Apa Itu Komputer Rakitan? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

575
apa itu komputer rakitan

Komputer rakitan adalah sebuah pilihan alternatif bagi masyarakat menengah ke bawah untuk kebutuhan digital atau kepentingan mereka, terutama kebutuhan gaming dan multimedia (desain grafis, editing, rendering, dan lainnya).

Pasalnya, komputer rakitan ini lebih difavoritkan sebab biaya yang dikeluarkan bisa lebih murah dibandingkan dengan komputer built up walaupun memiliki spesifikasi yang sama.

Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan, jika banyak orang yang menjual komponen-komponen terpisah untuk merakit komputer di marketplace maupun offline store.

Jadi, apa itu komputer rakitan? Ingin tahu lebih jelas mengenai komputer rakitan? Yuk, simak pembahasan berikut!

Apa Itu Komputer Rakitan?

apaitu komputer rakitan

Komputer rakitan adalah sebuah komputer dimana komponen-komponen terpisah digabungkan (dirakit) menjadi kesatuan utuh yang dibuat oleh pribadi, baik oleh teknisi maupun kita sendiri.

Dengan adanya komputer rakitan ini, pengguna dapat leluasa memodifikasi komponen dalam komputer. Kamu dapat menyewa jasa teknisi (ahli komputer) atau membuatnya sendiri untuk merakit sesuai selera.

Jika kamu belum tahu caranya, kamu dapat mempelajari cara rakit komputer untuk pemula dengan benar dan aman sebagai panduan merakit komputer. Dengan begitu, kamu dapat menyesuaikan budget dan kebutuhan requirement.

Lalu, apa saja komponen-komponen yang digunakan untuk komputer rakitan ini?

Komponen-komponen Komputer Rakitan

Komponen utama merupakan perangkat yang harus ada dalam komputer rakitan. Komponen inilah yang tersusun menjadi komputer rakitan. Apa saja komponen utamanya?

  • Casing merupakan wadah atau tempat terletaknya komponen lain seperti mainboard, processor, dan komponen penting lainnya. Fungsinya adalah untuk melindungi komponen dari debu, panas dan dingin serta sebagai jembatan arus listrik antara power supply dan mainboard karena casing memiliki stop kontak yang berguna untuk menyalakan komputer.
  • Motherboard /mainboard merupakan papan circuit utama yang berperan penting sebagai arus komunikasi dan sebagai chip controller antar komponen. Fungsinya sebagai pusat pengendali yang mengontrol seluruh komponen agar sistem dapat dioperasikan.
  • Processor merupakan sirkuit digital atau sebagai otak komputer yang melakukan operasi pada data eksternal untuk menghasilkan output. Fungsinya untuk memproses data input kemudian menghasilkan luaran berupa output.
  • VGA / Graphic Card merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk menerjemahkan data grafis ke layar monitor komputer.
  • RAM (Random Access Memory) merupakan tempat penyimpanan data sementara yang berjalan saat komputer dioperasikan.
  • Harddisk /SSD merupakan tempat pentimpanan data. Harddisk merupakan versi lawas sedangkan SSD (Solid State Drive) ialah perangkat dengan teknologi yang lebih baru. Sebagai perbanding, SSD lebih unggul dalam hal kecepatan.
  • Power Supply merupakan alat listrik yang menyuplai tenaga listrik langsung ke komponen yang membutuhkan listrik. Fungsinya untuk mengubah arus listrik menjadi tegangan dan frekuensi untuk memberi daya kepada beban listrik.
  • Heatsink merupakan alat penukar panas pasif yang dipindahkan ke fluida berupa pendingin udara yang dihasilkan oleh komponen elektronik.
  • Cooling Fan merupakan alat pendingan aktif yang berfungsi untuk menarik udara masuk ke dalam casing dan memasukkan udara hangat ke heatsink untuk mendinginkan komponen tertentu.

Tidak lengkap jika hanya memiliki komputer lengkap berikut ini perangkat keras yang harus ada untuk melengkapi komputer rakitan:

Komponen Pendukung Komputer Rakitan

Komponen pendukung berguna agar komputer rakitan dapat dijalankan (sesuai dengan komponen sistem komputer):

  • Monitor/layar
  • Keyboard
  • Mouse

Komponen Pelengkap Komputer Rakitan

Komponen pelengkap digunakan sebagai pelengkap dan tidak harus ada dalam sistem komputer:

  • Perangkat jaringan
  • Perangkat audio
  • UPS /Stavolt
  • DVD-ROM
  • Perangkat game meliputi Gamepad, Joystick, VR Headset, Racing Wheel & Pedal, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Komputer Rakitan

Ada beberapa alasan mengapa pengguna lebih memilih komputer rakitan daripada built up. Keunggulannya itulah yang menjadi poin penting untuk memilihnya.

Biasanya, pengguna yang hanya membutuhkan untuk keperluan kantor dan sekolah (Ms. Office) lebih memilih komputer built up. Sedangkan pengguna yang membutuhkan untuk keperluan gaming dan multimedia lebih cenderung memilih komputer rakitan.

