Review Pokemon Infinity, Salah Satu Game Fanmade Pokemon Terbaik yang Pernah Ada!

1244
review Pokemon Infinity game pokemon fanmade terbaik

Membaca review Pokemon Infinity adalah satu hal yang patut kamu pertimbangkan ketika para penggemar franchise Pokemon sedang dihebohkan dengan kehadiran salah satu game Pokemon fanmade terbaik di Relic Castle.

Namun untuk kamu yang belum familiar dengan game fanmade ini, mari kita kupas sedikit mengenai Pokemon.

Pokemon adalah salah satu video game favorit yang sudah melegenda dan telah berusia 25 tahun franchise-nya.

Semasa periode tersebut, franchise game ini telah melahirkan banyak video game yang fenomenal, seperti Pokemon Scarlet/Violet, Pokemon Go, Pokemon Unite, Pokemon TCG dan tidak terhitung banyaknya produk turunan game ini.

Banyaknya karya yang telah dihasilkan juga turut melahirkan banyak fans. Para fans Pokemon ini juga tidak main-main. Di antara mereka juga ada yang turut berkarya melestarikan franchise Pokemon ini loh!

Relic Castle adalah salah satu platform di mana para fans Pokemon bisa menciptakan sebuah gim unofficial dan membagikannya kepada publik.

Belakangan ini juga turut mencuat salah satu game unofficial Pokemon buatan para fans yang digadang-gadang sebagai salah satu gim Pokemon unofficial terbaik.

Berjudul Pokemon Infinity, game ini tidak hanya menampilkan semua generasi Pokemon hingga generasi ke-6, tetapi juga turut menciptakan makhluk baru bernama Fakemon.

Penasaran dengan alur dan gameplay dari game fanmade satu ini? Yuk kita review Pokemon Infinity!

Apa Itu Pokémon Infinity?

Apa Itu Pokemon Infinity?

Pokémon Infinity adalah permainan Pokemon klasik yang dikembangkan oleh penggemar bernama Atomic Reactor.

Permainan ini diusung dengan konsep yang hampir persis dengan versi Pokemon asli. Baik itu desain karakter, peta, objek dan juga gameplay mengikuti versi orisinilnya.

Kabarnya gim ini dibuat menggunakan RPG Maker XP dan Pokemon Essentials lho! Keren bukan?

Nah, di gim ini juga kamu akan mengeksplorasi goa, ruang bawah tanah rahasia dengan legendary Pokémon, Fakemon, dan berbagai kejutan menarik lainnya.

Alur Cerita Pokemon Infinity

Awal mula akan muncul sebuah cutscene. Diperlihatkan bahwa seorang manusia sedang tergeletak di tengah hutan dan tidak sadarkan diri. Bahkan ketika ia sadar pun ia masih tidak mengetahui siapa dirinya.

Dalam gim ini, para pemain akan dihadapkan misi-misi untuk masuk ke dalam petualangan di sekitar pulau misterius dengan tujuan untuk mendapatkan ingatannya kembali.

Tidak sendirian, pemain juga akan dibantu oleh profesor lokal dan asistennya.

Sejak saat itu, misi dan petualangan kamu akan dimulai bersama dengan tantangan berat yang menanti.

New, Apa Itu Pokémon Infinity?
Karakter telah ditemukan Tergeletak

Kamu akan mulai menjelajahi semesta Pokemon ini setelah kamu mendapatkan Pokemon pertamamu, yaitu pilihan dari Bulbasaur, Charmander, atau Squirtle.

Yang menariknya, ketiga starter Pokemon tersebut bukanlah seperti Pokemon yang kamu temui umumnya di game official Pokemon. Ya! Maksud penulis, ketiga starter Pokemon tersebut juga turut mengalami modifikasi, baik dari tampilan, dan juga tipe elemennya.

Penasaran dengan sosok Blastoise yang memiliki jurus bertipe flying? Hanya di Pokemon Infinity ini, kamu bisa menemukan Blastoise official beserta dengan versi unofficial-nya.

Setelah kamu mendapatkan Pokemon pertamamu, kamu akan memulai petualangan kamu sambil bertarung melawan Pokemon trainer lain dan mencari jati dirimu.

Walau peta permainannya terlihat kecil, nyatanya game Pokemon fanmade ini menawarkan sensasi mengeksplorasi yang begitu luas!

Fitur Menarik Pokemon Infinity

Fitur-fitur yang perlu kamu ketahui tentang keseruan Pokemon Infinity ini ialah sebagai berikut:

  • Daftar Pokemon terdiri dari Gen 1 hingga 6
  • Terdapat 100+ Fakemon, termasuk bentuk original, regional, dan evolusi baru, sehingga jumlah Pokemon yang dijumpai cukup banyak
  • Bisa battle secara online melawan pemain lain!
  • Sistem cuaca dinamis yang berubah sesuai hari dan waktu, hingga terjadinya siang dan malam
  • Unreal Time System yang mana dunia berjalan sesuai waktunya
  • Konten post-post-game yang membuat kamu sibuk untuk menaklukkan game ini
  • Batas level tertinggi Pokemon adalah 150
  • Terdapat lebih dari 650+ animasi pertempuran
  • Fitur quick save dengan menggunakan F8
  • dan masih banyak kejutan lainnya.

