[Build MLBB] Cara Main Hero Khaleed Mobile Legends

551
Hero Khaleed mobile legends

Beberapa hari yang lalu, saya telah membahas hero Fighter berbadan mungil yaitu build hero Aulus Mobile Legends. Dan kali ini, saya masih membahas tentang hero Fighter yaitu hero Khaleed Mobile Legends. Seperti apa karateristiknya? Mari kita bahas.

Mengenal Hero Khaleed Mobile Legends

Khaleed adalah hero Fighter dengan skill crowd control  dan damage tinggi. Seperti biasa bahwa hero baru di game ini terkenal dengan overpowered-nya, sehingga menjadikan Khaleed sebagai top pick para Fighter.

Review Hero Khaleed Mobile Legends

Hero Khaleed Review CoverKhaleed memiliki beberapa kombinasi skill yang unik. Khaleed bisa menjadi spesialis untuk crowd control, sekaligus hero dengan damage yang besar. Tapi untuk memanfaatkan potensi hero ini, kalian harus memilih atribut yang tepat. 

Sebelum lanjut, seperti biasa saya akan menjelaskan tentang kelebihan dan kelemahan hero ini. Apa saja itu?

Kelebihan Khaleed Mobile Legends

  • Sangat Kuat di Early dan Late Game.

Khaleed merupakan salah satu hero yang sangat kuat di-early hingga late. Jika di-early game Khaleed mampu memberikan damage tinggi jika bermain agresif, hero satu ini juga sangat ditakuti jika 1 vs 1, khususnya di-early.

Sedangkan untuk late game, dengan bantuan item semi tank, Khaleed memiliki HP dan armor yang kuat serta setara dengan hero Tank sekalipun.

  • Memiliki Burst Damage Yang Tinggi

Skill ini bisa didapatkan pada skill 1 yang selalu reset setiap mengenai serangan lawan. Skill ini dapat digunakan berulang kali dengan gaya bertarung seperti seorang pendekar pedang timur tengah. Setiap serangan skill 1 akan memberikan damage yang signifikan pada lawannya.

  • Skill Inisiator Yang Sangat Kuat

Khaleed juga memiliki kelebihan pada skill inisiator yang dimilikinya. Berkat skill 3 ultimate yang dimiliki, Khaleed dapat dengan mudah melakukan ganking lawannya. Hero satu ini sangat bagus untuk digunakan dalam setiap team fight, khususnya untuk mengincar hero core lawan dengan baik.

  • Mobilitas Yang Sangat Baik

Khaleed memiliki mobilitas yang sangat baik berkat skill pasif yang dimilikinya. Skill tersebut bernama Sand Walk yang memungkinkan Khaleed mendapatkan movement speed sebanyak 20% yang mana Khaleed akan menaiki pasirnya.

Kelemahan Khaleed Mobile Legends

  • Ultimate Harus Dieksekusi dengan Timing Yang Tepat

Khaleed sangat mengandalkan kemampuan ultimate tersebut yang mana dapat dengan mudah kabur dan mengejar lawannya. Namun penggunaan skill ini harus diikuti dengan timing yang sangat baik khususnya ketika team fight berlangsung.

  • Sangat Bergantung Pada Item Spell Vamp.

Penggunaan skill 2 saja tidak cukup untuk membuat HP milik Khaleed, dan bahkan penggunaan skill juga memiliki cooldown dan membuatnya tidak dapat digunakan secara terus-menerus.

Oleh karena itulah kalian masih harus menggunakan spell vamp yang dapat membantu kalian untuk mendapatkan lifesteal tambahan yang bisa didapatkan dari serangan skill 1.

  • Harus Bermain Agresif

Yang mana hal ini memang merupakan keharusan bagi Khaleed yang merupakan hero dengan serangan dekat. Jika tidak bermain agresif hal tersebut akan menyia-nyiakan potensi yang dimiliki Khaleed dan damage tidak maksimal.

Skill Set & Combo Hero Khaleed Mobile Legends

Skill Set

  • Skill Pasif – Sand Walk

Skill Pasif - Sand_Walk

Khaleed dapat mengeluarkan pasir dari kakinya yang mana pasir tersebut lama kelamaan dapat berubah membuatnya dia seolah-olah terbang saat berjalan dan bisa melakukan stun ke lawan lalu Khaleed bisa menebas lawan dengan pedangnya.

  • Skill 1 – Desert Tornado

Skill 1 - Desert_Tornado

Khaleed menyerang dengan menggunakan pedangnya yang diputarkan ke segala arah dan uniknya serangan tersebut dapat keluar berturut-turut sebanyak tiga kali.

