Patah-patah? Simak Cara Agar Tidak Lag Saat Bermain Mobile Legends

755
Cara Agar Tidak Lag Saat Bermain Mobile Legends (MLBB)

Gamers sudah tidak asing lagi dengan kata “Lag”. Yap, sebuah kata yang sangat dibenci gamers, apalagi sedang bermain mode ranked/competitive. Lag sering ditemui oleh para gamers terutama saat bermain ranked, casual ataupun lainnya. Biasanya muncul apabila jaringan tidak stabil atau device yang digunakan tidak mumpuni. Dengan begitu, banyak gamers mencari tahu cara agar tidak lag saat bermain Mobile Legends di Google.

Namun tidak perlu khawatir, kali ini saya akan membahas beberapa cara agar tidak lag saat bermain Mobile Legends.

Penasaran dengan apa-apa saja caranya? Langsung saja kita ke pembahasannya!

Cara Agar Tidak Lag Saat Bermain Mobile Legends (MLBB)

  • Pastikan Sudah Melakukan Update Terbaru Mobile Legends

Wallpaper Cara Agar Tidak Lag Bermain Mobile Legends 1Langkah atau cara agar tidak lag saat bermain Mobile Legends yang pertama yaitu, pastikan kalian sudah melakukan update versi game Mobile Legends pada Play Store ataupun App Store.

Hal ini memungkinkan kalian untuk mendapatkan update patch terakhir yang melakukan fixing bug ataupun connection issue pada patch sebelumnya.

Dengan begitu, permasalahan lag bisa diatasi dengan melakukan update terlebih dahulu ya.

  • Mengaktifkan Fitur Speed Mode

Wallpaper Cara Agar Tidak Lag Bermain Mobile Legends 2Cara agar tidak lag saat bermain Mobile Legends yang kedua yaitu mengaktifkan fitur “Speed Mode” dan “Peningkatan Jaringan”.

Dengan mengaktifkan 2 fitur bawaan ini, akan meminimalisir lag pada jaringan yang kalian pakai serta meningkatkan speed upload yang ada pada internet kalian.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kalian bisa pergi ke settings/pengaturan, pilih menu basic/dasar, scroll ke bawah kemudian aktifkan Speed Mode dan Peningkatan Jaringan.

  • Menurunkan Kualitas Grafis Mobile Legends

Wallpaper Cara Agar Tidak Lag Bermain Mobile Legends 3Tips cara agar tidak lag bermain Mobile Legends yang berikutnya yaitu menurunkan kualitas grafis atau visual di game Mobile Legends.

Dengan menurunkan kualitas grafis, memori yang digunakan game ini akan berkurang sehingga tidak akan memberatkan kinerja smartphone saat digunakan bermain game.

Namun, kualitas visual yang ditampilkan akan biasa saja, sehingga tidak akan terlihat mewah.

  • Force Close Aplikasi yang Sedang Berjalan

Wallpaper Cara Agar Tidak Lag Bermain Mobile Legends 4Cara agar tidak lag saat bermain Mobile Legends selanjutnya yaitu mematikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.

Dengan mematikan aplikasi tersebut, device yang digunakan akan mendapatkan tambahan RAM atau memori yang cukup untuk menjalankan Mobile Legends agar lebih stabil. Sehingga, dalam bermain nanti tidak muncul lag akibat RAM atau Memori yang kurang.

  • Aktifkan Game Mode pada Device

Wallpaper Cara Agar Tidak Lag Bermain Mobile Legends 5Tips Cara agar tidak lag saat bermain Mobile Legends selanjutnya yaitu mengaktifkan “Game Mode” pada device yang digunakan. Zaman sekarang, setiap device sudah disiapkan beberapa fitur yang bagus, salah satunya Game Mode.

Dengan adanya fitur ini, pengalaman bermain game akan berbeda, tidak akan muncul lag saat bermain game nantinya.

Fungsi dari game mode ini yaitu melakukan kill paksa pada aplikasi yang berjalan dan tidak digunakan, mengaktifkan fitur “Do Not Disturb” sehingga tidak ada diganggu oleh orang lain saat bermain game.

Untuk pengaktifan fitur ini berbeda-beda ya, pastikan device kalian memiliki fitur ini pada settingan smartphone yang digunakan.

  • Bermain Jangan Sambil Di-Charge

Wallpaper Cara Agar Tidak Lag Bermain Mobile Legends 6Tips Cara agar tidak lag saat bermain Mobile Legends berikutnya yaitu bermain jangan sambil di-charge.

Biasanya orang-orang saat bermain game memilik untuk sambil di-charge, tetapi itu merupakan hal yang tidak boleh dilakukan.

Selain membuat smartphone panas, ini akan membuat batre dan arus listrik tidak stabil dan akan membuat bermain game akan muncul lag.

Disarankan untuk tidak bermain game dalam kondisi di-charge untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Restart atau Reboot Device

Wallpaper Cara Agar Tidak Lag Bermain Mobile Legends 7Tips Cara agar tidak lag saat bermain Mobile Legends yang berikutnya yaitu melakukan restart atau reboot device.

Apabila kalian sudah mengikuti beberapa langkah di atas namun masih menemukan lag, silakan lakukan restart device yang digunakan.

Dengan melakukan restart, device akan memulai ulang sistem, clear cache dengan fresh sehingga sistem akan mampu load device dengan normal nantinya.

  • Ganti HP ‘Kentang’ ke yang Lebih Mumpuni

Wallpaper Cara Agar Tidak Lag Bermain Mobile Legends 8

Langkah atau cara agar tidak lag bermain Mobile Legends yang terakhir yaitu ganti device kentang ke lebih yang mumpuni.

Apabila sudah mengikuti langkah-langkah di atas namun masih menemukan lag, waktunya ganti HP Kentang milikmu ke lebih yang mumpuni ya.

Ini merupakan cara paling efektif agar tidak lag saat bermain Mobile Legends. Bisa jadi device yang kalian gunakan sudah berumur, tidak mendapatkan update software dari developer sehingga patch-patch dari game terbaru tidak dapat dalam smartphone kalian.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa tips cara agar tidak lag saat bermain Mobile Legends yang bisa kalian coba ke depannya.

Semoga dengan melakukan tips-tips di atas, permainan Mobile Legends kalian akan semakin baik dan tidak menemukan lag sedikitpun. Selamat mencoba!