[Guide MLBB] Cara Menggunakan Zilong Revamp Project Next

0
17
Cara Menggunakan Zilong Pasca Revamp Project Next
Ad

Cara Menggunakan Zilong Revamp Project Next – Zilong adalah salah satu hero Mobile Legends yang masuk dalam kategori role fighter. Role fighter pada Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) adalah role hero yang mempunyai damage besar dan sangat diandalkan mulai dari early game hingga late game.

Berbeda dengan role marksman yang hanya ber-damage besar tetapi empuk bagaikan kertas; role fighter ini mampu bertahan menerima serangan, dan membalikkan keadaan.

Sedikit mengenai Zilong, ia sebenarnya juga bisa dikategorikan sebagai hero semi-assassin. Pasalnya, hero ini sangat bisa diandalkan untuk mengincar musuh yang memiliki DEF dan HP rendah, seperti hero mage dan marksman.

Tidak hanya itu, cara menggunakan hero Zilong ini pun tergolong sangat mudah. Jadi, jangan heran jika dalam permainan Mobile Legends kamu sering menjumpainya.

Namun, itu semua perlahan berubah semenjak Project Next yang mengakibatkan hero ini di-revamp oleh Moonton. Penasaran apa saja yang berubah? Di tulisan ini kita akan mengupasnya, mulai dari tips bermain, rekomendasi build hero dan informasi seputar game yang akan membuat kamu menjadi player jago.

Sebelum kita masuk pada pembahasan build hero dan combo skill-nya, mari kita berkenalan dulu dengan kisah Zilong di Land of Dawn. Seperti pepatah, tak kenal maka tak sayang, kamu harus terlebih dahulu mengenal cerita si Zilong dan berempati padanya agar kamu bisa mengaktivasi “hidden power” yang kamu miliki.

Latar Belakang Hero Zilong

Zilong MLBB

Dikisahkan bahwa Zilong lahir di Cadia Riverlands yang memiliki kehidupan sangat tenang dan damai. Zilong muda terpisah dengan orang tuanya saat terjadi badai angin kencang di perjalanan yang menghancurkan kereta kuda mereka dan membuat kuda mereka lari ketakutan. Dalam ingatan Zilong, ayahnya adalah seorang pengrajin yang selalu berkeliling hingga ujung negeri.

Setelah terpisah dari orang tuanya, ingatan zilong berakhir dan tidak memiliki tujuan. Zilong muda yang terlantar pun berkeliaran di tanah terlantar dengan ketidakberdayaan selama 7 hari lamanya. Dalam kondisi yang sulit itu, Zilong menunjukkan keteguhan dan kegigihan dalam bertahan hidup jika dibandingkan oleh orang biasa.

Saat Zilong diambang keputusasaan, tiba-tiba ada seorang pertapa berjanggut putih yang menghampirinya dan membawanya ke suatu tempat yang cukup jauh.

Zilong pun menaiki tangga yang hampir seperti tidak memiliki ujung. Akhirnya Zilong pun sampai di atas dan tiba di kuil Great Dragon yang sangat megah. Lalu, ia dibawa oleh Great Dragon untuk tinggal di Dragon Altar selama tujuh tahun.

Setelah tujuh tahun lamanya, sang Great Dragon mengadopsi Zilong sebagai anak dan tidak pernah menerima murid lagi. Dan akan memilih penerusnya antara Zilong dan Ling. Ling sendiri memiliki kehebatan dan pengetahuan yang sangat hebat dan lebih dari Zilong.

Namun, Sang Great Dragon tersebut justru lebih memilih Zilong sebagai penerusnya karena memiliki hati Great Dragon. Keteguhan, ketenangan, kesederhanaan dan suka menolong.

Skill Hero Zilong Revamp

Zilong MLBB

Spear Flip (Skill 1)

Skill ini membuat Zilong melemparkan musuh ke belakangnya dengan tombak yang mengurangi HP musuh sebesar 300 serta pengurangan 10 armor dalam durasi dua detik. Skill ini biasanya digunakan untuk menangkap atau menghentikan lawan agar tidak dapat kabur. Skill ini juga sangat berguna jika digunakan untuk mengeroyok musuh.

Spear Strike (Skill 2)

Skill ini merupakan gerakan yang menusuk lawan pada saat lawan berada dalam area skill-nya. Skill ini mengurangi HP lawan sebesar 260 (+30% physical attack). Selain itu, skill ini juga mengurangi movement speed lawan menjadi lambat sebesar 30% selama satu detik. Di versi revamp ini, skill ini tidak lagi mengejar musuh, tetapi hanya fokus memberi damage pada musuh.

