Cara Main Game Memori Google untuk Melatih Otak

1901
Game Memori Google
Sumber: Google.com

Google menyediakan sebuah game bernama game memori yang bisa dimainkan secara gratis melalui browser di perangkat mobile maupun Personal Computer (PC) yang tersambung ke koneksi internet.

Game Memori Google ini bisa dimainkan untuk melatih kemampuan logika dan memori para pemain serta bisa juga dimainkan untuk mengisi waktu luang. Yuk, simak cara main Game Memori Google berikut ini.

Sekilas Tentang Game Memori Google dan Google Mini-Games

game memori google
Sumber: Google.com

Game Memori Google merupakan sebuah game ringan yang masuk ke dalam daftar 10 mini-games yang disediakan oleh Google. Untuk bermain Game Memori Google, pemain tidak memerlukan console game maupun gaming PC atau perangkat mobile dengan spek tertentu. Sebaliknya, pemain hanya memerlukan browser yang terkoneksi dengan internet.

Game Memori Google sendiri memiliki empat karakter hewan laut, yakni ikan buntal, penyu, gurita, dan ubur-ubur. Selain tampilan visual yang menggemaskan, karakter di dalam Game Memori Google juga bisa mengeluarkan bunyi yang berbeda-beda. Bunyi-bunyi karakter inilah yang nantinya akan menjadi fokus utama di dalam permainan.

Selain Game Memori Google, beberapa mini-games lainnya seperti Pac-Man, Tic-Tac-Toe, dan beberapa game lainnya seperti SolitaireMinesweeperSnake, Putar Gasing, dan masih banyak game lainnya yang bisa dimainkan secara gratis. Pastinya beberapa game tadi juga sangat seru untuk dimainkan.

Cara Main Game Memori Google

game memori google
Sumber: Google.com

Cara main Game Memori Google terbilang cukup mudah. Namun, untuk bermain Game Memori Google ini pemain membutuhkan fokus yang tinggi serta ingatan yang baik agar bisa menebak urutan bunyi atau suara dengan tepat.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam Game Memori Google terdapat empat karakter hewan laut yang bisa mengeluarkan bunyi yang berbeda-beda dan pada setiap level permainan, masing-masing hewan tersebut akan mengeluarkan urutan bunyi yang berbeda-beda dan tugas pemain adalah mengulangi urutan bunyi tersebut secara tepat.

Semakin tinggi level permainan, maka kombinasi urutan bunyi yang dikeluarkan oleh keempat karakter tersebut akan semakin sulit dan permainan menjadi semakin menantang, karena selain harus mengingat urutan bunyi dari masing-masing karakter yang ada dalam Game Memori Google, pemain juga harus fokus dalam memilih dan mengingat tampilan visual dari masing-masing karakter yang ada.

Selain seru untuk dimainkan, Game Memori Google ini juga bisa dimaanfaatkan pemain untuk mengasah otak, daya ingat, dan juga fokus yang sejatinya wajib dimiliki oleh seorang gamer.

Nantinya, pemain memiliki kesempatan replay untuk bisa mengulang tantangan apabila pemain melakukan kesalahan di dalam permainan. Selain itu, Game Memori Google ini juga tidak memiliki batasan waktu, sehingga pemain memiliki kesempatan tak terbatas untuk bisa menyelesaikan setiap tantangan yang ada di dalam Game Memori Google.

Jika pemain berhasil menyelesaikan tiap tantangan dalam Game Memori Google dengan tepat dan cepat, maka durasi permainan akan semakin singkat dan permainan Game Memori Google juga bisa lebih cepat ditamatkan.

Tutorial Akses Game Memori Google di Google.com

game memori google
Sumber: Google.com

Cara mengakses dan memainkan Game Memori Google sangat mudah di mana pemain hanya memerlukan perangkat mobile maupun PC yang terhubung ke komputer. Simak tutorial lengkapnya berikut ini.

  1. Buka browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Internet Explorer di perangkat mobile, PC, atau laptop
  2. Ketik kata kunci “Game Memori Google” pada kolom pencarian Google
  3. Tekan Enter, hingga muncul tampilan Game Memori pada halaman situs yang diakses
  4. Pilih tombol Mainkan
  5. Selesai, kamu sudah bisa bermain Game Memori Google

Untuk lebih mudahnya, pemain bisa langsung mengakses Game Memori Google di sini.

