Apa itu CS:GO?

2
1359
Apa Itu CS:GO? (Sumber gambar: counter-strike.net)
Apa Itu CS:GO? (Sumber gambar: counter-strike.net)

Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) adalah sebuah video game dengan kategori first-person Shooter (FPS) yang dirilis pada tahun 2012 dengan berbagai game mode yang bervariasi, baik itu yang dibuat oleh Valve ataupun community CS:GO. Tulisan ini bertujuan untuk membantu Anda berkenalan dengan apa itu CS:GO.

Informasi Dasar Permainan

Hal yang pertama yang perlu dilakukan adalah melihat key binding atau pengaturan keyboard kita. Pastikan tombol di keyboard kita akan sesuai dengan perintah yang ingin kita berikan dan kita juga harus menghafal lokasi tombol-tombol penting di keyboard beserta apa isi perintah di tombol itu. Setelah itu, mulai mencari server, cari pilihan find a game di halaman depan Counter-Strike kemudian pilihlah mode permainan yang tersedia, seperti deathmatch.

Tampilan Utama Permainan CS:GO (Sumber gambar: team-dignitas.net)
Tampilan Utama Permainan CS:GO (Sumber gambar: team-dignitas.net)

Setelah masuk ke dalam permainan, tekan tombol shortcut default ‘B’ untuk buy weapon. Cobalah setiap jenis senjata. Juga penting untuk tahu cara melakukan spray dengan terus menahan klik pada mouse kiri Anda, biasanya untuk penggunaan senapan utama tiap tim, seperti senjata AK-47 untuk tim terrorist dan M4A4 untuk kubu counterterrorist.

Di mode permainan death-match kita akan latihan dan belajar bagaimana merespon pada saat ditembak dan juga melatih skill akurasi menembak kita.

Setelah cukup bermain di deathmatch sampai merasa lancar untuk menembak, bergerak dan melakukan hal-hal dasar lainnya, sekarang kita berpindah ke mode casual. Di mode ini akan dipelajari bagaimana cara untuk memasang atau menonaktifkan sebuah bom, bagaimana cara kerja uang di game, dan yang paling penting adalah penyusunan strategi!

Bagaimana Cara untuk Memenangkan Permainan?

Setelah memainkan beberapa macth dan mengumpulkan experience untuk naik level, berikutnya kita bisa memainkan mode competitive jika sudah mencapai level 3. Banyak pemain bermain mode ini setelah mencapai level 3.

Mode competitive itu adalah permainan 5 lawan 5 yang memperebutkan jumlah kemenangan paling banyak dari 30 round­. Misi untuk memenangkan permainan adalah sebagai berikut:

Untuk terrorist:
  • Membunuh semua orang di tim counterterrorist sebelum waktu berakhir, atau
  • Memasang bom dan sukses meledakkannya.
Untuk counterterrorist:
  • Berhasil menjinakkan bom yang dipasang oleh tim terrorist, tanpa mempedulikan berapa anggota terrorist yang masih hidup, atau
  • Membunuh semua orang di tim terrorist sebelum mereka memasang bom, atau
  • Mengulur permainan dengan menghabiskan waktu dalam sebuah ronde permainan sebelum tim terrorist memasang bom ataupun membunuh semua anggota tim counterterrorist.

Apa itu Maps?

CS:GO mempunyai banyak varian peta permainan dan sangat disarankan untuk mencoba semua map yang ada dan belajar untuk menavigasikan area-area penting di setiap map tersebut. Di tengah banyaknya map yang ada, terdapat 3 map utama yang harus dikuasai sebelum mulai bermain mode competitive.

