7 Tips Meningkatkan Engagement Instagram untuk Membangun Komunitas Gamer

1371
7 Tips Meningkatkan Engagement Instagram untuk Membangun Komunitas Gamer
Photo by Eyestetix Studio on Unsplash

Membangun komunitas gamer yang sukses itu tidak semudah hanya sebatas bersenang-senang dengan bermain game. Untuk membangun komunitas yang solid, ada berbagai hal yang perlu dibangun untuk bisa mendorong tiap anggota untuk bermain bareng, membicarakannya, dan berbagi keseruan bersama.

Untuk bisa mencapai hal ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan terlepas dari apa pun game yang dimainkan atau berapapun orang yang tergabung ke komunitas game yang kamu buat.

Terlepas dari siapa yang menjadi target demografis komunitasmu, baik itu anak muda, gamer kasual, server gaming, ataupun entitas bisnis game; ide untuk meningkatkan engagement ini dapat membantumu untuk menjangkau lebih banyak audiens sekaligus meningkatkan loyalitas mereka.

Nah, berikut ini adalah 7 tips yang bisa kami sarankan bagi para pengembang game, baik itu yang indie developer, maupun yang sudah memiliki model bisnis studio yang berkelanjutan, untuk membangun komunitas game yang berkembang dari bawah ke atas. Teruslah membaca.

7 Tips Meningkatkan Engagement di Instagram

Posting Setiap Hari

Langkah pertama untuk membangun komunitas game yang berkembang adalah mem-posting setiap hari. Hal ini penting dilakukan karena memberikan nilai kepada publik. Jika konten yang dibuat memberikan manfaat, tentu akan membuat orang-orang untuk menanti-nantikannya dan tetap terlibat.

Orang-orang akan lebih cenderung terlibat dengan komunitasmu jika mereka telah tahu seperti apa gaya posting-an atau kepribadianmu.

Dengan mem-posting secara konsisten, kamu dapat membentuk kekhasanmu sendiri dan membuat orang-orang yang mengikutimu merasa menjadi bagian dari geng kamu.

Jika kamu memiliki blog, pastikan kamu menampilkan setiap posting-an blogmu di Instagram dari waktu ke waktu untuk membantu menjaga tingkat keterlibatan (engagement) tetap tinggi.

Streaming Setiap Hari

Aktivitas ini mungkin terdengar seperti saran yang cukup mainstream. Namun, kegiatan ini adalah pokok dari setiap komunitas media sosial yang produktif. Semakin banyak mem-posting, tentu semakin banyak keterlibatan yang akan didapatkan. Jika kamu memutuskan untuk melakukan streaming game di Instagram, pastikan kamu melakukannya setiap hari.

Jangan takut untuk membagikan posting-an komunitas yang berbeda dari apa yang sudah biasa di konsumsi di ruang publik. Pastikan juga kamu mem-posting pada waktu yang tepat agar bisa dilihat banyak orang. Konten unik yang kamu posting Ini bisa membuat orang-orang yang tertarik mendekatkan diri kepadamu dan menciptakan tren baru.

Buat Caption yang Menarik

Ketika berbicara tentang media sosial, teks adalah salah satu elemen terpenting. Mereka membantu menciptakan nada, dan pada beberapa kasus bahkan bisa lebih berpengaruh daripada gambar itu sendiri.

Itulah mengapa kita perlu meluangkan waktu untuk menulis teks yang tidak hanya menarik perhatian pemirsa, tetapi juga memberikan konteks atau informasi berharga tentang postingan tersebut.

Hal ini sangat penting terutama dalam hal Instagram, di mana postingan dengan teks yang bagus cenderung mendapatkan lebih banyak suka dan berbagi.

Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan menulis caption yang bisa mendapatkan engagement, kamu bisa mengikuti kursus yang ada secara daring, seperti yang disediakan oleh Flick. Ketrampilan ini bisa kamu latih untuk membuat teks yang efektif dan menarik.

Oleh sebab itu, mulai sekarang jika kamu ingin membuat konten Instagram yang bisa viral di komunitas gamer, pastikan kamu sudah mempersiapkan caption yang sangat menarik dan mengajak orang untuk berinteraksi.

