Perjalanan Karir Ado, Utaite Serba Bisa yang Menyanyi sebagai Uta di One Piece FILM RED dan Pengisi OST Terbaru SPY×FAMILY

395
Karir Ado
Sumber: utaite.fandom.com

Selalu ada banyak kejutan dari J-Pop termasuk dengan kehadiran karir Ado dalam ranah musik mereka yang sangat menyenangkan untuk diulik.

Bagaimana tidak? Ado terkenal sebagai penyanyi (Utaite) yang tidak menunjukkan wajah namun dapat menyanyi dengan berbagai macam genre musik dan suara.

Hanya dalam kurun 2 tahun sejak debutnya, namanya makin populer di Jepang setelah terpilih untuk mengisi suara nyanyian dari karakter Uta, sang diva di anime Movie One Piece FILM RED.

Bahkan kabar terbarunya, ia kini terpilih untuk membawakan soundtrack opening anime SPY X FAMILY Season 2 yang sangat populer di semua kalangan berjudul Kura Kura

Memang siapa sebenarnya Ado? Apa yang membuatnya begitu populer dan dikenal oleh banyak orang? Yuk simak perjalanan karir Ado secara lengkap di artikel ini!

Siapa Itu Ado?

Ado adalah seorang utaite (sebutan untuk seseorang yang mengcover lagu untuk lagu-lagu Vocaloid, Anisong, game song, dan J-Pop) yang memulai aktivitas musiknya sejak tahun 2017. Dimana pada saat itu usianya terbilang sangat muda yaitu masih 14 tahun.

Selayaknya utaite pada umumnya, Ado juga tidak pernah menunjukkan wajahnya. Jadi ia selalu tampil ke publik dengan menggunakan ilustrasi karakter sebagai pengganti wajah aslinya. Hal ini membuatnya dapat menyanyi lebih lepas.

Karir Ado mulai perlahan meningkat setelah resmi merilis single debutnya pada bulan Oktober tahun 2020 dengan judul “USSEEWA”. Saking populernya, hingga kini music video-nya telah ditonton lebih dari 295 juta orang.

Perjalanan Karir Ado dalam Dunia J-Pop di Awal Debut

karir Ado
Sumber: japannews.co.jp

Ado lahir pada bulan Oktober 2002 dan tertarik dengan utaite, penyanyi cover di internet yang biasanya tidak menampilkan wajah asli. Ia mulai melakukan cover untuk berbagai lagu Jepang terkenal sejak 2017 dan mulai mendapatkan perhatian dari banyak orang.

Karir Ado Dimulai dengan Rekaman dari dalam Kamar

Pada awal karirnya, Ado pernah berbagi jika dirinya sempat merekam lagu dari dalam lemari yang telah dilapisi oleh peredam suara agar minim distraksi dan hasilnya jernih.

Bahkan atas suaranya inilah, Ado mulai dilirik oleh banyak musisi untuk melakukan kolaborasi mulai dari Syudou, hingga Kujira dan jon-YAKITORY.

Merilis Single Perdana dengan Judul USSEWA

Selanjutnya di akhir tahun 2020 lalu, ia jauh dikenal lebih banyak orang sejak merilis single perdananya berjudul “USSEEWA“. 

Banyak orang terkagum-kagum dengan perempuan ini karena saat itu usianya masih 17 tahun. Saking populernya, jumlah penonton music video-nya bahkan mencapai hampir 300 juta. Jumlah yang sangat banyak bukan?

Mendapatkan Posisi 1 di Billboard Japan Hot 100

Atas suaranya yang khas, karir Ado kembali menanjak dengan memenangkan banyak penghargaan bahkan hanya untuk lagu debutnya saja. 

Saat itu, ia mendapatkan posisi 1 di Billboard Japan Hot 100 dan dinobatkan banyak netizen Jepang sebagai lagu kebangsaan para generasi muda. Sebab lirik lagu yang dinyanyikan sangat menggambarkan kondisi frustasi para generasi muda terhadap kehidupan.

Bahkan hanya beberapa bulan setelah debutnya, lagu USSEWA juga berhasil menduduki peringkat nomor 1 di Oricon Digital Singles Chart dan Oricon Streaming Chart.

Pada tanggal 29 Maret, “USSEWA” mencapai 100 juta pemutaran di chart Billboard JAPAN “Streaming Songs” setelah 17 minggu sejak masuk chart. Prestasi ini merupakan yang tercepat keenam dalam sejarah dan yang termuda untuk penyanyi solo.

Karir Ado Makin Menanjak Pada Project Movie One Piece FILM RED

Setelah Ussewa, Ado mulai aktif dalam merilis karya-karya terbarunya dalam waktu yang berdekatan. Mulai dari “Readymade” yang ditulis oleh produser Vocaloid Surii, “Gira Gira”, hingga “Odo”.