de_dust2 salah satu map CS:GO yang paling populer
de_dust2 salah satu map CS:GO yang paling populer
  • Dust 2: Map yang paling sering dimainkan. Banyak alasan kenapa map ini sering dimainkan, salah satunya adalah karena map ini mempunyai tingkat keseimbangan antar tim yang hampir sempurna. Map ini juga menawarkan kombinasi strategi yang sangat banyak, seperti mendorong para terrorist dan juga counterterrorist untuk segera mengambil posisi setelah spawning. Map ini sangat sering dijumpai!
  • Mirage: Map yang terkenal karena memiliki banyak kesamaan dengan Dust 2, namun memiliki tingkat popularitas yang berbeda jauh dengan Dust 2. Ini adalah map paling terkenal nomor dua. Map ini perlu dipelajari khususnya untuk pemain baru.
  • Nuke: Map yang mempunyai banyak kekurangan tapi juga sering dimainkan karena mempunyai banyak perbedaan dengan Dust 2 dan Mirage. Map ini mempunyai banyak potensi jika dikuasai, meskipun map ini juga cenderung untuk menguntungkan kubu counterterrorist.

Strategi Bermain

Strategi bermain CS:GO sangatlah beragam, bergantung dari tingkat kemampuan dan juga koordinasi setiap anggota tim yang bisa menciptakan strategi sesederhana mungkin hingga sekompleks mungkin. Strategi yang disusun bisa seperti langsung berlari atau ‘rush‘ ketika permainan baru dimulai untuk mengamankan area tertentu di map dan sekelilingnya untuk mengalihkan dan memancing musuh. Pengalaman dan keahlian bermain akan bertambah dengan sendirinya sejalan kita bermain. Perlahan-lahan kamu akan dapat mengenali medan serta memilih strategi yang sesuai dengan berbagai situasi dan kondisi.

Baca juga:  Apa Itu League of Legends?

Kamu juga perlu membiasakan diri untuk tidak terlalu menyebar ketika mencari musuh. Biasakan untuk mencari musuh secara berkelompok. Hindari melawan musuh satu per satu, karena jauh lebih mudah untuh melawan 1 orang daripada melawan 3 orang sekaligus.

Jika sedang dalam posisi defending, bentuk sebuah formasi yang memancing tim musuh bergerak menuju tempat terbuka untuk menembak tim kita, dan sebaliknya, jangan berkeliaran di tempat terbuka yang bisa menjadi sasaran tembak berbagai arah.

Salah satu formasi yang bagus untuk defending sebagai counterterrorist (CT) adalah bersembunyi pada dinding yang bisa melindungi badan dari satu sisi atau pada objek-objek yang dapat melindungi sebagian badan kita (kotak-kotak kecil yang lebih rendah dari dada badan). Sedangkan untuk positioning, usahakan agar sesama anggota tim saling menghadap satu sama lain agar bisa mengantisipasi musuh yang datang dari belakang.

Di dalam permainan, terdapat beberapa strategi yang umumnya hanyalah varian dari strategi yang ada: Rush B, Split-Rush A, Work A Slow, Work B Slow. Huruf “A” atau “B” menandakan lokasi tujuan dari strategi yang akan dilakukan; Rush memiliki arti untuk segera bergerak menuju ke lokasi; Split mengisyaratkan untuk berpencar. Sementara work slow bermaksud untuk berjalan dengan pelan agar musuh dapat duluan mengamankan suatu daerah asalkan tim kita bergerak secara hati-hati ke lokasi bom.

Sistem Ekonomi Permainan

Dalam suatu competitive match, perbedaan antara menang dan kalah itu dapat dilihat dari kondisi ekonomi tim selama permainan. Hal penting yang harus kita pahami tentang perekonomian dalam CS:GO competitive match adalah bahwa uang yang dipakai itu bukanlah uang milik pemain individu, melainkan uang milik tim secara keseluruhan. Jika ada anggota satu tim yang tidak memiliki cukup uang untuk membeli rifle sementara kita punya uang lebih dari $8000, maka itu menjadi tugas kita untuk membelikan dia rifle.

Di sisi persenjataannya, juga dibutuhkan strategi untuk tidak sembarangan membeli senjata. Full eco, Pistol eco, SMG/Shotgun eco, dan lain sebagainya adalah beberapa strategi yang bisa dipakai baik oleh tim terrorist maupun CT.