Hal ini dikarenakan performa yang didapatkan lebih unggul dan untuk menghemat biaya yang dikeluarkan dengan spesifikasi yang sama. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan produk elektronik memiliki kekurangan dibanding lainnya.

Adapun kelebihan dan kekurangan komputer rakitan, yaitu sebagai berikut:

Kelebihan Komputer Rakitan

  • Customizable. Bisa menyusun/merancang komponen sendiri sesuai budget yang dimiliki dengan spesifikasi yang tinggi. Dapat mencampurkan berbagai merk yang lebih unggul menjadi satu perangkat.
  • Easy to Fix it. Mudah untuk reparasi atau memperbaiki ketika sewaktu-waktu perlu meng-upgradenya atau terdapat komponen rusak yang harus diganti.
  • Easy to Maintenance. Perawatan lebih mudah dan fleksibel karena dapat dibongkar pasang sendiri.
  • Easy to Guaranty. Garansi komputer rakitan terpisah antar komponen. Jika salah satu komponen rusak dapat mengklaim sesuai garansi masing-masing.
  • Low Price. Harga lebih murah dibandingkan built up.

Kekurangan Komputer Rakitan

  • On Table Only. Tidak dapat dibawa kemana-mana. Artinya, komputer harus stay pada tempat dimana dipasangkan. Apabila ingin memindahkannya, maka harus mengatur kembali instalasi kabel-kabel sesuai tempat baru.
  • Error. Kerusakan tak terduga bisa terjadi akibat kesalahan pemasangan komponen komputer. Biasanya, dapat terjadi ketika komputer akan dinyalakan atau bahkan sudah digunakan.
  • Big Watt. Menghabiskan lebih banyak daya. Komputer built up biasanya dilengkapi dengan fitur tambahan seperti green energy agar lebih hemat listrik.
  • Different Price. Harga tiap toko berbeda dan dapat berubah sewaktu-waktu.
  • Compatible. Susunan komponen rakitan harus kompatibel antar satu dengan lainnya. Jika tidak, maka akan mengalami kerugian karena sia-sia. Jadi, buat kamu yang ingin merakit komputer, pastikan komponen yang akan dibeli kompatibel atau kamu dapat mencoba komputer rakitan sesuai dengan saran artikel ini.

Merakit Komputer Gaming

Sejauh ini, sudah terdapat banyak permainan video game papan atas zaman now yang menuntut spesifikasi tinggi dari PC yang digunakan, seperti Call of Duty: Black Ops Cold War, Cyberpunk 2077, Horizon Zero Down Complete Edition, dan lainnya.

Referensi spesifikasi yang cocok untuk gaming bisa kamu akses dari tautan berikut ini.

Untuk memainkan permainan-permainan tersebut dibutuhkan spesifikasi minimum agar dapat dijalankan dengan lancar tanpa lag.

Berikut ini spesifikasi minimum dan rekomendasi bagi kamu pencinta game yang ingin mengkustom komputer rakitan.

Daftar Komponen Spesifikasi Minimum dan Rekomendasi untuk Komputer Rakitan Gaming

Komponen Utama Spesifikasi Minimal Spesifikasi Rekomendasi
CPU CPU Quad Core CPU Six Core
GPU (Komponen VGA Card) IGP (Integrated Graphic Processor) GPU mid-end/ high-end
RAM 8 GB 16 GB
Hard Drive Harddisk 1TB SSD 1TB
Sistem Operasi Windows 10/ Linux 64 bit Windows 10/ Linux 64 bit

Daftar Produk Komponen Minimum dan Rekomendasi untuk Komputer Rakitan Gaming

Komponen Utama Spesifikasi Minimal Spesifikasi Rekomendasi
Processor Versi Intel Core i3 540  atau Versi AMD Ryzen 3 3100 Versi Intel Core i7-4790 atau Versi AMD Ryzen 5
GPU NVIDIA GeForce GTX 970 atau AMD Radeon Vega 11 (IGP) NVIDIA GeForce GTX 1060 atau AMD Radeon RX 580
RAM CORSAIR Vengeance LPX DDR4 3000 16 GB G SKILL Trident Z RGB Series 16 GB DDR4 3200
Hard Drive Western Digital Surveillance Hard Drive 1TB Samsung SSD 1TB 860 EVO SATA III
Power Supply Antex VP500P V2 500W 80+ Enermax NAXN Bronze 500W 80+
Motherboard MSI A320M A PRO MAX MSI H410M A PRO

Kesimpulan

Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu komputer rakitan. Sebagai pengingat, komputer rakitan adalah komputer yang disusun dari berbagai komponen terpisah oleh teknisi maupun non-teknisi. Ada berbagai komponen utama dalam merakit komputer seperti Prosesor, RAM, Mainboard, dan beragam komponen lainnya.

Kelebihan dari PC rakitan dibandingkan dengan built up terletak pada aspek customization-nya yang memberikan banyak kemudahan: mudah diperbaiki, mudah dalam hal perawatan, garansi yang mudah dan harga yang lebih hemat.