Perlu diketahui juga, selain koneksi internet, para pemain Game Memori Google juga harus memastikan audio pada perangkat yang digunakan untuk bermain bisa berfungsi dengan baik. Hal ini dikarenakan Game Memori Google memerlukan akses speaker pada perangkat untuk bisa dimainkan.

Rekomendasi Game yang Mirip Game Memori Google

Saat ini, banyak sekali game memori yang bisa dimainkan oleh para pemain. Beberapa game jenis ini juga tersebar di Google Play Store dan App Store. Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa game memori memiliki banyak peminat dan seru untuk dimainkan.

1. CopyCat – Memory Game
4. CopyCat - Memory Game
Google Play Store: Imgwerx Games

CopyCat merupakan sebuah game memori yang bisa diunduh melalui Google Play Store bagi pemain yang memiliki perangkat AndroidGame yang diciptakan oleh Imgwerx Games ini telah diunduh sebanyak lebih dari 1 juta kali di Google Play Store.

Gameplay yang ada pada CopyCat – Memory Game sangat mirip dengan Game Memori Google di mana pemain harus mengingat urutan bunyi yang muncul pada tiap level permainan.

Nantinya, akan ada empat kotak persegi panjang yang memiliki warna yang berbeda sekaligus mengeluarkan bunyi yang berbeda juga. Pemain memiliki tugas yang sangat mudah, yakni mengulangi urutan bunyi dengan tepat.

Jika kamu mencari rekomendasi game memori yang serupa dengan Game Memori Google, maka CopyCat – Memory Game wajib kamu mainkan.

2. Simon Says – Brain Trainer
Simon Says
Google Play Store: gbunny

Game yang serupa dengan Game Memori Google adalah Simon Says – Brain TrainerGame yang dikembangkan oleh gbunny ini bisa pemain unduh secara gratis melalui Google Play Store.

Game yang terinspirasi dari permainan klasik Simon Says ini mengembangkan format permainan Simon Says sehingga lebih praktis dan bisa dimainkan melalui gadget.

Di dalam Simon Says – Brain Trainer, pemain akan menemukan empat kotak persegi panjang berwarna hijau, merah, kuning, dan biru. Masing-masing kotak tadi akan mengeluarkan bunyi yang berbeda-beda.

Di dalam game memori yang satu ini, pemain juga harus mengulangi pola bunyi yang dikeluarkan oleh masing-masing kotak secara tepat. Simon Says – Brain Trainer tidak memiliki batas waktu, yang artinya pemain bisa terus memainkan game yang satu ini sampai akhirnya melakukan kesalahan.

3. Follow the Frog
Follow the Frog
App Store: Procypher Software Co.

Follow the Frog merupakan sebuah game memori yang mirip dengan Game Memori Google yang bisa dimainkan bagi para pengguna iOS. Pasalnya, game yang satu ini hanya bisa diunduh melalui App Store saja.

Follow the Frog juga merupakan salah satu game ringan yang bisa dimainkan oleh pemain dari berbagai rentang usia. Di dalam game, pemain akan melihat empat karakter katak yang memiliki warna yang berbeda-beda yaitu hijau, merah, biru, dan kuning. Keempat katak tadi juga mengeluarkan bunyi yang berbeda-beda.

Melalui Follow the Frog, pemain bisa mengasah memori dan fokus karena pemain harus bisa mengikuti pola bunyi yang dikeluarkan oleh para katak tadi. Semakin tinggi level permainan, maka akan semakin sulit pola bunyi yang harus diulangi oleh para pemain.

4. Memory Sound
Memory Sound
Google Play Store: JWgames

Game terakhir yang mirip dengan Game Memori Google adalah Memory Sound ciptaan developer JWgames. Memory Sound sendiri telah diunduh sebanyak lebih dari 10.000 kali di Google Play Store.

Secara umum, gameplay dalam Memory Sound sangat sederhana di mana pemain harus bisa mengikuti pola bunyi yang ada secara tepat. Dengan memainkan Memory Sound setiap hari, pemain bisa melatih ingatan sekaligus mengasah otak.

Pada update terbaru yang ada di dalam Memory Sound, pemain bisa menunggah dan membuat bunyi yang nantinya bisa digunakan di dalam permainan.

Nah, itu tadi sekilas tentang Game Memori Google serta cara memainkannya. Melalui Game Memori Google, pemain bisa melatih daya ingat dan fokus serta mengasah otak. Selain itu, Game Memori Google ini juga dijamin seru dan mengasyikan!