Buat Acara Mingguan

Acara mingguan adalah cara yang bagus untuk menjaga komunitasmu tetap teratur dan terlibat. Kamu bisa menyelenggarakannya sendiri atau mencari mitra secara online. Acara mingguan ini dapat membuat komunitasmu tetap aktif dan bersemangat tentang apa yang sedang terjadi di lingkungan komunitas gamer.

Di acara ini, kamu tidak harus selalu mengedepankan game favoritmu. Kamu bisa juga merangkul mereka yang berasal dari game lain untuk turut meramaikan komunitasmu, misalnya dalam bentuk kolaborasi event.

Ikut Member Komentar pada Konten Komunitas

Cara terbaik untuk menumbuhkan audiens adalah dengan mengomentari konten mereka.

Namun, kamu harus terlebih dahulu mem-posting gambar atau video yang relevan dengan minat komunitas. Relevan berarti bisa mereka tangkap, pahami, dan konsumsi. Relevansi ini akan membantu mendorong orang lain untuk bermain, berbicara, dan berbagi lebih banyak dengan komunitasmu.

Buat Acara Game Berhadiah

Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan dan mendorong keterlibatan juga adalah dengan menawarkan konten gratis. Dengan memberikan hadiah kepada para follower kamu, mereka akan merasa terdorong untuk terus datang kembali untuk mendapatkan lebih banyak.

Ada banyak jenis hadiah yang bisa kamu coba, tetapi salah satu yang mungkin bisa kamu mulai adalah dengan event fun match dari game online yang dimainkan oleh banyak anggota komunitas.

Misalnya, jika kamu bermain Fortnite, maka kamu bisa mengadakan turnamen kecil-kecilan yang dapat diikuti orang dengan mengisi alamat email mereka di situs web atau aplikasmu.

Kamu juga bisa membuat kontes trivia di mana orang harus menjawab pertanyaan tentang permainan atau membagikan momen favorit mereka di media sosial untuk memenangkan hadiah.

Ide lain adalah membuat perburuan untuk suatu item tertentu dalam game yang langka atau sulit ditemukan. Jenis giveaway ini akan mendorong para gamer untuk lebih fokus mendedikasikan waktunya terhadap gaming demi mendapatkan item dan hadiah yang ditawarkan.

Kumpulkan Ulasan Positif

Salah satu cara terbaik untuk membangun komunitas yang berkembang adalah dengan mendorong umpan balik. Mendorong ulasan (dan peringkat dari suatu game) dapat membantumu mempelajari apa yang disukai dan tidak disukai audiens tentang game yang kamu kembangkan.

Peringkat positif tidak hanya mendorong orang lain untuk mencoba game yang kamu buat, tetapi juga menciptakan rasa percaya yang akan dimiliki pengguna lain terhadap produk Anda. Ketika orang merasa lebih percaya, mereka cenderung bermain lagi atau mulai mengikutimu di media sosial.

Aktif dalam Percakapan Grup

Berpartisipasi dalam diskusi kelompok tentang permainan yang dimainkan bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun basis pengikutmu. Jika kamu ingin membuat pengikutmu bersemangat dan terlibat, maka sekaranglah saatnya untuk memimpin diskusi.

Ini tidak hanya akan menunjukkan bahwa kamu peduli dengan pendapat mereka, tetapi juga memberi mereka kesempatan untuk berbagi pengetahuan mereka sendiri dengan orang lain.

Kuncinya adalah aktif dalam percakapan grup. Kamu tidak harus menjadi orang yang selalu memiliki sesuatu yang berwawasan untuk dikatakan tetapi dengan terjun ke percakapan di berbagai titik, kamu bisa membuat komunitasmu tetap terlibat sambil juga memberitahukan mereka yang tidak ada di ruang obrolan kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang perlu mereka ketahui.

Akhir Kata

Mengembangkan komunitas game online adalah cara yang bagus untuk tetap terlibat dengan mereka yang memainkan game-mu. Dengan menggunakan kiat-kiat Instagram ini, diharapkan dapat membantumu memiliki komunitas yang menyenangkan dan berkembang sambil juga meningkatkan pendapatanmu.

banner iklan esportsnesia