Profil ONIC Monyet: Pro Player Muda yang Berhasil Hijrah dari CS:GO ke Valorant

637
Profil ONIC Monyet
Sumber: Instagram @spin_esports

Jika berbicara tentang pro player esports muda, maka profil ONIC Monyet tentu sangat menarik untuk dibahas.

Memang, nama panggung dari pria bernama Cahya Nugraha terbilang cukup nyeleneh. Tapi, tentu kemampuannya dalam bermain game secara profesional tidak bisa dipandang sebelah mata.

Di usianya yang masih sangat muda yaitu 18 tahun, ia bahkan seringkali disebut oleh para seniornya sebagai salah satu pemain duelist handal dengan gaya permainan mematikan.

Padahal,awalnya Monyet adalah pemain CS:GO yang akhirnya memutuskan hijrah ke game Valorant sejak tahun 2020. Hebat sekali bukan?

Jika kamu penasaran, yuk simak profil ONIC Monyet dan perjalanan karirnya yang lengkap di artikel berikut ini!

Biodata dan Profil Monyet ONIC

Cahya Nugraha atau yang sejak awal memiliki nama panggung dengan sebutan “Monyet” merupakan salah satu pro player Valorant asal Pulau Dewata, Bali.

Sejak kecil, Monyet memang sudah memiliki kecintaan terhadap game sehingga dirinya mulai terjun ke dunia esports profesional sejak tahun 2018.

Saat itu, ia sangat mahir memainkan game CS:GO dan memutuskan untuk ikut turnamen di tempat asalnya, Bali. Sejak saat itulah ia sadar bahwa dirinya memiliki potensi yang besar untuk menjadi profesional di game tersebut.

Namun arah karirnya mengarah ke hal yang berbeda kala Valorant mulai resmi dirilis pada pertengahan tahun 2020. 

Teknik bermain Valorant yang banyak mengadopsi CS:GO ini ternyata membuatnya bertekad untuk hijrah haluan game. Bahkan keputusan inilah yang membuatnya bertahan hingga hari ini.

Supaya lebih dekat dengan sosok pemain hebat ini, berikut adalah biodata profil ONIC Monyet mulai dari nama lengkap, usia , agent favorit hingga riwayat timnya hingga hari ini:

  • Nama Lengkap: Cahya Nugraha
  • Nickname: Monyet
  • Asal: Bali
  • Tanggal Lahir: 5 Juni 2005
  • Usia: 18 Tahun (Per 2023)
  • Agent Favorit: Astra dan Omen
  • Instagram: @cahyanug_
  • Riwayat Tim:
    • 2020: Team NXL
    • 2020-2022: ONIC
    • 2022-Sekarang: Global Esports

Sebenarnya, nama Monyet ini dipilih oleh Cahya karena temannya dulu sering memanggilnya dengan sebutan Monyet kala bermain CS:GO.

Sebab Cahya sering meloncat ke sana-kemari sembali menembakkan senjata untuk mengalahkan lawan. Sebutan inilah yang membuat nama panggungnya menjadi sangat spesial menurut dirinya.

Awal Mula Bergabung Hijrah Menjadi Pemain Valorant

Profil ONIC Monyet
Sumber: Instagram @onic.esports

Hal yang membuat profil ONIC Monyet semakin banyak diperbincangkan banyak orang adalah kemampuannya dalam bermain dan perpindahannya sebagai pemain Valorant setelah 2 tahun berkarir sebagai pro player CS:GO.

Kehebatan Profil ONIC Monyet dalam Menangkap peluang

Sejak awal perilisannya, game Valorant yang dikembangkan oleh Riot Games ini sangat gencar membuat banyak turnamen regional. Mulai dari Ignition Series hingga kini ada Valorant Champions Tour.

Hal ini mereka lakukan untuk membangun ekosistem esports Valorant yang lebih mendunia.

Hebatnya, Monyet atau Cahya sejak awal melihat adanya potensi perkembangan yang cukup besar untuk game Valorant di Indonesia. 

Hal inilah yang membuatnya berinisiatif untuk belajar berlatih game tersebut di sela-sela kesibukannya saat belajar di bangku sekolah.

Aktif Mengikuti Kompetisi Sebelum Masuk Ke Ranah yang Lebih Profesional

Jauh sebelum bergabung dengan ONIC, Monyet sudah terlebih dahulu sering menyempatkan diri untuk berkompetisi dalam berbagai turnamen lokal dan juga mampu memberikan hasil yang sangat positif.

Bahkan saat itu, Monyet sudah sangat dikenal di kalangan pemain sebagai player yang sangat agresif namun dengan aim spektakuler sehingga dapat mengalahkan lawan dengan lebih optimal.

