Isu Panas Geek Erpang, Coach yang Sempat Menghebohkan Khalayak Karena Pengunduran Dirinya!

382
profil GEEK Erpang
Sumber: Instagram @geekfamid

Baru-baru ini, dunia esports dihebohkan dengan isu pengunduran diri coach Geek Erpang yang ternyata menjadi nyata. 

Meskipun baru diangkat menjadi coach Geek Fam untuk divisi Mobile Legends pada Agustus lalu, namun Erpang sudah memberikan sumbangsih prestasi bagi tim esports tersebut.

Hanya saja, di akhir bulan Januari 2024 lalu, Erpang menghebohkan banyak orang dengan postingan Instagram Story-nya yang menyiratkan jika dirinya akan segera meninggalkan tim.

Jelas hal ini membuat gaduh mengingat belum ada pernyataan apapun dari pihak Geek Fam terkait rencana akan mengganti pemain maupun pelatih dimusim yang akan datang.

Memang apa yang sebenarnya terjadi? Mari kita simak fakta-fakta lengkapnya mengenai coach Geek Erpang pada artikel berikut ini!

Biodata dan Profil Geek Erpang

Sebelum mengulas lebih jelas mengenai Geek Erpang, alangkah lebih baik jika kita mengenal sosok yang berprestasi ini terlebih dahulu.

Erpang atau pemilik nama asli Ervan Pratama merupakan coach Geek Fam yang telah resmi diumumkan ke publik sejak Agustus 2023 silam.

Awalnya, ia menjadi coach yang ditugaskan untuk melatih tim ONIC Prodigy sebelum akhirnya memutuskan pindah ke Geek Fam hingga Januari 2024 lalu.

GEEK Erpang
Sumber: Instagram @geekfamid

Bahkan pada ajang debutnya bersama Geek Fam, Erpang berhasil membawa pulang piala juara 2 MPL Indonesia Season 12. 

Jelas hal ini membuat para penggemar Geek Fam antusias dan tak menyangka karena posisi Erpang saat itu merupakan pelatih pengganti dari sosok Renz yang sedang diberi hukuman oleh pihak penyelenggara kompetisi tersebut.

Supaya lebih kenal dekat dengan sosok Erpang, berikut adalah biodata dan profilnya mulai dari tanggal lahir, riwayat tim, hingga prestasi yang pernah didapatkan sepanjang karir coach-nya:

  • Nama Lengkap: Ervan Pratama
  • Tanggal lahir: 5 Desember
  • Role: Coach
  • Alternate ID: Ervan
  • Riwayat Tim:
    • Februari 2023 – Agustus 2023: ONIC Prodigy
    • Agustus 2023 – Sekarang: Geek Fam ID
  • List Prestasi:
    • Juara 3-4: Road to Iasi 2023 Fun Match (ONIC Prodigy)
    • Juara 3-4: MDL Indonesia Season 7 (ONIC Prodigy)
    • Juara 3: World Cyber Games 2023 (ONIC Prodigy)
    • Juara 2: MPL Indonesia Season 12 (Geek Fam ID)
  • Instagram: @ervan.pratamah

Fakta-Fakta Bergabungnya Geek Erpang dengan Geek Fam ID

Sebenarnya, bergabungnya coach Erpang ke dalam tim Geek cukup mengejutkan banyak orang.

Apalagi kala itu ia tidak bisa langsung bersantai karena harus diturunkan dalam sisa ajang MPL Indonesia Season 12 menggantikan coach Renz.

Hadir Sebagai Pengganti Renz yang Sedang Mendapatkan Hukuman

Pada MPL Indonesia Season 12, Geek Fam berhasil tampil menggelora dan mampu mengeluarkan performa terbaiknya dalam ajang tersebut.

Peningkatan performa ini tak terlepas dari sosok Renz yang mampu membawa perubahan bagi tim tersebut sejak bergabung tahun 2022.

Hal ini terlihat dari tim binaannya yaitu Baloyskie dkk yang mengalami peningkatan performa dari MPL ID S10 hingga musim setelahnya.

Malangnya, Renz harus mendapatkan hukuman keras dari MPL Indonesia berupa larangan menemani tim selama dua laga pada MPL ID Season 12

Imbasnya, manajemen Geek Fam harus segera menunjuk pelatih baru untuk memandu dan menemani roster yang diturunkan jelang pekan keempat dari MPL ID Season 12.

