Cara Menerima Kekalahan dalam Game

0
116
Cara Menerima Kekalahan dalam Game

Dalam suatu ajang kompetitif, tentu akan ada tim yang menang dan tim yang kalah. Ini memang adalah sifat dari seluruh cabang olahraga yang ada. Beberapa pemain mampu mengatasi kekalahan lebih baik daripada yang lain.

Meskipun diasumsikan bahwa satu tim akan kalah, tidak selalu mudah untuk menerima bahwa Anda adalah anggota dari tim yang kalah. Dibutuhkan ketabahan emosional untuk mengakui bahwa Anda telah kalah. Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan pemain untuk menerima kekalahan dan bergerak maju.

Penerimaan radikal

Penerimaan radikal adalah konsep psikologis di mana Anda tidak melawan apa yang terjadi di depan Anda. Ini berlaku untuk menerima apa yang tidak dapat Anda ubah atau kendalikan.

Sayangnya, ada banyak hal dalam hidup yang berada di luar kendali kita. Itu bisa membuat frustrasi jika Anda adalah seseorang yang ingin mengendalikan banyak hal, tetapi Anda perlu belajar untuk menerima bahwa ada hal-hal yang berada di luar kendali Anda.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengenali apa yang ada dalam kendali Anda dan bertanya pada diri sendiri apakah ada tindakan yang dapat Anda ambil untuk membantu diri Anda sendiri.

Hal ini berlaku dalam olahraga. Saat Anda kalah dalam permainan, alih-alih kesal selama berhari-hari, terimalah kenyataan bahwa Anda marah atau sedih. Anda tidak perlu mengubahnya. Rasakan emosi Anda, sehingga Anda tidak menekannya dan akhirnya merasa lebih buruk nanti.

Perasaan Anda nyata, dan Anda berhak membiarkan diri Anda mengalaminya. Jangan biarkan siapa pun menyuruh Anda menghentikan emosi karena itu tidak sehat. Setelah Anda menerima bahwa Anda kesal, Anda dapat mengatasi perasaan ini.

Apa yang bisa dilakukan?

Tanyakan pada diri sendiri – apa yang dapat dilakukan tentang kekalahan itu? Mungkin ada beberapa hal yang bisa dilakukan, dan Anda tidak menyadarinya.

Anda tidak dapat mengubah fakta bahwa tim Anda kalah dalam permainan. Tapi mungkin ada cara untuk belajar darinya. Mungkin ada strategi yang Anda gunakan yang tidak berhasil. Anda dapat menilai apakah ada teknik atau gerakan yang ingin Anda coba di game berikutnya.

Bila perlu, Anda mungkin juga perlu untuk membicarakannya. Mungkin ada baiknya duduk bersama dengan rekan satu tim Anda dan melakukan percakapan jujur ​​tentang pemikiran mereka tentang permainan dan apa yang menurut mereka dapat Anda lakukan secara berbeda.

Ungkapkan perasaan Anda dengan rekan tim

Anda tidak mengalami kekalahan ini sendirian. Anda memiliki tim sesama atlet yang dapat Anda ajak bicara tentang pengalaman bersama. Bicaralah dengan orang-orang itu dan tanyakan bagaimana perasaan mereka.

Ini dapat membantu Anda merasa tidak sendirian untuk mengetahui bahwa Anda memiliki orang-orang dengan pengalaman bersama. Terkadang pemain berjuang dengan kehilangan permainan karena mereka merasa sendirian.

Mereka mengisolasi alih-alih membicarakan semuanya, dan itu tidak membantu. Jika Anda merasa sedih karena kekalahan, Anda selalu dapat menghubungi rekan satu tim Anda. Mereka bisa menjadi sistem pendukung yang sangat besar bagi Anda.

Ini membantu untuk mengungkapkan perasaan Anda dengan rekan-rekan yang telah mengalami kehilangan itu. Kemungkinan mereka mengalami tantangan serupa, dan mereka ingin seseorang untuk diajak bicara juga. Atau, Anda dapat mengatasi masalah ini satu per satu. Anda juga dapat mendiskusikan kehilangan tersebut dengan profesional kesehatan mental berlisensi.

Bicaralah dengan terapis

Seorang terapis adalah orang yang luar biasa untuk mendiskusikan masalah Anda di lapangan dan mendapatkan kejelasan. Anda tidak sendirian dalam perasaan Anda di luar sana. Anda dapat berbicara tentang tantangan Anda dan berterus terang tentang apa yang ingin Anda kerjakan untuk maju.

Anda juga dapat mempelajari tentang masalah kesehatan mental di Mind Diagnostics. Kesehatan mental Anda sangat penting. Anda berhak memiliki ruang yang aman untuk membicarakan masalah Anda. Jangan takut untuk meminta bantuan saat Anda membutuhkannya, baik itu dengan terapis online atau seseorang di daerah Anda.