Apa Itu Prone FF dan Bagaimana Cara Melakukannya dengan Efektif?

886
Apa itu Prone FF
Sumber: Youtube Gorichs

Apa itu prone FF merupakan salah satu hal yang kerap kali ditanyakan oleh para pemain Free Fire khususnya bagi para pemula.

Bagaimana tidak? game dengan genre First Person Shooter (FPS) ini memiliki banyak pengaturan dan istilah yang seringkali tidak dipahami oleh orang awam dan para pemain baru.

Padahal, pengetahuan istilah ini sangat penting bagi para pemain untuk dapat mengontrol permainan dengan lebih lancar. Sebab bagaimana mungkin kamu melakukan serangan jika tidak tahu apa istilah yang digunakan untuk hal tersebut?

Salah satu istilah Free Fire yang awam diketahui oleh para gamers adalah prone. Lalu, apa itu prone FF dan apa fungsinya saat permainan berlangsung? Ini dia penjelasan lengkap dari Esportsnesia!

Apa Itu Prone FF?

Prone FF merupakan salah satu istilah di dalam permainan Free Fire yang menunjukkan kegiatan untuk mengontrol karakter dalam keadaan merangkak atau tiarap.

Istilah prone ini berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti tiarap atau tengkurap. Seringkali, arahan ini dilakukan supaya pemain dapat terhindar dari serangan lawan maupun melakukan perlindungan.

Bukan hanya itu saja, jika kamu bertanya apa itu prone FF dan apakah bisa digunakan selain untuk melakukan defense, maka jawabannya adalah ya

Sebab para sniper juga bisa untuk segera melakukan tiarap saat hendak menargetkan tembakan kepada lawan dari jarak jauh. Jadi, kamu dapat dengan leluasa melakukan serangan tanpa perlu khawatir terlihat jelas oleh lawan.

Lokasi Tepat untuk Melakukan Prone FF

Apa itu Prone FF
Sumber: Rodi Wardana

Setelah mengetahui maksud dari apa itu prone FF, maka hal selanjutnya yang perlu kamu kuasai adalah menentukan lokasi yang tepat sebelum melakukannya.

Apalagi, Free Fire merupakan permainan yang penuh dengan strategi sehingga setiap taktik yang dilakukan harus mempertimbangkan kondisi dan situasi di sekitarnya agar serangan bisa jadi lebih akurat.

Hal ini juga berlaku untuk penerapan prone FF. Kondisi tiarap untuk melakukan serangan ini direkomendasikan untuk beberapa lokasi tertentu agar tidak terlihat oleh lawan, beberapa diantaranya adalah:

1. Area Rerumputan Tinggi

Area dengan rerumputan yang tinggi dan tebal dapat membantu karaktermu bersembunyi selama beberapa waktu dengan efektif sembari menunggu musuh lewat.

Adanya rerumputan ini akan menyamarkan posisi karaktermu sehingga dapat melakukan serangan segera saat lawat mulai mendekati area tersebut.

2. Dataran Tinggi

Tempat andalan lainnya untuk menerapkan prone tentu adalah dataran tinggi. Selain dapat menghindari musuh, kamu dapat melakukan prone sekaligus mengarahkan scope senjata kepada musuh dengan lebih efektif tanpa ada gangguan.

3. Gedung Tinggi

Selain dataran tinggi, area seperti gedung tinggi tentu juga dapat menjadi pilihan lokasi yang tepat untuk menerapkan serangan menggunakan teknik prone

Apalagi, serangan pada area yang lebih tinggi akan menyulitkan musuh untuk menemukan asal serangan.

Kelemahan Teknik Prone FF

Memang, teknik prone FF tentu menawarkan banyak kelebihan termasuk dapat menyamarkan diri dari musuh sehingga dapat melancarkan serangan tanpa terlihat. Namun sayangnya, penerapan teknik prone FF akan menurunkan akurasi saat melakukan serangan.

Jadi jangan heran jika saat melakukan prone FF saat menyerang lawan seringkali menyebabkan tembakan tidak maksimal dan bahkan meleset dari titik bidik yang telah ditetapkan sebelumnya. 

