ESI Sumut Ramadhan Online Tournament Week 3: Tiket Terakhir #PlayAtHome Memperebutkan Hadiah 100 Juta Rupiah

0
54
ESI Ramadhan Online Tournament

ESI Sumut Ramadhan Online Tournament telah sukses digelar selama 2 minggu, dan segera memasuki babak ketiganya di hari Kamis, 7 Mei 2020.

Sebelumnya, ESI Sumut ini merupakan sebuah inisiatif dari Pengurus Provinsi Sumatera Utara Esports Indonesia (ESI Sumut) yang mengakomodir kebutuhan para pegiat esports di Indonesia untuk terus meningkatkan kapasitas dirinya, serta untuk mendukung gerakan pemerintah dalam mengampanyekan social distancing.

Bertemakan play at home ataupun bermain di rumah, ESI Sumut Ramadhan Online Tournament telah mencetak para finalis dari Week 2 Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) dan Free Fire (FF).

Di Week 3 mendatang, para peserta dari seluruh Indonesia akan berhadapan dengan beberapa tim yang diundang secara langsung atas prestasi mereka di kejuaraan sebelumnya.

Streaming Week 2 ESI Sumut Ramadhan Online Tournament

Untuk cabang Free Fire, terdapat 3 tim undangan yang berasal dari deretan pemenang ajang Free Fire Indonesian Community League (ICL). Mereka adalah Komunitas Free Fire Bengkulu, selaku juara pertama ICL; Komunitas Free Fire Sulawesi Tenggara, selaku juara kedua ICL; dan Komunitas Free Fire Fakfak, selaku juara ketiga ICL.

Menuju Quarter Final Week 2 Free Fire

Pertandingan Week 2 Free Fire diikuti oleh sebanyak 54 tim yang terbagi ke dalam 6 grup pertandingan.  Week 1 pekan lalu telah mempertandingkan 3 Grup, dan mencatat perolehan poin tertinggi sebesar 880 poin.

Pada Grup 4, terdapat ARCXANA CHIMERA yang memimpin papan skor dengan perolehan poin 390, kemudian disusul oleh TEAM KECE dengan perbedaan tipis di 380 poin. Di posisi ke-3, dengan perbedaan poin yang semakin menjauh, terdapat PRESIDENT SHOUT dengan 220 poin.

Duduk di posisi ke-4, terdapat ETEON.ESPORTS yang hanya berhasil mengumpulkan 135 poin, dan di posisi ke-5, BOSS NIGHTMARE dengan 105 poin. Hal yang mengejutkan datang dari posisi ke-6 dimana GAK BIASA, sesuai namanya, mampu melanjutkan langkahnya ke babak berikutnya tanpa mengumpulkan poin sama sekali, alias 0 poin.

Sementara itu di Grup 5, pertandingan Week 2 semakin memanas.  Grup 5 ini turut diramaikan oleh kehadiran tim profesional yang membuat para tim grassroots semakin termotivasi untuk mengukir sejarah baru.

ESI Sumut Ramadhan Online Tournament Week 2 Free Fire POT 1

BIGTERON MAGIX tampil perkasa merajai leaderboard dengan perolehan 510 poin. Tepat setelahnya, dengan kesenjangan poin yang cukup besar, terdapat DEAD•HUNTER yang berusaha menyusul di 340 poin, dan TEAMWORK USUZE dengan 240 poin. Tiga tim lainnya yang melaju ke babak selanjutnya adalah

ARCXANA CHRYSAOR dengan 135 poin; ZERO4WIN dengan 105 poin; dan ELVO•A9 dengan 100 poin.

Di Grup 6, DRANIX VENDETTA sukses menguasai permainan dengan 440 poin, yang disusul oleh BIGTERON KAGOK dengan 355 poin dan PVTI AMBYAR dengan 340 poin. Kemudian, terdapat TM NEMO, BBS•DARKNESS, dan PBM HYPER yang masing-masing mengumpulkan 170, 125, dan 80 poin.

