Anak Basket Merapat! Yuk Coba Main Game PlayPark StreetBallers!

740
PlaySpark StreetBallers
sumber: streetballers.playpark.com

Akhirnya PlayPark StreetBallers secara resmi rilis juga di bulan Maret 2023 lalu. Download sekarang di App Store dan Google Play Store!


Penerbit game asal Asia Tenggara, PlayPark telah meluncurkan game bertemakan olahraga basket jalanan bertajuk PlayPark StreetBallers pada Maret 2023 lalu.

Game basket jalanan ini memiliki mode permainan 3v3 yang kompetitif dengan grafis 3D yang memukau.

Sebelumnya game ini membuka pra-registrasi, dimana para pemain yang mengikuti pra-registrasi akan mendapatkan hadiah atau konten eklusif saat game ini resmi dirilis.

Game ini juga sudah dirilis di 5 negara Asia Tenggara yakni Thailand, Filipina, Singapura, Indonesia, dan Malaysia.

Buat kamu yang penasaran sekeren dan seseru apa game ini? Simak artikel berikut ini ya.

First Impression Game PlayPark StreetBallers

First impression penulis terhadap game ini adalah: game size-nya yang cukup berat. Sejak awal di install di Play Store, game ini memakan sekitar 888MB, tapi ternyata tidak sampai di situ saja, kita harus kembali mengunduh data tambahan di dalamnya sebesar kurang lebih 2,6 GB.

Jadi total ruang memori yang dipakai pada game ini sebesar 3,5 GB. Penulis sarankan kamu mengunduh menggunakan Wi-Fi dengan koneksi yang cepat dan stabil ya.

Ekspektasi penulis terhadap game ini sebenarnya cukup penuh harapan. Penulis jadi teringat dengan beberapa game sejenis yang sangat populer contohnya seperti NBA 2K21-2K23 yang berukuran besar ataupun mini games bertemakan basket juga yang banyak bertebaran di App Store maupun Play Store dengan ukuran game yang jauh lebih kecil.

Tapi biasanya penulis nyaman memainkan game seperti ini jika dimainkan di PC ataupun PlayStation dengan Smart TV. Layarnya lebih besar, suaranya juga mantap.

Ekspektasi penulis terhadap game ini agar bisa mendekati konsep NBA. Tapi kita coba mainkan langsung terlebih dahulu ya!

Review Game PlayPark StreetBallers

PlayPark StreetBallers

PlayPark StreetBallers

Sebagai pemeriah suasana sekaligus pelengkap dalam game, tidaklah menarik rasanya jika tidak menghadirkan beberapa karakter fiksi di dalamnya.

Dalam permainan StreetBallers ini kita akan bertemu dengan beberapa karakter beserta posisinya dalam bermain basket.

Sebut saja ada point guard, power forward, center, small dorward dan shooting guard sebagai posisi permainan. Lalu ada the Whitney, Dwight, Lisa, Bang dan teman-temannya sebagai nama karakternya.

Nah setiap karakter di sini memiliki skill dan atribute-nya masing-masing. Kamu bisa bebas memilih dan membaca setiap skill dan atribute yang mereka punya.

Skill dan atribute ini tentunya akan menunjang permainan kamu agar semakin seru dan cepat menang dan menyelesaikan misi-misi tertentu.

Skill yang tersedia disini tentunya masih berhubungan dengan skill dalam bermain basket ya seperti Rebound Catalyst, One-hand cradle dunk, forward stability, back dribble shot dst.

Aspek Interface PlayPark StreetBallers

PlayPark StreetBallers

Tampilan antarmuka pada game ini sangat colorful dan berjiwa anak muda banget. Namanya juga game bertemakan basket pastinya dipenuhi dengan graffiti dan outfit khas dari anak basket jalanan yang ada di Amerika maupun Afrika.

Dari penyajiannya, aman untuk disimpulkan bahwa target pasar inti game ini sejatinya adalah para kalangan anak remaja berusia 13 tahun ke atas.

Namun jujur, penulis masih sangat kebingungan saat awal-awal bermain game ini. Ada banyak sekali tutorial yang harus diikuti dan beragam pilihan step-by-step dengan font yang berukuran cukup kecil dan warna yang samar-samar hampir tidak terlihat.

