Cara Pakai Emulator Citra 3DS di PC dan HP

0
7
Main Game Nintendo 3DS

Cara Pakai Emulator Citra 3DS di PC dan HP – Beberapa tahun yang lalu, konsol Nintendo 3DS sempat digemari banyak orang karena keseruannya. Konsol game ini bisa dikatakan unik, karena bisa mengeluarkan efek 3D tanpa bantuan kacamata khusus seperti Virtual Reality.

Sayang banget jika hingga hari ini kalian belum pernah menikmati konsol game ini. Memang sih pada saat awal peluncurannya, konsol satu ini masih tergolong mahal, terutama dengan gim-gim orisinalnya. 

Nah, untuk kamu yang belum kebagian mencicipi kemutakhirannya, jangan bersedih hati. Di tulisan kali ini, kami akan membagikan cara bermain gim Nintendo 3DS di PC dan HP menggunakan emulator Citra 3DS agar kalian tetap bisa merasakan sensasinya.

Simak caranya berikut ini!

Main Game 3DS di PC Menggunakan Citra 3DS

Main Game Nintendo 3DS

Untuk bisa main game Nintendo 3DS melalui PC, kalian perlu menggunakan emulator Citra 3DS. Emulator ini memiliki kinerja yang baik, sehingga tidak perlu khawatir akan mengalami gangguan.

Kalian bisa memainkan berbagai game 3DS melalui PC dengan mudah. Citra 3DS memiliki berbagai kelebihan, salah satunya bisa menjalankan game dengan resolusi lebih tinggi dibandingkan konsol 3DS aslinya.

Selain itu bisa juga dilakukan penyesuaian mengenai grafik dari gim yang dimainkan. Ini akan membuat keseruan dalam main game Nintendo 3DS.

Akan tetapi, Anda tetap harus menyesuaikan dengan PC yang digunakan untuk bermain game.

Download Emulator Citra 3DS

Main Game Nintendo 3DS

Langkah pertama, kalian perlu mengunduh emulator Citra 3DS terlebih dahulu. Emulator ini tersedia secara gratis, dan bisa digunakan pada sistem operasi Windows, MacOS dan juga Linux.

Kalian bisa langsung mengunduhnya melalui website resmi dari Citra 3DS. Tidak ada syarat khusus untuk mengunduhnya, hanya cukup pastikan koneksi internetnya cepat agar proses pengunduhan tidak lama.

Setelah emulator Citra 3DS berhasil terunduh, kalian bisa langsung menginstalasinya. Prosesnya tidak berbeda jauh dengan menginstalasi aplikasi pada umumnya.

Jika ingin memperbarui ke versi terbarunya, bisa dilakukan dengan langsung menginstal emulator yang paling baru. Secara otomatis versi lamanya akan tergantikan oleh versi terbarunya.

Konfigurasi Citra 3DS

Main Game Nintendo 3DS

Tahap selanjutnya, kalian perlu melakukan konfigurasi agar gameplay-nya lebih nyaman. Jika kalian sering menggunakan emulator Android, pasti paham pentingnya melakukan hal ini.

Khususnya di bagian kontrol, karena setiap orang memiliki kenyamanan tersendiri dalam menggunakan keyboard untuk mengontrol game.

Untuk memulai konfigurasi, kalian perlu membuka emulator Citra 3DS. Kemudian klik menu Emulator, lalu klik kembali pada opsi Configure.

Akan ada beberapa pilihan konfigurasi mulai dari General, System, Graphics hingga Control. Untuk kali ini, kalian hanya perlu fokus dengan penyesuaian pada Graphics dan Control saja.

Di bagian Graphics kalian juga bisa mengatur berbagai hal, mulai dari limit speed percent, resolusi hingga hardware renderer. Sementara di bagian Control, kalian bisa menyesuaikan kontrol dengan keyboard yang kalian gunakan.

Mulai Main Game Nintendo 3DS

Main Game Nintendo 3DS

Sebelum bermain, kalian perlu memiliki file game 3DS terlebih dahulu. Game-game 3DS bisa didapatkan dengan membeli melalui Nintendo eShop.

Akan tetapi, banyak cara lain yang bisa dilakukan karena banyak situs yang menyediakan game secara gratis. Akan tetapi lebih disarankan untuk menggunakan cara yang legal saja.

Jika sudah memiliki file gamenya, kalian bisa langsung memainkannya dengan membuka emulator tersebut. Kemudian klik menu File, lalu Load File dan cari game 3DS yang telah diunduh ke komputer.

Kalian bisa langsung memainkan game yang dimuat tadi, dan merasakan game-game yang trending beberapa tahun silam.

Sebagian dari kalian mungkin akan bertanya mengenai kualitas dari emulator Citra ini. Karena memang dari segi tampilannya sangat sederhana dibandingkan dengan emulator lain.