Papan skor Grup 7 dipimpin oleh SIREN ESPORT dengan perbedaan poin yang tipis dengan HXH ESPORT, yaitu 400 dan 380 poin. Sengit, ARCXANA BLOSSOM dan RRQ HADES juga berselisih tipis dengan perolehan poin sebanyak 250 dan 235 poin. Selanjutnya, terdapat THE PRIME PROJECT dengan 185 poin, dan INDOPRIDE SWAN dengan 100 poin yang ikut melaju ke babak berikutnya.

Kebolehan Grup 8 ditunjukkan dengan penampilan ROSUGO INZANAGI yang mengumpulkan 440 poin, dikejar oleh THE PRIME HYENA dengan perolehan 280 poin, DG ESPORT dengan 250 poin, XCN ARMY dengan 160 poin, JAILSQUAD ANARCHY dengan 155 poin, dan THE PRIME ARVORE dengan 145 poin.

ESI Sumut Ramadhan Online Tournament Week 2 Free Fire POT 2

Pengumpulan poin tertinggi dari seluruh grup yang ada di Week 2 diraih oleh ISLAND OF GODS dari Grup 9 dengan perolehan 700 poin. Jauh tertinggal, di posisi ke-2 terdapat SUNDA LEGEND WARS yang hanya mampu mengumpulkan 240 poin, disusul oleh PBM SKY (190 poin), MAK OF BACOT (135 poin), PUBLIC AGENT (105 poin), dan MISSION COMPLETE (80 poin).

Pertempuran Quarter Final Week 2 Free Fire

Setiap 6 tim teratas dari tiap grup akan dipertemukan kembali secara acak di babak Quarter Final. Week 1 sebelumnya telah menjalankan 2 babak Quarter Final dan setiap  6 tim teratas dari tiap babak quarter akan melaju ke Week Final.

Hasil pertandingan Quarter Final 3 cukup mengejutkan mengingat tim ISLAND OF GODS yang sebelumnya memperoleh poin tertinggi harus rela tereliminasi di babak ini oleh INDOPRIDE SWAN (680 poin), ROSUGO INZANAGI (540 poin), BOSS NIGHTMARE (485 poin), SUNDA LEGEND WARS (440 poin).

Sementara itu di Quarter Final 4, BIGTERON KAGOK yang sempat tampil gagah harus tereliminasi di posisi 9. Berlangsung sengit, tidak ada tim yang mampu mempertahankan kemenangan beruntun. Babak ini ditutup dengan nilai seri antara ARCXANA CHRYSAOR dengan TEAMWORK USUZE yang masing-masing meraih 600 poin, disusul oleh RRQ HADES dengan 530 poin, dan DG ESPORT dengan 400 poin.

Rekor perolehan poin tertinggi babak quarter final Week 2 ternyata ditemukan di pertandingan Quarter Final 5, dimana ETEON.ESPORTS mampu mencetak 700 poin. ETEON pun disusul oleh TEAM KECE yang berhasil memutar keadaan di ronde 2 yang membuatnya mendapatkan total 660 poin. Selanjutnya, SIREN ESPORT dan THE PRIME HYENA menjadi 2 tim terakhir yang melaju ke Week Final dengan perolehan masing-masing 515 dan 325 poin. Di Quarter Final 5 ini juga BIGTERON MAGIX dan XCN ARMY harus rela tersingkirkan.

ESI Sumut Ramadhan Online Tournament Week 2 Free Fire POT 3

Dengan demikian, tim yang melaju ke Week Final adalah: INDOPRIDE SWAN, ROSUGO INZANAGI, BOSS NIGHTMARE, SUNDA LEGEND WARS, ARCXANA CHRYSAOR, TEAMWORK USUZE, RRQ HADES, DG ESPORT, ETEON.ESPORTS, TEAM KECE, SIREN ESPORT, dan THE PRIME HYENA.