 

  • Skill 2 – Quicksand Guard

Skill 2 - Quicksand_Guard

Khaleed dapat membuatnya kebal dari serangan lawan dan bisa meregenerasi darahnya dengan sangat cepat.

 

  • Skill 3 Ultimate – Raging Sandstorm

Skill 3 Ultimate - Raging_Sandstorm

Pada skill 3 ultimate-nya, Khaleed dapat mengeluarkan badai pasir dan dapat diarahkan ke segala arah dengan menghantam arah yang ditentukan, uniknya pada skill ini Khaleed dapat kebal dari efek crowd control lawan.

Hero Combo Khaleed

Untuk penggunaan combo sebenarnya bervariasi, tetapi yang saya sarankan adalah skill 2 terlebih dahulu – lalu munculkan pasif – skill 1 – dan terakhir skill 3 ultimate.

Selain itu, hero-hero di bawah ini cocok untuk dijadikan combo Khaleed. Siapa saja itu?

  • Combo Hero Khaleed #1: Eudora (Mage).

Hero EudoraHero combo Khaleed pertama adalah Eudora. Eudora merupakan salah satu hero Mage yang sangat tangguh dalam memberikan damage pada rekan setimnya, hero ini juga mampu memberikan stun dan juga damage yang tinggi pada lawan.

Eudora juga dapat membantu Khaleed untuk memberikan crowd control sekaligus damage tambahan agar Khaleed mampu melakukan finishing ke hero lawan dengan baik.

  • Combo Hero Khaleed #2: Aurora (Mage)

Hero AuroraHero combo Khaleed berikutnya adalah Aurora. Kemampuan crowd control hero Mage satu ini memang tak perlu diragukan lagi. Aurora dapat membekukan lawannya dengan area yang luas.

Dengan begitu, Khaleed dapat melancarkan serangan skill 1 nya yang memiliki damage yang besar serta lincah untuk mengalahkan setiap lawannya, serangan ini sangat cepat dan memberikan damage yang tinggi.

  • Combo Hero Khaleed #3: Angela (Support/Mage)

Hero AngelaHero combo Khaleed terakhir bisa disandingkan dengan hero Angela. Angela merupakan salah satu Support terbaik, Angela mampu memberikan support yang tangguh pada hero Fighter seperti Khaleed atau Fighter lainnya.

Kemampuan ultimate Angela bisa masuk ke tubuh Khaleed dan memberikannya sebuah shield dan juga pemberi damage tambahan, kemampuan skill 1 nya juga bisa memberikan efek slow dan crowd control yang cukup menjengkelkan untuk menghentikan lawan sehingga Khaleed bisa memaksimalkan skill-nya.

Build Item Khaleed

Build Item Khaleed

  • Warrior Boots

Item_Warrior_Boots

Untuk item pertama kalian bisa membeli Warrior Boots. Di mana, item ini dapat menambahkan atribut berupa +22 physical defense dan +40 movement speed. Selain itu, Warrior Boots juga memiliki pasif unik yang dapat meningkatkan physical defense sebesar 5 kali.

  • Bloodlust Axe

Item_Bloodlust_Axe

Kemudian untuk item kedua kalian bisa membeli Bloodlust Axe. Bloodlust Axe adalah item attack yang cocok digunakan Khaleed pada saat early hingga mid game. Pasalnya, item ini bisa memberikan tambahan atribut berupa +70 physical attack, +10% cooldown reduction, dan +20% spell vamp.

  • Blade of Heptaseas

Item Blade of Heptaseas

Selanjutnya, kalian bisa membeli item attack jenis Blade of Heptaseas. Dengan item ini, Khaleed akan menerima tambahan atribut berupa +70 physical attack, +250 HP, dan +15 physical penetration.

 

  • Queen’s Wings

Item Queen's Wings

Untuk item keempat, kalian bisa menggunakan item defense bernama Queen’s Wings. Di mana, item ini dapat menambahkan atribut berupa +15 physical attack, +1000 HP, dan +10% cooldown reduction. Serta, terdapat pula pasif unik dari Queen’s Wings yang mampu mengurangi damage sebesar 40% yang membuat Khaleed menjadi tebal.

  • Blade of Despair

Item_Blade_of_Despair

Agar Khaleed memiliki damage yang lebih besar di late game, kalian bisa menggunakan item attack jenis Blade of Despair. Dengan item ini, Khaleed dapat menerima tambahan atribut berupa +160 physical attack dan +5% movement speed. Bahkan, Blade of Despair juga dibekali kemampuan pasif unik yang dapat meningkatkan physical attack sebesar 25% ketika HP di bawah 50%.