Ekonomi CS:GO (Sumber gambar: clutchround.com)
Ekonomi CS:GO (Sumber gambar: clutchround.com)

Permainan dimulai dengan setiap orang memiliki uang $800 beserta pistol bawaan permainan. Untuk setiap ronde yang dimenangkan, kita akan mendapat $3250 kecuali untuk ronde yang berakhir dengan bom yang meledak atau dijinakkan, karena ini akan memberi $3500 kepada tim yang menang.

Jika kalah dalam sebuah ronde, kita akan mendapat $1400. Jika kalah lagi, akan mendapat loser bonus sebelumnya dengan uang tambahan $500. Hal ini akan terus berulang hingga mencapai nilai maksimum dari loser bonus setelah 5 putaran, yaitu $3400 hingga berhasil memenangkan sebuah ronde.

Lebih jauh lagi, jika berhasil melakukan kill pada musuh, kita akan mendapat reward sebesar $300. Reward kill tersebut bergantung pada jenis senjata yang kita gunakan. Hadiah kill terbesar adalah $1500 yang didapat jika melakukan kill dengan menggunakan knife. Hadiah terbesar berikutnya adalah $900 untuk kill yang menggunakan senjata shotgun, dan $600 untuk kill menggunakan senjata SMG. Terdapat beberapa pengecualian untuk hal ini. Menggunaan CZ-75-Auto ataupun AWP hanya akan memberi $100. Sedangkan P90 akan memberi $300, dan Zeus x27 $0.

Pengecualian ini dibuat untuk memberi keseimbangan dalam permainan agar senjata yang tersedia memiliki manfaat yang sebanding dengan harga dan penggunaannya. Menanam atau menjinakkan bom akan memberi $300 kepada pemain yang mengeksekusinya. Jika sukses menanam bom namun kalah di ronde tersebut sebagai tim terrorist, akan mendapat hadiah $800 untuk setiap pemain.

Apa itu Movement?

Movement atau gerakan langkah hampir sama pentingnya dengan kemampuan membidik dan menembak. Jika berjalan sambil melakukan tembakan, tingkat akurasi akan berkurang, meskipun beberapa senjata seperti SMG kurang terpengaruh oleh efek ini, tapi untuk beberapa senjata seperti AK, akan kehilangan tingkat akurasi yang signifikan.

Baca juga:  Apa Itu Arena of Valor?

Berlari, mengikuti tangga dan melompat juga memperburuk akurasi. Melakukan sneaking dengan crouch walking akan membantu akurasi sehingga lebih konsisten dalam menembak. Tembakan kita paling akurat pada saat berjongkok dan berdiri diam. Jika kita ingin bergerak, tapi tidak ingin mengorbankan akurasi, kita harus belajar bagaimana melakukan counter-strafe.

Strafing, secara umum, dilakukan saat kita menekan tombol gerakan ke samping pada keyboard kita. Jika kita hanya tekan sekali, kita akan bergerak sedikit ke samping. Seperti yang kita sadari sekarang, game ini hanya memungkinkan kita menembak secara akurat hanya pada saat kita tidak bergerak, lebih tepatnya saat kita diam di tempat. Oleh karena itu, kita dapat menekan tombol berlawanan dari arah yang kita gunakan untuk melakukan perubahan arah yang hampir instan, di mana kita akan diam sebentar. Jika kita mulai menekan tombol pada waktu yang tepat, kita akan melihat bahwa kita akan segera mendapatkan beberapa tembakan yang akurat.

Kita juga bisa menggunakan counter-strafe untuk segera membatalkan gerakan kita saat ini, karena ini lebih cepat daripada melepaskan tombol gerakan kita.

Audio dalam Permainan

Audio adalah hal yang sangat berpengaruh, dan bisa memberi keuntungan besar dalam permainan. Ada banyak hal yang kita bisa dengar, salah satunya suara orang yang sedang melakukan reloading, menjatuhkan barang (termasuk C4), melempar granat, scoping, berlari, jatuh dari posisi tinggi, membungkuk dan bahkan ketika ada yang melepaskan peredam suara senapan M4A1-S.