Babak Quarter Final Week 2 MLBB

Dengan jumlah partisipasi yang meningkat hingga dua kali lipat dari Week 1, yaitu sebanyak 40 tim di Week 2; tingkat kompetitif turnamen ini pun otomatis menjadi lebih menegangkan, sebab Week 2 ini hanya akan menampung 12 tim yang akan lanjut ke tingkat selanjutnya di Week Final nanti.

Week 2 Day 1 MLBB

Hari pertama dibuka dengan pertandingan tim asal Bandung, Luxurious, melawan tim asal Kebumen, Centaur. Tampil percaya diri di pertandingan pembuka, Luxurious berhasil melaju ke babak selanjutnya untuk berhadapan dengan tim asal Palembang, Hans Pro Gaming. Bernasib naas, Luxurious harus berbesar hati untuk dilangkahi Hans Pro Gaming.

Sementara itu di pertandingan pembuka Day 1 yang lain, terdapat Skyward, tim asal Tangerang, yang melawan The Dark Savior, tim asal Jepara; dan LIZARD, tim asal Tarutung, yang  berjumpa dengan Immortal Alpha, tim asal Singkawang.

Buah dari 2 pertandingan ini berhasil mempertemukan Skyward dengan LIZARD yang masing-masing berhasil memperoleh kemenangan. Berbeda dengan pertandingan pembuka sebelumnya, dimana Hans Pro Gaming sempat bersantai menunggu usainya pertandingan Luxurious; LIZARD kali ini mampu menunjukkan kekuasaannya setelah mengalahkan Skyward.

ESI Sumut Ramadhan Online Tournament Week 2 MLBB Day 1

Di ruang pertandingan Day 1 yang lain, tim asal Cilegon, Road to Victory, berhasil menjegal langkah SpartaXX VapeXX dari Kupang, dan segera maju melawan tim asal Jakarta, Odd One Out Avalon. Di pertandingan keduanya, Road to Victory ternyata tidak mampu mempertahankan aura kemenangannya. Road to Victory pun harus ikhlas digagahi oleh Odd One Out Avalon.

Masih di pertandingan Day 1 yang menyisakan Twentysix Esport, tim asal Pematang Siantar dengan Empressa Ladies, tim dari Bontang; Twentysix Esport berhasil menaklukkan Empressa Ladies dan segera berhadapan dengan United Xavier dari Cianjur.

Tanpa pandang bulu, Twentysix Esport langsung menyingkirkan United Xavier dan mengklaim tiketnya menuju pertandingan final.

Dengan demikian, Twentysix Esport, LIZARD, Odd One Out Avalon, dan Hans Pro Gaming resmi melaju ke Week Final.

Week 2 Day 2 MLBB

Pertandingan hari kedua ini diramaikan dengan kedatangan 4 tim asal Medan. Dibuka dengan perang saudara antar sesama tim asal Medan, yaitu Xavier Esports dengan Zeus Thunder; adalah Xavier Esports yang menjadi tim representatif kota Medan.

Menanti kedatangan Xavier Esports, tim RTV Omega dari Bali pun tidak mampu menghentikan langkah Xavier Esports menuju Week Final.

ESI Sumut Ramadhan Online Tournament Week 2 MLBB Day 2

Di kubu lain, terdapat Sabrut Power dari Lumajang melawan ALYKA Esport dari Kalimantan Barat, dan Dark Angel dari Medan melawan Graviz dari Pekanbaru. Output dari pertempuran ini mempertemukan ALYKA dengan Graviz, dimana Graviz turut meramaikan kemenangan tim dari Pulau Sumatera dan melaju ke Week Final.

Sementara itu, tersisa Rive ESI Kalteng dari Palangkaraya melawan West Bandits dari Aceh, dan Empressa Ft. Unicorn dari Bontang melawan Bang Raden Seika dari Bekasi.

Sama-sama tak terkalahkan, West Bandits bersama dengan Bang Raden Seika mampu meraih 2 kemenangan berturut-turut melawan ORIGINS Esport asal Medan dan Road to Victory Zero asal Cilegon.

Dengan ini, West Bandits, Bang Raden Seika, Graviz, dan Xavier Esports akan bergabung di pertempuran sengit Week Final.

