Berkenalan dengan Clara Mongstar, Si Shoutcaster Cantik Asal Purwokerto

0
462
Kenalan Yuk dengan Shoutcaster Cantik Asal Purwokerto Clara Mongstar
Ad

Salah satu karir yang bisa ditempuh di esports adalah dengan menjadi seorang caster atau shoutcaster. Nah, salah satu caster terkenal dari Indonesia yang juga akan kita liput pada tulisan kali ini memiliki nama panggung Clara Mongstar!

Sebelumnya shoutcaster itu tidak pernah absen loh di turnamen-turnamen resmi esports. Kehadirannya sangat penting untuk meningkatkan atmosfer pertandingan melalui sorak-soraknya memandu para penonton apa yang sedang terjadi di permainan.

Tidak hanya nge-caster loh, Clara juga memiliki talenta lain yang relevan di industri esports. Yap! Kepiawaiannya membawa acara turut melambungkan nama Mongstar sebagai host esports. Clara juga sering membagikan giveaway, loh!

Bila kita hidup di masa sebelum pandemi Covid-19 menyerang, maka kamu berkesempatan untuk bisa berjumpa langsung dengan Clara di lokasi setelah acara selesai. Namun, dengan situasi seperti ini, kamu masih bisa menemukan sang caster cantik ini di YouTube. Clara juga streamer loh!

Clara MongstarTalent esports perempuan yang satu ini juga memiliki wawasan game yang cukup luas, mulai dari Mobile Legends, Arena of Valor, hingga Dota 2! Tidak heran bila Mongstar asal Purwokerto ini dengan pembawaannya yang ‘medok’ mampu menghibur para audiens.

Nah, itu dia sekilas mengenai profil Clara Mongstar. Ingin tahu lebih detil? Ayo kita kupas bersama profil Clara “Mongstar”!

Latar Belakang Clara “Mongstar”

Wanita kelahiran Purwokerto 19 Februari 1994 ini bernama lengkap Clara Kartika Sari, dan kini masih aktif berkarir di industri esports. Tidak lupa, ia berzodiak Pisces.

Sejak usia sekolah dasar, si cantik yang satu ini memang sudah menunjukkan antusiasmenya pada dunia game terutama saat bermain  PlayStation.

Setelah tamat dari kuliah, Clara Mongstar hijrah ke Jakarta dan memulai karirnya di dunia esports secara profesional, khususnya sebagai shoutcaster, MC, streamer, dan influencer.

Clara Mongstar

Clara Mongstar mulai menggeluti dunia caster saat timnya membuat sebuah turnamen dan dia diberi tanggung jawab untuk menjadi panitia sekaligus caster di turnamen tersebut.

Kesuksesan Mongstar sendiri juga tidak terbilang instan. Sejak kecil ia sudah memupuk apa yang kini menjadi superpower-nya. Keseriusannya tampak ketika Clara mencoba menjadi freelancer caster pada saat masih SMA.

Timnya saat itu adalah salah satu organisasi esports yang cukup ternama dan masih eksis hingga saat ini, yaitu The Prime Esports.

Perjalanan Clara “Mongstar” sebagai Caster Esports

Seperti yang sudah kita ketahui, partisipasi kaum hawa di ranah esports ini masih terbilang sedikit, baik itu dari segi caster maupun tim atau atlet esports sendiri.

Hal ini juga tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi memang industri esports ini masih didominasi laki-laki. Oleh sebab itu, kehadiran Clara di industri esports sangatlah menarik perhatian.

Clara Mongstar

Perjalanan Clara sebagai seorang caster profesional dimulai di gelaran turnamen yang diadakan oleh The Prime Esports. Kesempatan debut tersebut diperoleh saat dara cantik asal Purwokerto ini berperan sebagai manajer tim Dota 2 The Prime Esports.

Dari The Prime Esports, Clara melanjutkan karirnya dengan bergabung sebagai team manager untuk Divisi Dota 2 RRQ pada tahun 2016-2017. Selama di RRQ, di tengah aktivitasnya sebagai team manager, Clara ‘Mongstar’ juga melakukan pekerjaan sampingan sebagai caster di Ligagame Esports TV.

Setelah pergulatan panjangnya di dunia pemandu esports dan menjadi bagian dari berbagai organisasi esports profesional, pada tahun 2018, Clara ‘Mongstar’ memutuskan untuk menjadi seorang esports enthusiast demi mencari pengalaman baru dalam industri esports.

