Hero Yang Menyebalkan, Inilah 4 Alasan Kenapa Vale Sering Di-ban di MLBB!

1804
Hero Yang Menyebalkan, Inilah 4 Alasan Kenapa Vale Sering Di-ban di MLBB!

Selama 7 tahun rilis, Mobile Legends Bang Bang (MLBB) sudah memberikan banyak variasi hero untuk para fans dan player setianya. Namun, ada topik pembicaraan menarik yang mungkin sudah sering kalian dengar; “kenapa Vale sering di-ban?

Namun sebelum kita bahas lebih lanjut, hero Vale yang dimaksud dalam artikel ini tidak lain adalah Valentina ya, bukan Vale sang pengendali angin.

Valentina merupakan hero mage yang rilis pada November 2021 lalu. Hero satu ini terbilang sangat populer di kalangan komunitas. Ia memiliki banyak kemampuan yang sangat beragam.

Namun, fakta bahwa Valentina memiliki rate ban sebesar 94.61% di Season 9 saja sudah membangkitkan tanda tanya besar.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Nah, untuk memberikan pencerahan lebih jelas, kali ini penulis akan membahas alasan-alasan dibalik kenapa Vale sering di-ban dalam game Mobile Legends.

Alasan Kenapa Vale Sering Di-Ban dalam gim MLBB

Alasan Ban Vale #1: Regen HP yang sangat tinggi

kenapa vale sering di-ban

Alasan dari kenapa Vale sering di-ban yang pertama ia memiliki regenerasi (regen) HP yang sangat tinggi. Walaupun dipengaruhi dengan pemilihan item yang tepat, namun regen HP yang dimiliki oleh Valentina sedari awal sudah mengerikan. 

Dengan skill pasif Valentina, Primal Force, Valentina yang menyerang musuh dengan level lebih rendah, maka kurang lebih 60% damage yang diberikan kepada musuh akan diubah menjadi HP untuk Valentina.

Dikarenakan aspek tersebut, Valentina menjadi salah satu hero yang sangat dihindari oleh lawan saat bermain di early game

Mungkin dari alasan pertama terdengar agak remeh, terlebih Valentina yang memiliki HP terbilang cukup tipis dan nampak mudah untuk dikalahkan, namun alasan kenapa Vale sering di-ban lainnya pasti bakal membuat kalian jauh lebih kaget dan pusing lagi nih.

Alasan Ban Vale #2: Damage yang makin tinggi di late game

Alasan kedua dari kenapa Vale sering di-ban adalah damage skill yang dimilikinya sangat mengerikan dan sering dihindari oleh player lawan.

Jika terkena combo skill 1, Shadow Strike dengan skill 2, Arcane Shade (skill 1 > skill 2 > skill 1 > skill 2 > skill 1), maka musuh akan mendapat efek confused serupa dengan skill Vexana.

Namun yang membedakannya adalah skill milik Valentina memiliki area jangkauan lebih luas dan dijamin tak akan meleset dari target yang diinginkan.

Seiring menuju late game, damage yang dimiliki Valentina akan semakin bertambah. Tentunya ditambah dengan combo skill 1 tadi akan membuat musuh semakin sungkan untuk maju melawan Valentina.

Jika musuh terkena skill 2, maka skill 1 akan mendapatkan cooldown lebih cepat dan dapat ditumpuk terus. 

Meskipun sebatas hero Mage, Vale merupakan mimpi buruk bagi hero assassin, tank, bahkan sebangsa mage sekalipun karena dapat mencicil HP musuh hingga sekarat.

Namun alasan selanjutnya semakin memperjelas kengerian hero satu ini.

Alasan Ban Vale #3: Skill yang menyebalkan

Alasan selanjutnya dari kenapa Vale sering di-ban adalah beberapa skill yang dimiliki oleh hero mage satu ini yang terkenal menyebalkan dan terkadang sangat sulit untuk dihindari.

Skill 2 dari Valentina, Arcane Shade mampu membuat Vale melakukan dash sebanyak 2 kali menuju arah yang ditentukan.

