Apex Legends VS PUBG VS Fortnite: Mana Game Battle Royale Terbaik?

37
Apex Legends VS PUBG VS Fortnite: Mana Game Battle Royale Terbaik?

Pada awalnya, video game hanyalah sebuah aktivitas hiburan dalam suatu ruang yang terisolasi dan penuh dengan batasan. Namun dengan pesatnya perkembangan teknologi hari ini, bermain game sudah telah berevolusi secara siginifikan menghadirkan berbagai macam objective, gameplay, serta visual yang membuat pengalaman gaming menjadi lebih nyata.

Salah satu terobosan terkini adalah kehadiran genre battle royale yang kini sangat diminati oleh banyak orang. Berbeda dengan konsep gaming pada masa awalnya, gim battle royale ini bisa dimainkan oleh banyak pemain pada saat yang sama. Tepatnya bisa mencapai lebih dari 100 orang untuk saling bersaing dalam suatu area demi bertahan hidup sebagai karakter terakhir yang tersisa.

Contoh game battle royale kekinian yang populer adalah: Fortnite, PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), dan Apex Legends. Meski ketiga judul tersebut kerap mengalami pertumbuhan pesat, siapakah yang pantas untuk menyandang gelar game battle royale terbaik?

Simak perbandingannya selengkap ini.

Pencarian Game Battle Royale Terbaik

Aspek Pembanding #1: Jumlah pemain dan mode permainan

Gim PUBG dan Fortnite sama-sama dirilis pada tahun 2017. Keduanya mencapai puncak popularitas di genre battle royale melampaui pesaing lainnya.

Walau demikian, PUBG tercatat sebagai adalah game battle royale pertama yang memecahkan rekor. PUBG memiliki tiga mode yaitu Classic, Arcade dan Evo Ground. Fortnite kemudian menyusul dengan menghadirkan inovasi berupa fitur konstruksi bangunan baru yang inspirasinya seolah berasal dari gim populer Minecraft.

Kedua game ini telah tersedia untuk dimainkan di berbagai perangkat, mulai dari Xbox, PlayStation, Android, iOS hingga di Dekstop PC.

Jika dilihat dari jumlah pemainnya, maka PUBG masih berada di urutan teratas dengan lebih dari 400 juta pemain di seluruh dunia, sementara Fortnite berada di urutan kedua dengan sekitar 200 juta pemain.

Kemudian, datanglah APEX Legends yang dirilis pada tahun 2019 dan kini telah hadir untuk pengguna seluler. Namun, jumlah pemain saat ini masih terbatas hanya mencapai 60 juta pemain. Ini adalah game bergenre battle royale yang memiliki korelasi dengan tema dari seri Titanfall.

Perlu diketahui bahwa semua game ini gratis untuk dimainkan, atau free to play.

Aspek Pembanding #2: Gameplay

PUBG adalah gim tembak-menembak yang bisa dimainkan oleh hingga 100 pemain yang semuanya berjuang untuk bertahan hidup di suatu area. Di sini para pemain perlu bertahan menjadi yang terakhir tersisa seiring berjalannya waktu dengan area permainan yang terus menyempit.

Fortnite sama seperti PUBG; namun, ia menambahkan lebih banyak elemen konstruktif yang membantu pemain dalam bermain, membuatnya sedikit berbeda.

Sedangkan APEX Legends menyajikan koleksi 8 karakter yang harus dipilih pemain. Semua karakter memiliki kemampuan yang berbeda dari segi defense, offense, recon, dan support.

Dari segi pengembangan karakter, APEX tentu menjadi juaranya.

Aspek Pembanding #3: Antarmuka pengguna dan grafik

PUBG adalah gim yang menyajikan visual paling realistis di antara ketiga game ini.

Namun, Fortnite hadir dengan cerahnya warna-warni yang membuat pemandangan selama bermain menjadi menarik. Selain itu, tema Fortnite juga terlihat bergaya kartun dan hadir dengan mekanisme berbeda yang terlihat lebih kasual. Hal inilah yang membuatnya menjadi lebih seru untuk dimainkan dan unik.

Sedangkan APEX Legends memiliki nuansa fiksi ilmiah masa depan.

Seiring berusianya permainan dengan sistem musim, berbagai jenis senjata baru terus diperkenalkan, beserta dengan lootbox, dibungkus dengan tema menarik, dan berbagai manfaat lainnya. Selain itu, semua game ini juga memungkinkan para pemainnya untuk membeli barang-barang komersil seperti cosmetic (pakaian) dengan mata uang dalam game, yang dapat diperoleh atau dibeli dengan uang sungguhan.

