Yuk Kenalan dengan Tim Juara MPL PH Season 1 hingga Season 9 (Update 2022)

66

Tidak terasa warga Filipina sudah mau memasuki MPL PH Season 10, sama seperti kita yang juga akan segera menyambut MPL ID Season 10. Para pemenang MPL dari tiap negara nanti akan kembali bertanding di ajang yang lebih tinggi yaitu M4 World Championship 2022. Nah biar tidak bingung nanti, sudah kenal belum siapa-siapa saja tim juara MPL PH dari season-season sebelumnya?

Dari tahun ke tahun, permainan MLBB (Mobile Legends: Bang Bang) semakin banyak penggunanya. Baik itu mulai dari orang dewasa hingga anak-anak saat ini pasti tidak asing dengan game ini.

Saat ini juga telah banyak berdiri organisasi esports profesional yang berisikan anak muda pilihan dengan bakat super saat bermain game salah satunya game MLBB. Mereka saling adu skill saat dipertemukan saat turnamen ML berlangsung. Fenomena ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara. Salah satunya adalah Filipina yang turut merayakan kemajuan industri esports ini.

Sekilas tentang MPL PH

MPL PH talent
Instagram @mpl.ph

MPL merupakan singkatan dari Mobile Legends Professional League. Sedangkan PH merupakan singkatan dari Philippines. Dengan demikian MPL PH merupakan sebuah turnamen Mobile Legends tingkat profesional yang berlokasi di negara Filipina dan diselenggarakan oleh Moonton.

Hingga saat ini, MPL PH telah berhasil dilaksanakan sebanyak 9 season. Season terakhirnya dilaksanakan sejak 18 Februari 2022 hingga 1 Mei 2022, dan memperebutkan hadiah sebesar USD 150,000.

MPL PH telah rutin dilaksanakan dan kini telah memasuki MPL PH Season 10 yang akan dimulai pada tanggal 12 Agustus 2022 ini.

Siapa saja sih tim juara MPL PH dari tahun ke tahun? Apakah pemenangnya monoton hanya itu-itu saja, ataukah setiap season selalu berganti pemenang karena setiap team yang mendaftar selalu meng-upgrade skill-nya masing-masing? Yuk simak sampai habis ya.

Juara MPL PH dari Season 1 – Season 9

Juara MPL PH Season 1: Aether Main

tim juara mpl ph season 1 aether main

Juara MPL PH Season pertama ini dimenangkan oleh Aether Main. Team terkuat ini ternyata berhasil berhasil juara setelah berhasil mengalahkan team Digital Devils Pro Gaming (DDPG) dengan skor yang sungguh memuaskan yaitu 3-0.

Aether Main mengungkapkan bahwa strategi yang mereka gunakan cukup sederhana namun sangat efektif melumpuhkan lawan. Mereka memilih hero-hero yang mengejutkan lawan. Hal ini merupakan kunci keberhasilan mereka yang mendominasi sehingga keluar menjadi juara.

Roster dalam tim Aether Main saat menjadi juara MPL PH Season 1 terdiri dari Coco, Yuji, YellyHaze, 666, Pein, Ribo.

Juara MPL PH Season 2: Cignal Ultra

Juara MPL PH Season 2: Cignal Ultra

Cignal Ultra adalah tim esports yang berhasil keluar menjadi juara MPL PH Season 2 yang diadakan di Ayana Malls Circuit, Makati. Kemenangan ini sungguh tidak mengejutkan.

Hal ini dikarenakan track record dari tim Cignal Ultra yang beberapa kali kalah saat melawan Bren Esports. Ketika final berlangsung, kekalahan yang dahulu telah menjadi sumber pelajaran hingga akhirnya mereka berhasil memenangkan permainan dengan skor akhir 3-1.

Roster dalam tim Cignal Ultra saat menjadi juara MPL PH Season 2 terdiri dari Yakou, Tets, Dee, Pheww, Dysania, dan Eson.

Juara MPL PH Season 3: ArkAngel

Juara MPL PH Season 3: ArkAngel

ArkAngel adalah tim juara yang berhasil mengalahkan tim-tim lainnya saat MPL PH Season 3 berlangsung dengan 10 tim peserta. Acara ini berlangsung di Le Pavillon, Pasay City.

Saat Season 3 ini, ArkAngel adalah tim yang cukup mendominasi permainan. Di babak akhir ia dapat mengalahkan Bren Esports dengan skor kemenangan 3-2.

Roster dalam tim ArkAngel saat menjadi juara MPL Filipina Season 3 terdiri dari JeffQT4ever, Lusty, Ryo, Jay, Killuash.

Juara MPL PH Season 4: Sunsparks

Juara MPL PH Season 4: Sunsparks

Sunsparks berhasil menyabet Juara MPL PH Season 4 yang berlangsung di SMX Convention Center, tepatnya di daerah Pasay City.

