Bubble 2 Rainbow: Game Asah Otak Pelatih Refleks

444
Bubble 2 Rainbow

Bubble 2 Rainbow adalah salah satu game paling sederhana yang pernah dimainkan oleh penulis. Bubble 2 Rainbow adalah game yang dimana pemain harus memecahkan berbagai gelembung dengan warna yang berbeda sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Dalam game ini, para pemain bisa memecahkan gelembung dengan bentuk, warna dan efek gelembung yang berbeda-beda. Tentu di game ini ada tantangan tersendiri yang harus dilewati oleh pemain untuk melanjutkan stage berikutnya.

Menurut developer game Bubble 2 Rainbow, game ini dibuat untuk melatih aktivitas di dalam otak yang tertidur.

Pihak Developer game juga berharap game ciptaan mereka bisa direkomendasikan oleh para dokter sebagai aplikasi untuk mencegah atau mengobati penyakit Demensia.

Nah kali ini penulis berkesempatan kembali untuk mencoba salah satu game yang bisa melatih kemampuan otak. Penasaran seperti apa game yang disajikan Bubble 2 Rainbow ? Mari kita intip bersama review dari game ini.

Spesifikasi Perangkat

Bubble 2 Rainbow bisa dimainkan di perangkat android dengan minimal Android OS 5.1 keatas. Game ini bisa kalian download di Google Play Store. Untuk pengguna IOS harus sabar ya, karena developer game masih mengembangkan game mereka untuk IOS.

Perangkat yang digunakan oleh penulis untuk mencoba game ini adalah Oppo A9 2020 dengan spesifikasi:

  • Chipset Qualcomm Snapdragon 665
  • Ram sebesar 8GB
  • Android OS 11

First Impression Bubble 2 Rainbow

Gameplay Bubble 2 Rainbow

Ketika penulis baru pertama kali masuk ke menu awal, penulis sempat bingung karena tidak ada suara sama sekali yang terdengar, namun penulis masih menghiraukan karena penulis mengira akan muncul suara-suara disaat penulis mencoba game ini.

Awalnya ketika penulis mencoba bermain di stage 1, penulis sangat kebingungan. Selain tidak ada suara apapun, penulis juga kebingungan memainkan game ini. Belum menyelesaikan stage 1, penulis mencoba ke setting untuk mencari solusi dari suara terlebih dahulu.

Diawal permainan juga, penulis sempat merasa bosan dengan game ini pada stage 10. Penulis mengira game ini hanya memberikan tantangan yang sama tanpa ada perubahan apapun hingga penulis sadar bahwa tantangan yang diberikan naik sedikit demi sedikit.

Hal ini membuat penulis merasa penasaran dengan tantangan yang diberikan oleh game ini. Bahkan penulis menjadi sadar akan kekurangan penulis saat beristirahat dan sambil merenung apa saja yang telah terjadi ketika bermain game ini.

Penulis memainkan game Bubble 2 Rainbow selama 2 setengah jam. Selama bermain, penulis sempat merasa kesal dan frustasi diawal karena mekanik dari game ini yang membuat penulis harus menunggu kesempatan untuk memecahkan gelembung.

Penulis semakin frustasi dan kesal selama bermain di stage berikutnya karena tantangan di stage selanjutnya membuat penulis jengkel. Penulis harus dihadapi dengan gelembung yang bisa mengurangi point yang sudah dikumpulkan untuk bermain di stage berikutnya.

Meskipun mekanik dari game ini sangat simpel yaitu hanya perlu menekan gelembung sesuai dengan warna prisma yang ditampilkan, tapi ketangkasan jari, mata dan daya ingat sangat terpakai di game ini.

Penulis harus fokus dan sabar setiap saat untuk mengambil kesempatan memecahkan gelembung, menunda pemecahan gelembung karena terhalang oleh rintangan, dan harus bermain dengan 3 jari agar bisa memecahkan gelembung yang tersebar.

