Fokus Belajar Esports di Ohio State University

0
48
Fokus Belajar Esports di Ohio State University
via Dexerto.com

Seiring berkembangnya ekosistem esports di dunia, kalangan pendidikan pun tidak luput dari gelombang pertumbuhan ini. Berita kali ini berasal dari Ohio State University (OSU), yang saat ini sedang menyusun program esports komprehensif yang mempersatukan berbagai bidang ilmu berbeda.

Pendidikan esports, kompetisi, dan riset dari berbagai bidang studi merupakan resep utama dari program esports tersebut. Program ini menjangkau hingga 5 program departemen lain yang ditawarkan OSU, untuk dileburkan menjadi sebuah kurikulum yang fokus mempelajari tentang game dan esports.

Program ini nantinya akan tersedia untuk kelas sarjana dan juga pascasarjana.

Seru bukan? Kapan lagi bisa kuliah esports sambil mendapat gelar? Bagi kamu yang merasa salah jurusan, masih sempat untuk meluruskannya, loh!

Dalam kurikulum tersebut, akan ada juga berbagai mata kuliah pilihan seperti esports content production, serta program sertifikasi online untuk kebutuhan profesi tertentu.

Tidak hanya seputar dunia digital, sebagian kurikulum dari program ini juga akan diikutsertakan ke dalam departemen Wexner Medical Centre OSU, dimana para mahasiswa akan belajar tentang hubungan antara otak, badan, dan perilaku dari atlet esports.

Ohio State University Esports
via Ohio State University

Dalam pengumumannya, OSU juga menyebutkan tentang adanya arena esports yang baru sebagai fasilitas pendidikan yang bisa dipakai oleh tim esports universitas dan juga mahasiswa lainnya.

OSU akan mulai bekerja sama dengan Electronic Gaming Federation, organisasi yang bekerja sama dengan sekolah dan perguruan tinggi untuk mengembangkan program esports dan juga berfungsi sebagai pihak pengelola untuk liga-liga esports di kalangan SMA dan perguruan tinggi.

Tim dari OSU ini akan menjadi anggota pertama di liga esports Electronic Gaming Federation.

Di saat universitas lain hanya menggolongkan esports ke dalam divisi atletik mereka, aspek akademik dan penelitian yang ditawarkan oleh Ohio State University akan membuat mereka semakin maju jauh ke depan dalam bidang perkembangan esports.

Pada awal tahun ini S.I. Newhouse School of Public Communications dari Syracuse University

bekerja sama dengan Twitch untuk membentuk kelas yang terfokus kepada esports dan media. Masih ada Becker College yang kini sudah menawarkan gelar untuk Esports Management.

Baca juga:  Red Bull Akan Mengadakan Acara Final World Tour Dragon Ball FighterZ di Los Angeles

Akan tetapi, program yang dibangun oleh Ohio State University ini memiliki kapasitas yang lebih luas dan juga menawarkan lebih banyak peluang dalam esports bagi para akademisi.

Nah, itu dia kabar seputar perkembangan esports yang datang dari sektor pendidikan. Menurut kamu, kapan ya universitas di Indonesia bisa punya program seperti ini? Ayo tulis pendapat kamu di bawah ini.

Intisari

  • Ohio State University sedang menyusun program esports baru yang terdiri dari sisi akademik, atletik, dan penelitian.
  • Program esports baru ini merangkul lima program studi berbeda dengan fokus pembelajaran game dan esports, serta sedang membangun arena baru untuk esports.
  • Ini merupakan program yang paling tinggi tingkat keberhasilannya di tingkat universitas.

(Dilansir dari The Esports Observer; Disunting oleh Satya Kevino)