MLBB Women’s Invitational (MWI) 2023 Sajikan Laga Pro Player Ladies Indonesia Melawan Tim Terbaik Se-Asia Tenggara

907
MLBB Women's Invitational (MWI) 2023 Sajikan Laga Pro Player Ladies Indonesia Melawan Tim Terbaik Se-Asia Tenggara

Turnamen Mobile Legends Women (MWI) 2023 resmi digelar pada hari ini, 6 Februari 2023. Tim-tim yang dipastikan berpartisipasi dalam turnamen ini adalah Smart Omega Empress, RISK VELKHANA, Grayback, Team HAQ, ZEG IRIS, Burmese Ghouls, Impunity Starlet, MDH, Bigetron Era, dan GPX Basreng.

Ginta Kamka, selaku Wakil Ketua Penyelenggara MLBB Women’s Invitational 2023 mengatakan “Seiring berkembangnya zaman, saat ini dengan berbangga hati bisa saya katakan industri games dan esports menjadi salah satu pilihan dan peluang untuk meraih prestasi dan menjadi profesi yang menjanjikan, termasuk bagi gamer perempuan. KINCIR memiliki visi tidak hanya untuk mengembangkan industri esports namun juga memberikan kesempatan bagi semua pemain baik laki-laki maupun perempuan untuk dapat berkompetisi dengan imbang, bahkan sampai ke tingkat global.” ujar Ginta Kamka

Seiring dengan komitmen KINCIR, MLBB Women’s Invitational 2023 telah menggandakan jumlah hadiah dari tahun sebelumnya untuk mendorong dan memotivasi lebih banyak pemain untuk melangkah maju dan menjadi profesional esports.

Ray Ng, selaku Head of Esports Ecosystem MOONTON Games mengatakan “Kami sangat gembira dengan kesuksesan liga wanita profesional kami (MWI) yang telah dimulai sejak tahun lalu. Adalah sebuah hal yang sangat penting untuk menyediakan platform yang aman bagi kaum minoritas dan individu dari berbagai kalangan yang dapat berkompetisi dalam tingkat tertinggi dan menembus batas kompetisi. Esports dan industri games memerlukan banyak gamer perempuan dari berbagai bangsa dan negara untuk mengubah status quo, bukan hanya dari atlet profesionalnya, namun juga animator, developer, pemimpin marketing, software engineer, dan lainnya. Semua itu untuk mengubah situasi dan persepsi tentang perempuan dalam dunia games. ” ujarnya.

Dukungan turnamen MWI 2023 juga datang dari induk organisasi cabang olahraga esports resmi pemerintah Indonesia, Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI). Liliana Sugiharto selaku Bendahara Umum PB ESI mengatakan bahwa nilai-nilai yang diusung oleh MWI 2023 dalam mendukung peningkatan prestasi esports tanah air, serta mendorong inklusivitas esports dan semangat membangun kesetaraan bagi semua kalangan, khususnya perempuan, sangat selaras dengan komitmen PB ESI.

“Inklusivitas menjadi salah satu kunci penting untuk mengakselerasi perkembangan esports, baik dari sisi pembangunan prestasi, pengembangan ekosistem, dan industrinya, serta menjadi salah satu fondasi bagi PB ESI dalam mewujudkan visinya untuk menjadi kekuatan utama sekaligus sentra esports Asia maupun Dunia.

Untuk itu PB ESI terus menguatkan komitmennya untuk senantiasa memberikan dukungan serta kesempatan yang setara bagi semua kalangan, baik perempuan, laki-laki, hingga kalangan berkebutuhan khusus untuk dapat mengembangkan potensinya seoptimal mungkin di bidang esports. Kami juga berharap MWI 2023 dapat menjadi ajang untuk membuktikan bahwa perempuan juga memiliki potensi yang membanggakan dan diperhitungkan di ranah esports nasional maupun internasional, serta dapat menginspirasi perempuan Indonesia yang memiliki tekad untuk menjadi pemain profesional,” ujar Liliana.

Sementara itu Samsung Electronics Indonesia sebagai Main Sponsor turnamen ini juga turut memberikan dukungannya. Verry Octavianus Wijaya, MX Product Marketing Samsung Electronics Indonesia mengatakan jika dukungan Samsung untuk ekosistem esports Indonesia selaras dengan visi Samsung untuk terus mengembangkan teknologi dalam setiap smartphone buatan Samsung.

“Nilai dari teknologi sebuah smartphone kerap dilihat dari bagaimana smartphone tersebut memiliki peran berarti dalam kehidupan penggunanya. Smartphone Samsung, khususnya Galaxy S23 Series 5G, memberikan pengalaman smartphone dengan performa terbaik untuk para gamers, terutama pegiat esports se-Asia Tenggara dan bahkan lebih luas. Dukungan Samsung Electronics Indonesia untuk ekosistem esports Indonesia kami wujudkan dalam bentuk komitmen sebagai official smartphone partner untuk turnamen MWI 2023,” ucap Verry.

Turnamen Mobile Legends MLBB Women’s Invitational 2023 akan mempertemukan tim esports Mobile Legends terbaik di kawasan Asia Tenggara dan memperebutkan total hadiah sebesar USD 30.000.

Nantinya, akan ada 10 tim esports perempuan dari 7 negara Asia Tenggara yang akan bertanding untuk memperebutkan trofi juara. Negara-negara yang akan ikut bertanding adalah Indonesia, Filipina, Myanmar, Singapura, Kamboja, Malaysia, dan satu perwakilan dari regional Mekong (Laos, Thailand, Vietnam).

Turnamen MWI 2023 akan dimulai dengan berlangsungnya babak penyisihan grup pada 6 hingga 7 Februari 2023.

Sementara itu babak playoffs akan diselenggarakan pada 8 Februari 2023 secara online dan 12 Februari 2023 dapat disaksikan secara langsung di Summarecon Mall Bekasi.

banner iklan esportsnesia