Pencapaian R7 DOTA 2, Banting Setir ke MLBB hingga Akhirnya Pensiun Dini

737
R7 DOTA 2
Sumber: Instagram @rrq_r7

Bagi para penggemar esports tentu sudah tidak asing lagi dengan R7 DOTA 2, pro player lawas yang telah berkarir secara profesional sejak tahun 2016. Ia mulai menjajaki beberapa tim seperti Majapahit Esports dan The Prime sebelum akhirnya bergabung dengan RRQ pada awal tahun 2018 yang lalu.

Pada pertengahan karirnya, R7 yang bernama lengkap Rivaldi Fatah ini memutuskan untuk pensiun sebagai atlet DOTA 2 seiring dengan dibubarkannya divisi tersebut oleh RRQ. Ia pun memilih banting setir menjadi pemain esports mobile melalui MLBB.

Barulah karirnya kembali dimulai dengan mendalami MLBB lebih detail dan akhirnya secara resmi banting setir untuk serius dalam bidang game tersebut secara profesional.

Namun sayangnya, pada awal tahun 2023 ia akhirnya membuat keputusan yang menggemparkan para penggemar karena memutuskan untuk pensiun dari dunia esports.

Namun siapa sebenarnya R7 DOTA 2 yang berani banting setir menjadi pro player MLBB pada pertengahan karirnya ini? Simak ulasan lengkapnya!

Profil dan Biodata R7 DOTA 2 Lengkap

R7 atau pria yang memiliki nama lengkap Rivaldi Fatah ini telah menjadi pro player DOTA 2 sejak tahun 2016.

Namun pada tahun 2018 lalu, ia akhirnya merubah haluan dengan menjadi pro player MLBB dan justri berasal memberikan banyak prestasi yang membanggakan.

Walaupun tim DOTA 2 dibubarkan, namun Rivaldi menjalankan pengalaman baru sebagai atlet MLBB masih bersama dengan RRQ, tepatnya RRQ Hoshi.

Selama itulah ia berhasil meraih lebih banyak juara 1 dibandingkan dengan saat menjadi pemain DOTA 2. Sehingga banyak yang menilai jika kemampuan dan bakatnya sangat terlihat saat hijrah ke MLBB.

Supaya Anda bisa mengenal lebih dekat dengan sosok R7 DOTA 2, berikut ini adalah biodata dan profil lengkapnya mulai dari nama asli, tanggal lahir hingga daftar pencapaiannya selama berkarir, yaitu:

  • Nama Lengkap: Rivaldi Fatah
  • Nickname: R7
  • Tempat, Tanggal Lahir: Bandung, 6 Oktober 1998
  • Usia: 25 Tahun (Per Tahun 2023)
  • Role: EXP Laner
  • Instagram: @rrq_r7
  • Hero Favorit: Esmeralda, Chou, Masha, Yu Zhong, dan Paquito
  • Riwayat Tim:
    • 2016: Majapahit Esports
    • 2017- 2018: The Prime NND
    • 2018- Sekarang: Rex Regum Qeon

Daftar Pencapaian R7 DOTA 2

R7 DOTA 2
Sumber: Instagram @mpl.id.official

Berawal dari turnamen Asia Open Qualifier #1, Rivaldi menjadi salah pro player DOTA 2 yang membuat namanya dikenal banyak orang hingga hari ini. 

Sayangnya saat itu, di Indonesia sendiri, bahkan Asia permainan tersebut kurang peminatnya dibandingkan permainan mobile. Karenanya Rivaldi pada akhirnya memilih pensiun dari DOTA dan beralih ke MLBB.

Selama berkarir sebagai pro player untuk DOTA 2, ada beberapa deretan prestasi yang pernah diraihnya, di antaranya adalah:

Deretan Prestasi R7 Tahun 2016

Rivaldi Fatah, atlet esports asal Bandung ini memulai laganya sebagai pro player DOTA 2 dengan tim Majapahit.

Bahkan di laga debutnya, ia dan timnya berhasil finish sebagai juara 3 pada turnamen Asia Open Qualifier #1. Tentu ini merupakan pencapaian yang sangat baik untuk pemula.

Deretan Prestasi R7 Tahun 2017

Tepat di tahun depannya, yaitu 2017 R7 memilih bergabung dengan tim The Prime. Bersama tim ini, R7 juga mengawali pertandingan dengan The Prime pada turnamen Indonesia Pride Gaming League Round Robin, Ia berhasil menyabet peringkat 4.

