Profil, Perjalanan Karir dan Prestasi ONIC CW, Gold Laner Kebanggaan Tim Landak Kuning!

208
ONIC CW
Sumber: Instagram @calvinwinataa

Jika kamu telah mengikuti turnamen MPL Indonesia sejak season 5, maka nama ONIC CW tentu bukan merupakan sesuatu yang asing lagi.

Sebab Gold Laner andalan ONIC ini langsung melesat gemilang pada pertandingan perdananya di MPL Indonesia Season 5 dengan menyabet gelar Rising Star kala itu.

Meskipun berat menyeimbangkan kemampuan pada tahun pertamanya bergabung dengan ONIC, namun seiring berjalannya waktu, ia berhasil menunjukkan kemampuannya dengan maksimal.

Bahkan tren prestasinya hampir selalu stabil sejak akhir tahun 2021 hingga sekarang. Tak heran jika ONIC masih terus mempertahankannya dan melihat CW masih sebagai pemain yang sangat potensial.

Bagi kamu yang makin penasaran dengan sosok hebat ini, maka profil, prestasi hingga perjalanan karir dari ONIC CW pada artikel berikut ini!

Profil dan Biodata ONIC CW

Nama CW sebenarnya diambil dari singkatan nama lengkap dari Calvin Winata. Ia memulai karirnya di dunia esports mulai dari game Arena of Valor dengan nama Catee pada tahun 2018.

Awalnya ia bergabung untuk Saudara Esports dan sempat menjadi runner up di dua ajang besar seperti ESL Indonesia Championship Season 1 dan AOV Star League Season 3 by ESL.

Namun setelah melalui pertmibangan yang panjang, ia akhirnya memutuskan untuk putar arah dan menjadi pro player Mobile Legends bersama ONIC yang dinilai lebih menjanjikan.

ONIC CW
Sumber: Instagram @calvinwinataa

Hal ini terbukti dengan CW yang akhirnya mampu tampil optimal di banyak pertandingan besar dan sering menyebabkan kemenangan bagi timnya.

Oleh karena itu, supaya lebih kenal dengan sosok CW, berikut adalah profil dan biodata lengkapnya mulai dari usia, tanggal lahir, agama hingga riwayat karir maupun hero andalannya!

  • Nama Lengkap: Calvin Winata
  • Tangga Lahir: 10 November, 2000 
  • Usia: 24 Tahun (per 2024)
  • Agama: Kristen
  • Role: Gold Laner
  • Hero Andalan: Bruno, Claude, Wanwan, Beatrix dan Melissa
  • Akun Sosial Media:
    • Instagram: calvinwinataa
    • TikTok: calvinwinataa_
    • YouTube: ONIC CW
  • Asal Kota: Titi Kuning, Medan, Sumatera Utara
  • Riwayat Tim:
    • 2018-2019: Saudara e-Sports (AoV)
    • 2020-sekarang: ONIC (Mobile Legends)

Perjalanan Karir ONIC CW di Dunia Esports

CW sudah memulai karirnya sebagai pemain profesional sejak tahun 2018, saat usianya masih 18 tahun. 

Namun meski ia saat ini terkenal sebagai pemain Mobile Legends yang luar biasa, ia justru memulai karirnya di ranah game Arena of Valor (AoV) dengan nama Catee.

Barulah seiring berjalannya waktu, CW ingin berkembang lebih jauh sehingga memutuskan untuk beralih menjadi pemain Mobile Legends. 

Tentunya dalam perjalanan karirnya yang lebih dari setengah dekade ini, ada banyak hal yang telah dilewatinya, di antaranya adalah:

Sudah Berprestasi di AoV

ONIC CW
Instagram: @saudara_esports

Saat memulai karirnya sebagai pro player AoV bersama Saudara Esports, CW juga sudah menunjukkan kemampuannya karena berhasil meraih banyak prestasi selama masa aktifnya.

Mulai dari juara 1 Southeast Asia Cyber Arena 2018, juara 3 AOV Star League Season 2 hingga runner up dalam ajang ESL Indonesia Championship Season 1 dan AOV Star League Season 3 by ESL sudah pernah ia raih saat masih memiliki nama panggung Catee tersebut.

Bahkan saat itu, ia juga sempat menjadi perwakilan Indonesia dalam pertandingan AOV International Championship di Vietnam. Jadi tidak heran jika strategi, mental dan kemampuannya sudah terbentuk selama bermain di game tersebut.