Supreme Warrior (Skill Ultimate)

Skill ini mampu untuk meningkatkan speed Zilong sebesar 30% dan meningkatkan attack speed sebanyak 45% selama enam detik. Skill ini bisa digunakan untuk mempercepat serangan. Fungsinya bisa juga untuk mengejar musuh, atau sebaliknya, untuk melarikan diri dari hero lawan. Skill ini juga sangat efektif ketika kamu melakukan push dan menghancurkan turret lawan.

Nah, di atas adalah pengenalan skill hero Zilong. Selanjutnya kita akan membahas rekomendasi build hero yang cocok digunakan oleh Zilong.

Berikut ini adalah salah satu build item favorit penulis dari Zilong.

Item Build Zilong Revamp

Zilong build item MLBB

Swift Boots

Item pertama Zilong yang utama adalah Swift Boots yang merupakan sepatu penambah attack speed dari basic attack. Sudah pasti item ini juga menambah movement speed Zilong.

Blade of The Heptaseas

Item kedua Zilong ini adalah Blade of The Heptaseas yang merupakan item physical yang dapat memberikan damage physical dan menambah HP. Selain itu, item ini juga memberikan physical penetration yang mengurangi physical defense dari musuh. Dengan item ini Zilong bisa memberikan physical damage yang besar pada lawan.

Windtalker

Item ketiga dalam build Zilong ini adalah Windtalker yang wajib digunakan, yang dapat menambah attack speed sekaligus juga memberikan critical chance dan movement speed bagi Zilong. Item ini dapat memberikan serangan basic dengan cepat dan memberikan critical damage kepada lawan. Kamu akan mudah menghabisi lawan dan mencegahnya agar tidak kabur.

Endless Battle

Item keempat Zilong ini adalah Endless Battle yang merupakan item yang dapat meningkatkan serangan basic attack Zilong. Item ini juga memberikan physical lifesteal yang sangat penting untuk fight dan farm. Terlebih lagi, Endless Battle memberikan tambahan physical damage dan cooldown reduction. Dengan item ini, Zilong dapat dengan cepat memutihkan HP-nya ketika menyerang lawan.

Berserker’s Fury

Item kelima untuk Zilong yang sudah di-revamp adalah Berserker’s Fury. Ini adalah item yang wajib digunakan Zilong karena dapat menambah physical attack hero dan critical damage yang tinggi kepada musuh. Sudah jelas bila musuh akan cepat dikalahkan dengan critical damage.

Blade of Despair

Item terakhir Zilong ini adalah Blade of Despair yang merupakan item penambah physical attack terbesar. Kehadiran item ini akan semakin menyempurnakan damage yang bisa diberikan Zilong kepada lawannya. Dipadukan dengan critical dari Berserker’s Fury, maka lawan Zilong akan berasa ‘tempe’, kecuali lawan tank.

Cara Combo Zilong Revamp

Cara Combo Zilong MLBB

Skill 2 >> Skill 1 >> Skill Ultimate

Penjelasannya cukup sederhana. Combo skill ini cocok digunakan untuk pengejaran musuh. Dengan skill kedua kamu akan bisa menggapai lawan dan kemudian menggunakan skill 1 untuk melempar ke belakang. Agar memastikan lawan tidak bisa kabur, gunakanlah skill 3 atau ultimate.

Dengan ini bisa dipastikan walaupun lawan mencoba untuk kabur, ia tidak akan bisa kabur dengan sukses karena skill 3 Zilong ini akan mengejarnya bagaikan banteng matador.

Strategi Memainkan Zilong Revamp

Zilong Mobile Legends

Early game

Fokuskan diri untuk mencari gold sebanyak mungkin dengan mengalahkan minion, monster jungle dan bila memungkinkan lakukan ganking untuk kill hero lawan. Bermain secara aman, pantang menjadi mesin ATM, dan fokus pada build item. Kamu bisa bermain ala rambo ketika kamu sudah melampaui musuh-musuhmu dari segi gold dan EXP.

Mid game

Setelah memiliki item Endless Battle, Zilong akan sangat mampu untuk melakukan solo fight. Incarlah hero yang lemah bagaikan seorang predator untuk melakukan kill dan fokus menghancurkan turret. Dengan begitu, kamu akan lebih cepat lagi memperoleh gold untuk mendapatkan item damage selanjutnya.

Late game

Saatnya bergabung dengan tim untuk melakukan teamfight. Jika sudah late game, sebaiknya berfokus pada penghancuran turret dan base lawan. Incarlah lawan yang lemah terlebih dahulu (seperti hero role Marksman atau Mage) karena mereka memiliki damage besar yang membahayakan tim namun memiliki HP tipis bagaikan ‘tahu’.


Nah, jadi itulah dia pembahasan mengenai salah satu strategi terbaik menggunakan Zilong. Harapannya tentu setelah kamu membaca guide ini, kamu mampu mendominasi papan pertempuran Land of Dawn.