Ketahui 7 Perbedaan Mouse Macro dan Biasa Sebelum Membelinya!

1291
perbedaan mouse macro dan biasa
Sumber: sm.ign.com

Selain memiliki fisik yang tidak sama, ada banyak perbedaan mouse macro dan biasa dari segi fitur hingga penggunaan sehingga dapat menjadi pertimbangan banyak orang saat hendak membelinya.

Terlebih jika kamu merupakan seorang gamers profesional, mengetahui perbedaan mouse macro dan biasa tentu menjadi hal penting yang harus diketahui. Sebab, segala fitur yang dihadirkan pada mouse macro secara khusus dirancang untuk memaksimalkan pergerakan dalam permainan sehingga lebih efektif.

Oleh karena itu, simak penjelasan mengenai berbagai perbedaan mouse macro dan biasa yang perlu kamu ketahui agar semakin mantap dalam menentukan pilihan perangkat terbaik bagi komputermu.

Perbedaan Mouse Macro dan Biasa dari Segi Fisik

Bagi sebagian besar orang khususnya para gamers, mouse tentu menjadi salah satu hardware vital yang dapat menjadi penentu kelancaran game saat dimainkan. Terlebih untuk beberapa game terkenal seperti PUBG, CSGO, hingga Dota 2 membutuhkan pergerakan yang masih serta penggunaan mouse yang ekstrim. 

Hal ini tentu merupakan hal yang tidak akan bisa ditanggung oleh kapasitas mouse biasa dan hanya mampu dieksekusi dengan mudah saat menggunakan mouse macro.

Jadi tidak heran mengapa hampir seluruh gamers memilih mouse macro untuk menjadi pelengkap saat memainkan game yang disukai.

Saat hendak membelinya pun pengguna juga tidak akan tertukar antara kedua mouse tersebut mengingat perbedaan mouse macro dan biasa paling mendasar yaitu terletak pada desainnya.

Beberapa perbedaan keduanya dari segi tampilan fisiknya ini antara lain adalah:

Desain Bentuk 

perbedaan mouse macro dan biasa
Sumber: switchandclick.com

Perbedaan mouse macro dan biasa yang paling mudah untuk dilihat dan dikenali yaitu dari segi bentuknya. Mouse macro (gaming) umumnya memiliki desain yang cukup mencolok dengan bentuk beragam.

Berbeda dengan mouse biasa yang memiliki bentuk hampir serupa hampir disemua merek yang berbeda, kamu akan menemukan berbagai macam mouse macro mulai dari yang lonjong, besar bahkan hingga melebar ke samping.

Hadirnya mouse macro dengan berbagai desain bentuk yang mencolok ini tentunya dibuat agar para gamers merasa lebih nyaman saat bermain game untuk waktu yang lebih lama. 

Beberapa mouse macro dengan bentuk yang unik untuk menampung segala fitur yang ditawarkannya ini bisa kamu lihat salah satunya pada merek Logitech dan Razer.

Jumlah Tombol

perbedaan mouse macro dan biasa
Sumber: techtudo.com.br

Perbedaan mouse macro dan biasa juga terlihat pada jumlah tombol yang dimilikinya. Jika mouse biasa hanya memiliki desain biasa dengan dua tombol klik dan scroll standar, maka kamu akan menemukan jumlah tombol yang lebih dari itu pada jenis macro.

Jumlah tombol pada mouse macro bisa berjumlah lebih dari 6 tergantung dari mereknya.

Tombol ini akan berguna sebagai shortcut yang diatur secara personal oleh para pengguna agar tombol bermain dari kunci keyboard bisa dipindahkan hanya dengan menekan 1 tombol saja pada mouse-nya.

Bahkan saat ini, mouse macro untuk kebutuhan gaming sudah banyak menggunakan pemberat sehingga nyaman saat digerakkan dan meminimalisir adanya salah klik saat dimainkan.

Variasi Desain

Selanjutnya, mouse macro juga memiliki nilai estetika yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan mouse biasa khususnya dari variasi desain yang ditawarkan. 

Hal ini dapat kamu lihat dari banyaknya mouse macro yang menawarkan desain dengan lampu RGB dan LED serta struktur yang unik agar tampak menarik saat digunakan.