Oleh karena itulah, per 9 Agustus 2023 lalu, Geek Fam menunjuk sekaligus melantik Erpang sebagai pelatih baru menggantikan Renz untuk sisa gelaran kompetisi MPL ID Season 12.

Memiliki Rekam Jejak Geek Erpang yang Berprestasi di ONIC Prodigy 

GEEK Erpang
Sumber: Instagram @onic.esports

Setelah penunjukan Erpang menjadi pelatih pengganti di MPL ID Season 12, bersamaan itu pula Geek Fam mengumumkan jika Renz bukan lagi menjadi bagian dari pelatih tim tersebut.

Ia dipindahkan menjadi pelatih untuk MDL ID Season 8 dan ditugaskan bekerja sama dengan Han supaya Geek Fam isa membawa hasil terbaik dalam pertandingan tersebut.

Penunjukan Erpang sebagai pelatih Geek ini tentu bukan tanpa pertimbangan sama sekali. Mengingat Erpang merupakan coach sekaligus mantan analyst tim ONIC Prodigy yang cukup menonjol. 

Bahkan saat MDL Indonesia Season 7, ia bekerja sama dengan pelatih utama, Kristiawan Eko “Lionheart” Susilo dan berhasil membawa juara 4 setelah kalah tipis dengan EVOS Esports kala itu.

Jadi tak heran jika Erpang akhirnya ditunjuk oleh Geek Fam untuk mengisi kursi pelatih kosong untuk tim MPL-nya.

Strategi Menurunkan Markyy dalam MPL ID Season 12

Salah satu keputusan besar Erpang yang turut berkontribusi dalam mengantarkan Geek Fam menjadi runner up pada ajang MPL ID Season 12 yaitu menurunkan Markyyy, si gold laner asal Filipina saat pertandingan melawan AURA Fire sedang tegang-tegangnya.

Saat ditanya awak media, Erpang menyebutkan jika Markyyy merupakan pemain yang hebat dan layak untuk berada di stage MPL. 

Bahkan, ia tahu betul bagaimana pemain tersebut berlatih keras untuk bisa memantaskan diri dengan tim MPL utama Geek Fam saat itu. 

Ternyata keputusan Erpang untuk menurunkan pemain baru itu terbilang cukup berhasil karena chemistry diantara para anggota menjadi lebih kuat hingga meraih juara.

Fakta-Fakta Pengunduran Diri Coach Geek Erpang

GEEK Erpang
Sumber: Instagram @ervan.pratamah dan @esports.ku

Setelah berhasil membawa timnya memenangkan runner up MPL Indonesia Season 12 dan peringkat 6 di ajang M5 World Championship, secara mendadak di akhir Januari 2024 kemarin ia mengupload sebuah instastory bahwa dirinya sedang menjadi tim baru (LFT atau looking for team).

Melalui unggahan tersebut, Erpang menyebutkan jika dirinya sedang terbuka untuk “mencari tim baru sebagai analis” dan sangat terbuka untuk berbagai kesempatan pengalaman serta siap untuk bergabung dengan tim baru.

Belum Ada Penjelasan Resmi dari Geek Fam

Meskipun begitu, belum ada pengumuman resmi dari pihak Geek Fam mengenai pernyataan yang dilontarkan oleh Erpang dalam postingan terbarunya di akhir januari tersebut.

Namun hal ini justru memberikan indikasi yang cukup kuat bahwa dirinya akan segera meninggalkan tim tersebut. Terlebih, dirinya juga telah dipastikan tidak akan menjadi bagian dari roster Geek Fam pada MPL ID S13.

Resmi Mundur di Februari 2024

Baru saja satu hari berjalan di bulan Februari 2024 ini, secara resmi Erpang mundur dari posisinya sebagai pelatih Geek Fam.

Meskipun tidak dijelaskan secara rinci kenapa ia mengundurkan diri, tapi Erfan mengucapkan banyak terima kasih kepada para penggemar Geek Fam yang selalu mendukung perjalanannya selama ini.

Dari pihak Geek Fam, belum ada pengganti yang akan mengisi posisi Erpang. Namun terlepas dari itu, rekam jejak Erpang yang mampu membawa timnya mengamankan slot di M5 World Championship tahun lalu layak diberikan apresiasi.

Apalagi, ia juga termasuk ke dalam deretan coach yang dianggap mampu mengangkat tim underrated menjadi cukup berkembang seperti sekarang.

Apapun keputusan karir yang direncanakan coach Geek Erpang kedepan, bisa menjadi kesuksesan bagi dirinya kelak!