Apa Itu Gamepad?

0
122
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Apa itu gamepad? Gamepad adalah sebuah perangkat input yang ditujukan untuk memudahkan para penggunanya bermain game atau melakukan suatu perintah khusus.

Saat ini, sebagian besar penggemar game bermain menggunakan smartphone atau PC mereka. Padahal ada cara lain yang bisa membuat aktivitas ini lebih seru yakni menggunakan gamepad.

Bagi yang belum tahu tentang apa itu gamepad, wajib membaca artikel ini dengan baik. Penggunaan gamepad dianggap mampu memberikan kenyamanan tersendiri dalam bermain game.

Terdapat berbagai jenis gamepad yang saat ini banyak digunakan. Mulai dari gamepad kabel, gamepad bluetooth ataupun radio frequency (RF).

Dengan menggunakan gamepad, kontrol game akan jauh lebih mudah. Karena terdapat tombol-tombol khusus yang dapat diatur untuk fungsi tertentu. Dibandingkan dengan virtual control pada smartphone, gamepad jauh lebih nyaman.

Apa Itu Gamepad?

Apa Itu Gamepad

Gamepad juga terkadang disebut joypad, merupakan perangkat input yang digunakan untuk tujuan bermain game. Ini adalah pengontrol video game yang dapat dipegang dengan kedua tangan dan memiliki banyak tombol untuk ditekan oleh ibu jari.

Gamepad pertama kali diperkenalkan dengan sistem konsol game sebagai perangkat periferal untuk menghubungkan pengguna dengan sistem.

Di bagian kiri gamepad, terdapat tombol yang biasa difungsikan untuk mengarahkan laju permainan. Sebagai alternatif, kontrol laju permainan bisa menggunakan analog bagian kanan agar lebih leluasa.

Sementara di bagian kanan, terdapat beberapa tombol yang bisanya ditandai dengan huruf A, B, X, Y atau bentuk segitiga, bulat, X, kotak. Tombol ini berfungsi untuk menjalankan aksi-aksi dalam game, seperti menembak pada permainan FPS atau mempercepat laju pada game balapan.

Gamepad Android Terbaik

Untuk kalian yang bosan bermain game dengan virtual controller, kalian bisa mencoba gamepad Android ini.

Gamepad Android #1: SteelSeries Stratus Duo

Apa Itu Gamepad

SteelSeries Stratus Duo adalah gamepad Bluetooth yang layak untuk kalian miliki. Gamepad ini memiliki ukuran yang sesuai dengan tangan kebanyakan orang.  Kalian bisa menghubungkannya ke perangkat Android karena  berkemampuan bluetooth termasuk Oculus Go dan Samsung VR.

Bagi pengguna perangkat iOS, tidak perlu khawatir karena ada versi lain untuk perangkat tersebut. Gamepad ini juga dilengkapi dengan dongle 2,4 GHz sehingga kalian dapat menggunakannya tanpa kabel.

Port micro USB itu hanya untuk mengisi baterai internal. Kelebihan gamepad ini yakni memiliki masa pakai baterai 20 jam dengan sekali pengisian daya.

Gamepad Android #2: Razer Raiju

Apa Itu Gamepad

Razer Raiju menjadi salah satu gamepad yang  menawarkan beberapa fitur yang mengesankan untuk bermain game Android.

Gamepad ini dapat terhubung melalui Bluetooth atau kabel USB-C dan memiliki dock built-in. Sehingga kalian hanya perlu geser keluar dan pasang smartphone kalian.

Produk Razer memang tidak pernah mengecewakan penggunaannya. Untuk produk ini, tersedia aplikasi pendamping untuk mengatur gamepad. Dengan aplikasi tersebut, kalian dapat menyesuaikan sensitivitas dan pengaturan lainnya, membuat pengontrol ini sangat cocok untuk para penggemar game Android.

Gamepad Android #3: PowerA Moga XP5-A Plus Controller

Apa Itu Gamepad

Salah satu kelebihan dari PowerA Moga XP5-A Plus Controller yakni mampu memberikan input responsif pada berbagai platform termasuk Android. Gamepad ini juga dapat digunakan untuk bermain game di platform PC seperti Steam.

XP5-A Plus hadir dengan klip smartphone yang dapat dilepas yang dapat menahan ponsel hingga lebar 3,12 inci. Sehingga kalian bisa mendapatkan tampilan gameplay terbaik. Baterai internalnya juga dapat digunakan untuk mengisi ulang ponsel Anda saat Anda bermain berkat port pengisian daya USB bawaan.

Gamepad ini memiliki masa pakai baterai maksimal sekitar 12 jam asalkan tidak menggunakannya untuk mengisi baterai smartphone kalian.

