Nobar Esports Seru di Layar Bioskop? Kini Bukan Mimpi Belaka Lagi!

82
Nobar Esports
Sumber: gertlushgaming.co.uk

Kini, nobar esports untuk berbagai event gaming sudah bisa dilakukan dengan lebih seru yaitu melalui layar bioskop yang sangat lebar. 

Bila biasanya bioskop hanya bisa digunakan untuk menonton film layar lebar yang sedang tayang pada periode tersebut, kini banyak tempat menonton ini yang menghadirkan inovasi baru. 

Salah satunya yaitu dengan membiarkan siapapun untuk menyewa satu studio dan bebas menyelenggarakan acara milik mereka sendiri. Jasa ini dinamakan Cinema Hire

Fenomena Nobar Esports Indonesia di Layar Bioskop

Awalnya, jasa hire cinema for gaming ini populer dilakukan di luar negeri karena melihat betapa potensialnya para pecinta game untuk melakukan event besar dengan nuansa yang lebih private

Jadi tidak heran jika ada banyak layanan jasa sewa bioskop di luar negeri yang dapat kamu pilih hanya untuk menyelenggarakan event gaming

Tidak hanya untuk skala yang besar saja, sewa bioskop ini juga bisa dilakukan untuk sekedar bermain game dengan teman terdekat lewat suasana yang berbeda hingga nobar esports khususnya turnamen sehingga terasa lebih memuaskan.

Salah satu layanan Cinema Hire yang paling populer di luar negeri baik untuk menonton film private hingga menyelenggarakan event gaming dengan praktis, yaitu Book The Cinema.

Namun bagaimana dengan di Indonesia? Ternyata di negara kita sudah ada beberapa bioskop yang dapat disewakan untuk berbagai kegiatan salah satunya event gaming

Mulai dari nobar esports ataupun hanya sekedar bermain game dan menghabiskan waktu bersama orang tersayang.

Beberapa event gaming yang sempat mengadakan nobar esports di bioskop untuk menyaksikan keseruan turnamen besar dengan banyak penggemar, antara lain adalah:

Nobar Esports MPL Indonesia Season 9

Nobar Esports
Sumber: www.cgv.co.kr

Setelah pandemi menghantam dunia selama lebih dari dua tahun, industri pelayanan seperti bioskop mulai perlahan-lahan bangkit. Salah satu hal yang mendukung bangkitnya industri ini yaitu dengan menyelenggarakan nobar turnamen MPL Season 9 tepatnya pada Februari 2022 lalu.

Nobar MPL Indonesia Season 9 ini dilakukan secara khusus di Cinepolis beberapa kota tertentu mulai dari wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Batu, Bali, Medan, Lubuk Linggau, Binjai, Balikpapan, dan juga Manado.

Beberapa media menyebutkan jika hal ini nobar esports di bioskop ini merupakan pertama kalinya dilakukan di Indonesia.

Sebab sebelumnya, turnamen serupa hanya bisa disaksikan menggunakan berbagai video platform untuk menyiarkan pertandingan yang secara langsung.

Adanya gebrakan ini tentu akan semakin memperbanyak opsi bagi para penggemar esports untuk menyaksikan berbagai pertandingan dan pemain favoritnya dengan nuansa yang lebih baru.

Tidak hanya itu saja, jasa sewa bioskop untuk event gaming seperti ini juga dapat menjadi salah satu bentuk dukungan bagi perkembangan esports di Indonesia terutama sejak pandemi Covid-19 melanda.

Apalagi, pihak Cinepolis juga turut andil dalam menjaga protokol kesehatan yang ketat sebelum dan selama acara berlangsung.

Hal ini dibuktikan dengan adanya 71 protokol kesehatan yang diterapkan oleh Cinepolis sehingga dapat membuat penyelenggara dan penonton yang hadir dapat merasa lebih tenang dan nyaman.

Nobar Final The International 11 DOTA 2

Pada akhir Oktober 2022 lalu, nobar esports ini juga dilakukan untuk turnamen The International 11 DOTA 2. Walaupun tidak menggunakan bioskop secara resmi, namun pihak penyelenggara menyewa salah satu ruangan cinema di Ciputra University, Surabaya Barat. 

Ruangan yang tersedia sebagai salah satu fasilitas Ciputra University ini sudah menyerupai ruangan kedap suara bioskop dengan layar yang lebar sekaligus kursi menanjak dan kapasitas peserta yang banyak. 