Namun, prestasi lainnya yang membuat namanya jauh semakin dikenal banyak orang di seluruh dunia yaitu saat dirinya bergabung dalam project movie One Piece FILM RED di tahun 2022.

Ia berhasil menunjukkan talentanya dengan bernyanyi sebagai karakter Uta dalam One Piece FILM RED sekaligus mengisi semua soundtrack utama pada film tersebut, seperti Shin Jidai (新時代) dan Kaze no Yukue (風のゆくえ).

Menjadi Tahun Terbaik Bagi Ado

karir Ado
Sumber: One Piece Fandom

Tahun 2022 dianggap sebagai tahun terbaik yang pernah dialami Ado hingga saat ini.  Sebab ia akhirnya merilis dua Album pertamanya: Kyogen (Januari 2022) dan album yang didedikasikan khusus untuk UTA NO UTA: ONE PIECE FILM RED (Agustus 2022).

Bahkan sebenarnya tawaran untuk mengisi suara Uta di One Piece ini sempat dikira sebagai prank. Namun hingga film tersebut tayang, baik film maupun dirinya berhasil mendapatkan banyak pujian dari para penggemar.

Tidak hanya itu, Shin Jidai (新時代) juga berhasil menciptakan rekor sebagai lagu bahasa Jepang pertama yang mampu meraih peringkat pertama pada Apple Music’s Top 100: Global.

Berkesempatan Isi Soundtrack untuk Opening SPY x FAMILY Season 2

Baru-baru ini, Ado kembali mengejutkan para penggemarnya dengan menjadi pengisi opening theme untuk sekuel anime paling ditunggu-tunggu tahun ini, SPYxFAMILY Season 2.

Ado membawakan single original-nya yang berjudul “Kura kura” dan telah dirilis secara digital di seluruh dunia pada hari Kamis, 5 Oktober. Lagu ini ditulis oleh meiyo, dengan aransemen dan penampilan oleh Yoko Kanno x SEATBELTS. 

Langsung Mendapatkan 2 Juta Penayangan

Lagu “Kura Kura” versi anime yang diunggah pada tanggal 4 Oktober di channel YouTube TOHO animation telah ditonton lebih dari dua juta kali hanya dalam beberapa hari saja.

Tentunya hal ini merupakan pencapaian yang juga luar biasa. Dimana baik karya Ado maupun sekuel dari SPY x FAMILY Season 2 ini dicintai oleh para penggemarnya.

Aktif Kembali Setelah Bulan Sebelumnya Merilis Lagu Populer

Sebulan sebelumnya, Ado sebenarnya baru saja merilis lagu dengan judul “Show” dengan nada dinamis dan gembira. 

Lagu yang menggembirakan ini diproduksi oleh Giga dan TeddyLoid, sedangkan liriknya dibuat dengan terampil oleh TOPHAMHAT-KYO.

Liriknya berkisar pada keinginan untuk menunjukkan potensi sejati seseorang dan menarik perhatian dan vokal Ado nampaknya berhasil membuat lagu tersebut menjadi sangat menyenangkan untuk dinikmati.

Sejak dirilis, “Show” telah mendapatkan banyak perhatian penggemar dengan cepat menjadi salah satu lagu Ado yang paling disukai. Video musiknya bahkan telah ditonton lebih dari 30 juta kali di YouTube hanya dalam satu bulan perilisannya.

Keinginan Karir Ado untuk Go Global

Dengan banyaknya pencapaian yang telah didapatkan oleh Ado, membuatnya ingin terus berkarya dengan skala yang lebih besar. Bahkan di tahun 2022 lalu, ia juga berhasil bernyanyi secara live di panggung konser.

Bahkan dirinya juga makin populer lagi setelah duet dengan salah satu girl band paling populer di Korea Selatan, LE SSERAFIM untuk MV Unforgiven (versi Jepang). Dimana Ado akan turut bernyanyi dengan para anggota grup tersebut dengan mempertahankan struktur lagunya.

Source Music menyebutkan jika vokal Ado sangat sesuai dengan pesan lagi yang disampaikan dalam Unforgiven dan ini menjadi kehormatan bagi Ado untuk bisa berkolaborasi juga dengan grup favorit.

Walaupun sudah dikenal oleh banyak orang secara internasional lewat Ussewa, cover lagunya, One Piece dan LE SSERAFIM, Ado tetap berambisi untuk bisa terus berkembang dan berlari lebih jauh di kancah global. 

Ado juga telah mengumumkan bahwa dirinya akan segera melakukan world tour, meski lokasinya belum ditentukan. Tentunya kita tidak sabar untuk bisa menyaksikan konser Ado di Indonesia, bukan?

Supaya tidak ketinggalan infor terbaru, kamu juga bisa bergabung dengan Fanbase Ado Indonesia dnegan follow @ado_1024.id di Instagram sekarang juga!

Yuk dukung karir Ado terus ya! Kamu juga bisa terhubung dengannya melalui kanal berikut:

banner iklan esportsnesia