Gamepad Android #4: Flydigi Wee 2T Android Controller

Apa Itu Gamepad

Jika diperhatikan, desain Flydigi Wee 2T Android Controller terlihat begitu menarik. Gamepad ini memiliki bracket untuk smartphone dengan panjang antara 3,5 dan 6,3 inci dibagian tengahnya. Dengan begitu, kalian akan merasakan  sensasi bermain di konsol portabel.

Terdapat beberapa kontroler pada gamepad ini, seperti  joystick ganda, D-pad dan susunan empat tombol standar. Gamepad ini berfungsi baik untuk perangkat Android apapun dengan Bluetooth 4.0.

Memiliki daya tahan baterai yang layak sekitar 10 jam per pengisian daya. Ini bisa membuat kalian bermain game dengan durasi waktu yang lama.

Gamepad Android #5: Blindspares Telescopic Bluetooth Controller

Apa Itu Gamepad

Dari segi desain, tidak berbeda jauh dengan pilihan sebelumnya. Memiliki braket di antara tombol kontrol kiri dan kanan yang berfungsi sebagai tempat untuk memasang ponsel. Ini cocok untuk smartphone dengan layar antara 3,5 dan 6,5 inci dan bermain game yang memiliki gameplay horizontal.

Pengontrol memiliki daya tahan baterai yang kuat, menawarkan hingga 15 jam. Blindspares menggunakan Bluetooth 4.0 dan dapat terhubung dengan cepat ke perangkat. Gamepad ini termasuk plug-and-play sehingga kalian tidak perlu mengatur apapun dan bisa langsung menggunakannya.

Gamepad PC Terbaik

Jika kalian lebih suka bermain game PC, bisa mencoba beberapa gamepad ini. 

Gamepad PC #1: Logitech F310

Apa Itu Gamepad

Untuk urusan perangkat pendukung PC, Logitech F310 selalu bisa menjadi andalan. Untuk produk gamepad-nya ini memiliki desain yang ramping, kinerja yang luar biasa yang bakal memanjakan kalian dalam bermain game

Saat menggunakan gamepad ini, kalian bisa menyesuaikan semua tombol agar sesuai dengan gaya permainan. Kalian bisa menyimpan pengaturan itu agar tidak perlu mengatur ulang ketika ingin bermain.

Gamepad PC #2: Astro C40 TR

Apa Itu Gamepad

Astro C40 TR adalah salah satu pengontrol PC terbaik dan kaya akan fitur yang tersedia. Seperti gamepad kelas atas lainnya, C40 TR menggunakan tombol yang sepenuhnya dapat dipetakan ulang sehingga memudahkan kalian ketika ingin bermain.

Fitur tersebut memungkinkan kalian untuk memilih stick offset bergaya Xbox atau stick paralel bergaya PS4. Desain gamepad ini bisa dikaakan minimalis, namun tetap akan maksimal saat digunakan untuk bermain. 

Gamepad PC #3: GameSir T4 Pro

Apa Itu Gamepad

Jika kalian ingin berhemat, bisa beli gamepad GameSir T4 Pro yang bisa digunakan untuk Windows, Switch, iOS, dan Android. Karena harganya yang terjangkau dan kualitasnya yang luar biasa merupakan kelebihan dari gamepad yang satu ini.

T4 Pro direkomendasikan karena desainnya yang ergonomis, aksen dan tombol LED yang menarik, serta fitur koneksi Bluetoothnya. Gamepad ini dapat digunakan secara nirkabel dan dilengkapi baterai isi ulang built-in yang mampu bertahan hingga 20 jam bermain terus menerus. 

Gamepad PC #4: PlayStation DualSense

Apa Itu Gamepad

Gamepad PlayStation DualSense menghadirkan teknologi terbaru yang bakal menambah keseruan dalam bermain game. Salah satu kemampuannya yakni merespons tindakan dalam game, sehingga akan lebih merasakan sensasi dalam permainan.

Meski DualSense dirancang untuk PlayStation, ia juga berfungsi pada Windows 10. Gamepad ini memiliki masa pakai baterai 12 jam, sangat cukup untuk bermain game sepanjang malam.

Gamepad PC #5: PowerA Spectra

Apa Itu Gamepad

Jika kalian ingin merasakan sensasi menggunakan gamepad Xbox namun dengan tampilan yang berbeda, PowerA Spectra bisa menjadi pilihan. Gamepad ini berfungsi baik untuk Xbox dan PC yang mampu bekerja secara maksimal

Berbagai fitur tersedia pada gamepad ini, termasuk tombol yang dapat dipetakan,  thumbstick analog yang presisi dan masih banyak lagi. 


Tertarik untuk mencoba sensasi bermain game menggunakan gamepad? Beberapa rekomendasi gamepad di atas menawarkan berbagai fitur menarik untuk bermain game. Sensasi berbeda tentu akan dirasakan saat bermain menggunakan gamepad. Sudah tahu kan apa itu gamepad beserta manfaatnya?

Media Partnership