  • Immortality

Item_Immortality

Untuk item terahkir kalian bisa menggunakan Immortality. Di mana, item defense yang satu ini dapat memberikan tambahan atribut berupa +800 HP dan +40 physical defense. Di samping itu, pasif unik dari Immortality juga dapat memberikan shield untuk menyerap 300-100 damage selama 3 detik.

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Khaleed

Emblem

Disini kalian bisa menggunakan 2 emblem yang saya sarankan, yaitu Emblem Fighter dan Emblem Assassin.

Emblem Fighter merupakan pilihan emblem terbaik untuk Khaleed. Untuk baris pertama, pastikan kalian maksimalkan level talent Bravery untuk meningkatkan physical attack damage. Di baris kedua, fokus pada talent Invasion untuk memaksimalkan physical penetration. Dan untuk baris ketiga, gunakan Festival of Blood untuk spell vamp dan lifesteal tinggi. 

Kalian juga bisa menggunakan emblem Assassin. Tapi dengan emblem Assassin, kalian tidak bisa menggunakan spell Vamp karena kurang bersinergi dengan item intinya.

Untuk emblem Assassin, pilih talent Mastery untuk mengurangi cooldown pada skill Khaleed dan talent Invasion untuk meningkatkan physical penetration. Sedangkan untuk talent utamanya, direkomendasikan untuk memilih Bounty Hunter agar mendapatkan gold lebih banyak setiap kali berhasil mendapatkan kill.

Battle Spell

Battle Spell FlickerBattle_Spell_Purify

Battle Spell Khaleed terbaik adalah Flicker atau Purify, terutama di saat sekarang ini banyak hero yang memiliki skill crowd control dan stun, sehingga bisa gunakan Purify.

Atau gunakan Flicker untuk bermain aman, kabur dari ganking atau mengejar lawan.

Counter Hero Khaleed Mobile Legends

  • Counter Hero Khaleed #1: Khufra (Tank)

Hero Khufra CoverKhufra merupakan Tank idaman dari para Tanker, sehingga banyak yang menjadikannya top pick saat pemilihan hero. Khufra menjadi salah satu hero counter yang tepat untuk menghadapi Khaleed.

Berbekal dengan kemampuan crowd control, Khufra dapat memberikan perlawanan yang sengit kepada musuhnya dikarenakan Khufra memiliki kemampuan crowd control berupa knock-up dan stun. Dari kedua efek tersebut, efek knock up menjadi yang terpenting untuk menghadapi Khaleed. 

  • Counter Hero Khaleed #2: Chou (Fighter)

Hero ChouChou merupakan salah satu Fighter yang kerap diandalkan untuk bermain agresif. Sebagai seorang inisiator, Chou dilengkapi dengan skill lengkap kemampuan crowd control berupa knock up dan knock back.

Kedua efek crowd control tersebut dapat menjadi hal penting untuk menghadapi Khaleed. Dikarenakan Khaleed sangat lemah jika menghadapi hero yang memiliki skill crowd control.

  • Counter Hero Khaleed #3: Martis (Fighter)

Hero MartisMartis merupakan petarung jarak dekat yang mengandalkan dua jenis damage sekaligus, yaitu damage per second dan burst samage. Selain itu, Martis juga dilengkapi dengan kemampuan crowd control berupa knock back, knock up, pull, dan slow. Kemampuan crowd control tersebut didapatkannya dari seluruh skill aktif yang dimiliki Martis, kecuali ultimate-nya.

Kesimpulan

Meskipun Khaleed merupakan hero Fighter yang cukup kuat, namun kamu perlu pelajari apa saja kelemahan dia, hero counter-nya, positioning, dan timing skill yang tepat.

Pahami mekanisme serangan beruntun pada skill 1. Dia dapat mengeluarkan serangan beruntun kepada target dengan memberikan damage yang cukup besar.

Selain itu, Khaleed juga sangat bergantung pada item yang memiliki atribut spell vamp. Percuma saja jika Khaleed memiliki kemampuan regenerasi HP namun tak memiliki item seperti Bloodlust Axe.

Dan yang paling penting, kamu harus sering-sering berlatih untuk mengarahkan ultimate-nya, karena skill ini cukup sulit untuk diarahkan kepada musuh. Namun, jika kamu sudah terbiasa dan ultimate-nya tepat sasaran, maka akan menjadi keuntungan besar ketika team fight.