Perbedaan Mouse Macro dan Biasa Berdasarkan Fitur yang Ditawarkan

perbedaan mouse macro dan biasa
Sumber: steelseries.com

Tidak hanya dari segi desain dan tampilan luar saja, tentunya perbedaan mouse macro dan biasa juga akan sangat terasa pada fitur yang ditawarkan.

Beberapa perbedaan yang ditawarkan oleh kedua mouse tersebut sehingga akan memberikan pengaruh yang sangat krusial saat bermain game antara lain adalah:

Dots Per Inch (DPI)

Perbedaan mouse macro dan biasa juga terletak pada tingkat Dots Per Inch (DPI) yang ditawarkan. DPI merupakan sebuah ukuran yang dimiliki oleh mouse dalam melakukan pergerakan ke setiap sudut layar.

Jadi, semakin tinggi DPI sebuah mouse maka akan semakin cepat dan akurat perangkat tersebut saat digunakan untuk bermain maupun bekerja. 

Terlebih beberapa game seperti Point Blank atau Call of Duty membutuhkan akurasi menembak musuh dari jarak jauh sehingga bila mouse memiliki DPI yang tinggi tentu pergerakannya akan semakin akurat.

Umumnya, mouse biasa hanya memiliki DPI sekitar 500-800 sedangkan untuk mouse macro (gaming) dapat mencapai angka lebih dari 2000. Oleh sebab itulah, apabila ingin membeli mouse untuk kebutuhan gaming, maka tingkat DPI merupakan salah satu aspek yang wajib untuk dipertimbangkan.

Fitur Macro

Fitur macro yang dimiliki oleh mouse biasa tentu akan berbeda dengan yang ditawarkan oleh mouse gaming karena keduanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang tentunya tidak sama.

Pada mouse gaming (macro) terdapat tombol tambahan mulai dari double-triple click, tombol back-next serta tombol tambahan yang lainnya.

Adanya fitur macro berupa tombol tambahan ini tentu akan membantu para gamers untuk melakukan kustomisasi pengaturan (custom key) sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak perlu lagi untuk menekan banyak tombol pada keyboard selama permainan.

Sebagai contoh saat bermain PUBG, para pemain dapat melakukan tilt tanpa perlu menekan tombol Q dan E pada keyboard lagi karena mereka bisa melakukan shortcut perintah tersebut hanya dengan menggunakan salah itu tombol macro yang tersedia pada mouse gaming.

Tingkat Durabilitas

Tingkat durabilitas juga menjadi salah satu perbedaan mouse macro dan biasa yang paling utama. Sebab, mouse macro memang sengaja dirancang untuk penggunaan yang lebih ekstrim, cepat dan sedikit kasar karena bisa digunakan untuk melakukan clicking ratusan kali dalam waktu yang cepat khususnya ketika bermain game.

Hal inilah yang membuat mouse macro dikenal lebih awet dan tahan lama bila dibandingkan mouse biasa karena dapat menahan hingga 200 juta klik dalam waktu yang berdekatan. 

Bahkan kalau kamu coba rasakan, bodi yang dimiliki mouse macro sangat berbeda dengan mouse pada umumnya karena didesain dengan bahan yang lebih tebal sehingga tahan bantingan.

Sensor dan Sensitivitas

Perbedaan mouse macro dan biasa yaitu terletak pada kemampuan sensor dan tingkat yang sensitivitas yang dimiliki. Umumnya, mouse macro (gaming) sudah dilengkapi dengan sensor optik khusus sehingga tingkat sensitivitasnya lebih tinggi dan semakin mudah untuk digerakkan.

Itulah berbagai perbedaan mouse macro dan biasa sehingga tentu dapat kamu jadikan bahan pertimbangan saat hendak membelinya.

Selain itu, banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh mouse macro agar membuat pengalaman gaming menjadi lebih menyenangkan dan efektif.

Jadi tidak heran jika harga yang ditawarkan oleh mouse macro akan jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan mouse pada umumnya. Namun tentu kamu akan mendapatkan fitur yang jauh lebih lengkap dan tidak akan bisa kamu temukan pada mouse biasa.