Penting untuk dicatat bahwa kita mendapat petunjuk audio lebih keras jika kita membidik atau menghadap sesuatu, terlepas dari dinding tersebut ada sumbernya atau tidak. Ingat bahwa ada jarak maksimum untuk suara yang  berarti kita tidak dapat mendengar suara tertentu setelah kita menjauh sebanyak beberapa unit dari asal suara. Cobalah mengingat semua ini saat kita sedang mendengarkan rush ke B Bombsite di Dust 2, misalnya.

Apa itu Radar?

Radar adalah penglihatan gabungan dari seluruh anggota tim. Kita bisa melihat arah dan lokasi musuh di map. Jika bermain sebagai terrorist, kita bisa melihat lokasi bom dan juga si pembawa bom, sementara jika bermain sebagai counterterrorist, kita bisa melihat bom di radar selama teman satu tim melihatnya. Hal-hal aneh kadang muncul di radar, karena mekanisme untuk mendeteksi musuh di Counter-Strike tidak sesederhana yang kita pikirkan. Agar sesuatu muncul di radar kita, kita harus membidik sasaran yang ingin kita tampilkan di radar.

Senjata dalam Permainan

CS:GO memiliki beragam senjata yang dipisahkan menjadi 4 kategori: pistol, SMG, rifles, dan heavy weapons.

Setiap senjata memiliki harga yang berbeda-beda, dan senjata yang berbeda harus dibeli dalam situasi yang berbeda. Misalnya, jika sebuah tim kalah dalam beberapa round berturut-turut, mereka mungkin hanya perlu membeli pistol (atau tidak sama sekali) untuk mendapatkan lebih banyak uang untuk membeli rifles di babak berikutnya.

Beberapa senjata populer yang sering dipilih setiap game, senjata ini sangat penting untuk di kenali dan di pelajari bagi pemain baru, untuk lebih mudah menyesuaikan kondisi ketika menghadapi musuh ataupun bekerja sama dengan teman satu tim.

Senjata yang umum digunakan oleh tim terrorist : AK-47, AWP, Tec-9, P-90, Mac-10, Galil. Senjata yang umum digunakan oleh tim counterterrorist: M4A4/M4A1-S, AWP, Famas, Cz-75, P-90.

Senjata tersebut cukuplah penting bagi pemain baru untuk dapat menggunakan dan menguasainya. Terdapat banyak maps yang didesain khusus untuk pemain baru berlatih menembak dan menguasai permainan, dibandingkan dengan bermain di match normal.

Pistols

Kegunaan pistol di CS:GO sangatlah dinamis, dan beberapa pistol bisa melakukan one-shot headshot kills di jarak apapun. Tim terrorist mulai dengan Glock-18 (mereka mendapatkannya dengan gratis setiap putarannya) dan memiliki akses eksklusif ke Tec-9, sementara tim counterterrorist dapat memilih untuk memulai dengan P2000 atau USP-S dan memiliki akses eksklusif ke Five-SeveN. Kedua tim memiliki akses ke P250, Dual Berettas, CZ75 Auto, dan Desert Eagle atau R8 Revolver. Pemain dapat memilih Desert Eagle atau R8 Revolver tergantung pada gaya permainan mereka.

Baca juga:  Apa Itu StarCraft 2?

P250, Five-SeveN dan CZ bisa mendapatkan one-shot headshot kills di jarak dekat bahkan untuk musuh yang memiliki armor. Desert Eagle (biasa disebut “deagle”) dan R8 bisa mendapatkan headshots pada jarak berapapun. Semua pistol, kecuali Glock, bisa menghasilkan headshot satu tembakan pada jarak sejauh apapun terhadap target yang tidak dilapisi armor. Glock juga bisa mendapatkan one-shot headshot kills dalam jarak dekat dengan target yang tidak dilapisi armor.

SMGs

SMG (Submachine gun) adalah tingkatan senjata yang lebih baik dari segi harga dan juga kegunaannya. SMG cenderung memiliki tingkat fire rates tinggi, medium recoil, dan damage keseluruhan yang lebih rendah daripada rifle, namun dengan harga yang jauh lebih murah. MAC-10 adalah SMG eksklusif untuk tim terrorist dan MP9 adalah SMG eksklusif untuk tim counterterrorist. Kedua tim juga dapat membeli UMP-45, PP-Bizon, MP7, dan P90. Meskipun rifles lebih akurat pada jarak jauh, SMG memanfaatkan fire rates yang tinggi untuk memberikan damage dalam jarak dekat.