Namun sayangnya, Saudara Esports bubar di tahun 2021 tak lama setelah CW memutuskan untuk pindah ke ONIC sebagai pemain Mobile Legends.

Memutuskan Bergabung dengan ONIC

Sejak tahun 2019 lalu, nampaknya CW sudah mulai memutuskan akan kemana karirnya kelak. Terlebih ia mulai menyadari jika permainan AoV memiliki jumlah kompetisi nasional maupun internasional yang cukup terbatas.

Oleh karena itu, supaya bisa mempertahankan karirnya dan mendapatkan kesempatan yang lebih besar sebagai seorang pemain esports, maka ia membuat keputusan besar dengan menjadi bagian dari ONIC di tahun 2020 lalu.

Meskipun begitu, ada beberapa media yang mengabarkan jika dirinya dipecat secara online oleh Saudara Esports karena performanya mengalami penurunan, sering mangkir latihan dan kerap kali membangkang dari pemintaan coach-nya.

Pertandingan Debut ONIC CW yang Mengesankan

ONIC CW
Sumber: Instagram @calvinwinataa

Pertama kali bergabung dengan ONIC, ia tak langsung ditempatkan sebagai anggota roster utama. Saat itu, ia bergabung dengan ONIC Prodigy bersamaan dengan Rasya “Rasy” Arga Wisita yang merupakan pro player pindahan dari divisi lain untuk terjun ke scene MLBB.

Bahkan di pertandingan debutnya sebagai pro player MLBB, CW nampaknya berhasil tampil dominan dan keluar sebagai juara 3 dengan gelar Rising Star

Jelas hal ini langsung membuat namanya dikenal oleh para penggemar MLBB maupun para lawannya saat itu.

Deretan Prestasi ONIC CW di Scene MLBB

Pada awal bergabungnya di ONIC, CW memang belum memberikan tren prestasi yang konsisten. 

Namun dengan jam terbang yang semakin tinggi, ada banyak sekali turnamen besar yang berhasil ia dan timnya menangkan dengan luar biasa, diantaranya adalah:

1. Jadi Penguasa MPL Indonesia

Selama menjadi bagian dari ONIC, CW sudah 8 kali mengikuti pertandingan MPL Indonesia sejak season 5. Hebatnya, sejak season 8 lalu, ia dan timnya berhasil tampil konsisten dengan meraih juara 1 dan runner up.

Selain prestasi tim, ia juga berhasil menunjukkan bakatnya dan dianugerahi gelar sebagai MVP Final di MPL Indonesia Season 8.

Tidak hanya itu saja, CW juga sempat menjadi Week 7 MVP di Season 9, Week 5 MVP di Season 10 serta Week 2 MVP di Season 11.

2. 100% Win Rate dengan Melissa di MPL Indonesia Season 11

ONIC CW
Sumber: Instagram @calvinwinataa

Selain menjadi juara utama dalam ajang MPL Indonesia Season 11, MPV dan Team of the Week selama 2 minggu, ia juga berhasil mencatatkan rekor luar biasa di ajang ini. 

Bagaimana tidak? selama pertandingan berlangsung, CW berhasil mendapatkan rekor 100% Win Rate dengan menggunakan hero Melissa. Itu berarti, ia tidak pernah kalah sekalipun saat menggunakan hero ini!

Selain itu, di ajang ini jugalah CW berhasil mendapatkan total kills paling banyak diantara para pemain lainnya yaitu berjumlah 246.

3. Runner Up di M5 World Championship

Paling terbaru, ONIC CW juga berhasil meraih juara runner up di akhir 2023 lalu di ajang kejuaraan dunia MLBB paling besar, M5 World Championship

Bahkan saat itu, mereka hanya kalah tipis dengan sang juara Ap.Bern dengan skor 3:4. Jadi jelas sekali keinginan mereka untuk menyelesaikan pertandingan sebagai pemenang.

Meskipun begitu, jelas hal ini merupakan prestasi yang luar biasa mengingat pada kejuaraan dunia sebelumnya, ONIC tidak berhasil tampil unggul dan kalah di babak-babak awal. Sungguh peningkatan yang luar biasa!

Nah demikianlah profil, perjalanan karir hingga prestasi dari ONIC CW. Jalannya masih panjang untuk memiliki pencapaian yang lebih banyak dalam karirnya. Jadi, pastikan untuk selalu mendukungnya ya!

banner iklan esportsnesia