Kenali Karakteristik Warna Kartu Leader One Piece Card Game!

323
Kenali Karakteristik Warna Kartu Leader One Piece Card Game!
Sumber: en.onepiece-cardgame.com

Masih bingung menentukan playstyle kamu dalam bermain TCG One Piece? Jangan bingung lagi ya! Sebab kita akan kupas bersama apa saja keunikan dari tiap warna kartu Leader One Piece untuk menemukan jati dirimu dalam menaklukkan musuh-musuh di samudra kartu One Piece!

Sekilas One Piece Card Game

Bagi Nakama yang belum tahu, One Piece Card Game (OPCG) adalah trading card game dari Bandai yang menggunakan aset dari anime One Piece sebagai tema dari permainan. Kartu-kartu dalam OPCG menggunakan referensi tempat, teknik character, bahkan momen-momen tertentu dalam serial One Piece.

Contoh kartu yang bisa kita lihat adalah kartu bernama “Gum-Gum Red Roc” yang diambil dari manga chapter 1000 ketika Luffy memukul Kaido. Artwork yang digunakan kartu “Gum-Gum Red Roc” persis seperti yang ada di manga.

Tentu sebagai pemain yang baru mencoba OPCG umumnya akan mengalami kebingungan dalam menentukan gaya bermain yang cocok dengan dirinya.

Apalagi di OPCG ini terdapat banyak pilihan playstyle yang bisa Nakama mainkan tergantung dari warna kartu One Piece yang kamu pilih.

OPCG sendiri menggunakan warna sebagai acuan karena mencocokkan sifat yang dimiliki manusia dengan sifat yang dimiliki warna. Atas dasar inilah playstyle yang dihadirkan akan sesuai dengan sifat yang Nakama miliki.

Nah tanpa basa-basi lagi mari kita bahas keunggulan dan kelemahan dari warna kartu Leader One Piece Card Game.

Keunggulan & Kelemahan Warna Kartu Leader One Piece Card Game

Warna Kartu Leader Merah One Piece Card Game

Warna merah memiliki playstyle yang agresif. Deck Leader warna merah umumnya menggunakan character yang memiliki cost kecil, menggunakan efek yang bisa mempermudah masuknya serangan seperti efek Rush, dan memanipulasi jumlah power.  

Keunggulan warna merah membuat pemain bisa menyelesaikan game dan set up board dengan waktu yang relatif cepat.

Keunggulan ini juga membuat lawan sulit untuk melakukan pertahanan karena serangan yang bertubi-tubi dengan serangan character power yang besar namun murah untuk dimainkan.

Dari kelebihan melakukan spawn character, tidak heran jika deck warna merah umumnya menjumpai keadaan dimana kartu di tangan cepat habis, ditambah lagi dengan recovery kartu yang tidak seimbang dengan laju kartu yang dimainkan.

Hal ini membuat warna merah tidak cocok bermain dalam waktu yang lama karena resource yang sangat terbatas dan sulit untuk menambah resource kartu.

Contoh Warna Kartu One Piece Leader Merah
Leader Warna Merah Whitebeard. Sumber: @Okini.Land

Salah satu contoh kartu Leader warna merah terbaik adalah Edward Newgate atau yang lebih dikenal dengan nama Whitebeard.

Komposisi deck ini umumnya menggunakan character yang memiliki power yang cukup besar dan sering menggunakan efek seperti rush.

Terlebih power dari Leader ini sebesar 6000 memaksa lawan harus menggunakan 1 kartu Don!!! untuk hanya bisa sekedar menyerang Leader ini.

Warna Kartu Leader Hijau One Piece Card Game

Warna hijau memiliki playstyle defensive. Warna hijau memiliki lebih banyak kartu searcher, penggunaan efek Active dan rest pada kartu character atau kartu Don!!!, dan penggunaan efek character blocker yang unik.

Keunggulan warna hijau membuat lawan kesulitan untuk menyerang pemain karena jumlah kartu dan Blocker yang dimiliki pemain. Penggunaan mekanik Active dan Rest juga sangat membantu pemain untuk mengatur serangan dan pertahanan.

Kelemahan warna hijau adalah lambat untuk set up board di early game, serangan kepada lawan terbatas dan boros penggunaan kartu Don!!! karena banyak kartu hijau yang menggunakan kartu Don!!! sebagai cost tambahan untuk mengaktifkan efek.

Contoh Warna Kartu One Piece Leader Hijau
Leader Warna Hijau Uta. Sumber: @Okini.Land

Contoh warna kartu Leader hijau adalah Uta. Leader ini bisa dilengkapi dengan 3 character searcher yang membuat deck ini memiliki banyak pertahanan counter di tangan. Deck ini juga memiliki daya serang dan pertahanan yang cukup baik.

