Mengenali 5 Istilah Umum Saat Berturnamen League of Legends

0
100
Mengenali Istilah Umum Saat Berturnamen League of Legends

Skala turnamen tentu saja membawakan atmosfer yang berbeda dari beberapa mode lainnya di dalam permainan esports League of Legends. Dapat dikatakan bahwa turnamen adalah sebuah ajang pembuktian antar club ataupun antar tim maupun antar individu.

Setelah menyadari betapa gentingnya suasana yang kompetitif, maka kita akan semakin mencari berbagai cara yang bisa mendekatkan diri kepada kemenangan. Komunikasi sesama anggota tim tentu menjadi salah satu kriteria penting.

Untuk bisa lebih mempersingkat rantai komunikasi, tentu dibutuhkan berbagai kode sandi agar memudahkan komunikasi dan mencapai kemenangan.

Berlandaskan pemahaman ini, maka kita sudah siap untuk mengupas istilah-istilah apa yang dimaksudkan oleh penulis. Langsung saja.

1

Profil Player

Biasanya sebelum bertempur, kedua tim akan saling melihat dan membaca data-data player yang didapat dari view profile di dalam League of Legends. Adapun data yang dilihat adalah role apakah yang akan digunakan oleh musuh, serta champion apa yang paling sering ia gunakan.

Tujuan melakukan stalking ini adalah untuk melakukan banning terhadap champion yang paling dikuasainya, demi meminimalisir kekalahan dalam pertandingan tersebut.

2

4 Bot Lane

Sesuai dengan namanya 4 Bot Lane adalah berarti ada 4 champion yang berada di area bot lane. Biasanya berkomposisi ADC dan support, yang dibantu oleh jungle, dan midlane. Atau bisa juga ADC dan support dibantu oleh mid dan top.

Mekanismenya adalah ADC dan support melakukan push di area bot lane, sedangkan 2 lainnya sebut saja jungle dan midlane, mengambil area di belakang musuh.

Jika, hal ini berhasil dilakukan maka musuh yang menjadi incaran akan kelabakan dan panik atas aksi yang dilakukan ini. Jika strategi ini berhasil tentu saja akan membawa keuntungan bagi tim yang melakukannya.

3

4 Area Baron 1 Bot Lane

Jika kamu sering melihat pertandingan turnamen internasional sekelas LCK, LPL dan lainnya, kamu pasti dapat melihat di menit 20an atau jika Baron sudah mau respawn, maka akan ada 4 pemain yang sudah mengisi di area tersebut.

Mekaniknya adalah, ADC dan support berganti lane atau swap lane dimana ADC dan support mengambil alih lane atas sedangkan bot lane mengambil area bawah. Mid lane masih tetap berada di areanya sembari melakukan push lane dan jungle membersihkan area yang mendekati Baron.

Baca juga:  LCK Spring 2019: Kekalahan Pertama Griffin di Tangan Gen.G
4

Open War dan Letak Ward

Pernahkah kamu melihat satu pemain menantang 3 pemain atau bahkan lebih? Ada alasan mengapa ia berani menantang 1v3 atau bahkan lebih.

Alasannya adalah player tersebut menjadikan dirinya sebagai umpan atau bait dan jika musuh terkena bait, maka player tersebut akan meletakkan ward, sembari timnya melakukan teleport ke area ward.

5

I’m Dead or Alive

Jika kamu mentonton adegan pertarungan dalam LMS, LEC, jarang ditemukan kata mundur atau fall back, melainkan kalimat I’m dead, atau I’m still Alive yang lebih sering digunakan.

Mari kita teliti lebih lanjut mengapa kalimat I’m dead lebih sering digunakan. Pertama, jika kamu mati di dalam pertempuran dan menyuruh temanmu untuk mundur, maka artinya kamu meminta timmu untuk menyudahi pertarungan tanpa melihat keadaan apakah masih menguntungkan atau tidaknya.

Kedua, jika kamu menggunakan kalimat I’m dead maka tanpa kamu sadari kamu meminta timmu untuk terus melakukan pertarungan tanpa dirimu, dan serta merta meminta timmu melanjutkan pertempuran apakah masih menguntungkan atau tidaknya.

Ketiga jika kamu mengatakan I’m still alive atau aku masih hidup artinya adalah pertarungan masih dalam kondisi terjaga, atau dapat dibilang pertarungan tersebut masih dapat dikuasai.


Sekian saja beberapa istilah yang wajib diketahui apalagi ketika mengikuti ajang kompetitif League of Legends. Semoga kosa kata baru di atas dapat membantumu mencapai impian tertinggi para atlet esports.

(Disunting oleh Satya Kevino)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here