Bahkan uniknya, ruangan ini juga menggunakan kursi cinema premium dengan HD Sound system sehingga tetap memberikan pengalaman layaknya di bioskop. Jadi, pertandingan The International 11 DOTA 2 dapat dinikmati oleh penggemar dengan lebih memuaskan.

Berbagai Acara Nobar Esports di Luar Negeri

Nobar Esports
Sumber: gertlushgaming.co.uk

Walaupun jasa cinema hire atau sewa bioskop khususnya untuk event gaming merupakan hal yang baru di Indonesia. Namun hal ini ternyata sudah lumrah dilakukan di luar negeri baik itu Amerika, Inggris, Jepang hingga Jerman.

Sebab bagi para penyelenggara, hal ini tidak hanya dinilai sebagai pilihan yang praktis untuk memberikan layanan terbaik bagi para pesertanya namun juga harga yang ditawarkan juga jauh lebih terjangkau. 

Apalagi, pihak penyelenggara tidak perlu kerepotan untuk menyiapkan banyak hal sampingan dan dapat fokus pada acara utama karena hal tersebut sudah tersedia secara lengkap sebagai fasilitas bioskop.

Beberapa acara nobar esports yang juga pernah dilakukan di bioskop dan mendapatkan sambutan baik oleh banyak penggemar game ini diantaranya adalah:

Nobar Valorant Champions Tour Last Chance Qualifier di Amerika

Pada bulan Oktober 2021 lalu, Valorant North American Esports bekerjasama dengan Iconic Events menghadirkan nobar untuk kompetisi Valorant Champions Tour Last Chance Qualifier secara nasional di berbagai bioskop Cinemark. 

Acara nobar esports ini diadakan di berbagai Cinemark Amerika mulai dari Austin, Texas, Sacramento, California, Los Angeles, dan masih banyak lagi.

Jadi, kompetisi tersebut dapat dinikmati kemeriahannya oleh lebih banyak penggemar di berbagai bioskop terdekat dari domisilinya.

Iconic Events menggunakan jasa Cinema Hire dari bioskop Cinemark sehingga dapat menyelenggarakan event gaming ini dengan lebih aman, praktis, serta memiliki fasilitas yang lengkap.

Hal ini tentu tidak hanya membuat penyelenggara menjadi lebih nyaman namun juga penggemar yang merasakan hal serupa.

Apalagi, Valorant merupakan esports yang cukup populer khususnya di Amerika Utama.

Jadi, pertandingan ini dapat mempertontonkan delapan tim terbaik dari delapan tim Amerika Utara seperti XSET, 100 Thieves, FaZe Clan, hingga  Version1 untuk mengumpulkan NA Circuit Points.

Nobar Vainglory World Championship di Berbagai Negara Asia dan Amerika

Jauh sebelum ramainya esports seperti saat ini, SUPER Evil Megacorp (SEMC) selaku pengembang online games bernama Vainglory bekerja sama dengan Coca-Cola untuk menyelenggarakan acara nobar pada bulan Desember 2017 silam.

Acara ini diadakan untuk menyelenggarakan final Vainglory World Championship di Singapura namun bisa disaksikan di berbagai bioskop banyak negara secara live mulai dari Jepang hingga Amerika Serikat.

Adanya nobar esports dari SEMC di bioskop ini mengobati para penggemar yang ingin menyaksikan pertandingan tersebut namun belum memungkinkan untuk datang ke venue aslinya di Singapura.

Apalagi pada nobar tersebut, para penggemar dan pemain Vainglory dapat menyaksikan demonstrasi global resmi dari Vainglory 5V5 sekaligus penobatan juara dunia langsung di layar lebar.

Namun tentu, SEMC akan menggunakan jasa Cinema Hire supaya lebih praktis dan mudah dalam pengelolaannya dengan partisipasi langsung dari bioskop Aeon Entertainment di Jepang dan Cinemark di Amerika Serikat.

Jadi, melihat sudah banyaknya acara nobar esports yang pernah diselenggarakan baik secara lokal maupun dunia tentu membuat jada Cinema Hire atau sewa bioskop untuk event gaming sudah bukan hal yang asing lagi.

Terlebih, adanya event gaming seperti nobar ini dapat membuat para penggemar jauh lebih antusias dan seru karena semuanya dapat saling menyemangati dan menunjukkan kecintaan mereka pada esports.

Kira-kira, apakah kamu sudah tertarik untuk hire cinema for gaming?