Pemula Wajib Tahu! Ini Cara Beli Item Roam Mobile Legends

1808
Spell Mobile Legends cara beli item roam
Battle Spell Mobile Legends

Game MOBA Mobile Legends kini memiliki banyak item yang dapat kita pakai, salah satunya adalah item roam yang kondisi pemakaiannya sangat situasional. Meski demikian, masih banyak pemain yang bingung bagaimana cara beli item roam Mobile Legends, khususnya mereka yang bermain sebagai roamer.

Roamer di Mobile Legends adalah posisi yang penting karena tugasnya yang memberikan bantuan untuk 3 lane yang berbeda yaitu, goldlane, explane, dan midlane.

Mengingat sifatnya roamer yang sering berpindah-pindah lane, hal ini menandakan bahwa dia tidak melakukan farming untuk memperoleh exp dan gold. Lantas bagaimana cara mengembangkan potensi hero-nya?

Untungnya, Moonton telah menyediakan item khusus roam buat para roamer supaya bisa tetap mendapatkan exp dan gold.

Maka dari itu, Esportsnesia juga bakal ngebahas cara beli dan penjelasan cara beli item roam Mobile Legends.

Yang perlu diperhatikan sebelum menjadi roamer …

Sebelum membahas bagaimana cara beli item roam di Mobile Legends, yang harus dibahas di awal adalah siapa yang akan menjadi roamer-nya.

Hal ini penting agar permainan dapat berjalan dengan baik karena 5 pemain harus mengisi tiap posisi yang memiliki tanggung jawab unik dan salah satunya adalah roamer.

Gaya bermain tim

Sebagai roamer, kita harus memahami cara bagaimana tim kita main nantinya. Hal ini memang bukan hal yang mudah ketika kita bermain solo, tapi kita dapat melihat dari jungler yang telah di-pick oleh teman satu tim kita.

Jika jungler yang di-pick adalah tank maka maka kita dapat memilih roamer bertipe damage atau heal, Jika jungler yang di-pick adalah assasin maka maka kita dapat memilih roamer bertipe tahan badan atau heal.

Gaya bermain yang kita kuasai

Setelah melihat draft pick yang telah dipilih oleh teman satu tim kita baik tim publik maupun tim party dan kepercayaan tim terhadap kita sebagai roamer, kita dapat memilih hero yang sesuai dengan gaya bermain kita.

Contohnya, hero roamer bertipe damage yang dapat mendominasi pada tahap early game ada 3 yaitu Natalia, Kadita dan Selena, pada tipe hero tahan badan ada Atlas, Grock dan Chou, yang terakhir pada tipe hero tipe heal ada Angela, Estes dan Diggie.

Pada tiap tipe menggunakan jenis item roam yang berbeda-beda, tipe damage membeli dire hit, tipe hero tahan membeli encourage atau conceal, dan pada tipe hero tipe heal membeli favor.

Cara beli item roam di Land of Dawn

Pada awal pertandingan, kalian bisa menuju shop item dengan cara menekan icon yang berada di pojok kanan atas, biasanya icon ini tertulis angka dan mata uangnya.

Setelah diakses, kalian akan melihat menu Shop, selanjutnya kalian masuk ke bagian movement, dan pilih bagian roam.

Di atas roam kalian bisa melihat tulisan jungle yang menjadi warna putih dan tidak bisa dibuka karena kalian tidak membawa spell retribution.

Jadi, kalian tidak perlu menggubris tulisan jungle yang menjadi warna putih dan tidak bisa dibuka, kalian bisa diamkan saja bagian jungle-nya.

Pada bagian roam nanti kalian dapat melihat 4 jenis sepatu roam, di sana terdapat conceal, encourage, favor dan dire hit yang dapat kalian beli dengan harga 250 gold.

Cara mengaktifkan item roam

Walaupun item roam dapat membantu seorang roamer agar mendapat exp dan gold selama in game, kalian harus memahami beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi agar kemampuan pasif maupun aktif dari item roam conceal, encourage, favor atau dire hit dapat dipakai sesuai dengan kemampuannya.

Pertama, kalian harus mengumpulkan 600 gold terlebih dahulu, biasanya kalian dapat mengumpulkan 600 gold di menit kesembilan permainan.

Menunggu 9 menit dalam sebuah pertandingan memanglah lama, apalagi ketika bertemu musuh yang draft pick-nya sangat kuat.

Tapi tenang, kalian dapat menyalakan kemampuan pasif maupun aktif dari item roam kalian kurang dari 9 menit dengan cara melakukan roaming ke lane lain agar kalian mendapatkan assist, plating gold dari turret atau kill jika rotasi yang kalian lakukan berhasil.

