PCSX2 dan DamonPS2: Cara Main Game PS2 di PC dan Android

0
9
Main Game PS2

Cara Main Game PS2 dengan PCSX2 dan DamonPS2 – Sebagian besar dari kalian pasti sudah pernah bermain game-game PS2. Beberapa tahun yang lalu, rental PS2 masih sangat menjamur bahkan sampai ke desa-desa. Hal ini tak lepas dari popularitas konsol gim tersebut pada waktu itu.

Mungkin kalian akan merasa kangen untuk kembali bermain game-game yang dulu sempat menjadi hiburan. Namun tidak perlu khawatir, kalian masih bisa bernostalgia bermain game PS2 baik melalui PC maupun HP Android.

Game-game PS2 bisa dibilang tidak pernah membuat bosan untuk dimainkan. Apalagi dengan pilihan game-nya yang cukup beragam, membuat kalian bisa sesuka hati memainkannya.

Saat ini kalian tetap bisa menikmati gim PS2 tanpa perlu memiliki konsolnya, yaitu dengan menggunakan emulator PS2. Meskipun saat ini harganya sudah sangat murah karena sudah tergantikan dengan versi terbarunya seperti PlayStation 5.

Cara Main Game PS2 di PC

Unduh Program PCSX2

Main Game PS2

Program ini merupakan emulator PlayStation 2 yang bisa kalian gunakan secara gratis. PCSX2 sudah kompatibel untuk Windows, Linux hingga MacOS.

Dengan bantuan program ini, kalian bisa memainkan game PS2 dengan grafik dan kontrol yang bisa disesuaikan. 

Untuk mengunduh PCSX2, kalian bisa menggunakan link ini (download PCSX2). Ukuran file-nya tidak terlalu besar, tidak akan membuat PC kalian bekerja terlalu berat.

Kalian bisa mengunduhnya langsung di situs resminya, tidak perlu mendaftar ataupun membayar untuk menggunakan program tersebut. Pastikan kalian memilih file PCSX2 yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.

Setelah berhasil terunduh dengan baik, kalian bisa langsung melakukan instalasi. Caranya tidak berbeda jauh dengan instalasi program pada umumnya.

Kalian bisa memilih untuk menginstalasi seluruh komponen yang dibutuhkan agar nantinya game berjalan lancar. Perhatikan juga lokasi instalasinya, pada umumnya program dipasang ke partisi C.

Konfigurasi PCSX2 Emulator PS2

Main Game PS2

Setelah melakukan instalasi program PCSX2, kalian masih belum bisa langsung memainkan game PS2. Lakukan beberapa konfigurasi terlebih dahulu agar nantinya game bisa berjalan dengan lancar.

  • Buka program PCSX2 dan kalian perlu melakukan first time configuration. Kemudian kalian bisa memilih configuration pada bagian PAD. Lalu pilih controller mana yang akan digunakan.
  • Tahap selanjutnya, kalian perlu melakukan konfigurasi BIOS.
  • Download file BIOS, kemudian ekstrak ke folder BIOS yang ada di lokasi instalasi PCSX2. Kalian sebenarnya bebas melakukan ekstrak di folder manapun, asalkan mudah ditemukan.
  • Kembali ke program PCSX2, klik Refresh list dan pilih BIOS yang akan kalian gunakan. Disarankan untuk menggunakan BIOS USA agar bahasanya menggunakan bahasa Inggris.
  • Setelah itu klik Finish untuk mengakhiri konfigurasinya.

Unduh File ISO Game dan Mulai Bermain

Main Game PS2

Untuk mengunduh file ISO game PS2, kalian bisa melakukannya melalui berbagai website yang menyediakannya secara gratis. Ukuran game-nya memang lumayan besar, dari ratusan MB hingga beberapa GB.

Setelah mengunduh, letakkan file tersebut di folder khusus agar lebih mudah ketika mencarinya.

  • Buka program PCSX2, kemudian klik bagian CDVD > ISO Selector > Browse. Cari file ISO yang telah terunduh, pilih kemudian klik Open.
  • Untuk menjalankan game, kalian perlu mengklik menu System kemudian Reboot CDVD (full).
  • Tunggu sampai game yang tadi dipilih dimuat oleh sistem sebelum bisa dimainkan. Jika sudah muncul tampilan game-nya, kalian bisa langsung memainkan game tersebut.

Main game PS2 di PC ternyata sangat seru, apalagi kalian tidak memerlukan PC dengan spesifikasi tinggi. Kalian akan merasakan keseruan yang dulu pernah dirasakan.

