Mengenal SiM, Band Reggae Punk Jepang yang Mengisi Opening Attack On Titan Secara Dramatis!

685
Silence iz Mine SiM
Sumber: Instagram @sim_japan

Bagi para penggemar anime Attack on Titan (AOT), tentu sudah tidak asing lagi dengan nama-nama seperti SiM. Sebab lagu rock-nya yang ikonik pada Opening Theme Attack on Titan The Final Season Part 2, The Rumbling benar-benar memberikan kesan intens dan sangat mendalam di hati para penggemar.

Selain itu, SiM turut kembali meramaikan Attack On Titan The Final Season Part 3 dengan single terbarunya bertajuk, UNDER THE TREE.

Banyak penggemar yang menyebutkan jika lirik The Rumbling mampu menghadirkan sudut pandang Eren. Sedangkan di UNDER THE TREE, SiM juga dinilai berhasil membawakan sudut pandang Mikasa dengan epik.

Tidak heran jika video musik anime rock ini langsung mendapatkan 2 juta penayangan hanya dalam waktu 11 hari saja. 

Hal ini jugalah yang mendukung antusiasme fans untuk menanti Attack On Titan The Final Season Part 4 yang akan tayang perdana di 4 November 2023 nanti.

Memang siapa sebenarnya SiM ini dan kenapa banyak penggemar AOT yang menyukai lagu-lagunya? Yuk kita ulas lengkap pada artikel berikut ini!

Siapa Itu SiM?

SiM, yang juga pernah dikenal sebagai “Silence iz Mine,” adalah band reggae punk asal Jepang yang terbentuk pada bulan November tahun 2004 di Shonan, Prefektur Kanagawa, Jepang.

Mereka mendefinisikan diri mereka sebagai reggae punk band. Dimana mereka menggabungkan elemen-elemen dari dub, reggae, dan hardcore punk sehingga memiliki ciri khas yang unik serta berkarakter.

Hal inilah yang menjadikan SiM sangat unik karena karya-karya dengan kombinasi  hardcore punk, nu-metal, reggae, hingga ska merupakan genre campuran yang jarang digunakan dalam sebuah lagu.

Siapa Saja Anggota SiM?

Silence iz Mine
Sumber: aniradioplus.com

Empat anggota tetap yang masih aktif hingga sekarang, di antaranya adalah:

  • MAH selaku pendiri dan bertanggung jawab sebagai vokalis sejak tahun 2004.
  • SHOW-HATE yang bertanggung jawab sebagai gitaris, keyboard, backing vocal sejak tahun 2006.
  • SIN sebagai bassist dan telah bergabung sejak tahun 2009.
  • GODRi sebagai drummer sejak tahun 2009).

2 Lagu SiM untuk Anime Attack On Titan yang Luar Biasa

Sejak aktif bermusik pada tahun 2004, SiM tentu telah menghadirkan banyak karya dengan image grup, pilihan aliran musik serta karakter suara yang anti mainstream

Namun, lagu The Rumbling yang dirilis pada bulan Maret 2022 lalu untuk Opening Theme Attack on Titan The Final Season Part 2 ternyata mampu membuat popularitasnya semakin meningkat.

Hal ini jugalah yang mendorong lagu terbarunya untuk Ending Theme untuk Attack on Titan The Final Season Part 3 dengan judul UNDER THE TREE langsung mendapatkan pujian dari para penggemar.

1. The Rumbling

Perilisan lagu The Rumbling yang penuh dengan teriakan khas rock metal milik mereka ternyata langsung menjadi populer pada minggu pertama saat episode awal anime tersebut tayang.

Bahkan hingga kini, lagu The Rumbling sudah berhasil melampaui 400 juta penayangan pada platform layanan berlangganan seperti Spotify dan YouTube.

The Rumbling SiM Mendapatkan Nomor 1 Tangga Lagu Billboard

Saking populernya, lagu The Rumbling untuk Attack on Titan The Final Season Part 2 sempat menduduki nomor 1 tangga lagu Billboard kategori Hard Rock Songs pada tanggal 29 Januari tahun lalu. Sejak itu, The Rumbling terus berada di posisi nomor 1 selama tujuh kali. 

Banyak penggemar yang mencintai lagu ini karena relevan dengan adegan “Rebel” agresif dan cerita dramatis yang disampaikan pada bagian kedua final season ini. 

Bahkan jika diartikan, lagu The Rumbling menggambarkan secara tidak langsung berbagai konflik internal yang sedang dirasakan oleh Eren.