Melihat semua ini, lantas, yang mana yang merupakan game battle royale yang paling sulit untuk dikuasai? Jawabannya adalah Fortnite, karena ia memiliki mekanik bangunan yang unik yang mungkin memerlukan waktu ekstra bagi pemain untuk beradaptasi dan belajar karena sebagian besar pemain terlihat lebih banyak membangun daripada menembak.


Meski demikian, apapun game battle royale yang kamu mainkan, pastikan kamu memiliki VPN plugin Firefox di browser yang kamu pakai. Miliki VPN terpercaya seperti VeePN yang akan mengenkripsi informasi berhargamu, menjagamu tetap aman dari serangan dunia maya, meningkatkan koneksi internetmu, serta memberikan pengalaman gaming terbaik.


Aspek Pembanding #4: Peta

PUBG memiliki empat peta yang berbeda, yaitu:

  • Erangel: Ini adalah peta permainan terbesar, dengan banyak rumah dan kompleks yang memungkinkan pemain untuk bersembunyi. Ada beberapa area hot drop di peta, termasuk “Rozhok,” “Georgopol,” dan “Novorepnoye.” Ini adalah peta dengan kecepatan santai.
  • Sanhok: Peta ini menyerupai hutan dengan rumput dan pohon-pohon besar. Akibatnya, visibilitas musuh cukup rendah.
  • Miramar: Ada lebih sedikit area untuk disembunyikan di peta gurun ini. Namun, ini mungkin peta terbaik bagi penyerang yang menggunakan penembak jitu karena orang dapat dengan mudah dilihat dari jarak jauh.
  • Vikendi: ini mirip dengan peta Sanhok, tetapi musim di sini adalah musim dingin.

Setelah selesai dengan PUBG, mari kita lihat peta permainan yang disajikan di APEX Legends dan Fortnite.

Peta standar di APEX Legends adalah Kings Canyon, dan peta lainnya adalah World’s Edge, yang diperkenalkan di Musim 3. Sedangkan, Fornite baru memperkenalkan peta baru di musim ke-2 dengan banyak tujuan unik, mekanik, dan perahu untuk dimainkan.

Dalam hal ini terlihat bahwa PUBG telah terlebih dahulu mempersiapkan diri untuk menyanjung para pemainnya dengan berbagai variasi peta yang dihadirkan.

Aspek Pembanding #5: Senjata

Aspek ini tidak akan bisa dikuasai oleh Fortnite saat berhadapan dengan PUBG, mengingat PUBG telah menyertakan berbagai senjata realistis seperti AKM, M16, M4, dan lainnya, yang masing-masing memiliki mekanisme efek recoil yang unik. Para pemain juga masih bisa melakukan modifikasi pada senjata sesuai dengan situasi.

Sedangkan APEX Legends dihiasi dengan beberapa senjata fiksi, di antaranya mayoritas berasal dari seri Titanfall; Namun, dalam hal recoil, mekanismenya jauh lebih mudah daripada PUBG.

Aspek Pembanding #6: Kebocoran data

Sejauh kita membandingkan, PUBG masih menjadi yang teratas. Namun bagaimana dengan APEX dan Fortnite? Apakah APEX lebih baik daripada Fortnite atau sebaliknya?

Perlu diketahui bahwa APEX Legends sering mengalami momen kebocoran di sisi back-end dari game pada saat pembaharuan kontennya, baik itu kehadiran item baru ataupun karakter baru.

Penambang data telah membocorkan banyak informasi tentang konten-konten baru yang akan datang sejak debutnya APEX Legends.

Kesimpulan Game Battle Royale Terbaik

PUBG sejauh ini adalah yang menjadi juara karena terlihat lebih realistis daripada kompetitornya yang telah kita bandingkan. Namun, jika kita melihat Fortnite dari sudut pandang target pemainnya, yaitu anak-anak; maka mungkin kita bisa memahami mengapa visual mereka cenderung ke arah kartun.

Di sisi lain, APEX Legends adalah permainan kolaboratif di mana pemahaman cara kerja kemampuan dari masing-masing karakter sangatlah penting.

Kendati demikian, tetaplah bermain game battle royale yang sesuai dengan preferensimu. Namun jangan lupa untuk menggunakan VPN saat bermain. Kamu juga bisa mencoba uji coba gratis sebelum membelinya untuk melihat seberapa aman dan lancar jalannya permainanmu.