Heavy Weapons

Beberapa Heavy Weapons memiliki peran serupa pada SMG seperti menahan target jarak dekat dan mempertahankan territory. Heavy weapons dibagi menjadi 2 subkategori: shotgun dan machine gun. Kedua tim memiliki akses ke 3 shotgun dan 2 machine gun. Terrorist memiliki shotgun eksklusifnya yang disebut the Sawed-Off, sementara counterterrorist memiliki MAG-7. Kedua tim juga bisa menggunakan Nova shotgun dan XM1014, yang merupakan full-auto shotgun. Machine gun yang tersedia untuk semua pemain adalah M249 dan Negev. Keduanya sangat bagus dalam memberikan serangan suppressive fire untuk tim.

Rifles

Rifle adalah kelas senjata paling umum yang tersedia dalam CS:GO. Rifle yang tersedia untuk kedua tim hanyalah sniper rifle: SSG 08 (biasa disebut dengan scout), dan AWP.

AWP sangat populer karena damagenya yang tinggi pada jarak apapun (Sumber gambar: gamesync.us)
AWP sangat populer karena damagenya yang tinggi pada jarak apapun (Sumber gambar: gamesync.us)

Tim terrorist memiliki akses ke Galil AR, SG 553, AK-47, dan G3SG1, sementara tim counterterrorist memiliki akses ke FAMAS, AUG, M4A4 atau M4A1-S, dan SCAR-20. Yang tergolong sebagai assault rifles adalah Galil, FAMAS, AUG, SG, AK, dan M4s. Daftar tersebut adalah jenis yang paling banyak dibeli. AK-47 adalah senjata khas kubu terrorist, dan mampu mencetak one-shot headshot kills dari jarak manapun, sementara M4s adalah rivalnya. M4A4 dan M4A1-S adalah senjata eksklusif dari kubu counterterrorist, dan mereka masing-masing memiliki kegunaannya sendiri. M4A1-S memiliki 20 peluru dalam satu tempat peluru, dan juga memiliki efek recoil yang lebih rendah daripada A4 berkat suppressor-nya, sementara A4 memiliki 30 peluru di magazine-nya dan memiliki efek recoil yang lebih besar daripada A1-S.

Granat

Mekanisme granat di CS:GO cukuplah simpel. High Explosive Grenade meledak setelah beberapa detik dan tidak bisa membunuh lawan yang memakai armor dan memiliki 100 HP. Smoke Grenade hanya meledak setelah ia berhenti bergerak dan memberikan asap selama lima belas detik. Taktik smoke grenade dapat menjadi sangat efektif ketika dikoordinasikan dengan tim. Jika tidak, maka ini akan menjadi bumerang. Kegunaan utama smoke grenade adalah untuk membatasi jarak pandang, tidak peduli itu musuh atau tim kita.

Flashbang juga meledak setelah beberapa detik dan akan membutakan setiap pemain yang menghadap langsung selama beberapa detik.

Decoy Grenade adalah senjata termurah dalam game, dan juga hanya meledak setelah berhenti bergerak. Granat ini akan membuat suara dari rifle termahal yang sedang dimainkan dalam ronde permainan, dan akan membuat titik merah pada minimap musuh seolah-olah menandakan ada pemain di sana

Kedua tim memiliki akses ke granat api; counterterrorist memiliki Incendiary Grenade dan terrorist memiliki Molotov Cocktail. Harga Incendiary Grenade adalah $600, $200 lebih mahal daripada Molotov. Kedua granat api tersebut memiliki cara kerja yang sangat mirip. Meskipun granat ini terpental di dinding, mereka selalu meledak setelah beberapa detik atau saat mereka menyentuh tanah.


Tulisan di atas adalah beberapa hal dasar yang wajib kamu ketahui sebelum memulai terjun ke CS:GO. Kalau kamu sudah tahu informasi mendasar apa itu CS:GO, jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangannya ya.