Review Bubble 2 Rainbow

Interface Bubble 2 Rainbow

Dari sisi menu utama, penulis hanya bisa menemukan 4 menu utama, yaitu Setting, menu no ads, pilihan stage, dan play. Penulis hanya menemukan pengaturan suara, tentang game dan menu keluar dari aplikasi.

Tampilan Menu Bubble 2 Rainbow

Tutorial game tercantum di website developer game. Sayangnya, penulis tidak menemukan menu tutorial apapun di dalam game, sehingga penulis harus melakukan eksplorasi mekanik game sendiri ketika pertama kali memainkan game ini.

Dari segi HUD (Heads Up Display) ada sedikit tertera informasi dasar seperti waktu berjalan, dan score yang sudah diperoleh di dalam game. Dari informasi yang tertera hanya informasi score saja yang sangat membantu pemain.

Aspek Gameplay Bubble 2 Rainbow

Dalam segi aspek gameplay, Bubble 2 Rainbow hanya dipenuhi dengan penunjuk warna prisma yang terus berputar dan sebagai pemain hanya perlu memecahkan gelembung sesuai dengan warna prisma yang muncul dan menghindari jebakan.

Gameplay yang dihadirkan terkesan repetitif karena rintangan yang diberikan bentuknya sama dari awal hingga akhir. Namun penulis sedikit terkejut karena rintangan yang diberikan meskipun sama namun semakin banyak dan mempersulit penulis untuk menyelesaikan stage.

Pada akhirnya, pemain akan terus melakukan hal yang sama namun dengan tingkat kesulitan yang dinaikkan sedikit demi sedikit yang mungkin bisa sedikit mengejutkan kalian sebagai pemain game ini.

Melihat dari lamanya permainan, game ini sangat mudah dimainkan namun tidak mudah diselesaikan dalam waktu singkat secara keseluruhan game

Penulis harus beradaptasi dengan tempo dan harus mengatur rasa kesal yang dialami agar tetap fokus.

bubble 2 rainbow

Aspek Graphic dan Sound Bubble 2 Rainbow

BGM (Background Music) yang dihadirkan sangat menggambarkan rasa tenang yang bisa membantu penulis untuk bisa rileks ketika merasa kesal. Saking tenangnya, BGM ini juga sempat membuat penulis hampir ketiduran ketika bermain di malam hari dalam posisi duduk.

Meskipun BGM yang diberikan memberikan nuansa yang tenang, tetapi menurut penulis suara dari BGM bisa dikecilkan sedikit lagi agar Sound effect (SFX) gelembung pecah menjadi lebih satisfying untuk didengar.

SFX yang diberikan mendukung gameplay dari permainan. Sound Effect game ini juga mengalami sedikit kekurangan yaitu tidak ada suara ketika pemain memecahkan gelembung yang memberikan score lebih banyak.

Untuk visual Graphic yang ditawarkan adalah 3D sederhana. Visual yang diberikan sedikit menyulitkan penulis karena warna biru tua dan ungu yang gelap pada gelembung serta penggunaan background yang gelap yang seakan-akan hampir menyatu.

Permasalahan ini juga menjadi masalah bagi penulis ketika bermain diruangan yang bercahaya karena harus mengatur brightness perangkat yang lebih tinggi untuk hanya bisa melihat perbedaan warna.

Akhir Kata

Bubble 2 Rainbow ini sangat cocok untuk dimainkan oleh semua kalangan umur untuk melatih fokus, ketangkasan, dan daya ingat. Meskipun game ini masih sangat membutuhkan pengembangan, tetapi game ini sudah membuat 1 langkah yang baik.

Penulis berharap dengan langkah kecil yang diambil oleh developer game Bubble 2 Rainbow, para developer game lain juga bisa mengambil kesempatan ini sehingga industri game memberikan manfaat yang lebih luas lagi untuk masyarakat dunia.

banner iklan esportsnesia