Tim Sunsparks sangat jago dan berhasil keluar menjadi juara setelah berhasil melewati pertandingan sengit melawan ONIC PH dengan skor akhir 3-2. Tidak hanya itu, salah satu atletnya, yaitu Jaypee pun berhasil mendapat titel Regular Season MVP pada ajang ini.

Roster dalam tim Sunsparks saat menjadi juara MPL PH Season 4 terdiri dari Fuzaken, Renzio, Jaypee, Rafflesia, Kielvj, dan Eskii.

 Juara MPL PH Season 5: Sunsparks

Juara MPL PH Season 4: Sunsparks

Tim Sunsparks berhasil mempertahankan gelar juaranya pada MPL PH Season 5 ini. Setelah sebelumnya tim ini berhasil memenangkan Season 4. Ternyata semangat mereka tetap membara dan skill-nya justru semakin meningkat.

Sama seperti pertandingan di Season sebelumnya. Pada laga final mereka kembali di pertemukan dengan ONIC PH. ONIC yang terlihat seperti belum sepenuhnya belajar dari kekalahan Season sebelumnya, kembali dikalahkan oleh Sunsparks dengan skor yang lebih sengit, yaitu 3-2. Pertandingan berlangsung di SMX Convention Center, Pasar City.

Roster dalam tim Sunsparks saat menjadi juara MPL PH Season 5 terdiri dari Greed, Renzio, Jaypee, Kielvj, dan Rafflesia.

Juara MPL PH Season 6: Bren Esports

Juara MPL PH Season 6: Bren Esports

Bren Esports adalah tim yang tak kenal dengan yang namanya menyerah. Setelah berulang kali masuk ke final namun kandas di saat selangkah lagi menuju kemenangan di MPL PH sebelum-sebelumnya. Akhirnya di Season ke-6 ini mereka berhasil keluar sebagai juaranya.

OMEGA Esports dinyatakan kalah setelah Bren Esports berhasil mencetak skor 4-2. Roster dalam Bren Esports saat menjadi juara MPL PH Season 6 terdiri dari Ribo, Pheww, KarlTzy, Lusty, FlapTzy, dan Ejhay.

Juara MPL PH Season 7: Blacklist International

Juara MPL PH Season 7: Blacklist International

MPL PH Season 7 telah menemukan penguasa baru Land of Dawn yang berasal dari Filipina. Penguasa baru tersebut tidak lain adalah tim Blacklist International. Sebagai pendatang baru, tim Blacklist International memiliki track record gemilang.

Mereka berhasil melaju hingga babak grand final dan mengalahkan pesaingnya yaitu Execration dengan skor 4-3.

Roster dalam Blacklist International saat menjadi juara MPL PH Season 7 terdiri dari Edward, DEX Star, Wise, OhMyV33nus, ESON, dan OHEB.

Juara MPL PH Season 8: Blacklist International

Juara MPL PH Season 7: Blacklist International

Kembali menjadi juara bertahan setelah memenangkan MPL PH Season 7. Kali ini Blacklist International kembali menang setelah berhasil membawa tim mereka menang dengan skor akhir 4-1 melawan ONIC PH yang saat itu sedang naik daun.

Tidak tanggung-tanggung, atlet dari Blacklist International yang beralias Hadji ini juga menyabet penghargaan MVP untuk Regular Season dan Playoff.

Roster dalam Blacklist International saat menjadi juara MPL PH Season 8 terdiri dari Edward, DEX Star, Wise, OhMyV33nus, ESON, Hadji, dan OHEB.

Juara MPL PH Season 9: RSG PH

Juara MPL PH Season 9: RSG PH

MPL PH Season 9 yang dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2022 hingga 1 Mei 2022 ini menyediakan total hadiah bagi pemenangnya sebesar $150.000 USD.

RSG PH berhasil keluar sebagai juara MPL PH Season ini. Meskipun roster di tim mereka nihil pemain bintang, mereka tetap tak gentar dan tak pantang menyerah untuk membawa gelar juara.

Meskipun cenderung diremehkan karena mereka baru dan belum terlalu terkenal, nyatanya mereka berhasil membuktikan bahwa tim ini berisikan banyak pemain muda dengan bakat yang sempurna berkat bantuan pelatih senior dari Korea Selatan.

RSG PH tercatat hanya menelan kekalahan sebanyak dua kali saat pertandingan Regular Season dan hanya tumbang sekali sepanjang game playoff berlangsung.

Tim esports RSG Phillipines ini diperkuat oleh: Nathzz, Demonkite, Aqua, EMANN, Kenji, Kousei, Exort, Wrecker, Heath, dan Light.


Nah, itu dia perkenalan sirkuit esports bergengsi Mobile Legends di negara Filipina. Tidak kalah seru dengan Indonesia juga kan?

Mengingat banyaknya pemain Filipina yang didatangkan untuk bertanding di MPL Indonesia, tentu ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengenal dari tim mana mereka berasal agar bisa kita analisis performanya.