Cara beli item roam Conceal

Pada awal pertandingan, kalian bisa menuju shop item dengan cara menekan icon yang berada di pojok kanan atas.

Biasanya icon ini tertulis angka, setelah kalian pencet nanti di dalam kalian bisa membuka bagian movement, setelah itu kalian bisa pilih pada bagian roam -> conceal.

Pada umumnya, item conceal ini dengan disebut juga sebagai item roam “hilang”, karena memang sesuai dengan kemampuan aktifnya yang dapat menghilang.

Yang hilang di sini adalah badan si roamer dan teman satu timnya serta menambah movement speed sebanyak 30%-75% selama 5 detik.

Hal ini berfungsi untuk melakukan ambush dan membuat momen yang dapat membuat musuh rata dalam hitungan detik.

Tapi perlu diingat, jika kalian dengan sengaja atau tanpa sengaja memberikan damage kepada musuh, minion atau creep jungle kemampuan aktif dari item roam conceal kalian akan hilang.

Sehingga kalian akan terlihat dan harus menunggu jeda sebanyak 80 detik. Pada umumnya roamer yang memakai kemampuan aktif item roam conceal adalah hero yang mempunyai tugas untuk menciptakan momen.

Dengan cara memanfaatkan skill yang mempunyai sifat area crowd control seperti hero Lolita yang menggabungkannya dengan skill ultimate, hero Atlas yang menggabungkannya dengan skill ultimate dan Khufra yang menggabungkannya dengan skill ultimate sama skill satu.

Cara beli item roam Encourage

Cara beli item roam dengan efek pasif encourage adalah dengan menuju shop item yang sama seperti sebelumnya, yakni mengakses icon yang berada di pojok kanan atas.

Masuk ke Shop, buka bagian movement, setelah itu pilih bagian roam -> encourage.

Yang kedua ada item roam dengan kemampuan pasif bernama encourage yang memberikan kalian dan satu tim kalian buff tambahan serangan fisik dan magis sebanyak 12-30 sekaligus 15% attack speed.

Tapi sangat disayangkan, pada meta musim 27 ini, pasif item encourage jarang dipakai karena tambahan serangan fisik dan magis yang diperoleh hanya sebesar 12-30.

Tapi tenang aja, kalo kalian mau tetap memakai item roam dengan kemampuan pasif bernama encourage, usahakan untuk memakai roamer yang bisa kemampuan tahan badan dan HP yang banyak seperti Belerick ya!

Cara beli item roam Favor

Sama seperti yang sebelumnya, akses menu Shop, kemudian movement, dan pilih bagian roam -> favor.

Di jenis item roam yang ketiga ini terdapat item roam dengan kemampuan pasif bernama favor yang memberikan tambahan heal kepada hero yang memiliki HP yang paling sedikit di tengah-tengah peperangan.

Memberikan heal tambahan sudah terhitung sebagai kemampuan pasif yang OP karena memberikan tambahan HP sebanyak 300-750.

Kemampuan pasif Favor ketika seorang mempunyai dan memakai skill atau pasif yang dapat memberikan heal atau shield pada teman 1 team kalian.

Biasanya hero yang memakai kemampuan pasif item roam favor adalah Estes karena skill 1 dan ultimate-nya dapat memberikan heal setiap detik kepada teman 1 timnya.

Selain itu bisa juga dipakai oleh Rafaela mengingat skill 2-nya yang dapat memberikan heal, Floryn dengan skill 1 dan ultimate-nya dapat memberikan heal, Diggie dengan ultimate-nya yang dapat memberikan shield serta Lolita karena skill pasifnya dapat memberikan shield.

Cara beli item roam Dire Hit

Sama seperti yang sebelumnya, akses menu Shop, kemudian movement, dan pilih bagian roam -> dire hit.

Yang terakhir ada item roam dengan kemampuan pasif bernama dire hit yang dapat memberikan tambahan damage ke musuh sebesar 7%-18% ke musuh ketika darah musuh hanya tersisa 35%.

Biasanya yang memakai kemampuan pasif dari item roam dire hit adalah roamer yang memiliki damage early game yang sangat besar.

Biasanya hero yang dipakai adalah Hilda karena kapasitas stack-nya, serta Selena dengan skill “ikan lelenya” dan Natalia dengan skill pasifnya.


Nah, itu dia sedikit pengenalan mengenai roamer beserta item-item roam. Pastikan kamu sudah mengetahui cara beli item roam Mobile Legends sebelum bertanding nanti ya!

banner iklan esportsnesia