Setelah sekian kali Clara menunjukkan kemampuannya sebagai caster, wanita keturunan Tionghoa ini akhirnya mendapat kesempatan untuk menjadi brand ambassador dari brand gaming laptop terkenal, yaitu MSI Dragon Squad.

Clara Mongstar

Karirnya sebagai seorang caster pun semakin melejit saat Clara menjadi caster di final turnamen internasional MLBB M1 World Championship yang diselenggarakan di Malaysia, November 2019.

Prestasinya tidak hanya sampai di sana. Setelah mendapat eksposur internasional dara cantik yang menghiasi dunia kaum adam kembali memenangkan penghargaan Caster of the Year dari event 515 mobile Legends All-Star eParty di bulan Mei 2020.

Selain bergelut di ekosistem esports besutan Moonton, Mongstar juga hadir di ranah kompetitif PUBG sejak 2018.

Dilansir dari Liquipedia, partisipasi Clara sebagai caster sudah dimulai sejak ajang Indonesia Pride Weekdays Challenge, PUBG Asia Invitational 2019, PUBG Mobile Indonesia National Championship 2019, CIMB NIAGA XTRA XPO Championship, hingga Dunia Games League.

Berkat talenta yang dimiliknya, siapa lagi yang berkecimpung di esports tanah air tidak mengenal Clara Mongstar?

Ke depannya, kita tentu berharap untuk terus melihat diva esports tanah air ini untuk menghiasi dan memandu turnamen esports berskala nasional maupun internasional.

Di balik karir caster Clara “Mongstar”

Honor setiap caster pastilah bervariasi, mengingat belum ada asosiasi caster Indonesia yang menetapkan upah minimumnya. Faktor yang mempengaruhi pun terletak pada popularitas, kemampuan, dan tingkatan turnamennya.

Umumnya, seorang caster profesional dibayar 2 sampai 3 juta rupiah per harinya. Sedangkan untuk pemula bisa dari 250 ribu hingga 1 juta per hari.

Nah, Clara ‘Mongstar’ sendiri berdasarkan berita yang dirilis di Grid.id dikabarkan memperoleh bayaran sebesar 2,7 juta rupiah per hari untuk turnamen M1 World Championship Mobile Legends di Malaysia tahun lalu.

Meskipun terbilang cukup besar penghasilan yang didapat per ajang turnamen, ini masih tergolong penghasilan tidak tetap. Untung saja, si jelita Clara juga memiliki kanal YouTube yang terus dikembangkan.

Clara Mongstar

Saat ini kanal YouTube-nya telah memiliki lebih dari 97.800 subscriber. Yang menonton videonya juga telah mencapai rekor lebih dari 2.397.165x.

Di saluran yang lain, untuk bisa berhubungan dengan para penggemarnya, Clara Mongstar juga hadir di Instagram layaknya influencer, dengan jumlah pengikut lebih dari 364.000 followers.

Penutup

Sebagai talent yang pernah menggeluti dunia game, Clara sendiri berpendapat bahwa menjadi caster lebih mudah daripada menjadi pemain.

Dikutip dari revivaltv.id, Mongstar menyampaikan sebuah analogi bahwa para player adalah koki di dapur yang menyiapkan makanan, sedangkan caster hanya menyajikannya sehingga mudah dinikmati penonton.

Keberadaan Clara memang selalu menarik perhatian. Parasnya yang cantik, penampilannya yang anggun, serta kemampuannya membawa acara memang seperti menghipnotis para penonton pertandingan.

Clara Mongstar

Nah, untuk kalian yang tertarik dan ingin melihat-lihat sang caster dengan tampilan fotonya yang menarik dan cantik, kalian bisa mengunjungi akun Instagram-nya di @Claraksu.

Itu dia sedikit profil dari sang caster cantik asal Purwokerto. Clara ‘Mongstar’ Kartika Sari adalah sosok Kartini zaman now yang bersinar di lingkungan esports.

Clara tentu menjadi seorang role model sekaligus kabar baik untuk memotivasi para perempuan tanah air untuk tidak takut terjun di dunia esports.

Tidak lupa, baru-baru ini Clara juga kembali terlibat untuk mendukung perkembangan esports tanah air di acara Grand Launching peluncuran gim MOBA karya anak bangsa, yaitu Lokapala: Saga of Six Realms.

(Disunting oleh Satya Kevino)