Week 2 Day 3 MLBB

Di hari terakhir perebutan tiket menuju Week Final, pertandingan diawali dengan LRC Esports yang dengan perkasa menyingkirkan langsung SpartaXX Raja Wali dari Kupang, dan SOG Hoshi dari Solo.

LRC Esports kemudian disusul oleh The Pillars Doa, yang dengan kegagahannya mampu memenangkan 2 ronde pertandingan sekaligus. The Pillars Doa berhasil menangkis serangan dari TheDeath Hunter’s, tim asal Bengkayang; dan lanjut mengalahkan 8Dream Mcin dari Jakarta Barat yang sebelumnya telah membungkam PADIPLAY Kobar.

Di zona pertempuran berikutnya, terdapat terdapat tim asal Ambon, REMITAS, yang berhadapan dengan tim asal Kupang, SpartaXX Bucins. Di pertandingan ini, SpartaXX Bucins mampu memulangkan REMITAS, namun di pertandingan selanjutnya, SpartaXX harus dengan lapang dada menerima karma kekalahannya melawan FIG Athena dari Serang.

ESI Sumut Ramadhan Online Tournament Week 2 MLBB Day 2

Di kubu terakhir, terdapat tim PuangBos E-Sport asal Bandung yang tampil prima memenangkan seluruh pertandingan di hari ketiga melawan KUTARAJA dari Karawang, dan SBDR Esport dari Cianjur yang sebelumnya telah mengalahkan Empressa Ft. Brutal dari Bontang.

Rombongan terakhir dari Week 2 yang bergabung ke Week Final terdiri dari LRC Esports, The Pillars Doa, FIG Athena, dan PuangBos E-Sport.

Menyambut Week 3

Sejauh ini, ESI Sumut Ramadhan Online Tournament telah diikuti oleh lebih dari 250 tim dari seluruh penjuru Indonesia. Tidak hanya tim amatir yang berpartisipasi, tetapi juga tim profesional yang turut hadir memperkuat tingkat kompetitif turnamen ini.

Max Wilander, selaku Ketua Harian ESI Sumut, berpesan kepada para peserta agar tidak langsung kalah mental bila berjumpa dengan tim papan atas.

“Belajar dari kekalahan, pelajari teknik bermainnya, tingkatkan jam terbang, dan yang terpenting, ingat bahwa semua tim profesional juga awalnya tim amatir,” ucap Max menutup pertandingan Week 2 ESI Sumut Ramadhan Online Tournament.

Ruruh AS Ketua ESI Sumut

Tautan kanal streaming ESI Sumut Ramadhan Online Tournament:
https://www.youtube.com/channel/UCSCZiSD2TkLYnhnVMT1_hjA/


Tentang ESI Sumut

ESI Sumut merupakan bagian dari Pengurus Besar Esports Indonesia yang menaungi wilayah provinsi Sumatera Utara (Sumut). Bertujuan untuk mendukung perkembangan esports tanah air, khususnya di provinsi Sumut, ESI Sumut berinisiatif untuk menggelar turnamen online menyambut bulan suci Ramadhan, serta mengusung tema Play From Home. ESI Sumut saat ini dipimpin oleh Ruruh A.S selaku Ketua Umum.

Tentang Ninety Nine Gaming

99 Gaming adalah wadah bagi anak-anak muda yg memiliki bakat di bidang gaming dan IT yg berasal dari Sumatera Utara, khususnya kota Medan. Berdiri sejak 9 September 2019, 99 Gaming memiliki visi dan misi untuk mengembangkan industri esports di daerah dan juga dalam perkembangan ilmu teknologi di bidang IT serta mendukung komunitas esports di daerah.

Tentang Esportsnesia

Esportsnesia adalah sebuah media informasi seputar perkembangan ekosistem esports di Indonesia yang memiliki visi untuk meningkatkan penerimaan esports dari masyarakat melalui pembuatan konten-konten edukatif, informatif, dan orisinil dilengkapi dengan sudut pandang yang kritis.