Wajib Tahu! Begini 4 Cara Melihat ID Mobile Legends Beserta Server

53
cara melihat id mobile legends
Facebook: Mobile Legends: Bang Bang

Apakah kamu seorang pemain baru Mobile Legends yang belum mengetahui cara melihat ID Mobile Legends kamu? Atau kamu juga belum tahu cara melihat server akun kamu? Jika kamu lupa ID Mobile Legends dan ingin mengetahui cara melihat ID Mobile Legends di akun lama milikmu, maka kamu harus membaca beberapa cara melihat ID Mobile Legends berikut ini.

Artikel ini akan membahas berbagai cara melihat ID Mobile Legends di akun baru bagi pemain Mobile Legends pemula, cara melihat ID Mobile Legends di akun lama yang telah hilang, serta beberapa cara melihat ID Mobile Legends yang sangat wajib kamu ketahui agar kegiatan bermain Mobile Legends kamu bisa berjalan lancar.

Ketahui Pentingnya ID dan Server Mobile Legends

Fungsi ID Mobile Legends
cara melihat ID mobile legends
Google Play: Moonton

Mobile Legends merupakan sebuah game yang memumingkan para pemain menggunakan nickname atau In Game Name (IGN) agar bisa dikenali oleh pemain lainnya. Namun, satu nickname di dalam Mobile Legends bisa digunakan oleh beberapa pemain, sehingga nickname antara satu pemain dengan pemain lainnya bisa saja sama.

Persamaan inilah yang terkadang membuat para pemain Mobile Legends umumnya kesulitan untuk menemukan teman mereka di dalam permainan Mobile Legends karena memiliki nickname yang sama. Oleh karena itu, user ID Mobile Legends dibuat sebagai identitas unik pemain yang membedakan antara satu pemain dengan pemain lainnya.

Karena Mobile Legends merupakan game yang mengusung genre multiplayer, ID Mobile Legends ini juga sangat berguna jika kamu ingin mengundang teman untuk main bareng (mabar) Mobile Legends bersama-sama.

Selain itu, kamu juga bisa membeli diamond di dalam Mobile Legends yang nantinya bisa digunakan untuk membeli skin hero yang kamu sukai serta menunjang pemain di dalam permainan. Untuk bisa membeli diamond, kamu harus melakukan top up diamond terlebih dahulu dengan memasukkan ID Mobile Legends milikmu.

Apa Itu Server dalam Mobile Legends?
cara melihat ID mobile legends
Facebook: Mobile Legends: Bang Bang

Bagi para pemain pemula Mobile Legends, bagian penting yang perlu diketahui dari game yang satu ini adalah Server. Pada tahun 2020, kabarnya Mobile Legends sudah memiliki lebih dari 700 Server yang tersebar di 135 negara atau wilayah dan telah diterjemahkan ke dalam 23 bahasa.

Kemudian, selain di Indonesia, Moonton memiliki beberapa basis Server yang tersebar di beberapa negara seperti Singapura, Filipina, Malaysia, Myanmar, Cina, dan Brasil. Masing-masing Server mempunyai ID yang berbeda. Hal ini ditujukkan agar sistem dapat lebih mudah mengenali akun pemain.

Fungsi lainnya dari ID dan Server ini adalah untuk membeli diamond pada layanan pihak ketiga seperti CodashopUnipin, dan Duniagames.co.id. ID dan Server ini nantinya akan berfungsi sebagai alamat pengiriman diamond yang telah dibeli.

Terakhir, jika akun Mobile Legends milikmu hilang atau dibajak oleh orang lain, maka ID Server dan akun milikmu bisa kamu gunakan untuk menghubungi pihak Moonton guna melaporkan permasalahan yang sedang kamu hadapi.

Nah, sekarang kita masuk ke empat cara melihat ID Mobile Legends milikmu. Silakan disimak baik-baik, ya.

Cara melihat ID Mobile Legends #1 – Tutorial Bagi Pemain Pemula

Khusus untuk pemain pemula Mobile Legends, ada dua cara melihat ID Mobile Legends dan nomor Server milikmu, yakni melalui halaman profil akun dan tampilan loading Mobile Legend. Simak tutorialnya berikut ini.