Langkah berikutnya atlet yang kini berusia 24 tahun ini berhasil menduduki peringkat 3 untuk event lanjutan Pride Gaming League.

Tak sampai disitu, R7 mencetak prestasi tingkat Asean dengan mengikuti laga Pro Dota Cup dan berhasil finish pada ranking 2.

Deretan Prestasi R7 Tahun 2018

Mengawali tahun 2018 dengan bergabung dengan Rex Regum Qeon (RRQ), salah satu pionir esports di Indonesia.

Diawali dengan mulus, Rivaldi dan tim berhasil mengantongi peringkat 1 untuk pertama kalinya sepanjang karir saat berlaga di GESC: Indonesia Dota 2 Minor – Indonesia Qualifier.

Namun sayangnya, prestasi R7 bersama RRQ saat itu masih dinilai kurang konsisten karena pada pertandingan seletahnya yaitu GESC: Indonesia Dota 2 Minor ia hanya lolos di peringkat 7-8. 

Walaupun begitu, di penghujung tahun R7 tetap berhasil memberikan prestasi yang gemilang dengan memenangkan juara satu pada tahap kualifikasi ESL Indonesia Championship Qualifier #2.

Barulah di tahun setelahnya, R7 akhirnya mengakhiri kebersamaannya dengan RRQ dan DOTA 2 dengan mempersembahkan Juara ke 6 dalam laga Indonesia Championship Season 1.

Prestasi Gemilang R7 DOTA 2 Setelah Bermain untuk MLBB

R7 DOTA 2
Sumber: Instagram @rrq_r7

Setelah mengakhiri karir sebagai pro player DOTA 2 bertepatan dengan bubarnya tim sebelumnya, Rivaldi berpindah haluan menjadi atlet mobile, MLBB masih dalam naungan RRQ.

Pencapaiannya sangat gemilang sehingga ia pun akhirnya dipercaya menjadi kapten dari RRQ Hoshi.

Hebatnya selama berada di RRQ Hoshi, justru membuat R7 jauh lebih berprestasi dan ditakuti oleh lawan dibandingkan saat bertanding untuk DOTA 2.

Bahkan untuk pertandingan perdananya, ia berhasil memperkuat RRQ Hoshi dan menyabet juara dua pada MPL Indonesia Season 4.

Di tahun 2020, prestasi gemilang ini terus menyertai perjalanan karir R7 sebagai atlet esports MLBB.

Secara berturut-turut, Ia dan RRQ Hoshi keluar sebagai pemuncak klasemen pada MPL Indonesia Season 5 dan 6 serta MLBB Professional League Invitational 4 Nation Cup.

Masih melanjutkan trend baiknya, di tahun 2021 R7 masih dapat mempertahankan berbagai prestasi dengan berhasil mendapatkan juara 3 untuk ajang besar yaitu M2 World Championship dan juara 2 pada laga MPL Indonesia Season 8.

Puncaknya di tahun 2022 lalu, yang mantan Dota 2 pro player mewakili Indonesia pada SEA Games Cabor Esports.

Ia dan timnas berhasil menduduki peringkat 2 pada kejuaraan tersebut sehingga namanya menjadi dikenal lebih banyak orang sejak saat itu.

Bahkan ia juga sempat memenangkan MPL Indonesia Season 9 dan 10 serta menguasai pertandingan dengan sangat baik.

R7 DOTA 2 Memutuskan Pensiun Dini Sebagai Atlet Esports di Tahun 2023

R7 DOTA 2
Sumber: Instagram @rrq_r7

Terakhir di tahun 2023, R7 akhirnya mengikuti turnamen M4 World Championship dan memutuskan sebagai laga terakhirnya. Finish di peringkat ke 3, hal tersebut menjadi persembahan terakhir R7 untuk RRQ Hoshi.

Demikian pencapaian Rivaldi Fatah yang memiliki nickname R7 selama perjalanannya sebagai pro player DOTA 2 dan MLBB.

Barulah setelah itu, ia secara resmi memilih untuk mengundurkan diri sebagai atlet esports dengan alasan rehat dan fokus untuk menangani kesehatan tangannya.

Sebab, tangannya sudah mulai mengalami tremor, pegal dan sakit dalam jangka waktu yang lebih lama. Semoga lekas pulih R7!

banner iklan esportsnesia