Kick Off Piala Presiden Esports 2021 Prakarsai Visi Sports Tourism  

312
Kick Off Piala Presiden Esports 2021 Prakarsai Visi Sports Tourism

Upacara pembukaan atau Kick Off Piala Presiden Esports 2021 berlangsung dengan nilai-nilai kearifan lokal yang kental. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mendukung pertumbuhan pariwisata melalui sports tourism.

Piala Presiden Esports (PPE) yang merupakan hasil kolaborasi antara Kantor Staf Presiden, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, KONI, dan PBESI ini diikuti oleh lebih dari 61.784 atlet esports Tanah Air.

Hadir pada kesempatan itu, Sandiaga Uno juga mengumumkan bahwa babak Grand Final Piala Presiden Esports 2021 pada Desember mendatang akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali.

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan bangga mengumumkan bahwa destinasi wisata yang akan menjadi lokasi acara utama Piala Presiden Esports 2021 akan dilaksanakan di Pulau Dewata, Bali.

Bali diharapkan dapat merepresentasikan keindahan alam dan budaya Indonesia. Dengan semangat positif kita pun berharap bahwa pandemi Covid-19 dapat semakin terkendali,” ungkap Sandiaga dalam sambutannya.

Pemilihan destinasi Bali tidak lepas dari upaya pemerintah dalam memulihkan sektor pariwisata yang terpuruk imbas pandemi Covid-19. Dengan menonjolkan keindahan alam dan budaya Indonesia, khususnya Bali, ke panggung Piala Presiden Esports 2021, hal ini diharapkan dapat menjadi daya tarik dan membuka mata publik esports mancanegara terhadap Indonesia.

Penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 mengusung konsep artistik “Land of Wonders” yang bertujuan mengenalkan berbagai ragam budaya, keindahan alam, dan nilai-nilai luhur yang menjadi identitas Bangsa Indonesia.

Tema ini sukses tervisualisasikan dalam gelaran Kick Off Piala Presiden Esports 2021, dimana set panggung telah dihiasi dengan nuansa alam dan ornamen khas Indonesia.

Pertunjukan terasa semakin meriah dengan ditampilkannya aneka tarian daerah seperti Tari Piring, Tari Poco-Poco, dan Tari Legong. Tak ketinggalan, terdapat penampilan musik dari penyanyi Novia Bachmid dan rapper Tuan Tigabelas yang didapuk membawakan theme song Piala Presiden Esports 2021 berjudul “Tangguh”.

Di bagian akhir, acara kemudian dilanjutkan dengan fun match game Free Fire yang mempertemukan para pro player esports yang tergabung dalam Tim Tangguh dan Tim Bangga.

Ketua Pelaksana Piala Presiden Esports 2021 Rangga Danu Prasetyo menjelaskan, usai dilangsungkannya kick off, turnamen akan memasuki pertandingan-pertandingan di babak kualifikasi untuk 6 cabang game yakni: eFootball PES, Free Fire, Lokapala, Mobile Legends, PUBG Mobile dan MPL Gaming.

Babak kualifikasi akan berlangsung hingga tanggal 28 November mendatang dan terbagi dalam 6 regional wilayah yaitu: Regional Sumatera, Regional Kalimantan, Regional Sulawesi, Regional Jawa, Regional Bali NTT NTB, dan Regional Maluku Papua.

“Dengan enam game yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2021, antusiasme peserta dan publik esports mengalami peningkatan yang luar biasa. Ini menunjukkan bahwa esports merupakan cabang olahraga yang sangat digemari di Indonesia.

Semoga melalui kejuaraan ini, kita mampu mendapatkan atlet-atlet terbaik yang kelak mengharumkan Indonesia di turnamen level dunia,” tutur Rangga.

Selain trofi, para atlet dan tim yang bertanding akan berjuang memperebutkan total prize pool senilai total Rp 2 miliar dan kesempatan untuk menapaki karir yang lebih besar lagi di industri esports.

Menariknya lagi, Piala Presiden Esports 2021 tidak hanya terbatas di level nasional saja. Di babak grand final juga akan ada pertandingan level internasional yang secara khusus mendatangkan tim esports kelas dunia.