8 Cara Hemat Baterai HP agar Lancar Main Game Mobile Seharian

0
192
cara hemat baterai
Cara hemat baterai hp saat main game
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Cara hemat baterai HP memang penting untuk diketahui. Bagaimana tidak? Bagaimana perasaanmu kalau pas lagi seru-serunya mabar bareng temen-temen dan kamu sudah hampir menang, tapi tiba-tiba HP kamu malah lowbat?

Pasti bete kan karena nanggung pas lagi seru-serunya. Belum lagi kalau di tempat kamu nongkrong tidak tersedia colokan yang memadai biar kamu tetap bisa lanjut mabar. Akibatnya, kamu harus berhenti main dan memendam kekesalan karena gagal chicken dinner.

Disadari atau tidak, daya tahan baterai memang menjadi salah satu hal terpenting saat bermain game di smartphone. Dengan baterai yang tahan lama, kamu bisa lebih fokus main game tanpa harus repot nyari colokan.

Berikut ini, Esporstnesia akan bagikan beberapa tips agar baterai smartphone tidak cepat habis dan awet meski dipakai main game seharian.

Cara Hemat Baterai HP Saat Main Game

Tips Hemat Baterai HP #1: Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

cara hemat baterai
Turunkan tingkat kecerahan layar

Mungkin banyak dari kamu yang sudah mempraktikkan hal ini supaya mata tidak silau akibat layar yang terlalu terang. Tapi sebenarnya, selain mencegah silau, tingkat kecerahan (brightness) layar yang rendah juga merupakan salah satu cara hemat baterai HP lohh.

Tingkat kecerahan HP memang memengaruhi konsumsi baterai. Oleh karena itu, mengatur tingkat kecerahan ke level yang lebih rendah bisa membantu kamu menghemat baterai sehingga baterai HP kamu bisa lebih awet.

Tips Hemat Baterai HP #2: Aktifkan Mode Hemat Baterai

cara hemat baterai hp
Aktifkan mode penghemat baterai

Biasanya, masing-masing smartphone sudah dibekali dengan fitur bawaan save mode atau penghemat baterai. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini sebagai cara hemat baterai hp kamu.

Masing-masing ponsel memiliki pengaturan yang berbeda, tapi kurang lebih kamu bisa pergi ke menu pengaturan, kemudian mengaktifkan mode penghemat baterai di menu baterai dan performa.

Tips Hemat Baterai HP #3: Matikan Mode Getar

cara hemat baterai hp
Matikan mode getar

Ketika kamu mengaktifkan mode getar, maka HPmu akan bergetar tiap kali ada notifikasi yang masuk. Kalau keseringan, getaran-getaran ini bisa menghabiskan daya baterai juga.

Oleh karena itu, cara lain hemat baterai hp adalah dengan cara mematikan mode getar. Selain bisa hemat baterai, kamu juga bisa konsentrasi main game sepenuhnya tanpa terganggu beraneka macam notifikasi yang seing kali tidak terlalu penting.

Tips Hemat Baterai HP #4: Aktifkan Mode Pesawat

cara hemat baterai
Aktifkan mode pesawat

Sebenarnya, mode pesawat diperuntukkan untuk menjaga keamanan di dalam pesawat. Prinsipnya, saat kita mengaktifkan mode pesawat, maka HP kita tidak akan menerima layanan komunikasi. Jadi, HPmu tidak akan mendapatkan sinyal untuk sementara. Selain itu, mode pesawat juga bisa digunakan sebagai salah satu cara hemat baterai HP.

Kamu bisa memanfaatkan fitur ini saat memainkan game online dengan menggunakan wifi. Performa HPmu akan lebih stabil karena tidak terganggu oleh sinyal yang naik turun, dan baterai HPmu juga akan lebih hemat karena tidak terkuras oleh kerja mencari sinyal.

Tips Hemat Baterai HP #5: Tutup Aplikasi Lain

cara hemat baterai hp
Tutup aplikasi lain yang tidak digunakan

Kadang kita terlalu cepat beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain sehingga tidak menutupnya dengan proper. Walau tidak digunakan, aplikasi-aplikasi ini sebenarnya masih terbuka di latar belakang, dan ya, mereka turut serta menghabiskan baterai HP kamu. Kamu bisa tutup aplikasi-aplikasi ini sebagai salah satu cara hemat baterai HP.

Sebelum main game, kamu bisa pergi ke pengaturan baterai dan daya. Di situ kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang masih terbuka di latar belakang dan menutup semuanya sekaligus. Cara ini akan membantumu menghemat baterai HP kamu.

Tips Hemat Baterai HP #6: Uninstall Aplikasi yang Menguras Baterai

cara hemat baterai hp
Uninstall aplikasi yang menguras baterai

Selain menutup aplikasi, ada cara hemat baterai yang sedikit lebih ekstrim yaitu menguninstall aplikasi-aplikasi yang tidak krusial tapi ternyata menghabiskan banyak daya. Kamu juga bisa melihatnya melalui menu pengaturan baterai dan daya. Di situ kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang konsumsi dayanya paling tinggi.

Kalau aplikasi itu tidak sangat penting dan kamu jarang menggunakannya, kamu bisa menguninstallnya. Hal ini akan mencegah konsumsi daya yang tidak dibutuhkan di latar belakang.

Tips Hemat Baterai HP #7: Mengatur Grafis Game ke Low Mode

cara hemat baterai
Turunkan grafis game ke low mode

Salah satu alasan baterai cepat habis saat bermain game adalah karena resolusi dari game yang tinggi. Hal ini bisa mengonsumsi banyak daya dari HP kamu. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengatur resolusi grafis game ke settingan low.

Memainkan game di low mode tidak akan mengurangi keseruan main game kok. Paling kamu hanya akan merasa kurang terpuaskan secara visual. Kalau kamu merasa setting low terlalu buruk tampilannya, kamu bisa mengatur grafisnya ke setting-an medium sebagai jalan tengah. Dengan demikian, kamu masih mendapatkan tampilan grafis yang cukup baik meski bukan ultra HD yang mengesankan.

Tips Hemat Baterai HP #8: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

cara hemat baterai hp
Gunakan aplikasi penghemat baterai

Kalau semua cara hemat baterai di atas sudah kamu terapkan tapi baterai HP kamu masih boros juga, mungkin kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi penghemat baterai pihak ketiga.

Biasanya, aplikasi-aplikasi semacam ini memiliki berbagai macam pengaturan yang lebih lengkap dan memberikan kita pilihan hemat baterai mulai dari yang santai sampai yang irit banget. Jadi kamu bisa sesuaikan sendiri dengan kebutuhan kamu.


Itu tadi 8 cara hemat baterai yang bisa kamu coba. Dengan menerapkan cara-cara itu, mudah-mudahan baterai kamu bisa lebih awet dan kamu pun bisa main game mobile dengan tenang.

Media Partnership