Limit yang begitu fenomenal dengan game andalannya, Mobile Legends.

Untuk urusan prestasi, EVOS sempat menggemparkan dunia esports dengan menjadi pemenang di Mobile Legends M1 Bang Bang World Championship 2019. Selain itu, mereka juga berprestasi di Free Fire World Cup 2019 Thailand.

2
Tim PSG.RRQ, Juara 3 Piala Presiden Esports 2019

Rex Regum Qeon (RRQ)

Tim Rex Regum Qeon (RRQ) didirikan pada tahun 2013 lalu. Dari segi pengalaman dalam bidang esports, tim ini memang lebih unggul dibanding pesaing-pesaingnya. Awalnya RRQ memiliki divisi tangguh yakni Dota 2 dengan segudang prestasinya di kancah internasional.

Setelah game mobile bermunculan dan menjadi booming, RRQ pun beradaptasi dengan meghadirkan divisi-divisi lain, seperti Free Fire, PUBG, PUBG Mobile, Mobile Legends dan berbagai judul esports lainnya.

Ketangguhan RRQ terbukti dengan banyaknya prestasi yang berhasil diraih. Masing-masing divisinya pernah merasakan juara seperti divisi Mobile Legends yang pernah meraih Juara pertama di Mobile Legends Professional League (MPL ID) Season 2, kemudian divisi Dota 2 yang pernah menyabet gelar Juara kedua di Dota 2 Celebration Cup, dan divisi lain dengan prestasinya masing-masing.

3
Credit: BOOM Esports Facebook Page

BOOM Esports

Nama BOOM ID merupakan singkatan dari Beast On Our Minds, dimana kata ID menunjukan bahwa tim ini berasal dari Indonesia. Sama seperti RRQ, awalnya tim ini juga hanya memiliki divisi Dota 2 hingga kemudian merambah ke ranah mobile esports yang ramai dimainkan.

Prestasi tim ini juga banyak, mulai dari menyabet gelar di Kaskus BattleGround Wave 3, Point Blank National Championship 2016, hingga Indihome Esports League untuk divisi Vainglory.

Prestasi BOOM ID tak sebatas itu saja, banyak prestasi lain dari masing-masing divisi yang membuat Indonesia bangga memiliki tim sekuat ini.

4
Credit: Bigetron Esports Facebook Page

Bigetron Esports

Meski bisa dibilang masih baru, Bigetron Esports yang didirikan pada tahun 2017 ini ternyata sudah memiliki segudang prestasi yang keren. Tim ini berhasil menjadi juara di PUBGM 2019 PMCO Indonesia, MLBB 2018 MPL SG/MY Season 1, VAINGLORY 2018 VPL, ROS 2018 Indonesia Championship dan masih banyak lagi.

Salah satu tim terbaik di Indonesia ini memiliki beberapa divisi diantaranya Arena of Valor, Free Free, Mobile Legends, PUBGM, hingga genre Auto Battler.


Nah, itu dia 4 tim esports terbaik yang ada di indonesia. Minat menjadi salah satu bagian dari mereka?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here