Dimana akhirnya ia memutuskan untuk menggunakan kekuatan The Founding Titan dan menghancurkan dunia.

Tampil Unggul di Berbagai Tangga Musik Lainnya

Tidak hanya di Billboard saja, The Rumbling juga tampil unggul pada berbagai tangga musik lainnya di berbagai negara, Mulai dari 10 besar iTunes Rock Chart dari 28 negara serta Apple Music Rock chart dari 25 negara.

2. UNDER THE TREE

Mengikuti kesuksesan The Rumbling, SiM kembali akan membersamai baru pada seri terakhirnya Attack on Titan The Final Season Part 3 dengan judul UNDER THE TREE.

Lagu UNDER THE TREE Ditulis Langsung oleh MAH, Komposer SiM

Lagu UNDER THE TREE yang penuh perasaan emosional ini ternyata langsung ditulis oleh sang vokalis, MAH

Hal ini membuat setiap lirik yang disampaikan benar-benar relevan dengan keadaan Mikasa sebagai salah satu tokoh dalam Attack on Titan.

Lagu yang Menggambarkan Sudut Pandang Mikasa

Sejak awal lagu ini UNDER THE TREE mengudara, banyak penggemar yang langsung tertarik karena semua liriknya menceritakan dari sudut pandang Mikasa. Salah satunya liriknya yang merujuk pada syal merah milik perempuan tersebut.

Banyak lirik dari lagu ini yang seperti mengajukan pertanyaan. Pertanyaan ini sangat mewakili Mikasa kepada Eren mengapa ia pergi ke suatu tempat yang tidak bisa perempuan tersebut ikuti. 

Bahkan siapapun penggemar yang mendengar lirik UNDER THE TREE dari SiM pasti akan sangat mengerti dengan dilema dan keputusaan yang dirasakan Mikasa kepada Eren.  Tidak heran jika lagu ini sangat populer begitu perilisannya.

Berbagai Performa Live Show SiM yang Sukses

Silence iz Mine
Sumber: Instagram @sim_japan

Selain dikenal dengan suaranya yang luar biasa pada rekaman music video mereka, ternyata SiM juga memiliki kualitas yang sama bagusnya saat live show di berbagai konser mereka.

Bahkan atas popularitas mereka, semua live show yang mereka lakukan khususnya di tahun ini berlangsung sangat sukses, ramai dan seru. Beberapa show yang mereka lakukan tahun ini dan terbilang sangat berhasil antara lain adalah:

1. DEAD POP FESTiVAL 2023

SiM pernah menyelenggarakan DEAD POP FESTiVAL 2023. Pada festival ini, mereka ditemani oleh banyak band rock asal Jepang lainnya sehingga venue-nya tampak dipenuhi oleh para penggemar.

Festival ini diadakan selama 2 hari, yaitu pada 24 dan 25 Juni 2023 lalu di Kawasaki Higashi, Ogishima East Park. 

Salah satu yang paling berkesan adalah lagu The Rumbling yang dinyanyikan SiM memiliki kualitas yang sama mendebarkannya dengan versi music video-nya. Hal ini berarti menunjukkan kualitas suara mereka yang luar biasa.

2. SiM TOUR 2022 “BEWARE” 

Pada tahun sebelumnya, SiM juga mengadakan tur nasional  yang diberi tajuk “SiM TOUR 2022 “BEWARE” untuk para penggemarnya di Jepang mulai tanggal 4 Oktober 2022.

Tur ini dimulai pada  tanggal 4 Oktober di CLUB CITTA di Kanagawa dan berlanjut hingga tanggal 8 dan 9 Desember di Zepp DiverCity (TOKYO)

Saat itu Jepang masih dalam aturan Covid yang cukup ketat, sehingga konser di beberapa wilayah dibagi menjadi dua hari pertunjukkan agar para penggemarnya memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menikmati suara rock khas mereka.

Jika kamu penasaran, berikut adalah beberapa video dokumentasi SiM selama menjalani tournya di tahun 2022 lalu, yaitu:

『SiM TOUR 2022 “BEWARE”』PART①

Pada tour ini Part 1 ini, SiM juga menggaet beberapa musisi rock lainnya seperti CVLTE di CLUB CITTA, SCANDAL dan PARK!!SOUND!!SHOW!! di Zepp Nagoya, TETORA di BLUE LIVE HIROSHIMA dan THE FOREVER YOUNG di Zepp Fukuoka.

Dimana konser ini dimulai pada tanggal 4 Oktober 2022 di Kawasaki Club Citta’ dan berakhir pada tanggal 21 Oktober 2022 di Zepp Fukuoka.

