Kenali 3 Cara Download ML Tanpa Play Store, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya!

1085
Cara Download ML tanpa Play Store
Sumber: Youtube Jess No Limit

Seringkali banyak pemain yang ingin mengetahui cara download ML tanpa Play Store karena dinilai lebih simpel dan hemat kuota, terutama untuk HP dengan spesifikasi rendah. 

Sebab, game MOBA yang telah diunduh oleh lebih dari 500 juta kali oleh pengguna Android di Play Store ini awalnya menghadirkan spesifikasi yang ramah untuk semua jenis smartphone.

Namun sayangnya, saat ini ukuran file Mobile Legends (ML) menjadi lebih besar seiring dengan banyaknya perbaikan dan pengembangan di dalam aplikasinya untuk menjadi lebih baik.

Bahkan, supaya pemain dapat bermain dengan lebih lancar maka dibutuhkan HP dengan RAM minimal 3GB.

Oleh karena itulah, cara download ML tanpa Play Store sangat membantu bagi pecinta ML dengan HP spek rendah. Daripada penasaran yuk simak ulasan aplikasi game ML jalur browser ini untuk pengalaman bermain yang lebih menyenangkan!

Apakah Spek HP Rendah bisa Memainkan Mobile Legends Tanpa Lag?

Secara umum, semakin tinggi angka RAM pada smartphone yang dimiliki tentu akan memberikan durabilitas yang bagus terutama untuk mengakses program dengan penyimpanan yang besar seperti game Mobile Legends.

Sedangkan bagi permainan Mobile Legends ini sendiri, persyaratan RAM minimal yang perlu dimiliki oleh smartphone yang mengoperasikannya adalah 2GB. Namun sayangnya, HP dengan spek minimal ini seringkali menimbulkan masalah seperti lag.

Jadi tidak heran jika banyak banyak gamers yang menyarankan untuk memainkan Mobile Legends dengan RAM minimal 3GB supaya terbebas dari banyak masalah seperti lag yang kerap kali mengganggu.

Tapi para pemilik HP dengan spek rendah tidak perlu khawatir, sebab ada cara untuk tetap bermain dengan nyaman dengan mengunduh aplikasi ML dalam bentuk mod apk di luar Play Store.

Berbagai Cara Download ML Tanpa Play Store yang Efektif 

Tentunya dalam rangka mewujudkan permainan Mobile Legends yang lebih nyaman dan minim gangguan, maka ada banyak cara untuk dilakukan, termasuk download ML tanpa Play Store.

Cara download ML tanpa Play Store ini dapat dengan mudah dilakukan via browser. Salah satu kelebihan aplikasi ML non official tersebut yaitu memiliki ukuran file yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan aplikasi dari Play Store. 

Jadi jangan heran jika cara download ML tanpa Play Store masih menjadi topik hangat di kalangan pemain hingga hari ini.

Ditambah, mod apk ML tanpa Play Store via browser ini juga dapat menginstalasi file pendukung sehingga dapat diakses secara offline untuk beberapa kondisi tertentu. Tentu hal ini juga dapat menjadi pilihan yang lebih hemat kuota.

Saat ini, ada dua cara download ML tanpa Play Store yang dapat kamu pilih yaitu mulai dari via browser maupun share link melalui aplikasi. Berikut ini adalah penjelasannya!

Cara Download ML Tanpa Play Store Via Browser

Download ML melalui browser ini umumnya menawarkan beberapa pilihan cara dan dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan prosesnya. 

Walaupun sangat tidak disarankan untuk mengunduh mod apk dengan cara tidak resmi ini, jika kamu masih penasaran untuk mencobanya, maka berikut adalah beberapa cara yang dapat dipilih, yaitu:

ML Lite Via Browser

  1. Cari web yang menyediakan aplikasi Mobile Legends Lite.
  2. Download aplikasi Mobile Legends Lite.
  3. Buka file manager lalu pilih download atau unduhan.
  4. Install ML Lite dan aktifkan izin instalasi dari sumber yang tidak ketahui
  5. Buka kembali file manager
  6. Pilih penyimpan internal, kemudian pilih Android kemudian pilih data. Cari dan pilih folder .com.mobile.legends lalu hapus folder tersebut.
  7. Masih di penyimpanan  internal, cari data ML Lite apk, ekstrak file tersebut ke folder data dalam folder Android.
  8. Tunggu proses ekstrak berakhir, buka aplikasi ML Lite.
  9. Jika ada file lain yang diunduh terkait ML Lite, seperti update patch, maka lakukan ekstrak file tersebut ke dalam folder data.
  10. Buka kembali ML Lite, tunggu proses matchmaking sampai selesai. ML Lite siap digunakan!