Cara melihat ID Mobile Legends melalui halaman profil:
  1. Masuk ke dalam game Mobile Legends
  2. Pilih avatar profil untuk melihat profil milikmu
  3. Masuk ke halaman profil milikmu
  4. Lihat seluruh informasi akun milikmu mulai dari nickname, status rank, user ID, dan Server
Cara melihat ID Mobile Legends melalui tampilan loading:
  1. Masuk ke dalam game Mobile Legends
  2. Tunggu hingga tampilan loading muncul
  3. ID Mobile Legends dan Server bisa dilihat di pojok kanan atas

Perlu diketahui, ID Mobile Legends biasanya terdiri dari delapan atau sembilan digit angka diikuti dengan empat digit angka di dalam kurung yang merupakan server. Contohnya ID: 91764002(2188).

Cara melihat ID Mobile Legends #2 – Tutorial Jika Lupa Akun atau Akun Hilang

Bagi kasus yang satu ini, biasanya para pemain yang sudah memiliki akun Mobile Legends lupa untuk mencatat atau mengingat ID Mobile Legends dan juga nomor Server miliknya atau masalah lainnya, hingga pemain mencari berbagai cara melihat ID Mobile Legends untuk mengembalikan akun lamanya.

Ada tiga cara melihat ID Mobile Legends pada akun lama milikmu. Berikut beberapa cara melihat ID Mobile Legends yang bisa kamu lakukan.

Cara melihat ID Mobile Legends melalui Galeri Smartphone
  1. Buka galeri foto pada smartphone milikmu
  2. Cari tangkapan layar yang berisi informasi ID Mobile Legends dan info Server pada menu profil Mobile Legends
  3. Jika tidak ada di galeri, silakan cek back up foto melalui Google Photos di smartphone milikmu
Cara melihat ID Mobile Legends melalui Akun Media Sosial yang Terhubung
  1. Log in ke akun Mobile Legends secara manual
  2. Pilih switch account
  3. Pilih akun sosial media yang sudah terhubung ke akun Mobile Legends, seperti Google dan Facebook
Cara melihat ID Mobile Legends melalui Customer Service
  1. Buka akun Mobile Legends baru milikmu
  2. Pada halaman Home atau Main Lobby Mobile Legends, klik profil akun Mobile Legends
  3. Pilih logo orang menggunakan headset untuk bisa terhubung ke layanan customer service
  4. Pilih opsi laporan yang ingin disampaikan

Selain itu, untuk mengetahui cara melihat ID Mobile Legends dan pertanyaan lain yang kalian ingin ajukan ke Customer Service Mobile Legends, kalian bisa menghubungi akun media sosial resmi milik Mobile Legends.

Cara Melihat ID Mobile Legends #3 – Melihat ID Mobile Legends Milik Teman

Istilah Mabar atau Main Bareng tentunya sangat familiar di kalangan pemain Mobile Legends. Untuk bisa mengundang teman ke dalam permainan, tentunya kamu harus sudah terlebih dahulu mengetahui cara melihat ID Mobile Legends milik temanmu.

  1. Pada halaman Home atau Main Lobby Mobile Legends, klik ikon tambahkan teman di pojok kanan bawah yang berada di tengah-tengah tiga ikon lainnya
  2. Minta ID Mobile Legends milik temanmu
  3. Pilih opsi “Tap untuk Memasukkan Nama atau ID
  4. Paste akun ID Mobile Legends milik temanmu, lalu klik OK
  5. Pilih “Cari ID
  6. Temukkan akun milik temanmu dan pilih Follow
  7. Minta temanmu untuk Follow Back untuk bisa main bareng

Cara Melihat ID Mobile Legends #4 Top Up Diamond

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, diamond memberikan banyak keuntungan bagi pemain, salah satu di antaranya adalah pemain bisa membeli skin yang mereka inginkan serta keuntungan lainnya yang membantu mereka memenangkan permainan di Mobile Legends.

Cara melihat ID Mobile Legends ini tentunya perlu diketahui oleh pemain yang ingin melakukan top up diamond ke akun Mobile Legends miliknya. Berikut cara yang bisa diikuti.

  1. Pastikan smartphone milikmu terkoneksi dengan internet
  2. Buka aplikasi Mobile Legends dan tap profil pada bagian kiri atas layar
  3. Tap menu account dan pada bagian kanan atas layar, akan muncul keterangan “Account ID
  4. Catat baik-baik nomor ID Mobile Legends dan Server milikmu
  5. Top up diamond untuk akun Mobile Legends milikmu di penyedia seperti UniPin Indonesia

Itu tadi beberapa cara melihat ID Mobile Legends yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhanmu dalam bermain. Semoga beberapa tutorial cara melihat ID Mobile Legends di atas bisa memudahkan kamu dalam bermain Mobile Legendsya!