Leader Uta ini memiliki kemampuan untuk swarm board dalam waktu singkat meski permainan sudah mencapai late game. Tentu kemampuan ini membuat lawan ketar-ketir karena lawan sulit menembus pertahanan dan pemain siap melakukan serangan finishing.

Warna Kartu Leader Kuning One Piece Card Game

Warna kuning memiliki playstyle control dengan cara memanipulasi life. Warna kuning lebih banyak bermain kartu yang memiliki efek Trigger, melihat dan mengatur posisi life, serta mampu memanipulasi kartu life lawan.

Keunggulan warna kuning adalah lawan sulit untuk mengakhiri pemain karena efek memanipulasi kartu life yang dimiliki warna kuning, serangan dan pertahanan yang seimbang, dan efek yang membuat lawan tidak bisa mengaktifkan efek trigger seperti efek Banish.

Kelemahan warna kuning adalah sedikit kartu removal dan searcher, cost character menengah, serta sangat bergantung terhadap probabilitas pada kesuksesan efek trigger kartu life.

Warna kuning lebih sering bermain late game, sehingga permainan yang cepat akan merugikan warna kuning.

Contoh Warna Kartu One Piece Leader Kuning
Leader Warna Kuning Enel. Sumber: https://asia-en.onepiece-cardgame.com/feature/deck/deck_036.php.

Contoh warna kartu Leader kuning adalah Enel. Deck Leader ini memiliki efek kartu yang mengambil kartu dari life dan menambahkan life setiap kali ia kehabisan life (efek hanya berlaku 1 kali di tiap giliran sendiri). Karena deck ini bermain late game, character cost tinggi juga sering digunakan di deck ini.

Warna Kartu Leader Biru One Piece Card Game

Warna biru memiliki plastyle Control dengan cara merusak set-up board lawan dan kartu di tangan lawan.

Deck warna Biru memiliki kemampuan untuk sering melakukan Draw kartu, memiliki efek non-destroying removal, menyusun top deck dan efek hand destruction.

Keunggulan warna biru adalah melakukan thinning deck untuk memperbesar kemungkinan mencari kartu yang diperlukan, merusak set up board lawan serta mengacaukan kartu tangan lawan yang mungkin menjadi ancaman pemain.

Kelemahan warna biru adalah besarnya power character yang sangat gantung terutama character cost kecil, sedikit kartu biru yang memiliki efek yang bisa membantu pemain untuk menyerang, dan boros penggunaan kartu Don!!!

Contoh Warna Kartu One Piece Leader Biru
Leader Warna Biru Nami. Sumber: @ebay.com

Contoh warna kartu Leader biru adalah Leader Nami. Deck Leader ini memiliki kemampuan untuk terus melakukan draw kartu dan memiliki pertahanan yang baik menggunakan kartu counter. Deck ini juga menggunakan kartu yang bisa mengatur letak kartu di top deck pemain.

Tidak hanya itu, Leader Nami juga memiliki keunikannya sendiri dalam meraih kemenangan. Jika Leader lain memperoleh kemenangan dengan menghabiskan life lawan, hal ini tidak berlaku di Nami. Sebab Leader Nami hanya akan menang saat ia berhasil menghabiskan semua kartu yang ada di dalam deck, alias deck out.

Leader Nami akan terus melakukan draw dan membuang kartu ke trash untuk mempercepat penggunaan efek Leader Nami. Dengan kemampuan draw dan refresh hand yang tinggi, lawan pun sulit untuk menghabiskan resource pemain.

Warna Kartu Leader Hitam One Piece Card Game

Warna hitam memiliki playstyle bermain kartu di trash, warna hitam memiliki kemampuan untuk mengurangi cost character lawan, menghancurkan character lawan, dan efek recovery kartu dari trash yang tinggi.

Keunggulan warna hitam adalah mampu mengalahkan character cost tinggi, merusak set up board lawan, dan recovery kartu dari trash membuat pemain bisa menggunakan kartu tersebut kembali ke arena.

Kelemahan warna hitam adalah boros resource kartu di tangan, banyak efek yang “on play” menuntut pemain untuk bisa melakukan manajemen stamina deck, dan sangat bergantung terhadap kartu-kartu di trash.