Via APKpure.com

Cara Download ML tanpa Play Store
Sumber: apkpure.com

Selanjutnya, kamu juga dapat memilih cara download ML tanpa Play Store via browser lainnya dengan menggunakan APKpure.com. Berikut adalah langkah-langkahnya!

  1. Buka browser dan masuk ke search engine favoritmu.
  2. Pada kolom search bar, isilah “ Mobile Legends APK”
  3. Pada daftar teratas, biasanya akan langsung muncul situs APKpure.com yang akan tersambung secara otomatis ke halaman apk Mobile Legend yang dibutuhkan.
  4. Pilih situs tersebut.
  5. Klik download pada kolom tap yang tersedia di halaman apk tersebut.
  6. Secara otomatis apk tersebut akan terinstal ke dalam HPmu.

Cara Download ML Tanpa Play Store via Sharing File

Cara Download ML tanpa Play Store
Sumber: ABGames.io

Tanpa download via Play Store, kamu bisa memasang ML hanya dengan sharing file. Namun sesuai dengan namanya, ada persyaratan yang harus dipenuhi supaya proses ini dapat dijalankan dengan baik.

Syaratnya yaitu siapkan 2 HP dengan salah satunya yang sudah terinstal aplikasi Mobile Legends. Sedangkan yang satunya adalah HP yang ingin mendapatkan ML tanpa perlu mengunduhnya di Play Store.

Selanjutnya, pastikan kedua HP tersebut sudah memiliki aplikasi SHAREit dan ZArchiver. Sebab keduanya merupakan kunci utama dari keberhasilan proses ini. Selanjutnya, berikut adalah cara-cara yang perlu kamu lakukan, yaitu:

  1. Siapkan HP yang sudah terinstal Mobile Legends.
  2. Buka Zarchiver, pilih internal memori buka folder Android > Data > lalu cari folder com.mobile.legends > tahan folder tersebut untuk melakukan kompres dalam bentuk folder zip.
  3. Buka aplikasi SHAREit, pilih kirim dan langsung masukan kata kunci di pencarian, ketikan Mobile Legends lalu enter. Kirimkan file ke HP tujuan.
  4. Siapkan HP target yang akan digunakan untuk pemasangan aplikasi ML.
  5. Buka file manager di HP target atau HP yang sebelumnya sudah dikirimkan file ML dalam bentuk zip.
  6. Pilih file manager > pilih internal memori > buka folder SHAREit > pilih folder file. Kemudian extract com.mobile.legends.zip ke folder Android > Data > extract disini.

Tunggu proses ekstrak, jika sudah selesai maka aplikasi Mobile Legends sudah siap digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Download ML tanpa Play Store

Memang secara umum, cara download ML tanpa Play Store khususnya dengan mod apk. Ini menawarkan berbagai kelebihan yaitu ukuran file-nya yang jauh lebih ringan bila dibandingkan dengan aslinya serta tidak berat dijalankan oleh HP dengan spek rendah.

Hal ini tentu akan membantu permainan yang dijalankan terasa lebih mulus serta bisa melakukan instalasi tanpa menggunakan kuota.

Namun sayangnya, cara seperti ini juga memberikan beberapa risiko untuk dipertimbangkan, seperti kualitas grafis yang lebih rendah bila dibandingkan dengan original, fiturnya tidak lengkap, tidak dapat melakukan live streaming.

Parahnya lagi, mod apk. seperti ini rentan disusupi oleh malware dan virus sehingga bisa menimbulkan potensi kerusakan bagi HPmu.

Itulah berbagai cara download ML tanpa Play Store yang dapat membantu agar permainan Mobile Legends dapat dimainkan pada HP dengan spek rendah. 

Namun pastikan untuk berpikir ulang untuk menggunakan cara ini karena ada banyak risiko yang mungkin akan menimbulkan kerugian pada HPmu.

banner iklan esportsnesia