Namun kalau kamu pelan-pelan mengikuti instruksinya lama-kelamaan pasti akan paham kok.

Tapi sepertinya game ini akan sangat cocok bila dimainkan di layar PC maupun Smart TV karena akan lebih leluasa untuk visualnya.

Untuk mode permainan pada game PlayPark StreetBallers ini, terdapat 4 opsi mode yang bisa kamu pilih. Ada 3 lawan 3 (3V3) Tag Tim, Single player dan pertandingan khusus.

Oh ya permainan ini bisa kamu mainkan secara online dan offline. Khusus untuk 3V3 kamu bisa “mabar” bareng temen-temen online yang dipilih secara acak.

Aspek Sound PlayPark StreetBallers

Sudah bisa ditebak bahwa game bertemakan basket seperti ini pasti menggunakan musik Hip Hop atau RnB dan ternyata benar saja. Penulis cukup menyukai musik latar belakang yang ada pada game ini. Sangat berjiwa muda dan full of fun!

Kalau kamu mau fokus untuk bermain game-nya, kamu bisa mematikan musiknya yang ada pada menu setting-sound ya.

Aspek Gameplay PlayPark StreetBallers

PlayPark StreetBallers PlayPark StreetBallers

Sebagai sebuah game bertemakan sport, game StreetBallers ini masih memiliki rating yang rendah di Play Store yang mendapatkan nilai rata-rata 3,7 dari 359 orang yang sudah memberikan bintang, semuanya masih belum merasa puas dari segi gameplay. Begitu juga penulis yang menikmati game ini.

Awalnya permainan memang agak susah untuk diikuti, memang harus menyimak tutorial satu persatu. Dan juga masih terdapat banyak sekali kekurangan dalam game ini.

Kalau di smartphone penulis sendiri entah mengapa ada beberapa scene atau gambar yang terpotong dan ternyata penulis tidak merasakannya sendirian.

Beragam komentar di Play Store juga mengatakan terpotongnya gambar atau scene pada game, lalu sering terjadinya error dan lag sehingga game force close ketika sedang dimainkan.

Tidak sedikit juga yang mengeluhkan besarnya memori yang harus di-download dan cukup memakan banyak kuota internet serta waktu. Kita harus menunggu semuanya selesai diunduh baru bisa memainkan game ini.

Aspek Control PlayPark StreetBallers

Kendali permainan PlayPark StreetBallers ini bisa dimainkan tanpa menggunakan gamepad. Selayaknya game-game pada smartphone, semua aksi bisa dilakukan melalui sentuhan.

Untuk game ini kamu bisa menggunakan kedua jempol kiri dan kananmu untuk pergerakan permainan.

Beberapa control yang bisa kamu pakai yaitu ada Dunk, Shoot dan Passing di sebelah kanan, sedangkan sebelah kiri untuk menjalankan dan memutarkan posisi karakter.

Aspek Grafik PlayPark StreetBallers

PlayPark StreetBallers

Grafik PlayPark StreetBallers ini bisa dibilang lumayan baik dan cukup halus. Tidak terlalu bagus juga tidak terlalu jelek. Bisa diterima dan nyaman untuk dilihat berlama-lama.

Kalau dalam skala penilaian dapat nilai 7 dari 10. Karena di beberapa kesempatan animasinya terasa masih kaku dan sedikit kasar. Namun, masih bisa diterima.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, grafik PlayPark StreetBallers ini menggunakan grafik 3D yang sangat detail dan memiliki warna yang cerah. Untuk memaksimalkan performa bermain, kamu bisa atur kualitas grafisnya yang ada di menu setting.

Akhir Kata untuk Review PlayPark StreetBallers

Buat kamu yang sangat menyukai game bertemakan olahraga basket sejenis NBA, game PlayPark StreetBallers ini boleh kamu download dan coba mainkan lho!

Untuk men-download game ini sejatinya gratis, namun kamu harus tetap menggunakan uang asli untuk membeli koin atau diamond untuk pembelian skin karakter.

Penulis sangat berharap kepada sang publisher dan developer untuk bisa segera memperbaiki segala kekurangan yang ada pada game ini. Sukses selalu untuk PlayPark StreetBallers!

banner iklan esportsnesia