Contoh Warna Kartu One Piece Leader Hitam
Leader Warna Hitam Gecko Moria. Sumber: @CardOtaku

Contoh warna kartu Leader hitam adalah Gecko Moria. Deck Leader ini mudah untuk menghancurkan character lawan berdasarkan nilai cost-nya dan memiliki kemampuan recovery kartu dari trash yang tinggi. Leader ini bisa membuat character dari trash untuk masuk kembali ke Character Area.

Leader Gecko akan melakukan set up board dengan cara membuang kartu character yang penting lalu melakukan swarming character dari trash. Character yang dipanggil tentu akan digunakan efeknya untuk mengganggu set-up board atau kartu di tangan lawan.

Warna Kartu Leader Ungu One Piece Card Game

Warna Ungu memiliki playstyle Midrange. Warna ungu memiliki kemampuan untuk memanipulasi jumlah kartu Don!!!, mampu beradaptasi melawan berbagai playstyle lawan, serta sering menggunakan character dengan cost yang tinggi.

Keunggulan warna ungu adalah mampu menciptakan tempo permainan yang tidak seimbang dengan lawan, mampu menghabiskan resource yang dimiliki lawan dan karena sering menggunakan character cost tinggi membuat lawan sulit untuk bertahan dan mengalahkan character tersebut.

Kelemahan warna ungu adalah sulit untuk dikuasai karena harus belajar tempo permainan dan Knowledge deck lawan, Early game buruk karena fokus untuk mengatur jumlah kartu Don!!!, dan kemungkinan Brick cukup tinggi.

Contoh Warna Kartu Leader Ungu
Leader Warna Ungu Monkey.D.Luffy. Sumber: https://en.onepiece-cardgame.com/feature/deck/deck_027.php

Contoh warna kartu Leader ungu adalah Monkey.D.Luffy. Deck ini memiliki kemampuan untuk menambah jumlah kartu Don!!! sehingga bisa menggunakan character cost tinggi di early game. Leader ini juga mampu membuat efek pengurangan kartu Don!!! menjadi lebih efisien.

Meski ada efek negatif dari Leader ini, namun penambahan 1 kartu Don!!! di OPCG adalah hal yang krusial. Tentu perbedaan jumlah kartu Don!!! akan membuat Leader ini mempunyai kesempatan untuk mengatur resource dan tempo permainan yang lebih baik.

Kartu Leader One Piece dengan Warna Lebih dari Satu 

Bagaimana dengan Leader yang memiliki atribut lebih dari 1 warna? Untuk Leader yang memiliki lebih dari 1 warna kalian hanya perlu menggabungkan keunggulan dari warna Leader yang tersedia menjadi kekuatan deck yang baru dan lebih kuat.

Tetapi kalian juga harus perhatikan Leader yang memiliki lebih dari 1 warna juga bertambah kelemahannya. Secara umum kelemahan dari Leader yang memiliki lebih dari 1 warna adalah total life kurang dari 5 atau ada efek negatif dari leader tersebut.

Contoh Warna Kartu Leader Hitam & Biru
Leader Lebih dari 1 Warna Sakazuki. Sumber: https://asia-en.onepiece-cardgame.com/feature/deck/deck_034.php

Contoh warna kartu Leader yang memiliki lebih dari 1 warna adalah Sakazuki. Leader berwarna biru dan hitam ini sering melakukan draw kartu, menggunakan efek untuk mengurangi cost character dan sering menggunakan efek removal sesuai dengan keunggulan warna hitam dan biru.

Deck ini memiliki kemampuan removal character yang sangat baik. Bahkan character cost tinggi dan kebal terhadap kehancuran oleh efek kartu sekalipun tidak berkutik.

Deck ini dilengkapi dengan pertahanan yang baik karena tidak menghabiskan resource kartu di tangan untuk mengaktifkan efek.

Namun di tengah keunggulannya, Leader Sakazuki ini memiliki total life sebanyak 4 saja. Hal ini membuat kalian harus berpikir lebih keras karena lawan akan lebih mudah untuk mengalahkan kalian.

Akhir kata

Tidak ada yang salah dengan keunikan warna kartu Leader One Piece karena semua memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Dengan adanya sistem ini, permainan dari OPCG akan menjadi lebih menarik dan lebih bervariatif.

Selain itu, masih banyak hal yang bisa dilakukan oleh para Nakama untuk menjelajahi dunia One Piece Card Game. Para Nakama bisa melakukan berbagai riset dan mencoba berbagai hal baru.

Para Nakama juga bisa berdiskusi tentang kecocokan gaya bermainmu sesuai ketersediaan warna kartu One Piece dengan komunitas atau Local Game Shop di daerah kalian. Contohnya seperti Koda Gamers Club dan Two Stompas.

banner iklan esportsnesia