Oleh karena itu, posisi menembak dalam keadaan berdiri maupun jongkok tetap menjadi gold standard untuk melakukan serangan khususnya bagi para pemula.

Sedangkan serangan pada kondisi prone dibutuhkan beberapa kali tembakan supaya musuh dapat tertembak dengan benar.

Cara Melakukan Prone FF yang Efektif

Apa itu Prone FF
Sumber: Youtube RAHUL GAMING FF

Jika kamu telah mengetahui apa itu Prone FF, maka selanjutnya penting untuk tahu cara melakukannya. Jangan khawatir, cara melakukan prone juga cukup mudah yaitu kamu hanya perlu menekan opsi “tiarap” yang berada pada bagian pojok kanan bawah layar game tersebut.

Supaya penerapan teknik prone FF menjadi lebih efektif, tentu cara ini harus dilakukan pada lokasi yang tepat mulai dari dataran tinggi seperti bukit maupun gedung dan atap rumah. 

Sebab, bila prone dilakukan pada area yang datar tanpa ada halangan seperti rumput maka musuh akan dapat mengenali karaktermu dengan mudah sehingga kemungkinan kalah bisa menjadi lebih besar.

Selain itu, kontrol prone ini tidak selalu muncul setiap saat pada layar smartphone milikmu. Opsi tersebut hanya muncul saat posisimu sudah berada di atas musuh.

Jangan khawatir, saat melakukan prone kamu juga masih dapat melakukan berbagai aksi lainnya mulai dari menembak maupun reload.

Sedangkan, untuk kembali ke posisi lainnya seperti jongkok maupun berdiri, kamu dapat memilih tombol selain prone pada bagian kanan bawah layar.

Uniknya, prone juga ternyata memiliki bug yang dapat dimanfaatkan oleh para pemain. Namun, bug ini hanya bisa dilakukan pada kondisi dan posisi tertentu seperti saat pemain turun dari cerobong nuklir dengan cepat. Hal ini bisa dilakukan tanpa perlu mengurangi HP.

Pilihan Senjata Prone FF yang Efektif

Bukan hanya mengetahui apa itu prone FF dan memilih lokasi yang tepat saja, namun pemilihan senjata saat melakukan prone FF juga harus dilakukan dengan tepat agar meminimalisir kesalahan saat menembak. Contohnya seperti misil yang melesat dan tidak mengenai lawan.

Sebenarnya, prone FF dapat menggunakan senjata apapun selama pemain dapat mengoperasikannya dengan benar.

Namun ada beberapa senjata yang dinilai efektif saat digunakan untuk menembak dengan teknik prone, beberapa diantaranya adalah:

  • AWM
  • Gatling
  • M82B
  • KAR98K
  • Scar
  • Groza
  • VSS
  • KORD
  • M249

Pastikan untuk melakukan tembakan dalam keadaan yang lebih fokus pada posisi prone karena kemungkinan serangan meleset akan lebih tinggi. Jadi, kamu perlu untuk melepaskan beberapa tembakan untuk menyerang lawan dengan lebih efektif.

Cara Menyelesaikan Misi Prone FF dengan Tepat

Salah satu tugas di dalam game Free Fire yang harus diselesaikan oleh para pemain adalah misi prone FF. Setiap pemain yang berhasil menyelesaikan misi ini akan mendapatkan hadiah dari event elite pass untuk setiap bulannya.

Misi prone FF ini akan mewajibkan para pemain untuk melakukan prone saat permainan berlangsung.

Cara menyelesaikannya pun juga sangat mudah, kamu hanya perlu melakukan prone pada permainan klasik maupun rank tergantung dari keterangan yang telah tertera di dalam mesin.

Perhatikan juga arahan di dalam misi secara lengkap karena terkadang tugas yang harus dilakukan tidak hanya sekedar melakukan prone saja namun juga sembari melakukan serangan.

Demikianlah pengertian dan penjelasan lengkap mengenai apa itu prone FF, pemilihan lokasi dan senjata yang tepat, cara melakukannya sekaligus kelemahan yang harus diketahui agar tidak kaget saat mengaplikasikannya.

Kira-kira, kamu sudah pernah mencoba teknik ini saat bermain Free Fire?

banner iklan esportsnesia