Ajakan Bergabung dengan ONIC Esports

Setelah mulai aktif dalam beberapa kompetisi Valorant, sebuah ajakan untuk bergabung dengan ONIC hadir saat Rivaldi “ValdyN” Nafian menghubungi dirinya.

Saat itu, ValdyN mengajak Monyet untuk melakukan trial dengan tim ONIC sebagai pemain ke-5, tentu hal tersebut dimanfaatkan oleh dirinya dengan sangat baik.

Atas kehebatan dirinya, Monyet yang saat itu masih baru saja masuk SMA akhirnya resmi bergabung dengan ONIC, salah satu tim terbesar di Indonesia untuk memainkan Valorant dengan profesional.

Berbeda dengan kebanyakan pemain pada umumnya, begitu mendapatkan tawaran dari ONIC Esports, Cahya justru sangat didukung oleh keluarganya hingga akhirnya ia berhasil memenangkan banyak pertandingan hingga hari ini.

Daftar Prestasi Andalan Dalam Profil ONIC Monyet

Profil ONIC Monyet
Sumber: Instagram @onic.esports

Bergabungnya Monyet menjadi bagian dari ONIC tentu semakin menguatkan tim Valorant Landak Kuning tersebut baik dalam kancah regional maupun internasional. 

Bahkan prestasi ini tidak hanya meliputi prestasi tim namun juga personal bagi diri Monyet. Beberapa prestasi yang terdaftar dalam profil ONIC Monyet yang membuat popularitasnya meningkat hingga hari ini antara lain adalah:

Langganan Juara Valorant Champions Tour (VCT)

Sejak awal bergabung dengan ONIC, Monyet aktif mengikuti banyak kompetisi, termasuk yang paling sering adalah VCT. 

Bahkan ia dan timnya sempat menjadi juara 1 pada kompetisi VCT 2021: Indonesia Stage 3 Challengers 1 dan VCT 2022: Indonesia Stage 2 Challengers.

Saat berkompetisi di VCT 2021: Indonesia Stage 3 Challengers 1, meskipun sangat sulit saat itu karena ONIC harus melawan Bigetron Astro di grand final, mereka tetap dapat tampil memukau hingga akhirnya berhasil memenangkan pertandingan.

Tidak hanya itu saja, Monyet dan timnya juga bahkan mengamankan posisi ketiga pada VCT 2022: Indonesia Stage 1 Challengers dan runner up di VCT 2022: APAC Last Chance Qualifier.

Menjadi Top 5 Leaderboard Asia Pasific

Baru setahun sejak Monyet memutuskan untuk menjadi pro player, di tahun 2021 dirinya berhasil terdaftar dalam jajaran Top 5 Leaderboard Asia Pasific.

Saat itu, ia berhasil menduduki peringkat keempat Leaderboard Radiant dengan memenangkan 93 permainan. Tentu hal ini menjadi modal yang besar bagi Monyet untuk melangkah lebih jauh lagi.

Menjadi MPV di 2 Ajang Valorant Bergengsi

Selain meraih gelar tim pada ajang bergengsi, Monyet juga berhasil tampil dominan hingga membuat kemampuannya diakui oleh banyak orang.

Pada turnamen SEA Esports Championship 2021, ONIC tidak hanya berhasil mendapatkan juara 1 saja, tapi Monyet juga berhasil meraih gelar individu dengan menjadi MVP.

Trend baik ini kembali berulang, dimana Monyet tidak hanya memenangkan VCT 2022: Indonesia Stage 2 Challengers atas nama tim tapi juga menjadi MVP sehingga berhak mendapatkan hadiah individu sebesar $500.

Kabar Terbaru Profil ONIC Monyet

Profil ONIC Monyet
Sumber: Instagram @valorant.esports.media

Terhitung sejak bulan Oktober tahun 2022 lalu, Monyet akhirnya memutuskan untuk memulai perjalanan baru dengan tim yang baru pula, yaitu Global Esports

Ia mengundurkan diri dari ONIC dan memutuskan untuk melangkah lebih jauh dengan bergabung dengan tim esports yang berpusat di India tersebut. 

Uniknya, anggota tim ini tidak hanya terdiri dari pro player asal India saja tapi juga Korea hingga Kanada.

Tentu hal ini menjadi batu loncatan yang sangat besar bagi Monyet supaya bisa eksis di berbagai ajang internasional yang jauh lebih besar lagi ke depannya.


Nah itulah profil ONIC Monyet beserta perjalanan karirnya hingga alasan mengapa dirinya memutuskan untuk hijrah dari CS:GO ke Valorant. Pastikan untuk mendukung Monyet terus untuk terus berprestasi ya!

banner iklan esportsnesia