Keseruan PBGC 2018 dan PBLC 2018 Memperebutkan Tiket Point Blank World Challenge Brazil

0
1514
Closing PBGC & PBLC 2018
Closing PBGC & PBLC 2018

1 April 2018 – Acara nasional tahunan Point Blank Garena Championship 2018, yang juga dikenal dengan sebutan PBGC 2018 diadakan berbarengan dengan kompetisi nasional Point Blank khusus perempuan, yaitu Point Blank Ladies Championship 2018 atau disingkat dengan PBLC 2018 berlangsung di Convention Hall Hotel Santika Premiere Dyandra Medan. Pada kedua turnamen ini, terdapat 13 tim yang telah berhasil melewati babak kualifikasi regional dan akan bertanding di babak final di kota Medan untuk memperebutkan tiket bertanding di Point Blank World Challenge yang tahun ini diadakan di Brazil pada bulan Mei mendatang.

Pihak penyelenggara kedua acara PBGC dan PBLC, yakni Garena, telah mengalokasikan total hadiah sebesar 750 juta Rupiah kepada para pemenang tingkat kota, regional dan juga nasional, sebagai bentuk komitmennya kepada perkembangan esports di Indonesia. Turnamen bergengsi ini juga turut dibantu dengan partisipasi dari berbagai pihak sponsor seperti Logitech, selaku sponsor utama; Fantech, Sades, Thermaltake, AMD, LG, dan Nusanet selaku sponsor yang ikut membantu menyukseskan acara.

Suasana pertandingan

Para penggemar Point Blank, yang kerap disapa dengan troopers, meramaikan acara dengan ‘amunisi’ balon tepuk supporter yang disediakan banyak oleh pihak panitia. Pihak panitia juga menyediakan hadiah khusus untuk kategori supporter terheboh. Acara ini turut diisi dengan talent shoutcaster kaliber nasional, seperti GM_Dioxide dan GM_Marv.

Para peserta yang berkompetisi di pertandingan ini berasal dari berbagai kota yang masing-masing telah memenangkan sebuah titel untuk merepresentasikan asalnya. Berikut adalah tim yang bertanding di PBGC 2018 beserta asalnya: Merosf ID320 FLS (Jambi), PRFS VNG Emporium Sades (Palembang), DPS MRH Orion SOV (Samarinda), BSTRD_ID320 (Makassar), TEAM GF W4NA87 (Jakarta), RRQ Endeavour (Jakarta), Resonance PRFS AH FY (Medan), Epic ID320 By Nyoms (Semarang), Xgate VVV Ensky (Surabaya). Sedangkan tim yang bertanding di PBLC 2018 terdiri dari: EVOS GALAXY SADES, Recall Kamikaze, L_OSAV EVO OVGODS, MONSTARS KZ.

Backstage PBGC dan PBLC 2018
Backstage PBGC dan PBLC 2018

Acara dimulai dengan memperkenalkan roster tim peserta PBLC 2018 yang kemudian diikuti oleh tim peserta PBGC 2018. Sebelum setiap pertandingan dimulai, terdapat diskusi panel antar casters beserta prediksi mereka terhadap hasil permainan. Berikut adalah bracket untuk PBGC.

Baca juga:  Siapkan Diri Kamu, Troopers. PBNC Season 1 Dimulai Minggu Ini!
Bracket PBGC 2018 via Garena
Bracket PBGC 2018 via Garena

Pada bracket PBGC, hasil pertandingan dari babak group stage telah mengeliminasi TEAM GF W4NA 87, DPS MRH ORION SOV, dan MEROSF ID320 FLS dari grup A; dan BSTRD ID320, dan XGATE vVv ENSKY dari grup B. Sementara pada ronde semifinal, tim tuan rumah Resonance PRFS AH FY berhasil mengalahkan Epic ID320 By Nyoms dengan skor 9-3; dan tim PRFS VNG Emporium Sades berhasil menjatuhkan RRQ Endeavour ke babak third place match atau bronze match, dengan skor 6-0.

Bracket PBLC 2018 via Garena
Bracket PBLC 2018 via Garena

Sedangkan untuk bracket PBLC, Recall Kamikaze dikalahkan oleh EVOS GALAXY SADES dengan skor 4-7. Menemani Recall Kamikaze, MONSTARS KZ juga mengalami nasib serupa dengan kekalahannya melawan L_OSAV EVO OVGODS dengan hasil skor 7-1, sehingga menempatkan MONSTARS KZ dan Recall Kamikaze di posisi lower bracket. Pada upper bracket, EVOS GALAXY SADES masih bertahan tidak terkalahkan dan mengakhiri permainan melawan L_OSAV EVO OVGODS dengan skor 7-1 dan tiket menuju babak final. Dari lower bracket, L_OSAV EVO OVGODS berhasil menyelamatkan diri mereka ke final dengan skor 8-3.

Pada pertandingan final, perlawanan sengit antar kedua tim untuk memperebutkan titel Champion baik di PBGC dan PBLC, tidak terhindarkan. Pada pertarungan EVOS GALAXY SADES melawan L_OSAV EVO OVGODS, dan Resonance PRFS AH FY melawan PRFS VNG Emporium Sades, diperlukan sebuah ronde ke-3 untuk mengantarkan EVOS GALAXY SADES dan PRFS VNG Emporium Sades sebagai Champion. Kedua pertandingan tersebut berakhir ketika kedua tim berhasil mengumpulkan 6 poin.

Champion PBGC 2018, PRFS VNG Emporium Sades
Champion PBGC 2018, PRFS VNG Emporium Sades

Juara pertama PBGC 2018, yakni PRFS VNG Emporium Sades sukses membawa pulang hadiah uang sebesar 100 juta Rupiah, beserta piala dan tiket PBWC 2018. Sementara juara 2 dan juara 3 dari PBGC 2018, Resonance PRFS AH FY dan Epic ID320 By Nyoms masing-masing mendapat 30 juta Rupiah dan 20 juta Rupiah. Di sisi lain, PBLC 2018 memberi hadiah kepada seluruh kontestan finalisnya, dimulai dari 2 finalis, MONSTARS KZ dan Recall Kamikaze yang keduanya mendapat 2 juta Rupiah; kemudian tim yang mendapat posisi runner-up, L_OSAV EVO OVGODS membawa pulang 4 juta Rupiah; dan tim yang menjadi champion pada PBLC, EVOS GALAXY SADES memenangkan hadiah uang sebesar 8 juta Rupiah.

Baca juga:  Turnamen Point Blank dengan Total Hadiah 1 Milyar Rupiah Akan Segera Dimulai
Runner up PBLC 2018, L_OSAV EVO OVGODS
Runner up PBLC 2018, L_OSAV EVO OVGODS

Setelah penyerahan hadiah, closing ceremony juga ditutup dengan seluruh pemain dan pengunjung bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang kemudian diikuti dengan sesi press conference bersama tim champion PBGC dan PBLC.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here