Skill ini dapat digunakan untuk kabur dari kejaran musuh maupun bergegas ke arah yang diinginkannya.

Skill ini juga mengeluarkan 3 Shadow Bolts yang ditargetkan kepada musuh dan memiliki fungsinya tersendiri.

Jika hero musuh terkena Shadow Bolts, maka cooldown dari skill 2 Valentina akan mendapat pengurangan 1 detik.

Mengingat skill ini hanya mempunyai cooldown sebesar 10 detik, tentu saja ini adalah skill paling menjengkelkan yang dimiliki oleh hero mage satu ini. Skill 2 ini juga cocok digunakan untuk mengejutkan musuh lewat pergerakan tak tertebak.

Lalu ada skill 1, Shadow Strike yang membuat Valentina melayangkan semacam energi berbentuk kipas ke arah musuh.

Skill ini dapat memberikan damage yang sangat besar jika terkena oleh hero lawan, dengan +170 total magic power yang terdengar mengerikan. 

Jikalau hero lawan terkena Shadow Strike, maka gerakan mereka akan diperlambat sebesar 40%.

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, musuh akan mendapat efek terrified dan confused selama 0,7 detik lewat Shadow Sigil yang dikeluarkan dari skill 1 ini. 

Kedua skill milik Valentina ini memang terdengar seperti skill-skill hero mage lainnya. Namun, ada satu lagi skill miliknya yang sama sekali tak boleh diremehkan oleh player musuh. 

Alasan Ban Vale #4: Skill Ultimate yang dapat meniru musuh

Inilah alasan kenapa Vale sering di-ban yang membuat banyak player ketakutan dan menghindar untuk melawannya, yaitu skill ultimate miliknya yang sangat ikonik karena dapat meniru skill-skill milik hero musuh selama beberapa waktu.

Skill ultimate bernama I Am You memungkinkan Valentina untuk menyedot kekuatan hero lawan yang ditargetkan sebesar 70% dan memperlambat gerakan mereka selama 0,5 detik. 

Setelah mengeluarkan skill ultimate, Valentina dapat menggunakan skill ultimate milik musuh selama 20 detik berikutnya.

Jika hero musuh terkena ultimate miliknya sendiri, maka Valentina akan bertransformasi menjadi bentuk hero musuh dan mempunyai basic attack mereka yang dimiliki oleh musuh.

Dalam fase ultimate, skill biasa Valentina tidak akan berubah terkecuali musuh yang ditiru memiliki skill dengan efek morph yang berguna bagi Valentina.

Jika hero musuh merupakan hero yang mengandalkan physical damage, maka Vale akan mendapatkan tambahan physical attack yang setara dengan +100% magic power.

Tak jarang banyak pro player yang menggunakan Vale dikarenakan skill ultimate yang terbilang overpowered dan “menyebalkan” ini.

Terlebih jika Valentina bertemu hero-hero semacam Yuzhong, Chou, dan Hayabusa, maka Vale akan mendapat posisi yang lebih menguntungkan. Skill ultimate milik Valentina ini dapat merusak draft milik musuh dengan mudah.

Tidak dipungkiri lagi jika skill ultimate milik Valentina menjadi game changer di skema Mobile Legends sedari perilisannya.

Melawan Vale tanpa strategi bukanlah hal yang bijak, apalagi jika penggunanya menguasai semua role dalam game, maka skill ultimate ini sangat berguna baginya.


Itu dia beberapa alasan dari kenapa Vale sering di-ban dalam Mobile Legends. Sejatinya, Valentina memang salah satu hero paling mengerikan dalam jagat Land of Dawn.

Fakta yang lebih mengejutkannya lagi adalah Valentina yang tidak memiliki kelemahan yang begitu krusial selain HP yang tipis. 

Tips mudah untuk kalian yang ingin belajar menggunakan hero Valentina adalah menguasai beberapa role dalam Mobile Legends. Kalian perlu beradaptasi dengan skill ultimate yang tidak bisa diaplikasikan terhadap semua hero.