Akan tetapi, emulator ini yang direkomendasikan untuk memainkan game 3DS. Selain itu juga karena emulator ini ringan, tidak akan membuat komputer terlalu berat bekerja.


Kalian bisa mencoba sendiri menggunakan emulator lain yang support game 3DS. Nah jika ingin mencoba main game Nintendo 3DS melalui HP Android, tutorial di bawah ini akan sangat membantu.

Grafiknya mungkin akan terlihat lebih bagus karena grafiknya memang dirancang untuk layar berukuran kecil.

Cara Main Game Nintendo 3DS di HP

Main Game Nintendo 3DS

Sama seperti cara sebelumnya, untuk memainkan game Nintendo 3DS juga memerlukan emulator Citra. Di situs resminya memang tidak disediakan emulator untuk versi Android-nya.

Untuk itu, kalian perlu mengunduhnya dari website lain untuk mendapatkannya karena emulator Citra ini juga tidak tersedia di Google Play Store. Ikuti cara di bawah ini untuk bermain Nintendo 3DS melalui HP Android.

Download Emulator Citra 3DS untuk Android

Main Game Nintendo 3DS

Karena tidak tersedia di website resmi serta Google Play Store, kalian perlu mengunduhnya melalui website Github. Aplikasi ini tersedia secara gratis, kalian bisa langsung mengunduhnya secara gratis juga.

Unduh emulator Citra melalui link ini (download emulator Citra). Ukurannya sangat kecil, tidak akan membuat HP kalian terasa berat.

Pada saat melakukan instalasi, kalian perlu memberikan izin pasang dari sumber luar. Sebelum menggunakan HP untuk main game Nintendo 3DS, perhatikan space penyimpanan yang masih tersedia.

Pastikan penyimpanannya bisa digunakan untuk menyimpan beberapa game. Karena game 3DS tidak built in dengan emulator ini, kalian tetap harus mengunduhnya dari sumber lain.

Unduh Game 3DS

Main Game Nintendo 3DS

Untuk mendapatkan game 3DS, kalian perlu membelinya melalui Nintendo eShop. Jika tidak, kalian juga bisa mengunduhnya melalui website repositori gim seperti Ziperto. Ada banyak game 3DS yang bisa diunduh tanpa perlu membayar (re:bajakan).

Cara ini tentu tergolong ilegal, namun semua keputusan ada di tangan kalian. Bila memungkinkan, upayakanlah untuk selalu membeli gim orisinal demi mendukung aspek keberlangsungan industri penciptaan gim ini. Sekiranya gim-gim bajakan ini hanya sebatas untuk dicoba sebelum membeli gim yang sesungguhnya.

Mengapa ini penting untuk diperhatikan? Sebab, tentu saja kita harus memperhatikan kebahagiaan dan juga kesejahteraan mereka yang bekerja di balik layar gim yang kita mainkan ini. Bila suatu hari mereka memutuskan untuk berhenti membuat gim, maka siapa yang akan rugi? Ya kita semua.

Kembali ke pembahasan utama, ukuran game ini cukup beragam, mulai dari puluhan MB sampai dengan satuan GB.

Mulai Bermain Game 3DS Melalui HP

Main Game Nintendo 3DS

Setelah Citra Emulator 3DS berhasil dipasang dan data game sudah diunduh dengan baik, kalian bisa mulai main game Nintendo 3DS dari HP. Langkah pertama, buka aplikasi Citra Emulator, kemudian tekan tombol di bagian pojok kanan.

Lalu tekan install CIF dan cari game yang ingin kalian mainkan. Pastikan sebelumnya sudah mengekstrak data game yang awalnya berupa file berekstensi RAR.

Ikon game secara otomatis akan muncul di daftar pustaka aplikasi emulator tersebut. Jika kalian baru pertama kali, pasti hanya akan ada satu game saja.

Untuk memainkannya, tinggal menekan ikon game tersebut. Dan game akan langsung berjalan dan bisa dimainkan.

Mengalami Masalah Saat Bermain Game 3DS?

Masalah Game 3DS

Perlu kalian ketahui terlebih dahulu, bahwa tidak semua game akan lancar saat dimainkan. Hal ini sangat mungkin terjadi jika kalian men-download game dari sumber yang tidak resmi.

Beberapa gangguan mungkin akan terjadi seperti suara tidak jelas, gambar patah-patah dan sebagainya. Jika hal itu terjadi, coba untuk membeli game dari sumber yang resmi agar mendapatkan data game yang terbaru.

Bagaimana? Sudah mudah banget kan untuk main gim Nintendo 3DS di PC ataupun HP? Cara ini bisa dibilang cara yang paling mudah untuk dilakukan.

Hanya membutuhkan aplikasi emulator dan data game saja, kalian sudah bisa bermain tanpa menggunakan konsolnya.