Jika kalian menggunakan controller gamepad, tentu akan lebih seru dibandingkan dengan keyboard. Kalian mungkin bisa membelinya melalui toko online dengan harga yang beragam.

Cara Main Game PS2 di HP Android

Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara main game PS2 di HP Android. Tentunya kalian perlu menggunakan HP yang memiliki spesifikasi memadai.

Agar dalam permainannya nanti tidak muncul masalah yang mengganggu.

Unduh Emulator DamonPS2 

Main Game PS2

Tentunya, kalian tidak bisa langsung memainkan game PS2 di HP Android. Dibutuhkan aplikasi khusus yang berfungsi untuk menjalankan game dan melakukan konfigurasi.

Aplikasi yang dimaksud, salah satunya adalah Damon PS2, yang merupakan emulator PS2 yang dikembangkan untuk Android. Kalian bisa langsung mengunduhnya melalui Google Play Store.

Ukurannya hanya 33 MB, jadi sangat ringan untuk HP zaman sekarang. Aplikasi ini tersedia untuk dua versi yakni pro dan non-pro.

Ada kelebihan tersendiri jika kalian membeli layanan pro-nya, dimana tidak ada iklan yang akan muncul saat dan sebelum bermain game. Namun untuk versi non-pro-nya, kalian perlu menonton iklan selama 30 detik untuk bisa memainkan game yang jadi pilihan.

Unduh aplikasi tersebut dan tunggu sampai instalasi selesai. Jika sudah, langkah selanjutnya yakni mengunduh file BIOS-nya untuk menjalankan game.

Kalian bisa mencarinya dengan kata kunci “SCPH 70012 BIOS” melalui search engine. Kemudian letakkan file BIOS tersebut ke folder yang ada di HP kalian. Pastikan kalian tidak salah mengunduh file BIOS-nya.

Buka Emulator DamonPS2

Main Game PS2

Untuk memulai bermain game, kalian bisa langsung aplikasi emulator Damon PS2. Setelah masuk ke aplikasi, tekan menu Scan ROM.

Fungsinya untuk memindai game apa saja yang berada di HP kalian. Pada saat memilih game, jangan lupa untuk mencentang BIOS SCPH 70012 yang telah diunduh tadi. 

Secara otomatis, game akan langsung dimulai jika kalian sudah menggunakan layanan pro. Akan tetapi, jika keadaannya masih menggunakan layanan gratis, kalian perlu menonton iklan sebelum bermain.

Sebenarnya hal ini tidak terlalu menganggu, karena durasi iklannya tidak terlalu lama. Namun jika ingin menghilangkan iklannya, kalian perlu membayar sejumlah biaya.

Asiknya bermain game PS2 di HP Android kalian tidak perlu membeli gamepad lagi. Karena kontrolnya sudah menggunakan virtual pad, seperti game-game zaman now.

Tips Seru Bermain Game PS2 

Main Game PS2

Tujuan utama dalam bermain game tentu untuk merasakan keseruan. Nah ada beberapa tips agar kalian merasa seru saat main game PS2 di PC maupun HP Android.

Tips Main Gim PS2 di Android: Gunakan Gamepad

Dengan menggunakan gamepad, kontrol gim akan lebih mudah dilakukan. Pada gamepad, terdapat analog serta beberapa tombol yang berfungsi untuk mengontrol jalannya game.

Dengan bantuan alat ini, permainan tentu akan lebih seru. Bila kalian menggunakan keyboard ataupun virtual pad pada HP Android, sedikit banyaknya tentu akan mengalami sedikit kerepotan karena jari yang menghalangi pandangan layar.

Tips Main Gim PS2 di Android: Gunakan Perangkat Mumpuni

Sebuah game akan berjalan lancar jika dimainkan menggunakan perangkat yang mumpuni. Maka dari itu, pastikan kalian menggunakan PC atau HP Android yang memiliki spesifikasi sesuai. Akan sangat ringan bermain game PS2 jika dimainkan menggunakan perangkat khusus gaming.

Tips Main Gim PS2 di Android: Cari Game Favorit

Mainkan game favorit agar keseruan bisa dirasakan. Ada banyak game PS2 yang seru untuk dimainkan, setiap orang pasti memiliki game yang jadi andalan.

Kalian bisa mengunduh berapapun game yang tersedia di internet, dan memainkannya dengan langkah-langkah di atas.


Itulah cara main game PS2 melalui PC dan HP Android yang bisa dibagikan. Caranya memang sangat mudah, hanya dengan bantuan emulator dan file BIOS maka game PS2 sudah bisa dijalankan tanpa harus memiliki konsol game-nya.