『SiM TOUR 2022 “BEWARE”』PART②

Sedangkan pada tour yang bertajuk part 2 ini, SiM memulai konsernya dari Hokkaido Zepp Sapporo pada tanggal 28 Oktober dan menutupnya di Niigata LOTS pada tanggal 23 November 2022.

Sama seperti sebelumnya, SiM juga menghadirkan beberapa musisi rock lainnya seperti Yabai T-Shirts Yasan, SCANDAL, Harukamirai, Otoboke Beaver hingga SPARK!!SOUND!!SHOW!!

SiM membatasi kapasitas hingga 50% dari kapasitas masing-masing venue dan beberapa lokasi seperti Zepp dan Niigata LOTS menetapkan standar untuk penonton tidak ikut bernyanyi dalam kapasitas apa pun sesuai pedoman pemerintah terhadap Covid.

『SiM TOUR 2022 “BEWARE”』PART③

Terakhir, SiM menutup tour nasionalnya di Tokyo Zepp DiverCity bersama 10-FEET di tanggal 8 dan 9 Desember 2022

Hebatnya, meski dalam kapasitas penonton yang masih dibatasi tapi semua pertunjukan yang dilakukan oleh SiM berjalan lancar dan sukses hingga akhir.

‘PLAYDEAD’: Album Terbaru SiM yang Rilis pada 27 September 2023

Silence iz Mine
Sumber: Instagram @sim_japan

Pada tanggal 27 September 2023 lalu, SiM merilis album baru yang diberi nama ‘PLAYDEAD’

Album ini mencakup versi orkestra dari lagu ‘The Rumbling,’ yang menjadi hit di seluruh dunia sebagai lagu tema pembuka untuk anime TV “Attack on Titan” Final Season Part 2, sekaligus versi lengkap “UNDER THE TREE” yang telah lama ditunggu-tunggu oleh para penggemar.

Perilisan ini juga menarik perhatian para penggemar karena juga menyertakan opening theme untuk anime “Kengan Asura Season 2” yang berjudul RED. Dimana music videonya resmi dirilis pada tanggal 10 Oktober.

Lagu bertempo cepat dan dinamis ini dengan sempurna menangkap semangat pertarungan adrenalin yang digambarkan dalam anime tersebut. Jadi totalnya akan ada 13 lagu yang kuat dengan ciri khas SiM yang inovatif. 

Tour SiM yang Mendunia di US dan UK

Silence iz Mine
Sumber: Instagram @sim_japan

Sejak perilisan album barunya, SiM juga sekaligus mengumumkan tour-nya di United States (Amerika Serikat) untuk berkolaborasi dengan band rock terkemuka asal negara tersebut, yaitu DANCE GAVIN DANCE di THE JACKPOT JUICER US TOUR.

Tur ini sudah dimulai di Tempe, Arizona sejak tanggal 24 Agustus dan melewati total 27 kota di Amerika Serikat.

Sedangkan di 2 bulan sebelumnya, tanggal 13 Juni, SiM mengadakan pertunjukan solo di O2 Academy Islington, London, Inggris

Penampilan mereka ditemani oleh Graphic Nature dan keduanya dapat tampil dengan sempurna di malam tersebut. Hebatnya, seluruh tiket pertunjukan terjual habis.

Bahkan di tahun depan, SiM akan melanjutkan tour mereka di beberapa negara Eropa seperti Denmark, Jerman, Republik Ceko, Polandia, Belanda, United Kingdom (Inggris) dan Belgia.

Jadi bukan tidak mungkin jika nantinya SiM akan memiliki jadwal tour di Indonesia.

Nah demikianlah serba-serbi mengenai SiM, band asal Jepang dengan kapasitas musik yang luar biasa. Melihat populernya SiM dan Attack on Titan di seluruh dunia, mari nantikan juga supaya band ini bisa tampil di Indonesia!

Previous articleCara Setting Keyboard Mobile Legends
Next articleCara Setting Emblem Mobile Legends
Seorang perempuan yang menghabiskan lebih dari separuh harinya hanya untuk menulis. Pekerja keras, pantang menyerah dan selalu penasaran dengan hal baru merupakan bagian utama dari isi kepalanya. Tidak punya playlist lagu khusus, karena suka mendengarkan lagu baru random semua bahasa di dunia dan diulang-ulang hingga bosan. "Trust the Timing od Your Life" adalah salah satu quotes yang selama ini menguatkan hidupnya. -Khansa