Review Pokemon Infinity

Review ini merupakan pendapat pribadi dan beberapa reviewers lainnya, sehingga sudut pandang yang dibawakan campuran antar keduanya. Kamu bisa merasakan permainan ini dengan mengunduhnya di sini secara langsung dan memainkannya.

Review Gameplay Pokemon Infinity

Cerita yang disematkan membuat pemain penasaran dan rasa ingin menyelesaikan teka-teki yang ditawarkan dalam gim ini begitu tinggi, terutama dengan tampilannya yang sangat menyerupai gim official Pokemon.

Tidak hanya itu, cerita yang ditawarkan juga cukup mengikuti tren kekinian. Sebagai spoiler, cerita yang ditawarkan mengandung nuansa multiverse loh!

Berbagai macam plot twist dan anti klimaks juga akan kamu jumpai ketika mulai mencapai bagian akhir cerita dari gim ini.

Hal yang sangat menyenangkan adalah kamu bisa menyaksikan semua Pokemon legendaris dalam gim ini, dan menangkapnya, bahkan lebih dari satu!

Mulai dari menyelesaikan puzzle layaknya puzzle Unown di game Pokemon generasi kedua (seperti Pokemon Gold, Silver, Crystal), puzzle Regi dari generasi ketiga (Ruby, Sapphire, Emerald), hingga melakukan mining dalam goa untuk menemukan item-item langka.

Bagi penulis sendiri, tentunya gim Pokemon fanmade ini memberikan pengalaman bermain yang tidak pernah didapat dari seri-seri Pokemon official pendahulunya.

Penulis bahkan merasa sempat di-prank dengan kehadiran Pokemon starter yang tidak ‘wajar’, namun ternyata terobati sebab itu hanyalah merupakan varian dan kita tetap bisa menemukan versi orisinilnya.

Jika kamu sudah bermain cukup jauh, kamu bahkan akan lebih dikejutkan lagi dengan kehadiran Digimon.

Review Pokemon Infinity – Tingkat Kesulitan

Jika kamu adalah pemain Pokemon hardcore yang ingin menaklukkan gim ini hingga akhir post-post-game content-nya, maka seri Pokemon Infinity dipercaya bisa memuaskan dahagamu untuk menjadi “the very best Pokemon trainer like no one ever was.”

Penulis mengakui bahwa kesulitan dalam gim ini melampaui tingkat kesulitan game Pokemon official pada umumnya.

Namun walau begitu, selalu ada bantuan yang bisa kamu dapatkan untuk melakukan grinding Pokemon favorit. Seperti misalnya berlatih di salah satu kota metropolitannya melawan karakter ners yang memiliki Pokemon yang tidak terlalu kuat namun memberikan EXP tinggi.

Review Pokemon Infinity – Audio Visual

Grafik

Visual atau user interface yang dibawakan sangat ciamik seperti permainan Pokemon official. Mulai dari desain karakter hingga kota masih bersifat 2 dimensi dan sangat menyerupai seri-seri Pokemon yang ada di generasi ke-3.

Pemandangan dari gim ini juga tidak kalah menarik dengan beberapa objek dan subjek yang bergerak normal seperti pada umumnya. Penulis hampir tidak pernah menjumpai kebingungan ketika berinteraksi dengan objek-objek yang ada.

Bahkan, jika kamu adalah seorang yang suka iseng untuk mengecek satu per satu hal yang ada di dalam gim, maka gim ini akan menghadiahi rasa “tidak-ingin-melewatkan” itu. FYI, kamu bisa menemukank berbagai macam kode-kode aneh yang bisa kamu tukarkan sebagai hadiah.

Audio

Musik yang disematkan bisa dinikmati pendengar dan tidak mengganggu. Tidak hanya itu, musiknya sangat cocok di situasi apa pun dan di area mana pun layaknya bermain game Pokemon versi official.

Suara animasi SFX saat para Pokemon saling bertempur pun terdengar cukup familiar mengikuti tema-tema game Pokemon pada umumnya.

Meskipun gim ini menawarkan percepatan bermain, namun musiknya tidak ikut dipercepat. Hal ini dapat membuat pemain tetap menikmati permainan dengan kecepatan pergerakan.

Kesimpulan Review Pokemon Infinity

Secara keseluruhan, penulis secara pribadi sangat menyukai gim Pokemon Infinity ini.

Sebab sangat jarang bagi penulis untuk bisa mengeksplorasi hampir seluruh semesta Pokemon, terutama berjumpa dengan semua Pokemon legendaris dalam sebuah video game Pokemon (di luar dari trade).

Dalam gim ini juga penulis merasakan adanya kesempatan untuk bisa menjadi Ash Ketchum yang mengemban misi untuk melengkapi seluruh Pokedex yang ada.

Di Pokemon Infinity ini, Pokedex yang ada sangatlah lengkap (hingga generasi ke-6) dan bahkan memiliki tambahan untuk Fakemon yang ada.

Tidak hanya itu, dukungan komunitas terhadap gim ini juga begitu dahsyat di mana pihak game developer bisa berinteraksi secara langsung dengan para penggemarnya melalui saluran Discord.

Akhir kata, jika kamu adalah pecinta Pokemon hardcore, maka tulisan review Pokemon Infinity ini seyogyanya bisa menjadi referensi sebelum kamu menginvestasikan waktu bermainmu dalam salah satu game Pokemon fanmade terbaik ini.

banner iklan esportsnesia